Kumpulan Soal - Pembahasan Soal UN Tahun 2020 dan Soal Pembahasan UN SMP Bahasa Inggris Tahun 2020 dibawah ini merupakan Contoh Soal Pembahasan UN SMP Bahasa Inggris Tahun 2020. Untuk Menghadapi UN Tahun 2020 bisa mempelajari Contoh Soal Pembahasan UN SMP Bahasa Inggris Tahun 2020 di bawah ini.
UN Bahasa Inggris SMP/MTs Tahun 2020
Ujian Nasional (UN) mata pelajaran Bahasa Inggris pada tingkat SMP pada tahun 2020 mencakup fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan teks fungsional pendek (antara lain announcement, notice, dan label), dan teks descriptive, recount, narrative, procedure, dan report yang diujikan melalui keterampilan membaca. Soal-soal ujian meliputi level kognitif pengetahuan dan pemahaman, aplikasi, dan penalaran.Soal Pembahasan UN SMP Bahasa Inggris Tahun 2020.
Berdasarkan hasil analisis soal-soal UN SMP, sebagian besar siswa dapat menjawab soal yang menuntut siswa menemukan gagasan utama dari sebuah paragraf dan informasi tersurat pada teks. Siswa pada umumnya dapat menemukan gagasan utama karena gagasan utama biasanya dapat ditemukan pada awal atau kalimat pertama dari paragraf.; sedangkan informasi tersurat mudah ditemukan karena ekspilist terdapat dalam teks.
Sementara itu, sebagian besar siswa kesulitan dalam mengidentifikasi topik dan tujuan sebuah teks. Hal ini dapat disebabkan oleh siswa belum mampu menemukan makna kata dan keterkaitan gagasan antarparagraf. Selain itu, mayoritas siswa kesulitan menemukan informasi tersirat dalam teks. Selain itu, sebagian besar siswa juga mengalami kesulitan mengidentifikasi makna kata yang tepat sesuai dengan konteks. Belum memadainya penguasaan kosakata dan tata bahasa Bahasa Inggris siswa mungkin merupakan penyebab dari kesulitan tersebut.
Pembelajaran bahasa Inggris harus memfasilitasi siswa memperoleh keterampilan berkomunikasi dalam bahasa Inggris serta kemampuan menangkap makna teks lisan (listening) dan tulis (reading) serta menyusun teks lisan (speaking) dan teks tulis (writing). Keterampilan menangkap makna teks lisan (listening) dan tulis (reading) mencakup sejumlah sub-keterampilan, antara lain menemukan gagasan utama, mengidentifikasi topik teks, menemukan informasi rinci tersurat, menemukan informasi tertentu, menemukan informasi tersirat, making inferences, dan menemukan makna kata sesuai konteks.
Keterampilan berbahasa Inggris akan dimiliki siswa dengan baik apabila didukung oleh pengetahuan tentang fungsi sosial teks, struktur teks, dan unsur kebahasaan teks (antara lain kosakata dan tata bahasa). Dengan demikian, pembelajaran bahasa Inggris harus menyeluruh, mengembangkan kompetensi siswa pada keempat keterampilan berbahasa yang didukung oleh pengetahuan fungsi sosial teks, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang relevan dengan teks interaksi interpersonal dan transaksional, teks fungsional khusus, dan teks fungsional yang ditargetkan dikuasai.
Guru perlu menerapkan metode pembelajaran yang secara terintegrasi membekali pengetahuan kebahasaan dan mengembangkan keterampilan berbahasa siswa, misalnya melalui Pembelajaran Berbasis Projek (Project-Based Learning), Pembelajaran Berbasis Masalah (Problem-Based Learning), Pendekatan Berbasis Genre (Genre-Based Approach), Pembelajaran Berbasis Tugas (Task-Based Instruction), Pembelajaran Kontekstual (Contextual Teaching and Learning), dan metode-metode lainnya yang potensial mengintegrasikan pembelajaran pengetahuan kebahasaan dan keempat keterampilan berbahasa.Sebagai contoh, berikut diuraikan Pembelajaran Berbasis Projek dan Pembelajaran Berbasis Genre.
