RPP TERBARU - RPP INSPIRATIF SMP PAI dan BP Kelas VII Semester 1 Tahun 2020/2021.
Menindaklanjuti Surat Edaran Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 14 Tahun 2019 tentang Penyederhanaan RPP menjadi tiga komponen, yaitu tujuan, langkah-langkah kegiatan, dan asesmen. Pusat Kurikulum dan Pembelajaran membuat model RPP inspiratif. RPP INSPIRATIF SMP PAI dan BP Kelas VII Tahun 2020/2021.
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) ini dimaksudkan uuntuk memberikan guru kebebasan berekspresi dalam melaksanakan proses pembelajaran. Dalam pelaksanaannya guru dapat menyesuaikan RPP dengan kondisi kelas dan peserta didik.
Tujuan pembelajaran diturunkan dan diekstrak dari kompetensi dasar dan diuraikan menjadi kompetensi-kompetensi yang akan dicapai peserta didik. Kegiatan pembelajaran diisi dengan aktivitas-aktivitas sesuai sintaks model pembelajaran untuk mencapai kompetensi yang telah ditentukan. Untuk kegiatan pembelajaran memuat 3 komponen pembelajaran yaitu kegiatan pendahuluan, inti dan penutup
Kegiatan pembelajaran perlu dilengkapi dengan dokumen pendukung, contohnya pada kegiatan percobaan perlu dilengkapi dengan langkah- langkah percobaan. Langkah- langkah percobaan tersebut dapat dituliskan dalam buku panduan praktikum.i akhir kegiatan penutup terdapat refkeksi tak hanya untuk peserta didik, namun juga untuk pendidik sehingga memungkinkan guru untuk dapat mendapatkan informasi mengenai keterlaksanaan pembelajaran yang akan menjadi acuan untuk pembelajaran selanjutnya.
Asesmen yang dilakukan meliputi 3 aspek yaitu pengetahuan, keterampilan, dan sikap untuk mengukur tujuan pembelajaran yang telah diterapkan. Satu kegiatan dapat mencakup tiga aspek penilaian sekaligus.
Contoh RPP INSPIRATIF SMP PAI dan BP Kelas VII Tahun 2020/2021
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Nama Sekolah : SMP/MTs
Mata Pelajaran : PAI dan BP
Materi : QS. Al-Mujdilah/58:11. QR. Ar Rahman/55:33
Kelas/Semester : VII/1
Tahun Pelajaran | 2020/2021
Alokasi : 3 Pertemuan
TUJUAN PEMBELAJARAN
Melalui Kegiatan pembelajaran ini, peserta didik dapat :
Meyakini bahwa Allah Swt. akan meninggikan derajat orang yang beriman dan berilmu dan menunjukkan perilaku semangat menuntut ilmu serta memahami makna dan mampu membaca dengan tartil, menunjukkan hafalan dengan lancar, dan menyajikan keterkaitan semangat menuntut ilmu dengan pesan Q.S. al-Mujadilah /58: 1, Q.S. ar- Rahman 55: 33, dan hadis terkait.
KEGIATAN PEMBELAJARAN
Guru melakukan kegiatan pembelajaran dengan pendekatan pembelajaran Saintifik dan model pembelajaran yang sesuai dalam setiap KD, agar tujuan pembelajaran yang diharapkan dapat dicapai
Kegiatan
Pendahuluan
Menyampaikan tujuan pembelajaran pertemuan hari ini.
Membuat apersepsi mengenai tentang semangat menuntut ilmu.
Inti
Pertemuan 1
Mengamati dan menyimak tayangan audio seorang qari’ yang sedang membaca audio bacaan Q.S. Al Mujadalah/58:11, dan Ar Rahman/55:33 dan hadis terkait dengan fasih
Menanya tentang hukum bacaan al syamsiyah dan al qamariyah
Berdiskusi dan mengidentifikasi contoh hukum bacaan al syamsiyah dan al qamariyah
Mengidendifikasi hukum bacaan al syamsiyah dan al qamariyah
Mendemonstrasikan hukum bacaan al syamsiyah dan al qamariyah pada ayat-ayat Al Quran
Pertemuan 2
Berdiskusi tentang arti, makna dan keterkaitan semangat menuntut ilmu dengan Q.S. Al Mujadalah/58:11, dan Ar Rahman/55:33 dan hadis terkait
Mempresentasikan hasil diskusi dihadapan kelompok lainnya.
