Soal Tes Ujian P3K SKB Bahasa Inggris A Tahun 2021

Berikut ini adalah beragam soal dan pembahasannya. Soal yang disusun mengacu pada kisi-kisi Tes Ujian P3K Untuk Guru Bahasa Inggris atau Tes Ujian Guru Bahasa Inggris, Soal P3K SKB Bahasa Inggris, Soal CPNS 2021, dan bisa juga di gunakan untuk Tes Uji Pengetahuan Bahasa Inggris, Uji Kompetensi Mahasiswa Pendidikan Profesi Guru Bahasa Inggris (UKMPPG) yang digunakan untuk mengukur hasil evaluasi para peserta tes.
Tes Ujian P3K Untuk Guru Bahasa Inggris atau Tes Ujian Guru Bahasa Inggris, Soal P3K SKB Bahasa Inggris, Soal CPNS 2021, dan bisa juga di gunakan untuk Tes Uji Pengetahuan Bahasa Inggris, Uji Kompetensi Mahasiswa Pendidikan Profesi Guru Bahasa Inggris (UKMPPG)
Soal dan pembahasan kompetensi pedagogik disusun untuk menilai dan mengevaluasi kemampuan peserta dalam (1) merencanakan pembelajaran yang mendidik, (2) merancang penilaian, menilai, dan mengevaluasi pembelajaran dan (3) mengadaptasi dan menggunakan teknologi informasi dan komunikasi untuk meningkatkan kualitas pembelajaran. Download Kumpulan Soal Lainnya

Soal Tes Ujian P3K SKB Bahasa Inggris A

Soal 1. As the counterbalance to linguistic competence, formulaic competence refers to chunks of language that speakers use heavily in everyday interactions. It includes the following EXCEPT ….
A. idioms
B. routines
C. turn-taking
D. collocations
E. lexical frames

Kunci Jawaban: C (Turn-Taking)
Pembahasan:
Pada soal nomor ini (Indikator 1.1), indikator yang diambil adalah tentang kompetensi bahasa Inggris. Untuk mencari jawaban yang benar, langkah-langkah yang ditempuh adalah:
a. Mencari kata kunci atau frasa penting dalam soal, yaitu Linguistics Competence dan formulaic competence. Di dalam soal juga ditemukan kata counterbalance yang berarti bahwa linguistics dan formulaic competence saling mengimbangi. Sedangkan formulaic competence adalah serangkaian kata atau frasa yang harus diingat sebagai suatu rangkaian ekspresi, sehingga mempunyai kaitan erat dengan kompetensi berkomunikasi. Kata kunci lain adalah EXCEPT (kecuali).
b. Mencari jawaban yang tepat/ benar. Dari pilihan jawaban, pilihan A (idioms), B (routines), D (collocations), dan E (lexical frames), semuanya adalah komponen yang dibutuhkan dalam kompetensi berkomunikasi, sedangkan C- turn taking adalah suatu urutan antara merespon dan berujar/ menginisiasi percakapan. Jadi, jawaban yang tepat adalah C.

Soal 2. Among the areas where our behavior can directly infl uence our students’ motivation to continue participation in EFL classes is determining short-term goals which include the following EXCEPT ….
A. the successful writing of an essay
B. the ability to partake in a discussion
C. the possibility of a better job in the future
D. the learning of a small amount of new language
E. the passing of the progress test at the end of the week

Kunci Jawaban: C (the possibility of a better job in the future)
Pembahasan:
Soal nomor 2 ini diambil dari indikator mengenai kesulitan pembelajar EFL (English as a foreign language) di dalam kelas bahasa Inggris. Untuk mencari jawaban yang tepat perlu dilakukan:
a. Mencari kata kunci dari soal, yaitu which infl uence student’s motivation to participate in class dengan menentukan short-term goals, dan EXCEPT (kecuali).
b. Mencari jawaban yang paling sesuai dengan istilah Short-Term Goals yaitu tujuan jangka pendek dalam pembelajaran. Dari pilihan jawaban, kata kunci EXCEPT harus diingat. Pernyataan pada pilihan jawaban C (the possibility of a better job in the future), frasa in the future bisa diartikan sebagai target atau tujuan jangka panjang, sedangkan di soal ada kata kunci Short-term goals. Pilihan jawaban yang lain selain kunci jawaban (C) dikategorikan dalam short-term goals.