Dalam Project-Based Learning, pertama-tama guru mengajak siswa untuk memutuskan topik dan menentukan bentuk dan kriteria penilaian produk projek. Kemudian, guru bersama siswa menyusun rancangan penyelesaian projek. Selanjutnya, siswa menyelesaikan projek dan guru mendampinginya dan memberi umpan balik kepada siswa. Setelah selesai, siswa menyajikan produknya dan dan guru memberi umpan balik terhadap produk yang disajikan oleh siswa. Melalui langkah-langkah pembelajaran tersebut siswa akan belajar tentang pengetahuan kebahasaan dan mengembangkan keterampilan berbahasanya secara terintegrasi. Misalnya, apabila produk projeknya berupa teks prosedur pembuatan makananmakanan tradisional setempat, siswa akan terlibat dalam membaca dan mendengarkan contoh prosedur pembuatan makanan untuk belajar fungsi sosial, struktur teks, kosakata, dan tata bahasa secara bermakna. Kemudian mereka akan secara individu dan/atau berkelompok menulis prosedur pembuatan makanan melalui tahapan menyusun draf berdasarkan informasi yang dikumpulkannya, merevisi draf dengan memperhatikan masukan teman sekelas dan/atau guru, dan mengedit draf final agar akurat dan berterima. Setelah itu, siswa menyajikan prosedur pembuatan makanan mereka secara lisan dan tertulis. Melalui pembelajaran yang demikian siswa akan memperoleh pengetahuan kebahasaan dan keterampilan berbahasa. Lebih dari itu, siswa juga memperoleh keterampilan belajar, mengembangkan karakter, memperoleh kecakapan abad 21, dan kecakapan literasi. Soal Pembahasan UN SMP Bahasa Inggris Tahun 2020.
Pembelajaran berbasis genre terdiri atas siklus lisan dan siklus tulis. Siklus lisan membelajarkan listening dan speaking, sementara siklus tulis mengembangkan keterampilan reading dan writing. Setiap siklus tersebut memiliki empat langkah pembelajaran, yaitu Building Knowledge of the Field, Modelling of Text, Joint Construction of Text, dan Independent Construction of Text. Pada Building Knowledge of the Field, siswa diperkenalkan kepada topik, konteks teks, dan sebagian unsur kebahasaan yang relevan dengan teks yang akan dipelajari. Pada Modelling of Text, siswa diberikan beberapa model teks dengan tingkat kesulitan sesuai dengan kemampuan berbahasa mereka. Siswa kemudian dipandu memahami isi teks dan menganalisis teks untuk mengetahui fungsi sosial teks dan struktur teks serta mengidentifikasi/mempelajari kosakata dan tata bahasa yang khas pada teks tersebut. Selanjutnya pada Joint Construction of Text siswa diberi kesempatan menyusun teks secara bersama-sama atau terbimbing. Kemudian, pada Independent Construction of Text, siswa menyusun teks secara mandiri atau dengan bantuan minimum. Dengan menggunakan pembelajaran berbasis genre siswa memperoleh pengetahuan kebahasaan dan mengembangkan keterampilan berbahasa lisan dan tulis secara terintegrasi.
Contoh Soal Pembahasan UN SMP Bahasa Inggris Tahun 2020 dibawah ini.
UN Bahasa Inggris SMP/MTs Tahun 2020
Ujian Nasional (UN) mata pelajaran Bahasa Inggris pada tingkat SMP pada tahun 2020 mencakup fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan teks fungsional pendek (antara lain announcement, notice, dan label), dan teks descriptive, recount, narrative, procedure, dan report yang diujikan melalui keterampilan membaca. Soal-soal ujian meliputi level kognitif pengetahuan dan pemahaman, aplikasi, dan penalaran.Soal Pembahasan UN SMP Bahasa Inggris Tahun 2020.
Berdasarkan hasil analisis soal-soal UN SMP, sebagian besar siswa dapat menjawab soal yang menuntut siswa menemukan gagasan utama dari sebuah paragraf dan informasi tersurat pada teks. Siswa pada umumnya dapat menemukan gagasan utama karena gagasan utama biasanya dapat ditemukan pada awal atau kalimat pertama dari paragraf.; sedangkan informasi tersurat mudah ditemukan karena ekspilist terdapat dalam teks.
Sementara itu, sebagian besar siswa kesulitan dalam mengidentifikasi topik dan tujuan sebuah teks. Hal ini dapat disebabkan oleh siswa belum mampu menemukan makna kata dan keterkaitan gagasan antarparagraf. Selain itu, mayoritas siswa kesulitan menemukan informasi tersirat dalam teks. Selain itu, sebagian besar siswa juga mengalami kesulitan mengidentifikasi makna kata yang tepat sesuai dengan konteks. Belum memadainya penguasaan kosakata dan tata bahasa Bahasa Inggris siswa mungkin merupakan penyebab dari kesulitan tersebut.
Pembelajaran bahasa Inggris harus memfasilitasi siswa memperoleh keterampilan berkomunikasi dalam bahasa Inggris serta kemampuan menangkap makna teks lisan (listening) dan tulis (reading) serta menyusun teks lisan (speaking) dan teks tulis (writing). Keterampilan menangkap makna teks lisan (listening) dan tulis (reading) mencakup sejumlah sub-keterampilan, antara lain menemukan gagasan utama, mengidentifikasi topik teks, menemukan informasi rinci tersurat, menemukan informasi tertentu, menemukan informasi tersirat, making inferences, dan menemukan makna kata sesuai konteks.