Pertemuan 3
Mnghafal bacaan Q.S. Al Mujadalah/58:11, dan Ar Rahman/55:33 dan hadis tentang menuntut ilmu
Mendemontrasikan bacaan Q.S. Al Mujadalah/58:11, dan Ar Rahman/55:33 dan hadis tentang menuntut ilmu
Refleksi dan Konfirmasi
Merefleksi kegiatan pembelajaran.
Menginformasikan kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan pada pertemuan berikutnya.
Meminta peserta didik untuk selalu bersemangat dalam menuntut ilmu (penumbuhan karakter semangat menuntut ilmu).
Guru mengakhiri kegiatan belajar dengan memberikan pesan dan motivasi tetap semangat belajar dan diakhiri dengan berdoa.
PENILAIAN
SIKAP SPIRITUAL
Melalui pengamatan terbiasa membaca Al Qur’an dalam kehidupan sehari-hari dengan instrumen penilaian sikap atau jurnal
SIKAP SOSIAL
Melalui pengamatan semangat menuntut ilmu dalam kehidupan sehari-hari dengan instrumen penilaian sikap atau jurnal
PENGETAHUAN
Melalui soal pilihan ganda dan esai hukum bacaan al syamsiyah dan al qamariyah, arti, makna dan keterkaitan semangat menuntut ilmu dengan Q.S. Al Mujadalah/58:11, dan Ar Rahman/55:33 dan hadis terkait sesuai dengan instrumen dan rubrik penilaian pengetahuan
KETERAMPILAN
Melalui praktik membaca/menghafal Q.S. Al Mujadalah/58:11, dan Ar Rahman/55:33 dan hadis terkait dan produk dengan menulis hasil diskusi keterkaitan semangat menuntut ilmu dengan pesan Q.S. al-Mujadilah /58: 1 dan Q.S. ar-Rahman /55: 33 dan hadis terkait sesuai dengan instrumen penilaian Keterampilan
Dibawah ini adalah Contoh Format RPP INSPIRATIF SMP PAI dan BP Kelas VII Tahun 2020/2021
Menindaklanjuti Surat Edaran Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 14 Tahun 2019 tentang Penyederhanaan RPP menjadi tiga komponen, yaitu tujuan, langkah-langkah kegiatan, dan asesmen. Pusat Kurikulum dan Pembelajaran membuat model RPP inspiratif. RPP INSPIRATIF SMP PAI dan BP Kelas VII Tahun 2020/2021.
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) ini dimaksudkan uuntuk memberikan guru kebebasan berekspresi dalam melaksanakan proses pembelajaran. Dalam pelaksanaannya guru dapat menyesuaikan RPP dengan kondisi kelas dan peserta didik.
Tujuan pembelajaran diturunkan dan diekstrak dari kompetensi dasar dan diuraikan menjadi kompetensi-kompetensi yang akan dicapai peserta didik. Kegiatan pembelajaran diisi dengan aktivitas-aktivitas sesuai sintaks model pembelajaran untuk mencapai kompetensi yang telah ditentukan. Untuk kegiatan pembelajaran memuat 3 komponen pembelajaran yaitu kegiatan pendahuluan, inti dan penutup
Kegiatan pembelajaran perlu dilengkapi dengan dokumen pendukung, contohnya pada kegiatan percobaan perlu dilengkapi dengan langkah- langkah percobaan. Langkah- langkah percobaan tersebut dapat dituliskan dalam buku panduan praktikum.i akhir kegiatan penutup terdapat refkeksi tak hanya untuk peserta didik, namun juga untuk pendidik sehingga memungkinkan guru untuk dapat mendapatkan informasi mengenai keterlaksanaan pembelajaran yang akan menjadi acuan untuk pembelajaran selanjutnya.
Asesmen yang dilakukan meliputi 3 aspek yaitu pengetahuan, keterampilan, dan sikap untuk mengukur tujuan pembelajaran yang telah diterapkan. Satu kegiatan dapat mencakup tiga aspek penilaian sekaligus.