Soal 3. Applying the humanistic approach, the teacher should encourage supportive atmosphere in the classroom by means of the following acts EXCEPT ….
A. listening to the students
B. encouraging them to share their feelings
C. accepting their comments without judgement
D. fi xing the aims for the course or for one lesson
E. obliging students to do what they plan to do that day

Kunci Jawaban: E (obliging students to do what they plan to do that day)
Pembahasan:
Soal tersebut diatas dari indikator 2.1 tentang teori dan prinsip pembelajaran bahasa Inggris. Berikut cara menjawab soal nomor 3 tersebut:
a. mencari kata kunci atau frasa-frasa yang penting dari soal tersebut. Kata kunci tersebut adalah humanistic approach, dan EXCEPT (kecuali)
b. Setelah mengetahui kata kunci, kemudian melihat ke pilihan jawaban, dari semua pilihan jawaban, yang tidak termasuk dalam teori humanistic approach adalah E (obliging students to do what they plan to do that day) karena mempunyai arti bahwa guru mengharuskan (obliging) untuk melakukan kewajibannya (what to do).

Soal 4. When putting syllabuses together, an EFL curriculum designer has to consider each item for inclusion in the syllabuses on the basis of the following criteria EXCEPT….
A. Learnability
B. Usefulness
C. Frequency
D. Coverage
E. Grading

Kunci jawaban: E. (Grading)
Pembahasan:
Untuk menjawab soal nomor 4 dengan indikator “Menjelaskan prinsip-prinsip pengembangan pembelajaran bahasa Inggris”, berikut langkahnya:
a. Kata kunci pada soal ini adalah syllabuses, criteria, dan EXCEPT.
b. Kemudian melihat pilihan jawaban, pilihan E. Grading adalah jawabannya karena istilah ini belum menunjukkan inklusi dalam silabus yang dirancang berdasar kurikulum. Grading berarti mengkategorikan skor ke level-level tertentu; istilah yang lebih tepat untuk ini adalah Evaluation.

Soal 5. The presentation/development step of a lesson plan should involve activities on the part of the students. It should be carried out by keeping in mind the following principles EXCEPT…
A. principle of selection
B. principle of division
C. principle of absorption
D. principle of categorization
E. principle of successive sequence

Kunci jawaban: D (Principle of categorization)
Pembahasan:
Untuk menjawab soal nomor 5, berikut adalah langkah-langkah yang bisa dilakukan:
Menemukan kata kunci Presentation step of a lesson plan dan memahami mengenai prinsip kegiatan dalam tahap tersebut. Kemudian ada frasa on the part of the students. Berarti bahwa pengembangan lesson plan yang melibatkan kegiatan pada peserta didik bisa dilakukan sesuai prinsip selection (pemilihan), division (pembagian), absorption (penyerapan), dan successive sequence (rangkaian yang berurutan)
Dari pilihan jawaban di atas yang bukan merupakan prinsip dalam menyusun RPP atau lesson plan yang melibatkan kegiatan peserta didik adalah pilihan jawaban D. principle of categorization (prinsip mengkategorikan).

Soal 6. When assigning the learners in the closure section of the lesson plan, remember that students need to be able to perform their skills on their own. So, keep the following things in mind EXCEPT ….
A. make a clear connection between the lesson and the homework
B. make sure to assign the homework directly after the lesson
C. clearly explain the assignment to be given to the learners
D. ask the model students to share their tasks to their classmates
E. make sure to check for students understating before sending them off

Kunci jawaban: D (ask the model students to share their tasks to their classmates)
Pembahasan:
Untuk menjawab soal nomor 6, berikut cara yang bisa dilakukan:
Menemukan kata kunci assigning closure section of lesson plan dan memahami kegiatan pada tahap tersebut. Yang dimaksud dengan assigning adalah penilaian yang dikembangkan dalam RPP, kemudian frasa closure section of a lesson plan adalah tahap penutupan ketika mengembangkan RPP.
Dari pilihan jawaban di atas yang bukan merupakan indikator dalam penilaian pada tahap akhir lesson plan/ RPP adalah pilihan jawaban D. ask the model students to share their tasks to their classmates

