Kumpulan Soal - Pembahasan Soal UN Tahun 2020 dan Soal Pembahasan UN SMP Matematika Tahun 2020 dibawah ini merupakan Contoh Soal Pembahasan UN SMP Matematika Tahun 2020. Untuk Menghadapi UN Tahun 2020 bisa mempelajari Contoh Soal Pembahasan UN SMP Matematika Tahun 2020 di bawah ini.
UN Matematika SMP/MTs Tahun 2020
Ujian Nasional Matematika SMP/MTs mencakup topik Bilangan, Aljabar, Geometri dan Pengukuran, dan Statistika dan Peluang. Level kognitif yang diujikan mencakup pengetahuan dan pemahaman, aplikasi, dan penalaran.
Berdasarkan kajian hasil UN SMP/MTs Matematika Tahun 2018 dan Tahun 2019, dapat dikemukakan bahwa siswa pada umumnya dapat mengerjakan soal-soal yang memang dapat diselesaikan dengan rumus, strategi, atau prosedur yang sudah dikenal sebelumnya. Sebaliknya, banyak siswa tidak berhasil mengerjakan soal yang memerlukan strategi baru.
Untuk mengerjakan soal yang sudah sering dijumpai, seperti jenis soal No. 1, banyak siswa dapat menyelesaikannya. Namun, untuk soal yang memerlukan strategi dan kreativitas, seperti soal no 4, hanya sebagian kecil siswa yang berhasil menyelesaikannya. Strategi kreatif seperti membuat garis bantu merupakan kecakapan mendasar, yang mutlak diperlukan dalam Geometri.
Masih berkaitan dengan modifikasi strategi, siswa juga mengalami kesulitan mengerjakan jenis soal seperti No. 2, karena siswa tidak hanya dituntut untuk memahami soal tetapi juga dapat memodifikasi pengetahuan sebelumnya (tentang deret) untuk penyelesaian jenis soal baru.
Siswa juga mengalami kesulitan pada jenis soal No 3, yang menuntut siswa untuk mengubah informasi dalam kalimat menjadi sketsa geometri. Dalam hal ini terlihat kemampuan siswa dalam memahami keadaan geometri masih kurang, meskipun soal tersebut tidak memerlukan perhitungan yang rumit.
Berdasarkan temuan-temuan tersebut dapat diberikan sejumlah masukan yang dapat ditindaklanjuti dalam pembelajaran matematika di kelas. Pertama, guru mendorong siswa untuk mencoba berbagai strategi dalam menghadapi permasalahan matematika. Guru dapat mencoba untuk selalu meminta siswa mencari cara alternatif dalam menyelesaikan masalah.
Guru dapat selalu mendorong hal tersebut dengan meminta siswa mencoba cara lain, seperti: “Coba cari cara lain untuk menyelesaikannya.” Dalam pembahasan di kelas, guru juga dapat mendemonstrasikan soal yang dapat dikerjakan dengan berbagai cara. Ini tentunya juga memberikan suasana keberagaman dalam pembelajaran matematika.
Kedua, guru perlu meyakinkan bahwa siswa memahami kalimat matematika yang kerap menggunakan kata-kata teknis, seperti “kelipatan” yang tentunya berbeda makna dengan bahasa sehari-hari. Untuk itu, guru perlu mendiskusikan makna kalimat secara baik, sebelum mengerjakannya. Ini terkait dengan literasi membaca yang memang menjadi masalah utama.
Ketiga, siswa perlu didorong untuk mencoba masalah-masalah baru yang strategi penyelesainnya memerlukan modifikasi terhadap strategi yang sudah diketahui sebelumnya. Hal ini tidak hanya dapat meningkatkan keterampilan siswa dalam penyelesaian masalah dan meningkatkan pemahaman konsep matematikanya, tetapi juga akan meningkatkan sikap berani mencoba, mengambil risiko, dan percaya diri.
