RPP Mingguan Model Sentral TK A

RPP TERBARU - RPP PAUD INSPIRATIF RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN PENDIDIKAN ANAK USIA DINI (PAUD). RPP PAUD. RPP Mingguan Model Sentral TK A | RPP INSPIRATIF. Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional Bab I Pasal 1 butir 14 menyatakan bahwa PAUD merupakan suatu upaya pembinaan yang ditujukan kepada anak sejak lahir sampai dengan usia 6 tahun yang dilakukan melalui rangsangan pen-didikan untuk membantu pertum-buhan dan perkembangan jasmani dan rohani agar anak memiliki kesiapan belajar dalam memasuki pen-didikan lebih lanjut. RPP Mingguan Model Sentral TK A | RPP INSPIRATIF 
Salah satu upaya yang dapat dilakukan dalam rangka pengembangan potensi tersebut ialah menyusun rancangan pembelajaran yang holistik dan terintegratif dengan kegiatan sehari-hari anak. Fakta di lapangan, penyusunan RPP dibuat hingga berlembar-lem-bar dan memuat belasan komponen sehingga dinilai tidak efektif. Surat Edaran Menteri Pendi-dikan dan Kebudayaan Nomor 14 Tahun 2019 tentang Penyederha-naan RPP menjadi tiga komponen, yaitu tujuan, langkah-langkah kegiatan, dan asesmen.

Berkaitan dengan hal ini, Pusat Kurikulum dan Pembelajaran membuat model RPP inspiratif. Salah satunya bagi Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) sebagai contoh. Guru PAUD bebas membuat, memilih, mengembangkan, dan menggu-nakan RPP sesuai dengan prinsip efisien, efektif, holistik, dan berorientasi pada pengembangan poten-si anak.

RPP INSPIRATIF | PUSAT KURIKULUM DAN PERBUKUAN

Contoh RPP Mingguan Model Sentral TK A

Semester/Minggu :  1 / 1
Tema/Subtem : Binatang/Binatang Buas
Kelompok :TK A
Alokasi Waktu :120 menit/hari

Tujuan Pembelajaran
1.Mengenal ciptaan tuhan;
2.Menunjukkan perilaku baik;
3.Mengenal binatang buas, makanan dan tempat tinggalnya; dan
4.Mengenal tbinatang buas melalui berbagai karya.

Kegiatan Pembelajaran
SENIN 
(Sentra Seni)
1. Membuat binatang buas dari clay
2. Menjahit bentuk binatang buas
3. Mewarnai binatang buas dengan menggunakan kapas

SELASA
(Sentra bahan alam)
1. Membuat Kolase binatan buas dengan bahan alam
2. Mewarnai gambar binatang buas dengan pewarna alami (bahan alam)
3. Mencap gambar binatang buas dengan bahan alam

RABU
(Sentra Bermain alam)
1. Bermain peran berkunjung ke kebun binatang (makro)
2. Bermain peran klinik hewan (makro)
3. Bermain dengan menggunakan boneka binatang buas (mikro)

KAMIS
(Sentra Persiapan)
1. Menyusun bentuk
1. Menyusun balok bentuk binatang buds dui kebun binatang. bentuk-bentuk
2. Membuat klinik hewan. geometri.
3. Menyusun puiile
2. Mengelompokkan binatang buas binatang buas dari yang (3 keping). kecil-besar.
3. Menebalkan huruf awal nama binatang buas.

JUMAT
(Sentra Balok)
1. Menyusun balok bentuk kebun binatang
2. membuat klinik Hewan
3. Menyusun puzzle binatang buas (3 keping)

Penilaian Pembelajaran
PENGETAHUAN
1. Menyebutkan nama-nama binatang buas, makanan dan tempat tinggalnya.
2. Membedakan binatang buas.

Keterampilan
1. Membuat binatang buas dari clay.
2. Menjahit bentuk binatang buas.
3. Mewarnai binatang buas dengan menggunakan kapas.
4. Kolase binatang buas dari bahan alam (biji-bijian).
5. Mewarnai gambar binatang buas dengan memakai pewarna alami.
6. Mencap gambar binatang buas dengan bahan alum.
7. Memerankan sesuai dengan peran yang dipilih oleh anak.
8. Menyusun bentuk binatang buas dari bentuk-bentuk geometri.
9. Mengelompokkan binatang buas dari yang kecil-besar.
10. Menebalkan huruf awal nama binatang buas.
11. Menyusun puzzle binatang buas (3 keping).
12. Menyusun balok bentuk kebun binatang dan klinik hewan.

Sikap
1. Percaya diri
2. Tanggung jawab
3. Kemandirian

Contoh RPP Mingguan Model Sentral TK A
RPP PAUD 1 Lembar Terbaru, RPP TK 1 Lembar