Contoh RPP Inspiratif SD Kelas 6 Tahun 2020

RPP TERBARU - Menindaklanjuti Surat Edaran Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 14 Tahun 2019 tentang Penyederhanaan RPP menjadi tiga komponen, yaitu tujuan, langkah- langkah kegiatan, dan asesmen. Pusat Kurikulum dan Pembelajaran membuat model RPP inspiratif. Contoh RPP Inspiratif SD Kelas 6 Tahun 2020 | RPP TEMATIK Kelas Tinggi Kelas 6 SD.
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) ini dimaksudkan uuntuk memberikan guru kebebasan
berekspresi dalam melaksanakan proses pembelajaran. Dalam pelaksanaannya guru dapat menyesuaikan RPP dengan kondisi kelas dan peserta didik Tujuan pembelajaran diturunkan dan diekstrak dari kompetensi dasar dan diuraikan menjadi kompetensi-kompetensi yang akan dicapai peserta didik. Kegiatan pembelajaran diisi dengan aktivitas- aktivitas sesuai sintaks model pembelajaran untuk mencapai kompetensi yang telah ditentukan.

Untuk kegiatan pembelajaran memuat 3 komponen pembelajaran yaitu kegiatan pendahuluan, inti dan penutup. Kegiatan pembelajaran perlu dilengkapi dengan dokumen pendukung, contohnya pada kegiatan percobaan perlu dilengkapi dengan langkah-langkah percobaan. Langkah-langkah percobaan tersebut dapat dituliskan dalam buku panduan praktikum

Di akhir kegiatan penutup terdapat refkeksi tak hanya untuk peserta didik, namun juga untuk pendidik sehingga memungkinkan guru untuk dapat mendapatkan informasi mengenai keterlaksanaan pembelajaran yang akan menjadi acuan untuk pembelajaran selanjutnya.

Menindaklanjuti Surat Edaran Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 14 Tahun 2019 tentang Penyederhanaan RPP menjadi tiga komponen, yaitu tujuan, langkah-langkah kegiatan, dan asesmen. Pusat Kurikulum dan Pembelajaran membuat model RPP inspiratif. Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) ini dimaksudkan uuntuk memberikan guru kebebasan berekspresi dalam melaksanakan proses pembelajaran. Dalam pelaksanaannya guru dapat menyesuaikan RPP dengan kondisi kelas dan peserta didik.

Contoh RPP Inspiratif SD Kelas 6 Tahun 2020 | RPP TEMATIK Kelas Tinggi Kelas 6 SD

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Mata Pelajaran : Tematik (B. Indonesia, SBDP, IPS)
Sekolah : SD
Kelas / Semester : 6 / Ganjil
Tema : Harmoni Indonesia
Periode Bulan/minggu : Agustus/2

TUJUAN PEMBELAJARAN
1. Mengidentifikasi, dan menyajikan hasil identifikasi tentang karakteristik geografis dan kehidupan sosial budaya, di wilayah ASEAN.
2. Memahami penampilan tari kreasi daerah, dan menampilkannya.
3. Menggali isi teks penjelasan (eksplanasi) ilmiah yang didengar dan dibaca, dan menyajikan hasil penggalian informasi secara lisan, tulis, dan visual dengan menggunakan kosakata baku dan kalimat efektif.

LANGKAH KEGIATAN
1. Mengamati globe (negara tetangga, benua).
2. Mencari informasi di media tentang karakteristik geografis negara-negara ASEAN.
3. Mencari informasi di media tentang kehidupan sosial, dan budaya negaranegara ASEAN.
4. Mengamati tarian-tarian daerah negara-negara ASEAN.
5. Membandingkan tari daerah salah satu negara dengan negara lain.
6. Menampilkan satu tari kreasi daerah secara berkelompok.

REFLEKSI DAN KONFIRMASI
(refleksi pencapaian siswa/formatif asesmen, dan refleksi guru untuk mengetahui ketercapaian proses pembelajaran dan perbaikan)

PENILAIAN
1. Kemampuan menulis laporan karakteristik geografis di wilayah ASEAN.
2. Kemampuan menjelaskan tentang kehidupan sosial dan budaya di negara ASEAN secara berkelompok(presentasi).
3. Kemampuan menjelaskan tentang teks eksplanasi secara tertulis.
4. Menampilkan 1 tari kreasi daerah secara berkelompok (unjuk kerja).

Contoh RPP Inspiratif SD Kelas 6 Tahun 2020 | RPP TEMATIK Kelas Tinggi Kelas 6 SD
Contoh RPP Inspiratif SD Kelas 6 Tahun 2020 | RPP TEMATIK Kelas Tinggi Kelas 6 SD

Format File .doc  .docx Microsoft Word dan PDF ]