Contoh Soal Pembahasan UN SMP Matematika Tahun 2020 dibawah ini.
Unduh Soal Pembahasan UN SMP Matematika Tahun 2020
UN Matematika SMP/MTs Tahun 2020
Ujian Nasional Matematika SMP/MTs mencakup topik Bilangan, Aljabar, Geometri dan Pengukuran, dan Statistika dan Peluang. Level kognitif yang diujikan mencakup pengetahuan dan pemahaman, aplikasi, dan penalaran.
Berdasarkan kajian hasil UN SMP/MTs Matematika Tahun 2018 dan Tahun 2019, dapat dikemukakan bahwa siswa pada umumnya dapat mengerjakan soal-soal yang memang dapat diselesaikan dengan rumus, strategi, atau prosedur yang sudah dikenal sebelumnya. Sebaliknya, banyak siswa tidak berhasil mengerjakan soal yang memerlukan strategi baru.
Untuk mengerjakan soal yang sudah sering dijumpai, seperti jenis soal No. 1, banyak siswa dapat menyelesaikannya. Namun, untuk soal yang memerlukan strategi dan kreativitas, seperti soal no 4, hanya sebagian kecil siswa yang berhasil menyelesaikannya. Strategi kreatif seperti membuat garis bantu merupakan kecakapan mendasar, yang mutlak diperlukan dalam Geometri.
Masih berkaitan dengan modifikasi strategi, siswa juga mengalami kesulitan mengerjakan jenis soal seperti No. 2, karena siswa tidak hanya dituntut untuk memahami soal tetapi juga dapat memodifikasi pengetahuan sebelumnya (tentang deret) untuk penyelesaian jenis soal baru.
Siswa juga mengalami kesulitan pada jenis soal No 3, yang menuntut siswa untuk mengubah informasi dalam kalimat menjadi sketsa geometri. Dalam hal ini terlihat kemampuan siswa dalam memahami keadaan geometri masih kurang, meskipun soal tersebut tidak memerlukan perhitungan yang rumit.
Berdasarkan temuan-temuan tersebut dapat diberikan sejumlah masukan yang dapat ditindaklanjuti dalam pembelajaran matematika di kelas. Pertama, guru mendorong siswa untuk mencoba berbagai strategi dalam menghadapi permasalahan matematika. Guru dapat mencoba untuk selalu meminta siswa mencari cara alternatif dalam menyelesaikan masalah.
Guru dapat selalu mendorong hal tersebut dengan meminta siswa mencoba cara lain, seperti: “Coba cari cara lain untuk menyelesaikannya.” Dalam pembahasan di kelas, guru juga dapat mendemonstrasikan soal yang dapat dikerjakan dengan berbagai cara. Ini tentunya juga memberikan suasana keberagaman dalam pembelajaran matematika.
Kedua, guru perlu meyakinkan bahwa siswa memahami kalimat matematika yang kerap menggunakan kata-kata teknis, seperti “kelipatan” yang tentunya berbeda makna dengan bahasa sehari-hari. Untuk itu, guru perlu mendiskusikan makna kalimat secara baik, sebelum mengerjakannya. Ini terkait dengan literasi membaca yang memang menjadi masalah utama.
Ketiga, siswa perlu didorong untuk mencoba masalah-masalah baru yang strategi penyelesainnya memerlukan modifikasi terhadap strategi yang sudah diketahui sebelumnya. Hal ini tidak hanya dapat meningkatkan keterampilan siswa dalam penyelesaian masalah dan meningkatkan pemahaman konsep matematikanya, tetapi juga akan meningkatkan sikap berani mencoba, mengambil risiko, dan percaya diri.
Contoh Soal Pembahasan UN SMP Matematika Tahun 2020 dibawah ini.
Unduh Soal Pembahasan UN SMP Matematika Tahun 2020
Download Kumpulan Unduh Soal Pembahasan UN SMP Matematika Tahun 2020
[ Format File .doc .docx Microsoft Word dan PDF ]