Soal Tes Ujian P3K SKB Ekonomi A Tahun 2021

Berikut ini adalah beragam soal dan pembahasannya. Soal yang disusun mengacu pada kisi-kisi Tes Ujian P3K Untuk Guru Ekonomi atau Tes Ujian Guru Ekonomi, Soal P3K SKB Ekonomi, Soal CPNS 2021, dan bisa juga di gunakan untuk Tes Uji Pengetahuan Bahasa Inggris, Uji Kompetensi Mahasiswa Pendidikan Profesi Guru Ekonomi (UKMPPG) yang digunakan untuk mengukur hasil evaluasi para peserta tes.
Soal Tes Ujian P3K Untuk Guru Ekonomi atau Tes Ujian Guru Ekonomi, Soal P3K SKB Ekonomi, Soal CPNS 2021
Soal dan pembahasan kompetensi pedagogik disusun untuk menilai dan mengevaluasi kemampuan peserta dalam (1) merencanakan pembelajaran yang mendidik, (2) merancang penilaian, menilai, dan mengevaluasi pembelajaran dan (3) mengadaptasi dan menggunakan teknologi informasi dan komunikasi untuk meningkatkan kualitas pembelajaran. Download Kumpulan Soal Lainnya

Soal Tes Ujian P3K SKB Ekonomi A

Soal 1. Dalam memilih dan mengembangkan materi pembelajaran Ekonomi Ibu Murni Nugroho selalu menyeleksi materi pembelajaran yang telah teruji kebenarannya, tidak ketinggalan jaman dan memberikan kontribusi untuk pemahaman ke depan. Kriteria penyeleksian dan pemilihan materi pembelajaran tersebut memenuhi kriteria…
A. Shahih
B. Signifi cance
C. Kebermanfaatan
D. Layak dipelajari
E. Menarik minat

Jawaban: A
Shahih (valid) artinya Materi yang akan dituangkan dalam pembelajaran benar-benar telah teruji kebenaran dan kesahihannya. Pengertian ini juga berkaitan dengan keaktualan materi sehingga materi yang diberikan dalam pembelajaran tidak ketinggalan jaman dan memberikan kontribusi untuk pemahaman ke depan.

Soal 2. Pola pengembangan materi pembelajaran mata pelajaran Ekonomi SMA dengan susunan materi mulai dari yang sederhana menuju pada yang kompleks merupakan pola pengembangan…
A. Kronologis
B. Kausal
C. Logis
D. Psikologis
E. Spiral

Jawaban: C
Pola logis adalah pola pengembangan materi pembelajaran dimana susunan materi dimulai dari yang sederhana terlebih dahulu, baru kemudian beranjak pada bagian yang kompleks, sehingga mempermudah siswa dalam memahami materi tersebut.

Soal 3. Segala alat pengajaran yang digunakan untuk untuk membantu menyampaikan materi mata pelajaran Ekonomi SMA kelas XII KD. 3.2 Mendeskripsikan konsep persamaan dasar akuntansi. dalam proses pembelajaran, sehingga memudahkan pencapaian tujuan tujuan pembelajaran yang sudah dirumuskan adalah pengertian dari…
A. Sumber belajar
B. Media pembelajaran
C. Rujukan pembelajaran
D. Fasilitas belajar
E. Dukungan pembelajaran

Jawaban: B
Segala sesuatu yang digunakan untuk membantu dalam menyampaikan materi atau informasi dalam proses pembelajaran dengan tujuan untuk mempermudah proses penyampaian informasi agar efektif dan efisien disebut dengan media pembelajaran

Soal 4. Media pembelajaran memiliki karakteristik antara lain sebagai berikut:
a) Fiksatif
b) Manipulative
c) Distributive
d) Canggih
e) Dapat menyampaikan semua materi pelajaran
Seorang guru ekonomi SMA dalam memilih media harus memperhatikan karakteristik yang ….
A. 1,2,3
B. 2,3,4
C. 3,4,5
D. 1,3,5
E. 2,3,5

Jawaban: A
Hal mendasar yang harus diperhatikan guru dalam pemilihan media adalah karakteristik media yang fiksatif, manipulative dan distributive. Pemilihan media pembelajaran tidak harus canggih apalagi media yang dapat menyampaikan semua materi pelajaran, akan tetapi media yang sesuai dengan materi pelajaran dan mempermudah dalam pencapaian tujuan pembelajaran.

