RPP INSPIRATIF SMP PAK dan BP Kelas VII Tahun 2020/2021

RPP TERBARU - RPP INSPIRATIF SMP PAK dan BP Kelas VII Semester 1 Tahun 2020/2021.
Menindaklanjuti Surat Edaran Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 14 Tahun 2019 tentang Penyederhanaan RPP menjadi tiga komponen, yaitu tujuan, langkah-langkah kegiatan, dan asesmen. Pusat Kurikulum dan Pembelajaran membuat model RPP inspiratif. RPP INSPIRATIF SMP PAK dan BP Kelas VII Tahun 2020/2021.


Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) ini dimaksudkan uuntuk memberikan guru kebebasan berekspresi dalam melaksanakan proses pembelajaran. Dalam pelaksanaannya guru dapat menyesuaikan RPP dengan kondisi kelas dan peserta didik.

Tujuan pembelajaran diturunkan dan diekstrak dari kompetensi dasar dan diuraikan menjadi kompetensi-kompetensi yang akan dicapai peserta didik. Kegiatan pembelajaran diisi dengan aktivitas-aktivitas sesuai sintaks model pembelajaran untuk mencapai kompetensi yang telah ditentukan. Untuk kegiatan pembelajaran memuat 3 komponen pembelajaran yaitu kegiatan pendahuluaninti dan penutup

Kegiatan pembelajaran perlu dilengkapi dengan dokumen pendukung, contohnya pada kegiatan percobaan perlu dilengkapi dengan langkah- langkah percobaan. Langkah- langkah percobaan tersebut dapat dituliskan dalam buku panduan praktikum.i akhir kegiatan penutup terdapat refkeksi tak hanya untuk peserta didik, namun juga untuk pendidik sehingga memungkinkan guru untuk dapat mendapatkan informasi mengenai keterlaksanaan pembelajaran yang akan menjadi acuan untuk pembelajaran selanjutnya.

Asesmen yang dilakukan meliputi 3 aspek yaitu pengetahuan, keterampilan, dan sikap untuk mengukur tujuan pembelajaran yang telah diterapkan. Satu kegiatan dapat mencakup tiga aspek penilaian sekaligus.

Contoh RPP INSPIRATIF SMP PAK dan BP Kelas VII Tahun 2020/2021

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Nama Sekolah : SMP
Mata Pelajaran : PAK dan BP
Materi : Indahnya Mengampuni
Kelas/Semester : VII/1
Tahun Pelajaran | 2020/2021
Alokasi : 2 Pertemuan

TUJUAN PEMBELAJARAN
Melalui Kegiatan pembelajaran ini, peserta didik dapat :
Menerima bahwa hanya Allah yang dapat mengampuni dan menyelamatkan manusia melalui karya penyelamatan dalam Yesus Kristus; bersedia mengampuni orang lain; menjelaskan Allah mengampuni dan menyelamatkan manusia melalui Yesus Kristus; serta membuat karya yang menunjukkan kesanggupan mengampuni diri sendiri dan sesama.

INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI
Mengimani pengampunan dan penyelamatan Allah di dalam Yesus Kristus melalui lagu.
Menceritakan pengalaman mengampuni dan diampuni serta menuliskan doa pengampunan.
Menjelaskan arti mengampuni.
Memahami dan menjelaskan arti serta tujuan pengampunan dalam Yesus Kristus.
Menjelaskan prinsip dasar dan arti pentingnya mengampuni menurut iman Kristen.
Mempraktikkan cara menghayati sebuah pengampunan melalui drama dan mempraktekan perilaku sebagaimana orang yang telah selamatkan.

KEGIATAN PEMBELAJARAN
Pendahuluan
Menyiapkan kelas dengan melakukan presensi dan menanyakan kabar serta membuat suasana belajar yang menyenangkan dengan kuis “Pesona Alkitab” 5 menit.
Meminta salah satu siswa berdoa dan menyanyikan lagu “Mengampuni, mengampuni lebih sungguh”
Melakukan apersepsi dengan memberikan pertanyaan arti mengampuni menurut pandangan peserta didik serta menyampaikan tujuan pembelajaran pertemuan hari ini tentang indahnya mengampuni..

Inti
Pertemuan 1
Mempelajari tokoh Nelson Mandela dan menanya tentang pengalaman mengampuni dan tidak mengampuni yang terjadi dalam hidup mereka masing-masing dan mendiskusikan arti pengampunan hanya melalui Yesus Kristus.
Mengumpulkan data dengan menuliskan pengalaman mengampuni dan diampuni serta menonton cuplikan film Passion of the Christ dan membandingkan pengampunan Allah dan pengampunan manusia serta menemukan tujuan Allah mengampuni manusia.
Membuat kesimpulan tentang tujuan Allah mengampuni manusia serta tingkat kesulitan mengambil sikap mengampuni dan dampak positif negatifnya dari tindakan mengampuni dan tidak mengampuni.
Menyajikannya di depan kelas secara bergantian sesuai arahan Guru

Pertemuan 2
Mengamati dengan membaca kisah Yusuf dalam Kitab Kejadian 45 dan mengidentifikasi sikap Yusuf yang diteladani oleh manusia sekarang serta menanya dan mengumpulkan data tentang pengampunan melalui perumpamaan dalam Matius 18:21-35.
Mendiskusikan dan menyimpulkan isi lagu KJ No. 36:1-2.
Menyajikan hasil diskusi kelompok tentang pengampunan yang diberikan Allah kepada manusia dibutuhkan sikap rendah hati.

Penutup
Merefleksi kegiatan pembelajaran dan menginformasikan kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan pada pertemuan berikutnya.
Meminta peserta didik untuk menjaga sikap dan tutur kata serta mau memberikan pengampunan sebagaimana Allah telah mengasihi dan mengampuni manusia berdosa (penumbuhan karakter jujur dan budaya disiplin).
Mengakhiri kegiatan belajar dengan berdoa bersama.

Refleksi dan Konfirmasi
Refleksi pencapaian siswa/formatif asesmen, dan refleksi guru untuk mengetahui ketercapaian proses pembelajaran dan perbaikan.

PENILAIAN
Penilaian Sikap me-lalui pengamatan prilaku sikap spi-ritual dan sikap sosial dalam menerapkan sikap mengampuni ter-hadap sesama tanpa pamrih sesuai dengan instrumen penilaian sikap (kerja sama, kejujuran, disiplin, dan tanggung jawab)
Penilaian Pengetahuan melalui soal pilihan ganda dan esai dalam menerapkan dan melakukan pengampunan sesuai dengan instrumen dan rubrik penilaian pengetahuan
Penilaian Keterampilan melalui unjuk kerja langsung dan atau simulasi dalam menerapkan dan melakukan pengampunan sesuai dengan instrumen dan lembar ceklis penilaian Keterampilan..

Dibawah ini adalah Contoh Format RPP INSPIRATIF SMP PAK dan BP Kelas VII Tahun 2020/2021
Contoh Format RPP INSPIRATIF SMP PAK dan BP Kelas VII Tahun 2020/2021

Format File .doc  .docx Microsoft Word dan PDF ]