Soal Tes Ujian P3K SKB Bahasa Inggris B Tahun 2021

Berikut ini adalah beragam soal dan pembahasannya. Soal yang disusun mengacu pada kisi-kisi Tes Ujian P3K Untuk Guru Bahasa Inggris atau Tes Ujian Guru Bahasa Inggris, Soal P3K SKB Bahasa Inggris, Soal CPNS 2021, dan bisa juga di gunakan untuk Tes Uji Pengetahuan Bahasa Inggris, Uji Kompetensi Mahasiswa Pendidikan Profesi Guru Bahasa Inggris (UKMPPG) yang digunakan untuk mengukur hasil evaluasi para peserta tes.

Tes Ujian P3K Untuk Guru Bahasa Inggris atau Tes Ujian Guru Bahasa Inggris, Soal P3K SKB Bahasa Inggris, Soal CPNS 2021, dan bisa juga di gunakan untuk Tes Uji Pengetahuan Bahasa Inggris, Uji Kompetensi Mahasiswa Pendidikan Profesi Guru Bahasa Inggris (UKMPPG)

Soal dan pembahasan kompetensi pedagogik disusun untuk menilai dan mengevaluasi kemampuan peserta dalam (1) merencanakan pembelajaran yang mendidik, (2) merancang penilaian, menilai, dan mengevaluasi pembelajaran dan (3) mengadaptasi dan menggunakan teknologi informasi dan komunikasi untuk meningkatkan kualitas pembelajaran. Download Kumpulan Soal Lainnya

Soal Tes Ujian P3K SKB Bahasa Inggris B


Soal 11. Rina is solitary type of a student. The most suitable learning source for the teacher to facilitate Rina in reading comprehension would be….
A. pictured workbooks
B. E-learning modules
C. reading passages
D. audio recordings
E. worksheet

Kunci jawaban: B (E-learning modules).
Pembahasan
Untuk menjawab pertanyaan nomor 11, berikut cara yang bisa dilakukan:
Menemukan kata kunci soal indikator 4.4 adalah solitary type dan reading comprehension. Solitary type student adalah siswa dengan tipe yang suka menyendiri. Pilihan jawaban B. E-learning modules sesuai dengan tipe solitary dalam pembelajaran. Alasannya adalah modul

Soal 12. A teacher who wants to have distance learning involving not only spoken but also pictographic images which enable them to have face-to face idea exchanges can most appropriately utilize….
A. skype
B. short message services
C. multimedia language laboratory
D. teleconference
E. Google messenger

Kunci jawaban: D (Teleconference).
Pembahasan
Untuk menjawab pertanyaan nomor 12, berikut cara yang bisa dilakukan:
Menemukan kata kunci soal indikator 5.1 adalah distance learning (pembelajaran jarak jauh) dan pictographic images (gambar huruf). Pilihan jawaban D. Teleconference adalah yang tepat karena mengandung unsur kata kunci tersebut, yaitu pelaksanaannya bisa dengan cara jarak jauh dan menggantikan pertemuan tatap muka. Penggunaan gambar huruf juga bisa diterapkan dalam teleconference.

Soal 13. Mrs. Nastiti is about to activate students’ formal schemata of lexical items used in a report text. For the purpose, she can involve her students…
A. to identify words in jumbled letters
B. to label pictures with appropriate words
C. to guess word meanings from the context
D. to fi nd the meaning of words in dictionary
E. to fi nd the synonym or the antonym of words

Kunci jawaban: A (To identify words in jumbled letters).
Pembahasan
Untuk menjawab pertanyaan nomor 13, berikut adalah cara yang bisa dilakukan:
menemukan kata kunci soal diatas adalah activate students (mengaktifkan murid) dan lexical items (item-item kosa kata) in report text. Pilihan jawaban A. to identify words in jumbled letters adalah yang benar karena mengidentifi kasi kata-kata untuk penguasaan kosakata sebelum ke reading the text.

Soal 14. To cater for the learning style of his students who are fi eld independent, when teaching reading, Mr. Hanafi will require his students to ……
A. follow in depth ideas in each paragraph
B. identify the main points of passages
C. imply the meaning in passages
D. retell details of all paragraphs
E. seek for specifi c information

Kunci jawaban: B (Identify the main points of passages)
Pembahasan
Untuk menjawab pertanyaan nomor 14, berikut adalah cara yang bisa dilakukan:
Menemukan kata kunci soal tersebut diatas yaitu adalah learning style, fi eld independent dan teaching reading. Berikut penjelasan Field independent: A fi eld-independent learning style is defi ned by a tendency to separate details from the surrounding context. Field-independent learners tend to rely less on the teacher or other learners for support. Dalam hal ini, siswa akan lebih fokus dengan belajar mandiri. Pilihan jawaban B. identify the main points of passages (mengidentifi kasi informasi utama dalam teks) adalah yang sesuai karena sesuai dengan pengajaran reading dan fi eld independent.

Soal 15. Learning a new topic can be challenging for students. To motivate them to learn with enthusiasm, a teacher may use empathetic communication strategy by….
A. telling the class that all beginning is diffi cult
B. informing the class to always be motivated
C. reminding the importance of learning English
D. explaining the disadvantage of not learning the topic
E. stating that the topic is interesting and they will like it

Kunci Jawaban: E (Stating that the topic is interesting and they will like it)
Pembahasan
Untuk menjawab soal nomor 15 tersebut, berikut adalah cara menjawabnya:
Kata kunci soal tersebut diatas adalah learning new topic (mempelajari tema baru) dan to motivate learners (memotivasi siswa).
Maka pilihan jawaban yang berhubungan dengan kata kunci tersebut yang benar adalah E. stating that the topic is interesting and they will like it. Pilihan jawaban tersebut menunjukkan bahwa guru menunjukkan topik baru yang menarik dan siswa akan tertantang untuk membahasnya di dalam kelas.