Soal 7. Free practice designed for an eff ective lesson plan integrates the focus structure/vocabulary/functional language into students’ overall language use. It often encourages students to use the target language structures in the following EXCEPT ….
A. games and puzzles
B. small group discussions
C. quizzes and formative tests
D. written work (paragraphs and essays)
E. longer listening comprehension practice

Kunci jawaban: C (quizzes and formative test)
Pembahasan:
Untuk menjawab soal nomor 7, berikut adalah cara yang dilakukan:
Menemukan kata kunci, yaitu instrument penilaian berbasis latihan yang digunakan untuk mengukur kemampuan siswa yang berfokus pada structure/ vocabulary / functional language meliputi: games and puzzles, small group discussions, written work (paragraphs and essays), dan longer listening comprehension practice.
Pilihan jawaban C. quizzes and formative tests (kuis dan tes formatif) tidak termasuk salah satunya. Alasannya adalah kuis dan tes formatif biasanya dilakukan di dalam kelas dengan tujuan untuk mengukur kemampuan siswa sehingga guru mengetahui sejauh mana tujuan pembelajaran tercapai.

Soal 8. A well-developed lesson plan should be completed with assignments to guide the instructor’s choice of assessment measures by providing information about student and class comprehension of the material. The following are among the questions to consider EXCEPT ….
A. What level of learning do the students need to attain?
B. How does the lesson plan fi t particular instructional principles?
C. What is the amount of time the instructor wants the students to use?
D. How does the assignment fi t with the rest of the lesson plan?
E. What is the purpose of the assignment?

Kunci Jawaban: B (How does the lesson plan fi t particular instructional principles?)
Pembahasan:
Untuk menjawab soal No. 8, berikut adalah cara yang dapat dilakukan:
Terlihat di dalam soal ada kata kunci Well- developed lesson plan dan choice of assessment, yang mempunyai arti pengembangan RPP yang baik dan pemilihan penilaian yang tepat/ baik. Selain itu EXCEPT (kecuali) juga merupakan kata kunci yang penting.
pilihan jawaban B how does the lesson plan fi t particular instructional principles adalah jawaban yang paling benar karena terlalu luas hubungannya dengan particular instructional principles dan assessment.

Soal 9. The closure step of a lesson plan is a chance to determine whether the students need additional practice or to go over the lesson again. The following are examples of closure in an eff ective lesson plan EXCEPT ….
A. summarizing the characteristics of the lesson
B. discussing new things that the students learned about the lesson
C. giving them a couple of minutes to read or present the lesson to the class
D. asking what information from the lesson the students will fi nd important
E. asking the students to summarize the lesson for students missing the class.

Kunci jawaban: C (giving them a couple of minutes to read or present the lesson to the class)
Pembahasan
Soal nomor 9 bisa dilakukan dengan cara berikut:
Untuk mencari jawaban yang paling benar, kata kunci dari soal indikator 4.2 adalah the closure step of a lesson plan dan EXCEPT. Maka pilihan C. giving them a couple of minutes to read or present the lesson to the class adalah yang benar karena pada kegiatan penutupan di langkah pembelajaran tidak tepat jika siswa diminta to read and present (membaca dan menyajikan).

Soal 10. The presentation phase of a lesson plan can take a variety of forms. The following are suggestions on how to present new materials to class EXCEPT ….
A. teacher centered explanation
B. student presentation
C. reading selection
D. listening selection
E. guided exercises

Kunci jawaban: E (guided exercises)
Pembahasan
Untuk menjawab pertanyaan nomor 10, berikut cara yang bisa dilakukan:
Perhatikan kata kunci presentation phase of lesson plan yang berarti tahap menyajikan materi dan EXCEPT. Pilihan jawaban E. guided exercises adalah BUKAN termasuk dalam kegiatan Presentation of a lesson plan atau menyajikan di dalam langkah pembelajaran. Sedangkan yang lain, seperti teacher centered explanation (penjelasan berpusat pada guru), student presentation (presentasi siswa), reading selection (pemilihan bacaan) bisa dikategorikan dalam tahap menyajikan materi dalam langkah pembelajaran.