Cara Membuat RPP STEM dan Contoh RPP STEM KIMIA
PENYUSUNAN RPP DENGAN PENDEKATAN STEM
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) adalah rencana kegiatan pembelajaran tatap muka untuk satu pertemuan atau lebih. RPP dikembangkan dari silabus untuk mengarahkan kegiatan pembelajaran peserta didik dalam upaya mencapai Kompetensi Dasar (KD). Setiap pendidik pada satuan pendidikan berkewajiban menyusun RPP secara lengkap dan sistematis agar pembelajaran berlangsung secara interaktif, inspiratif, menyenangkan, menantang, efisien, memotivasi peserta didik untuk berpartisipasi aktif, serta memberikan ruang yang cukup bagi prakarsa, kreativitas, dan kemandirian sesuai dengan bakat, minat, dan perkembangan fisik serta psikologis peserta didik. RPP disusun berdasarkan KD atau subtema yang dilaksanakan kali pertemuan atau lebih.
Komponen RPP
Komponen RPP terdiri atas:
Baca Juga :
Prinsip Penyusunan RPP
Dalam menyusun RPP hendaknya memperhatikan prinsip-prinsip sebagai berikut:
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Identitas
Sekolah :
Mata pelajaran :
Kelas/Semester :
Materi Pokok :
Alokasi Waktu :
Kompetensi Inti (KI)
[disajikan Deskripsi Rumusan KI-1 dan KI-2 seperti yang dinyatakan dalam Kompetensi inti dan kompetensi dasar pelajaran]
KI 3:
KI 4:
Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi
KD 3 :
Indikator Pencapaian Kompetensi:
KD 4 :
Indikator Pencapaian Kompetensi:
Tujuan Pembelajaran ( Karakter diintegrasikan dalam deskripsi tujuan)
Pertemuan 1: ………………………………………………………………………………………………….. Pertemuan 2: …………………………………………………………………………………………………..
Materi Pembelajaran
(disajikan materi pokok saja, rincian materi setiap pertemuan dinyatakan dalam Lampiran)
Pendekatan/ Model/Metode Pembelajaran:
Media/Alat dan Bahan Pembelajaran:
Sumber Belajar:
Langkah-langkah Pembelajaran
Pertemuan Pertama: (…JP)
Kegiatan Pendahuluan
Kegiatan Inti
[disajikan garis besar alur berpikir pembelajaran secara lengkap, materi rinci
pembelajaran dimuat pada Lampiran Materi Pembelajaran Pertemuan 1
Kegiatan Penutup
Pertemuan Kedua: (…JP)
Kegiatan Pendahuluan
Kegiatan Inti [disajikan garis besar alur berpikir pembelajaransecara lengkap, materi rinci pembelajaran dimuat pada Lampiran Materi Pembelajaran Pertemuan 2]
Kegiatan Penutup
Pertemuan seterusnya.
Penilaian
Teknik Penilaian:
Penilaian Sikap : Observasi/pengamatan/Jurnal
Penilaian Pengetahuan : Tes Tertulis/Lisan/Penugasan*)
Penilaian Keterampilan : Praktik/Produk/Portofolio/Projek*)
*) coret yang tidak perlu
Bentuk Penilaian:
Observasi : lembar pengamatan aktivitas peserta didik
Tes tertulis : uraian dan lembar kerja
Unjuk kerja : lembar penilaian presentasi
Portofolio : penilaian laporan
Instrumen Penilaian (terlampir)
……………, ……….. 2018
Mengetahui :
Kepala Sekolah, Guru Mata Pelajaran,
…………………………… ………….………………………
NIP …………………….. NIP ……………………………
LAMPIRAN :
Bahan ajar
Instrumen Penilaian
Untuk Contoh RPP STEM Bapk/Ibu bisa melihatnya di bawah ini.