Soal 5. Seorang guru ekonomi harus mampu memanfaatkan media pembelajaran dan sumber belajar untuk mencapai tujuan pembelajaraan utuh. Pernyataan berikut yang benar terkait dengan media pembelajaran adalah ...
A. Media pembelajaran yang paling baik adalah media yang berbasis tujuan pembelajaran
B. Sebuah media dapat digunakan untuk semua kegiatan pembelajaran
C. Media dapat digunakan sebagai pembawa pesan dalam suatu kegiatan pembelajaran
D. Memilih media tidak perlu banyak pertimbangan agar tidak merepotkan
E. Media dapat dibuat dengan mudah dan biaya murah

Jawaban: C
Tujuan utama dari media pembelajaran adalah mempermudah dalam proses penyampaian informasi (materi pelajaran) sehingga materi pelajaran mudah dipahami oleh siswa

Soal 6. Salah satu Kompetensi Dasar (KD) Mata Pelajaran Ekonomi SMA adalah KD. 3.6 Mendeskripsikan bank sentral, sistem pembayaran, dan alat pembayaran dalam perekonomian Indonesia, untuk mencapai KD. Tersebut diperlukan sumber belajar yang baik. Sumber belajar yang baik adalah sumber belajar yang selalu mengikutiperkembangan ilmu pengetahuan. Salah satu sumber belajar yang paling tepat untuk mengikutiperkembangan ilmu pengetahuan yang pesat adalah …
A. Buku teks
B. Buku grand theory
C. Jurnal ilmiah/artikel ilmiah
D. Ensiklopedia
E. Surat kabar

Jawaban: C
Jurnal/artikel ilmiah merupakan salah satu rujukan yang tepat dalam mengikutiperkembangan ilmu pengetahuan terkini, karena memuat hasil penelitian atau temuan baru dalam dunia akademik (ilmu pengetahuan)

Soal 7. Beberapa hal yang ada dalam setiap proses pembelajaran dan harus bisa diterima oleh guru adalah …
a) Karakteristik materi pelajaran yang berbeda-beda
b) Sarana belajar yang ada
c) Gaya belajar siswa
d) Target dari pimpinan (kepala sekolah)
e) Tuntutan dari orang tua siswa
yang menjadi pertimbangan dalam pemilihan sebuah metode pembelajaran adalah ….
A. 1,2,3
B. 1,2,4
C. 1,2,5
D. 2,3,4
E. 2,3,5

Jawaban: A
Hal pokok yang mendasari pemilihan sebuah metode pembelajaran adalah kesesuaian metode yang dipilih dengan tujuan pembelajaran, karakter dari materi, sarana belajar, dan juga gaya belajar siswa.

Soal 8. Proses pelibatan dua orang peserta atau lebih untuk berinteraksi saling bertukar pendapat, dan atau saling mempertahankan pendapat dalam pemecahan masalah sehingga didapatkan kesepakatan diantara mereka merupakan metode …
A. Ceramah
B. Diskusi
C. Demonstrasi
D. Resitasi
E. Tanya Jawab

Jawaban: B
Metode diskusi adalah aktivitas dari sekelompok siswa, berbicara saling bertukar informasi maupun pendapat tentang sebuah topik atau masalah, dimana setiap anak ingin mencari jawaban/penyelesaian problem dari segala segi dan kemungkinan yang ada. Metode ini melatih siswa untuk berani mengungkapkan pendapat dan berargumentasi untuk mempertahankan pendapatnya

Soal 9. Penilaian adalah penafsiran hasil pengukuran dan penentuan pencapaian hasil belajar. Penilaian dapat berupa hasil belajar peserta didik yang tidak dipengaruhi oleh kepentingan penilai, perbedaan latar belakang agama, sosial-ekonomi, budaya, bahasa, gender, dan hubungan emosional. Cara penilaian tersebut mengacu pada aspek penilaian …
A. Objektivitas
B. Ransparan
C. Bermakna
D. Menyeluruh
E. Adil

Jawaban: A
Penilaian yang bersifat objektif adalah penilaian yang tidak memandang dan membeda-bedakan latar belakang peserta didik, namun melihat kompetensi yang dihasilkan oleh peserta didik tersebut, bukan atas dasar siapa dirinya

Soal 10. Teknik penilaian hasil belajar yang menuntut peserta didik mendemontrasikan kemahirannya atau menampilkan hasil belajarnya dalam bentuk unjuk kerja adalah teknik penilaian ...
A. Tes lisan
B. Tes praktik
C. Penugasan
D. Portofolio
E. Magang

Jawaban: B
Tes praktik merupakan teknik penilaian untuk melihat secara langsung kemahiran/kemampuan siswa dalam mendemonstrasikan kemahirannya atau hasil belajarnya.