Kumpulan Soal - Pembahasan Soal UN Tahun 2020 dan Soal Pembahasan UN SMP IPA Biologi Tahun 2020 dibawah ini merupakan Contoh Soal Pembahasan UN SMP IPA Biologi Tahun 2020. Untuk Menghadapi UN Tahun 2020 bisa mempelajari Contoh Soal Pembahasan UN SMP IPA Biologi Tahun 2020 di bawah ini.
UN IPA Biologi SMP/MTs Tahun 2020
Lingkup materi yang diujikan pada mata pelajaran biologi adalah: Pertama, makhluk hidup dan lingkungannya. Kedua, struktur dan fungsi makhluk hidup. Level kognitif yang diujikan meliputi pengetahuan dan pemahaman, aplikasi, dan penalaran. Sementara itu, jenis pengetahuan ilmiah yang diujikan mencakup pengetahuan faktual, konseptual, dan prosedural.
Secara umum siswa SMP telah memiliki kemampuan dalam pengetahuan dan pemahaman, akan tetapi masih kesulitan dalam menyelesaikan soal pada level aplikasi dan penalaran. Siswa lebih memiliki kemampuan dalam menyelesaikan soal-soal konseptual dan faktual, kurang memiliki kemampuan dalam menyelesaikan soal-soal prosedural. Sebagian besar siswa masih kesulitan dalam menerapkan konsep IPA-biologi pada situasi baru. Pada soal-soal yang sifatnya aplikasi/penerapan, mereka hanya dapat menyelesaikan soal-soal pada situasi yang telah mereka kenal.
Hasil analisis menunjukkan bahwa sebagian siswa telah memiliki kemampuan dalam menafsirkan dan menyimpulkan data hasil praktikum. Namun, sebagian besar siswa masih kesulitan dalam menggunakan bukti ilmiah dan menjelaskan fenomena ilmiah. Download Lengkap Soal Pembahasan UN SMP IPA Biologi Tahun 2020.
Siswa hanya dapat menyelesaikan soal-soal yang mengandung penafsiran data pada kegiatan praktikum yang telah mereka kenal atau yang biasa dilakukan di sekolah. Pada saat praktikum tersebut diberikan dengan situasi baru (alat, bahan, atau desain yang berbeda dari biasanya), siswa tidak dapat menjawab soal tersebut. Hal ini mungkin disebabkan siswa tidak terbiasa melakukan percobaan yang bersifat inkuiri dan discovery (penemuan). Siswa lebih terbiasa melakukan praktikum dalam bentuk resep yang sifatnya hanya pembuktian (verifikatif). Hal tersebut terbukti dengan rendahnya kemampuan siswa dalam menjawab soal-soal tentang prosedur perancangan percobaan, penggunaan bukti ilmiah, dan penjelasan fenomena ilmiah.
Pada pembelajaran, siswa perlu dibiasakan untuk menerapkan konsep pada banyak situasi baru yang berbeda dari yang telah dipelajari di kelas. Hal tersebut dapat dilakukan melalui tanya jawab dan diskusi di akhir pembelajaran serta penugasan yang hasilnya kemudian dibahas di dalam kelas.
Penguasaan kemampuan prosedural hanya dapat dikembangkan melalui aktivitas kerja ilmiah siswa. Kemampuan menggunakan bukti ilmiah dan menjelaskan fenomena ilmiah dapat ditingkatkan melalui pengalaman melakukan percobaan, menganalisis data hasil percobaan serta menyusun penjelasan ilmiah berdasarkan hasil yang diperoleh. Praktikum yang berbentuk resep perlu mulai ditinggalkan serta mulai berubah ke arah praktikum yang bersifat inkuiri dan discovery.
Contoh Soal Pembahasan UN SMP IPA Biologi Tahun 2020 dibawah ini.
Unduh Soal Pembahasan UN SMP IPA Biologi Tahun 2020
UN IPA Biologi SMP/MTs Tahun 2020
Lingkup materi yang diujikan pada mata pelajaran biologi adalah: Pertama, makhluk hidup dan lingkungannya. Kedua, struktur dan fungsi makhluk hidup. Level kognitif yang diujikan meliputi pengetahuan dan pemahaman, aplikasi, dan penalaran. Sementara itu, jenis pengetahuan ilmiah yang diujikan mencakup pengetahuan faktual, konseptual, dan prosedural.
Secara umum siswa SMP telah memiliki kemampuan dalam pengetahuan dan pemahaman, akan tetapi masih kesulitan dalam menyelesaikan soal pada level aplikasi dan penalaran. Siswa lebih memiliki kemampuan dalam menyelesaikan soal-soal konseptual dan faktual, kurang memiliki kemampuan dalam menyelesaikan soal-soal prosedural. Sebagian besar siswa masih kesulitan dalam menerapkan konsep IPA-biologi pada situasi baru. Pada soal-soal yang sifatnya aplikasi/penerapan, mereka hanya dapat menyelesaikan soal-soal pada situasi yang telah mereka kenal.
Hasil analisis menunjukkan bahwa sebagian siswa telah memiliki kemampuan dalam menafsirkan dan menyimpulkan data hasil praktikum. Namun, sebagian besar siswa masih kesulitan dalam menggunakan bukti ilmiah dan menjelaskan fenomena ilmiah. Download Lengkap Soal Pembahasan UN SMP IPA Biologi Tahun 2020.
Siswa hanya dapat menyelesaikan soal-soal yang mengandung penafsiran data pada kegiatan praktikum yang telah mereka kenal atau yang biasa dilakukan di sekolah. Pada saat praktikum tersebut diberikan dengan situasi baru (alat, bahan, atau desain yang berbeda dari biasanya), siswa tidak dapat menjawab soal tersebut. Hal ini mungkin disebabkan siswa tidak terbiasa melakukan percobaan yang bersifat inkuiri dan discovery (penemuan). Siswa lebih terbiasa melakukan praktikum dalam bentuk resep yang sifatnya hanya pembuktian (verifikatif). Hal tersebut terbukti dengan rendahnya kemampuan siswa dalam menjawab soal-soal tentang prosedur perancangan percobaan, penggunaan bukti ilmiah, dan penjelasan fenomena ilmiah.
Pada pembelajaran, siswa perlu dibiasakan untuk menerapkan konsep pada banyak situasi baru yang berbeda dari yang telah dipelajari di kelas. Hal tersebut dapat dilakukan melalui tanya jawab dan diskusi di akhir pembelajaran serta penugasan yang hasilnya kemudian dibahas di dalam kelas.
Penguasaan kemampuan prosedural hanya dapat dikembangkan melalui aktivitas kerja ilmiah siswa. Kemampuan menggunakan bukti ilmiah dan menjelaskan fenomena ilmiah dapat ditingkatkan melalui pengalaman melakukan percobaan, menganalisis data hasil percobaan serta menyusun penjelasan ilmiah berdasarkan hasil yang diperoleh. Praktikum yang berbentuk resep perlu mulai ditinggalkan serta mulai berubah ke arah praktikum yang bersifat inkuiri dan discovery.
Contoh Soal Pembahasan UN SMP IPA Biologi Tahun 2020 dibawah ini.
Unduh Soal Pembahasan UN SMP IPA Biologi Tahun 2020
Download Kumpulan Unduh Soal Pembahasan UN SMP IPA Biologi Tahun 2020
[ Format File .doc .docx Microsoft Word dan PDF ]