Ilmu Pengetahuan Sosial dan Konsep Dasar Ilmu-ilmu Sosial
Ilmu Pengetahuan Sosial dan Konsep Dasar Ilmu-ilmu Sosial. Pengertian Ilmu Pengetahuan Sosial. Sebagai sebuah mata pelajaran di sekolah dasar, kata ilmu pengetahuan sosial (IPS) berasal dari padanan kata social studies. Nasional Council for Social Studies di Amerika Serikat mendefinisikannya, “IPS adalah sebuah mata pelajaran di sekolah (SD s.d. SMP), mengambil sebagian besar konten materi pelajaran sejarah, ilmu-ilmu sosial.” (NCSS, 1984:251). Dengan demikian dapat diartikan bahwa IPS merupakan nama mata pelajaran yang berdiri sendiri sebagai perpaduan dan penyederhanaan dari sejumlah konsep disiplin ilmu sosial dalam rangka mengakomodasi dimensi pedagogik, psikologis dan karakterristik berfikir anak yang masih bersifat holitik.
Hakikat Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial. Mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) adalah salah satu dari lima mata pelajaran yang harus dikuasai oleh guru ataupun calon guru Sekolah Dasar. Oleh karena itu, menjadi suatu keharusan bagi guru Sekolah Dasar untuk memahami dan menguasai konsep teoritis materi pelajaran IPS ini secara lebih mendalam. Materi pokok ini merupakan materi yang kajiannya memberikan penjelasan dan gambaran tentang konsep teoritis materi pelajaran ini.
Baca juga:
Para pakar sepakat bahwa IPS adalah perpaduan dan penyederhanaan dari ilmu-ilmu sosial yang dibuat sebagai sebuah mata pelajaran untuk kepentingan pedagogis anak. Disiplin ilmu ilmu sosial yang dipadukan dalam mata pelajaran IPS adalah antropologi, sosiologi, ekonomi, sejarah, politik, geografi, dan psikologi Untuk membantu Anda dalam memahami pengertian dan konsep IPS ini, bagan di bawah ini menjelaskan keterkaitan ilmu-ilmu sosial dan IPS.
Setelah mengetahui pengertian IPS melalui uraian materi dan bagan keterkaitan antara ilmu-ilmu social dengan IPS, maka dapat disimpulkan bahwa konten utama IPS adalah berasal dari disiplin ilmu-ilmu sosial dengan memadukan dan menyederhanakan menjadi sebuah mata pelajaran untuk kepentingan pedagogis dan pembelajaran anak di sekolah.
Setelah kita dapat mengetahui sekaligus memahami apa itu mata pelajaran IPS, marilah kita kaji tujuan IPS dan juga tujuan dari ilmu sosial. Apakah tujuan keduanya sama atau berbeda? Tujuan dari ilmu sosial adalah mendorong untuk menemukan pengetahuan baru dan menjaring kembali pengetahuan yang sudah ada yang berkenaan dengan manusia, sementara tujuan dari IPS adalah memfasilitasi anak dengan pengetahuan, sikap, dan keterampilan yang diperlukan untuk mampu berpartisipasi secara aktif di masyarakat. (Hunkin dkk.1982).
Selanjutnya kita akan sama-sama membahas perbedaan dan persamaan antara IPS dengan ilmu sosial supaya Anda memiliki pengetahuan yang lebih mendalam tentang IPS dan juga ilmu sosial.