Contoh RPP STEM KIMIA Kelas X Semester 1 Tetang Larutan Asam basa
RPP STEM Larutan Asam Basa [ Unduh ] [ Unduh ]
SUMBER:
“STEM Materi IHT Instruktur Pelatihan Pembelajaran Berbasis STEM” Kerjasama antara SEAMEO, QITEP in Science dengan PPPPTK BOE.
PENYUSUNAN RPP DENGAN PENDEKATAN STEM
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) adalah rencana kegiatan pembelajaran tatap muka untuk satu pertemuan atau lebih. RPP dikembangkan dari silabus untuk mengarahkan kegiatan pembelajaran peserta didik dalam upaya mencapai Kompetensi Dasar (KD). Setiap pendidik pada satuan pendidikan berkewajiban menyusun RPP secara lengkap dan sistematis agar pembelajaran berlangsung secara interaktif, inspiratif, menyenangkan, menantang, efisien, memotivasi peserta didik untuk berpartisipasi aktif, serta memberikan ruang yang cukup bagi prakarsa, kreativitas, dan kemandirian sesuai dengan bakat, minat, dan perkembangan fisik serta psikologis peserta didik. RPP disusun berdasarkan KD atau subtema yang dilaksanakan kali pertemuan atau lebih.
Komponen RPP
Komponen RPP terdiri atas:
- identitas sekolah yaitu nama satuan pendidikan;
- identitas mata pelajaran atau tema/subtema;
- kelas/semester;
- materi pokok;
- alokasi waktu ditentukan sesuai dengan keperluan untuk pencapaian KD dan beban belajar dengan mempertimbangkan jumlah jam pelajaran yang tersedia dalam silabus dan KD yang harus dicapai;
- tujuan pembelajaran yang dirumuskan berdasarkan KD, dengan menggunakan kata kerja operasional yang dapat diamati dan diukur, yang mencakup sikap, pengetahuan, dan keterampilan;
- kompetensi dasar dan indikator pencapaian kompetensi;
- materi pembelajaran, memuat fakta, konsep, prinsip, dan prosedur yang relevan, dan ditulis dalam bentuk butir-butir sesuai dengan rumusan indikator ketercapaian kompetensi;
- metode pembelajaran, digunakan oleh pendidik untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik mencapai KD yang disesuaikan dengan karakteristik peserta didik dan KD yang akan dicapai;
- media pembelajaran, berupa alat bantu proses pembelajaran untuk menyampaikan materi pelajaran;
- sumber belajar, dapat berupa buku, media cetak dan elektronik, alam sekitar,
- atau sumber belajar lain yang relevan;
- langkah-langkah pembelajaran dilakukan melalui tahapan pendahuluan, inti, dan penutup; dan
- penilaian hasil pembelajaran.
Baca Juga :
Prinsip Penyusunan RPP
Dalam menyusun RPP hendaknya memperhatikan prinsip-prinsip sebagai berikut:
- Perbedaan individual peserta didik antara lain kemampuan awal, tingkat intelektual, bakat, potensi, minat, motivasi belajar, kemampuan sosial, emosi, gaya belajar, kebutuhan khusus, kecepatan belajar, latar belakang budaya, norma, nilai, dan/atau lingkungan peserta didik.
- Partisipasi aktif peserta didik.
- Berpusat pada peserta didik untuk mendorong semangat belajar, motivasi, minat, kreativitas, inisiatif, inspirasi, inovasi dan kemandirian.
- Pengembangan budaya membaca dan menulis yang dirancang untuk mengembangkan kegemaran membaca, pemahaman beragam bacaan, dan berekspresi dalam berbagai bentuk tulisan.
- Pemberian umpan balik dan tindak lanjut RPP memuat rancangan program pemberian umpan balik positif, penguatan, pengayaan, dan remedi.
- Penekanan pada keterkaitan dan keterpaduan antara KD, materi pembelajaran, kegiatan pembelajaran, indicator pencapaian kompetensi, penilaian, dan sumber belajar dalam satu keutuhan pengalaman belajar.
