RPP FISIKA SMK KELAS X KURIKULUM 2013 REVISI
RPP FISIKA KELAS X SMK MATERI Suhu dan Kalor
RPP Suhu dan Kalor
RPP FISIKA KELAS X SMK MATERI Suhu dan Kalor
RPP Suhu dan Kalor
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Sekolah :
SMK
Mata
Pelajaran : Fisika
Komp. Keahlian : Semua Kompetensi Keahlian
Kelas/Semester
: X/Genap
Tahun
Pelajaran : 2017/ 2018
Alokasi
Waktu : 3 x pertemuan (9 X 45
menit)
1.
Pengetahuan (KI – 3)
Memahami, menerapkan dan menganalisis pengetahuan
faktual, konseptual, dan prosedural berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu
pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam wawasan kemanusiaan,
kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian
dalam bidang kerja yang spesifik untuk memecahkan masalah
2.
Keterampilan (KI – 4)
Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan
ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara
mandiri, dan mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.
B. Kompetensi Dasar
1.
KD pada KI Pengetahuan
3.11 Menganalisis proses
pemuaian, perubahan wujud zat dan perpindahan kalor dengan konsep suhu dan
kalor
2.
KD pada KI Keterampilan
4.11 Menyajikan Menggunakan
alat sederhana dalam percobaan yang berhubungan dengan kalor
C. Indikator Pencapaian Kompetensi
1.
Indikator KD pada KI Pengetahuan
1)
Menentukan konsep
pemuaian pada benda yang dipanaskan
2)
Menganalisis proses
perubahan wujud zat
3)
Menganalisis proses
perpindahan kalor pada benda yang dipanaskan
2.
Indikator KD pada KI Keterampilan
1)
Melakukan percobaan
sederhana yang berkaitan dengan konsep suhu dan kalor
D. Tujuan Pembelajaran
1. Tujuan Pembelajaran pada KI Pengetahuan
Setelah berdiskusi dan menggali informasi, peserta didik akan
dapat :
1)
Memahami
konsep pemuaian pada benda yang dipanaskan dengan percaya diri
2)
Memahami
proses perubahan wujud zat dengan percaya diri
3)
Memahami
proses perpindahan kalor pada benda yang dipanaskan dengan tanggung
jawab
2. Tujuan Pembelajaran pada KI Keterampilan
Disediakan peralatan, peserta didik
akan dapat mendemonstrasikan tentang
:
1)
Melakukan
percobaan sederhana yang berkaitan dengan konsep suhu dan kalor dengan
menggunakan termometer
E. Materi Pembelajaran
1. Besaran
Pokok dan Turunan
Suhu adalah derajad
panas dinginnya suatu benda. Alat untuk mengukur suhu : termometer. Zat cair
dalam termometer yaitu alkohol dan raksa.
Sifat-sifat
keistimewaan air raksa :
-
segera mengambil panas
dari benda yang diukur
-
dapat dipakai untuk
mengukur suhu yang rendah (-39oC) sampai tinggi (357oC)
-
Tidak membasahi dinding
tabung sehingga pengukurannya lebih teliti
-
Pemuaiannya teratur
2. Pemuaian
zat
Pemuaian adalah pertambahan ukuran suatu benda stelah dipanaskan.
Dalam fisika pengaruh kalor atau panas ada 3 hal yaitu : kenaikan suhu,
pertambahan ukuran atau pemuaian dan perubahan wujud. Pertambahan ukuran atau
pemuaian ditentukan oleh 3 hal yaitu :
-
Ukuran benda mula-mula
-
Jenis
benda
-
Besar
kenaikan suhu
3. Azas
Black
Jika 2
benda yang berbeda suhunya dicampur, maka “ benda yang suhunya lebih renda akan
menyerap kalor yang sama banyaknya dengan kalor yang dilepaskan oleh benda yang
suhunya lebih tinggi”
4. Perubahan
Wujud
Jika sebuah benda dipanaskan terus menerus maka akan
mengalami perubahan wujud. Contohnya : es yang dipanaskan akan berubah menjadi
air, air berubah menjadi uap dll. Selama perubahan wujud zat, perubahan/
kenaikan suhunya selalu tetap (konstan).
Kalor yang diperlukan untuk
perubahan wujud zat adalah :
Q = m x L Q = kalor/panas yang
diperlukan (kal atau J)
m
= massa benda
(gr atau kg)
L = kalor laten (kal/gr atau J/kg)
F.