Keterampilan berbahasa Inggris akan dimiliki siswa dengan baik apabila didukung oleh pengetahuan tentang fungsi sosial teks, struktur teks, dan unsur kebahasaan teks (antara lain kosakata dan tata bahasa). Dengan demikian, pembelajaran bahasa Inggris harus menyeluruh, mengembangkan kompetensi siswa pada keempat keterampilan berbahasa yang didukung oleh pengetahuan fungsi sosial teks, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang relevan dengan teks interaksi interpersonal dan transaksional, teks fungsional khusus, dan teks fungsional yang ditargetkan dikuasai.
Guru perlu menerapkan metode pembelajaran yang secara terintegrasi membekali pengetahuan kebahasaan dan mengembangkan keterampilan berbahasa siswa, misalnya melalui Pembelajaran Berbasis Projek (Project-Based Learning), Pembelajaran Berbasis Masalah (Problem-Based Learning), Pendekatan Berbasis Genre (Genre-Based Approach), Pembelajaran Berbasis Tugas (Task-Based Instruction), Pembelajaran Kontekstual (Contextual Teaching and Learning), dan metode-metode lainnya yang potensial mengintegrasikan pembelajaran pengetahuan kebahasaan dan keempat keterampilan berbahasa.Sebagai contoh, berikut diuraikan Pembelajaran Berbasis Projek dan Pembelajaran Berbasis Genre.
Dalam Project-Based Learning, pertama-tama guru mengajak siswa untuk memutuskan topik dan menentukan bentuk dan kriteria penilaian produk projek. Kemudian, guru bersama siswa menyusun rancangan penyelesaian projek. Selanjutnya, siswa menyelesaikan projek dan guru mendampinginya dan memberi umpan balik kepada siswa. Setelah selesai, siswa menyajikan produknya dan dan guru memberi umpan balik terhadap produk yang disajikan oleh siswa. Melalui langkah-langkah pembelajaran tersebut siswa akan belajar tentang pengetahuan kebahasaan dan mengembangkan keterampilan berbahasanya secara terintegrasi. Misalnya, apabila produk projeknya berupa teks prosedur pembuatan makananmakanan tradisional setempat, siswa akan terlibat dalam membaca dan mendengarkan contoh prosedur pembuatan makanan untuk belajar fungsi sosial, struktur teks, kosakata, dan tata bahasa secara bermakna. Kemudian mereka akan secara individu dan/atau berkelompok menulis prosedur pembuatan makanan melalui tahapan menyusun draf berdasarkan informasi yang dikumpulkannya, merevisi draf dengan memperhatikan masukan teman sekelas dan/atau guru, dan mengedit draf final agar akurat dan berterima. Setelah itu, siswa menyajikan prosedur pembuatan makanan mereka secara lisan dan tertulis. Melalui pembelajaran yang demikian siswa akan memperoleh pengetahuan kebahasaan dan keterampilan berbahasa. Lebih dari itu, siswa juga memperoleh keterampilan belajar, mengembangkan karakter, memperoleh kecakapan abad 21, dan kecakapan literasi. Soal Pembahasan UN SMP Bahasa Inggris Tahun 2020.
Pembelajaran berbasis genre terdiri atas siklus lisan dan siklus tulis. Siklus lisan membelajarkan listening dan speaking, sementara siklus tulis mengembangkan keterampilan reading dan writing. Setiap siklus tersebut memiliki empat langkah pembelajaran, yaitu Building Knowledge of the Field, Modelling of Text, Joint Construction of Text, dan Independent Construction of Text. Pada Building Knowledge of the Field, siswa diperkenalkan kepada topik, konteks teks, dan sebagian unsur kebahasaan yang relevan dengan teks yang akan dipelajari. Pada Modelling of Text, siswa diberikan beberapa model teks dengan tingkat kesulitan sesuai dengan kemampuan berbahasa mereka. Siswa kemudian dipandu memahami isi teks dan menganalisis teks untuk mengetahui fungsi sosial teks dan struktur teks serta mengidentifikasi/mempelajari kosakata dan tata bahasa yang khas pada teks tersebut. Selanjutnya pada Joint Construction of Text siswa diberi kesempatan menyusun teks secara bersama-sama atau terbimbing. Kemudian, pada Independent Construction of Text, siswa menyusun teks secara mandiri atau dengan bantuan minimum. Dengan menggunakan pembelajaran berbasis genre siswa memperoleh pengetahuan kebahasaan dan mengembangkan keterampilan berbahasa lisan dan tulis secara terintegrasi.
Contoh Soal Pembahasan UN SMP Bahasa Inggris Tahun 2020 dibawah ini.
Unduh Soal Pembahasan UN SMP Bahasa Inggris Tahun 2020
Download Kumpulan Unduh Soal Pembahasan UN SMP Bahasa Inggris Tahun 2020
[ Format File .doc .docx Microsoft Word dan PDF ]