RPP Mingguan Model Kelompok TK B

RPP TERBARU - RPP PAUD INSPIRATIF RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN PENDIDIKAN ANAK USIA DINI (PAUD). RPP PAUD. RPP Mingguan Model Sentral TK A | RPP INSPIRATIF. Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional Bab I Pasal 1 butir 14 menyatakan bahwa PAUD merupakan suatu upaya pembinaan yang ditujukan kepada anak sejak lahir sampai dengan usia 6 tahun yang dilakukan melalui rangsangan pen-didikan untuk membantu pertum-buhan dan perkembangan jasmani dan rohani agar anak memiliki kesiapan belajar dalam memasuki pen-didikan lebih lanjut. RPP Mingguan Model Kelompok TK B | RPP INSPIRATIF 
Salah satu upaya yang dapat dilakukan dalam rangka pengembangan potensi tersebut ialah menyusun rancangan pembelajaran yang holistik dan terintegratif dengan kegiatan sehari-hari anak. Fakta di lapangan, penyusunan RPP dibuat hingga berlembar-lem-bar dan memuat belasan komponen sehingga dinilai tidak efektif. Surat Edaran Menteri Pendi-dikan dan Kebudayaan Nomor 14 Tahun 2019 tentang Penyederha-naan RPP menjadi tiga komponen, yaitu tujuan, langkah-langkah kegiatan, dan asesmen.

Berkaitan dengan hal ini, Pusat Kurikulum dan Pembelajaran membuat model RPP inspiratif. Salah satunya bagi Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) sebagai contoh. Guru PAUD bebas membuat, memilih, mengembangkan, dan menggu-nakan RPP sesuai dengan prinsip efisien, efektif, holistik, dan berorientasi pada pengembangan poten-si anak.

RPP INSPIRATIF | PUSAT KURIKULUM DAN PERBUKUAN

Contoh RPP Mingguan Model Kelompok TK B

RPP Mingguan Model Kelompok TK B
RPP Mingguan Model Kelompok TK B

Semester/Minggu : 1/1
Tema/Subtema : Rekreasi/ Tempat-Tempat Rekreasi
Kelompok : TK B
Alokasi Waktu : 120 menit/hari

Tujuan Pembelajaran
1.Mengenal ciptaan tuhan;
2.Menunjukkan perilaku baik di lingkungan keluarga;
3.Mengenal diri sendiri, orang tua, dan anggota keluarga; dan
4.Mengenal tempat dan identitas diri melalui berbagai karya.

Kegiatan Pembelajaran
SENIN
1. Bercerita tentang pengalaman anak.
2. Menyebutkan tempat Rekreasi
3. Mewarnai gambar tempat rekreasi
4. Menyusun Balok tempat Rekreasi

SELASA
1. Memberi tanda perbuatan baik dan buruk di tempat rekreasi.
2. Melengkapi Huruf benda-benda yang ada di taman kota
3. Menggambar bebas di taman kota

RABU 
1. Bermain di kolam renang.
2. Mengelompokkan benda yang ada di tempat rekreasi.
3. Menghitung benda yang ada di kolam renang.

KAMIS
1. Bermain Pasir.
2. Membilang dengan kerang dan batu.
3. Bercerita tentang rekreasi Pantai/sungai.
4. Coret-coret di atas pasir


JUMAT 
1.Berkunjung ke tempat rekreasi terdekat.
2.Mencari suku kata akhir sama benda di pegunungan.

Penilaian Pembelajaran
Pengetahuan
1. Menyebutkan tempat rekreasi.
2. Menyebutkan konsep waktu (misal: kemarin, hari ini, besok).
3. Mencari suku kata akhir sama terkait benda di tempat rekreasi.

Keterampilan
1. Mewarnai gambar tempat rekreasi.
2. Menyusun balok tempat rekreasi.
3. Melengkapi huruf di bawah gambar.
4. Menggambar bebas di taman kota,
5. Mengelompokkan benda yang ada di tempat rekreasi.
6. Membilang dengan benda yang ada di tempat rekreasi (misal: kerang atau batu).
7. Coret-coret di atas pasir.

Sikap
1. Membedakan perbuatan baik dan buruk ketika rekreasi.
2. Percaya diri.
3. Sabar menunggu giliran.
4. Sikap peduli.

Contoh RPP Mingguan Model Kelompok TK B
RPP Mingguan Model Kelompok TK B | RPP INSPIRATIF

Download Contoh RPP INSPIRATIF PAUD, SD, SMP dan SMA Sederajat
Format File .doc  .docx Microsoft Word dan PDF ]