Pendekatan, Model dan Metode
Pendekatan : Saintifik
Model Pembelajaran :
Discovery Learning
Metode : Tanya Jawab, Diskusi, Praktik
G. Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan I (
3 x 45 menit)
Kegiatan
|
Deskripsi Kegiatan
|
Alokasi Waktu
|
Pendahuluan
|
a) Guru
membuka pelajaran dengan mengucapkan salam dilanjutkan dengan berdo’a,
kemudian memeriksa presensi peserta didik.
b) Guru
mengkondisikan (memberi motivasi) peserta didik agar siap untuk memulai
pembelajaran.
c) Guru
menyampaikan tujuan pembelajaran hari ini sekaligus menginformasikan sistem
evaluasi yang akan dilakukan pada pembelajaran ini.
d) Guru
memberi stimulan untuk merangsang anak mengulang
kompetensi yang telah dipelajari dan dikembangkan sebelumnya terkait dengan
kompetensi yang akan dipelajari.
|
15 menit
|
Inti
|
Mengamati :
a) Peserta
didik mendapat informasi tentang suhu dan termometer
b) Peserta
didik mendapat informasi tentang pemuaian benda setelah dipanaskan
Menanya :
a) Peserta
didik mendapat tugas untuk
menyatakan suhu dan pemuaian benda
Mengumpulkan Informasi :
a) Peserta
didik diminta menentukan
nilai konversi berbagai jenis termometer
b) Peserta
didik diminta
menentukan pemuaian pada zat padat
c) Peserta
didik diminta
menentukan pemuaian panjang, luas dan volume
Menalar :
a) Peserta
didik mendapat tugas untuk
menentukan pemuaian panjang suatu logam yang dipanaskan
Mengomunikasikan :
a) Peserta
didik mengkomunikasikan hasil pembacaan grafik
b) Peserta
didik menerima tanggapan dari peserta didik lain dan guru.
|
100 menit
|
Penutup
|
a) Guru
membuat rangkuman/simpulan pelajaran.
b) Guru
merefleksikan kegiatan yang sudah dilaksanakan.
c) Guru
merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk tugas kelompok/ perseorangan
(jika diperlukan).
d) Guru
menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya.
|
20 menit
|
Pertemuan II
( 3 x 45 menit)
Kegiatan
|
Deskripsi Kegiatan
|
Alokasi Waktu
|
Pendahuluan
|
a) Guru
membuka pelajaran dengan mengucapkan salam dilanjutkan dengan berdo’a,
kemudian memeriksa presensi peserta didik.
b) Guru
mengkondisikan (memberi motivasi) peserta didik agar siap untuk memulai
pembelajaran.
c) Guru
menyampaikan tujuan pembelajaran hari ini sekaligus menginformasikan sistem
evaluasi yang akan dilakukan pada pembelajaran ini.
d) Guru
memberi stimulan untuk merangsang anak mengulang
kompetensi yang telah dipelajari dan dikembangkan sebelumnya terkait dengan
kompetensi yang akan dipelajari.
|
15 menit
|
Inti
|
Mengamati :
a) Peserta
didik mendapat informasi tentang kenaikan suhu dengan azas black
b) Peserta
didik mendapat informasi tentang besarnya kalor pada peristiwa perubahan
wujud
Menanya :
a) Peserta
didik mendapat tugas
untuk menyatakan kalor pada perubahan wujud zat
Mengumpulkan Informasi :
a) Peserta
didik diminta
menentukan suhu akhir pada peristiwa azas black
b) Peserta
didik diminta
menentukan banyaknya kalor pada peristiwa perubahan wujud zat
Menalar :
a) Peserta
didik mendapat tugas
untuk menentukan nilai angka penting dari hasil operasi hitungan
Mengomunikasikan :
a) Peserta
didik mengkomunikasikan hasil pembacaan grafik
b) Peserta
didik menerima tanggapan dari peserta didik lain dan guru.
|
100 menit
|
Penutup
|
a) Guru
membuat rangkuman/simpulan pelajaran.
b) Guru merefleksikan
kegiatan yang sudah dilaksanakan.
c) Guru
merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk tugas kelompok/ perseorangan
(jika diperlukan).
d) Guru
menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya.
|
20 menit
|
Pertemuan III
( 3 x 45 menit)
Kegiatan
|
Deskripsi Kegiatan
|
Alokasi Waktu
|
Pendahuluan
|
a) Guru
membuka pelajaran dengan mengucapkan salam dilanjutkan dengan berdo’a,
kemudian memeriksa presensi peserta didik.
b) Guru
mengkondisikan (memberi motivasi) peserta didik agar siap untuk memulai pembelajaran.
c) Guru
menyampaikan tujuan pembelajaran hari ini sekaligus menginformasikan sistem
evaluasi yang akan dilakukan pada pembelajaran ini.
d) Guru
memberi stimulan untuk merangsang anak mengulang
kompetensi yang telah dipelajari dan dikembangkan sebelumnya terkait dengan
kompetensi yang akan dipelajari.