Contoh RPP INSPIRATIF SMP PAI dan BP Kelas VII Tahun 2020/2021
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Nama Sekolah : SMP/MTs
Mata Pelajaran : PAI dan BP
Materi : QS. Al-Mujdilah/58:11. QR. Ar Rahman/55:33
Kelas/Semester : VII/1
Tahun Pelajaran | 2020/2021
Alokasi : 3 Pertemuan
TUJUAN PEMBELAJARAN
Melalui Kegiatan pembelajaran ini, peserta didik dapat :
Meyakini bahwa Allah Swt. akan meninggikan derajat orang yang beriman dan berilmu dan menunjukkan perilaku semangat menuntut ilmu serta memahami makna dan mampu membaca dengan tartil, menunjukkan hafalan dengan lancar, dan menyajikan keterkaitan semangat menuntut ilmu dengan pesan Q.S. al-Mujadilah /58: 1, Q.S. ar- Rahman 55: 33, dan hadis terkait.
KEGIATAN PEMBELAJARAN
Guru melakukan kegiatan pembelajaran dengan pendekatan pembelajaran Saintifik dan model pembelajaran yang sesuai dalam setiap KD, agar tujuan pembelajaran yang diharapkan dapat dicapai
Kegiatan
Pendahuluan
Menyampaikan tujuan pembelajaran pertemuan hari ini.
Membuat apersepsi mengenai tentang semangat menuntut ilmu.
Inti
Pertemuan 1
Mengamati dan menyimak tayangan audio seorang qari’ yang sedang membaca audio bacaan Q.S. Al Mujadalah/58:11, dan Ar Rahman/55:33 dan hadis terkait dengan fasih
Menanya tentang hukum bacaan al syamsiyah dan al qamariyah
Berdiskusi dan mengidentifikasi contoh hukum bacaan al syamsiyah dan al qamariyah
Mengidendifikasi hukum bacaan al syamsiyah dan al qamariyah
Mendemonstrasikan hukum bacaan al syamsiyah dan al qamariyah pada ayat-ayat Al Quran
Pertemuan 2
Berdiskusi tentang arti, makna dan keterkaitan semangat menuntut ilmu dengan Q.S. Al Mujadalah/58:11, dan Ar Rahman/55:33 dan hadis terkait
Mempresentasikan hasil diskusi dihadapan kelompok lainnya.
Pertemuan 3
Mnghafal bacaan Q.S. Al Mujadalah/58:11, dan Ar Rahman/55:33 dan hadis tentang menuntut ilmu
Mendemontrasikan bacaan Q.S. Al Mujadalah/58:11, dan Ar Rahman/55:33 dan hadis tentang menuntut ilmu
Refleksi dan Konfirmasi
Merefleksi kegiatan pembelajaran.
Menginformasikan kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan pada pertemuan berikutnya.
Meminta peserta didik untuk selalu bersemangat dalam menuntut ilmu (penumbuhan karakter semangat menuntut ilmu).
Guru mengakhiri kegiatan belajar dengan memberikan pesan dan motivasi tetap semangat belajar dan diakhiri dengan berdoa.
PENILAIAN
SIKAP SPIRITUAL
Melalui pengamatan terbiasa membaca Al Qur’an dalam kehidupan sehari-hari dengan instrumen penilaian sikap atau jurnal
SIKAP SOSIAL
Melalui pengamatan semangat menuntut ilmu dalam kehidupan sehari-hari dengan instrumen penilaian sikap atau jurnal
PENGETAHUAN
Melalui soal pilihan ganda dan esai hukum bacaan al syamsiyah dan al qamariyah, arti, makna dan keterkaitan semangat menuntut ilmu dengan Q.S. Al Mujadalah/58:11, dan Ar Rahman/55:33 dan hadis terkait sesuai dengan instrumen dan rubrik penilaian pengetahuan
KETERAMPILAN
Melalui praktik membaca/menghafal Q.S. Al Mujadalah/58:11, dan Ar Rahman/55:33 dan hadis terkait dan produk dengan menulis hasil diskusi keterkaitan semangat menuntut ilmu dengan pesan Q.S. al-Mujadilah /58: 1 dan Q.S. ar-Rahman /55: 33 dan hadis terkait sesuai dengan instrumen penilaian Keterampilan
Dibawah ini adalah Contoh Format RPP INSPIRATIF SMP PAI dan BP Kelas VII Tahun 2020/2021
Download Contoh RPP INSPIRATIF PAUD, SD, SMP dan SMA Sederajat
[ Format File .doc .docx Microsoft Word dan PDF ]