Ternyata hal yang sama terletak pada ruang lingkupnya saja. Semntara yang membedakan antara IPS dan ilmu sosial terletak pada pengertian, objek, tujuan, pendekatan dan tempat pembelajarannya. Setelah kita dapat menyamakan dan membedakan antara IPS dan ilmu-ilmu sosial, sekarang marilah kita bahas bersama-sama tentang peran dan konsep dasar dari setiap disiplin ilmu sosial karena setiap disiplin dari ilmu sosial memiliki peran dan konsep yang satu sama lain berbeda
Sumber:
Materi Pokok PIPS SD UT: 1997 dalam Sapriya dkk 2007:5
Ilmu Pengetahuan Sosial dan Konsep Dasar Ilmu-ilmu Sosial. Pengertian Ilmu Pengetahuan Sosial. Sebagai sebuah mata pelajaran di sekolah dasar, kata ilmu pengetahuan sosial (IPS) berasal dari padanan kata social studies. Nasional Council for Social Studies di Amerika Serikat mendefinisikannya, “IPS adalah sebuah mata pelajaran di sekolah (SD s.d. SMP), mengambil sebagian besar konten materi pelajaran sejarah, ilmu-ilmu sosial.” (NCSS, 1984:251). Dengan demikian dapat diartikan bahwa IPS merupakan nama mata pelajaran yang berdiri sendiri sebagai perpaduan dan penyederhanaan dari sejumlah konsep disiplin ilmu sosial dalam rangka mengakomodasi dimensi pedagogik, psikologis dan karakterristik berfikir anak yang masih bersifat holitik.
Hakikat Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial. Mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) adalah salah satu dari lima mata pelajaran yang harus dikuasai oleh guru ataupun calon guru Sekolah Dasar. Oleh karena itu, menjadi suatu keharusan bagi guru Sekolah Dasar untuk memahami dan menguasai konsep teoritis materi pelajaran IPS ini secara lebih mendalam. Materi pokok ini merupakan materi yang kajiannya memberikan penjelasan dan gambaran tentang konsep teoritis materi pelajaran ini.
Baca juga:
Para pakar sepakat bahwa IPS adalah perpaduan dan penyederhanaan dari ilmu-ilmu sosial yang dibuat sebagai sebuah mata pelajaran untuk kepentingan pedagogis anak. Disiplin ilmu ilmu sosial yang dipadukan dalam mata pelajaran IPS adalah antropologi, sosiologi, ekonomi, sejarah, politik, geografi, dan psikologi Untuk membantu Anda dalam memahami pengertian dan konsep IPS ini, bagan di bawah ini menjelaskan keterkaitan ilmu-ilmu sosial dan IPS.
Setelah mengetahui pengertian IPS melalui uraian materi dan bagan keterkaitan antara ilmu-ilmu social dengan IPS, maka dapat disimpulkan bahwa konten utama IPS adalah berasal dari disiplin ilmu-ilmu sosial dengan memadukan dan menyederhanakan menjadi sebuah mata pelajaran untuk kepentingan pedagogis dan pembelajaran anak di sekolah.
Setelah kita dapat mengetahui sekaligus memahami apa itu mata pelajaran IPS, marilah kita kaji tujuan IPS dan juga tujuan dari ilmu sosial. Apakah tujuan keduanya sama atau berbeda? Tujuan dari ilmu sosial adalah mendorong untuk menemukan pengetahuan baru dan menjaring kembali pengetahuan yang sudah ada yang berkenaan dengan manusia, sementara tujuan dari IPS adalah memfasilitasi anak dengan pengetahuan, sikap, dan keterampilan yang diperlukan untuk mampu berpartisipasi secara aktif di masyarakat. (Hunkin dkk.1982).
Selanjutnya kita akan sama-sama membahas perbedaan dan persamaan antara IPS dengan ilmu sosial supaya Anda memiliki pengetahuan yang lebih mendalam tentang IPS dan juga ilmu sosial.
Ternyata hal yang sama terletak pada ruang lingkupnya saja. Semntara yang membedakan antara IPS dan ilmu sosial terletak pada pengertian, objek, tujuan, pendekatan dan tempat pembelajarannya. Setelah kita dapat menyamakan dan membedakan antara IPS dan ilmu-ilmu sosial, sekarang marilah kita bahas bersama-sama tentang peran dan konsep dasar dari setiap disiplin ilmu sosial karena setiap disiplin dari ilmu sosial memiliki peran dan konsep yang satu sama lain berbeda
Sumber:
Materi Pokok PIPS SD UT: 1997 dalam Sapriya dkk 2007:5