- Mengakomodasi pembelajaran tematik-terpadu, keterpaduan lintas mata pelajaran, lintas aspek belajar, dan keragaman budaya.
- Penerapan teknologi informasi dan komunikasi secara terintegrasi, sistematis, dan efektif sesuai dengan situasi dan kondisi.
- Sistematika RPP
- Sistematika RPP selalu berkembang dan berubah-ubah sesuai kebijakan yang berlaku, tetapi prinsip-prinsip pengembangannya tidak terlalu berbeda. Contoh sistematika RPP pada Pelatihan Implementasi Kurikulum 2013.
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Identitas
Sekolah :
Mata pelajaran :
Kelas/Semester :
Materi Pokok :
Alokasi Waktu :
Kompetensi Inti (KI)
[disajikan Deskripsi Rumusan KI-1 dan KI-2 seperti yang dinyatakan dalam Kompetensi inti dan kompetensi dasar pelajaran]
KI 3:
KI 4:
Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi
KD 3 :
Indikator Pencapaian Kompetensi:
KD 4 :
Indikator Pencapaian Kompetensi:
Tujuan Pembelajaran ( Karakter diintegrasikan dalam deskripsi tujuan)
Pertemuan 1: ………………………………………………………………………………………………….. Pertemuan 2: …………………………………………………………………………………………………..
Materi Pembelajaran
(disajikan materi pokok saja, rincian materi setiap pertemuan dinyatakan dalam Lampiran)
Pendekatan/ Model/Metode Pembelajaran:
Media/Alat dan Bahan Pembelajaran:
Sumber Belajar:
Langkah-langkah Pembelajaran
Pertemuan Pertama: (…JP)
Kegiatan Pendahuluan
Kegiatan Inti
[disajikan garis besar alur berpikir pembelajaran secara lengkap, materi rinci
pembelajaran dimuat pada Lampiran Materi Pembelajaran Pertemuan 1
Kegiatan Penutup
Pertemuan Kedua: (…JP)
Kegiatan Pendahuluan
Kegiatan Inti [disajikan garis besar alur berpikir pembelajaransecara lengkap, materi rinci pembelajaran dimuat pada Lampiran Materi Pembelajaran Pertemuan 2]
Kegiatan Penutup
Pertemuan seterusnya.
Penilaian
Teknik Penilaian:
Penilaian Sikap : Observasi/pengamatan/Jurnal
Penilaian Pengetahuan : Tes Tertulis/Lisan/Penugasan*)
Penilaian Keterampilan : Praktik/Produk/Portofolio/Projek*)
*) coret yang tidak perlu
Bentuk Penilaian:
Observasi : lembar pengamatan aktivitas peserta didik
Tes tertulis : uraian dan lembar kerja
Unjuk kerja : lembar penilaian presentasi
Portofolio : penilaian laporan
Instrumen Penilaian (terlampir)
……………, ……….. 2018
Mengetahui :
Kepala Sekolah, Guru Mata Pelajaran,
…………………………… ………….………………………
NIP …………………….. NIP ……………………………
LAMPIRAN :
Bahan ajar
Instrumen Penilaian
Untuk Contoh RPP STEM Bapk/Ibu bisa melihatnya di bawah ini.
Contoh RPP STEM KIMIA Kelas X Semester 1 Tetang Larutan Asam basa
RPP STEM Larutan Asam Basa [ Unduh ] [ Unduh ]
SUMBER:
“STEM Materi IHT Instruktur Pelatihan Pembelajaran Berbasis STEM” Kerjasama antara SEAMEO, QITEP in Science dengan PPPPTK BOE.
RPP STEM di atas merupakan contoh RPP STEM dan belum lengkap, kami akan mengupdate rpp stem terbaru, IKUTI BLOG kami, agar berita tentang rpp stem terbaru dapat kami share. Terima Kasih
Terima Kasih Sudah Berkunjung, Semoga Bermanfaat Untuk Bapak/Ibu Guru Indonesia Tercinta…