Soal 16. A student was texting Ms. Cruella as follows: “Excuse me, Mam. When can you meet me to discuss my report? I have a question to ask. Thank you” How should Ms. Cruella have responded to her student by texting back not to make her embarrassed?
A. “What about tomorrow? But, should I see you or should you see me?”
B. “Who do you think you are? I am your teacher. You must see me.”
C. “Is your language polite enough, Sandra? Check your English.”
D. “Sandra, be polite please, can’t you? Should I meet you?”
E. “You are really not polite, Sandra. Keep your manner.”

Kunci Jawaban: A (“What about tomorrow? But, should I see you or should you see me?”).
Pembahasan
Untuk menjawab soal nomor 16, maka berikut adalah cara menjawabnya:
Mencari kata kunci, dalam soal Kata kuncinya adalah a student was texting, yang berarti siswa menggunakan bahasa tulis. Kata kunci lainnya adalah not to make her embarrassed yang berarti tidka membuat siswa merasa malu karena ekspresi yang diujarkan salah. Maka, jawaban yang paling benar adalah A. “Sandra, be polite please, can’t you? Should I meet you?”

Soal 17. What follows are NOT among the principles of assessment:
A. Valid, objective, accountable, meaningful, and comprehensive
B. Accountable, meaningful, systematic, fair, and criterion-based
C. Objective, accountable, systematic, fair, and meaningful
D. Ongoing, integrated, systematic, fair, and accountable
E. Judgemental, valid, objective, fair, and accountable

Kunci jawaban: E (Judgemental, valid, objective, fair, and accountable)
Pembahasan
Untuk menjawab soal nomor 17, berikut adalah cara menjawabnya:
Mencari Kata kuncinya, yaitu principles of assessment, atau prinsip-prinsip penilaian, dan nada kata kunci NOT. Di dalam teori Principles of assessment TIDAK tercantum dalam prinsip penilaian kata judgemental. Prinsip-prinsip penilaian adalah realibility, validadity, dan practicality. Itu semua termasuk prinsip objective, accountable, meaningful dan comprehensive. Kunci jawaban E. judgemental, valid, objectiive, fair, and accountable.

Soal 18. Based on the indicator that follows: ―Given three brief paragraphs of diff erent themes on which every second half of every 2nd word is mutilated, students fi ll in the blank spaces in the mutilated words of the paragraphs correctly, the most appropriate scoring scheme relevant to the assessment procedure is….
A. scoring with a penalty
B. dichotomous scoring
C. primary-trait scoring
D. polytomous scoring
E. weighted scoring

Kunci jawaban: B (dichotomous scoring)
Pembahasan
Untuk menjawab soal nomor 18, berikut adalah cara menjawabnya:
Menemukan kata kuncinya students fi ll in the blank spaces in the mutilated words of the paragraphs correctly. Kemudian melihat pilihan jawaban dari soal nomor tersebut. Kata kunci tersebut menandakan bahwa tipe evaluasi yang digunakan berdasar ciriciri tersebut ialah B. dichotomous scoring. Artinya dalam mengembangkan prosedur penilaian bahasa, guru bisa menerapkan tipe dua atau lebih dari dua pilihan bagi test takers. Dichotomous mempunyai arti dividing into two parts. Berikut penjelasannya: “Dichotomous scoring refers to the assignment of one or two possible values based on a person’s performance or response to a test question. A simple example is the use of correct and incorrect to score a cognitive item response. These values are mutually exclusive, and describe the correctness of a response in the simplest terms possible, as completely incorrect or completely correct. Most cognitive tests involve at least some dichotomously scored items. Multiple-choice questions are usually scored dichotomously”.

Soal 19. The problem in Mr. Andi’s class is the students tend to compete excessively in reading class. They don’t have much experience in working together in task groups. She believes that they need to have more opportunities to work together to change as their attitudes in competing leads to an unhealthy class atmosphere. To solve the problem, she designs an innovative instructional strategy through classroom action research. The steps of which will need to have the elements of…
A. KWLH
B. SQ3R
C. jigsaw
D. mind and mapping
E. click and clunk

Kunci jawaban C. (Jigsaw)
Pembahasan
Untuk menjawab pertanyaan dari soal 19 diatas, berikut cara menjawabnya:
Mencari Kata kunci dari soal diatas adalah reading class dan much working in task group. Dalam pembelajaran Reading, dengan menggunakan strategi work together dan task group maka diperlukan metode dengan teknik diskusi dalam pembelajaran yang tepat. Jadi jawaban C. Jigsaw (salah satu teknik dalam pembelajaran cooperative learning) adalah yang benar.

Soal 20. Observations by a collaborator during the conduct of classroom action research are mainly focused on....
A. both the teacher‘s teaching and more importantly students‘learning behavior
B. detailed descriptions of class progress from minute to minute
C. class atmosphere during the implementation of the strategy
D. student-student and teacher-student class interactions
E. collection of data to provide evidence of change

Kunci jawaban A (both the teacher‘s teaching and more importantly student’s learning behavior)
Pembahasan
Untuk menjawab soal nomor 20, berikut adalah cara menjawabnya:
Menemukan kata kunci dari soal diatas. Kata kunci adalah Observations by a collaborator during classroom action research yakni kegiatan yang dilakukan dalam suatu PTK lebih berfokus pada cara mengajar guru dan kebiasaan siswa dalam belajar.
Jawaban yang sesuai adalah pilihan A. both the teacher‘s teaching and more importantly students‘learning behavior. Yang berarti bahwa pengajaran guru dan pembelajaran lebih berfokus pada sikap pembelajar.