|
15 menit
|
Inti
|
Mengamati :
a) Peserta
didik mendapat informasi tentang perpindahan kalor
b) Peserta
didik mendapat informasi tentang suhu benda pada konduksi 2 logam
Menanya :
a) Peserta
didik mendapat tugas
untuk menyatakan kalor tiap sekon pada perpindahan kalor
Mengumpulkan Informasi :
a) Peserta
didik diminta
menentukan kalor tiap sekon pada konduksi
b) Peserta
didik diminta
menentukan kalor tiap sekon pada konveksi
Menalar :
a) Peserta
didik mendapat tugas
untuk menentukan kalor tiap satuan waktu pada konduksi
Mengomunikasikan :
a) Peserta
didik mengkomunikasikan hasil pembacaan grafik
b) Peserta
didik menerima tanggapan dari peserta didik lain dan guru.
|
100 menit
|
Penutup
|
a) Guru
membuat rangkuman/simpulan pelajaran.
b) Guru
merefleksikan kegiatan yang sudah dilaksanakan.
c) Guru
merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk tugas kelompok/ perseorangan
(jika diperlukan)
d) Guru
menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya
|
20 menit
|
H. Media, Alat/Bahan, dan Sumber Belajar
1. Alat : Komputer, LCD, termometer,
whiteboard, spidol
2. Bahan : Kertas grafik
3. Sumber
Belajar : Fisika Kelas X, XI dan XII SMK
Kelompok Teknologi dan
Rekayasa, Sudirman,
2016
I.
Penilaian
Pembelajaran, Remedial dan Pengayaan
Kompetensi
Dasar
|
Indikator Soal
|
Jenis Soal
|
Soal
|
3.11. Menganalisis proses pemuaian, perubahan
wujud zat dan perpindahan kalor dengan konsep suhu dan kalor
|
Menentukan besarnya termometer
|
Uraian
|
1. Sebuah
termometer X menunjukan angka -20oX pada saat air membeku dan 180oX
saat air mendidih. Jika benda menunjukan suhu 40oC. Berapa angka
yang ditunjukan termometer X ?
|
Menentukan besarnya
pemuaian panjang
|
Uraian
|
2.
Batang besi (α = 11.10-6/oC)
mula-mula panjangnya 2 m suhunya 10oC kemudian dipanaskan sehingga
suhunya menjadi 110oC. Berapa pemuaian panjang besi dan panjang
pada suhu akhir ?
|
|
Menghitung hasil
suhu akhir pada peristiwa azas black
|
Uraian
|
3. Jika 75 gr air yang suhunya 0oC
dicampur dengan 50 gr air yang mendidih, dan cair = 1 kal/groC.
Berapa suhu akhir setelah keduanya dicampur ?
|
|
Menentukan kalor
untuk menaikan suhu benda
|
Uraian
|
4. Air sebanyak 1 kg
dipanaskan dari suhu 10oC menjadi 60oC. Jika cair
= 1 kal/groC. Berapa kalor yang diperlukan ?
|
|
Menghitung kalor
untuk merubah wujud zat
|
Uraian
|
5. Berapa banyaknya kalor
yang diperlukan untuk mengubah 50 gr es yang suhunya 0oC menjadi
air yang suhunya 10oC ? ( Les = 80 kal/gr dan cair = 1
kal/groC )
|
|
4.11. Menyajikan
Menggunakan alat sederhana dalam percobaan yang berhubungan dengan kalor
|
Melakukan
percobaan sederhana yang berkaitan dengan konsep suhu dan kalor
|
Pengamatan
|
Percobaan mengukur suhu tubuh dengan termometer
badan menunjukan angka 35oC. Tentukan hasil pengukuran suhu
tersebut kedalam derajad R, F dan K !
|
Kunci Jawaban :
Uraian
:
1.
tx = 60oX
2.
ΔL = 0,22 cm
3.
ta = 40 oC
4.
Q = 50 kkal
5.
Qtotal = Q1 + Q2
= 4000 kal + 500 kal = 4500 kal
Keterampilan:
1. tc = 35oC
tR = 28oC
tF = 95oC
T = 298 K
|
J.
Teknik
Penilaian
KD
|
Teknik
Penilaian
|
Instrumen
|
SkorPenilaian
|
3.11. Menganalisis proses pemuaian,
perubahan wujud zat dan perpindahan kalor dengan konsep suhu dan kalor
|
Tes Tertulis
|
Soal
tes tertulis
|
Skor
maksimal =5 x 10 = 50
Nilai
maks = 50 x 2 = 100
|
4.11. Menyajikan Menggunakan alat
sederhana dalam percobaan yang berhubungan dengan kalor.
|
Tes praktik/
unjuk kerja
|
Lembar
soal praktik
|
Langkah
kerja sesuai : 40
Data
hasil percobaan : 20
Analisa
data benar : 20
Kesimpulan
benar ; 20
Skor
maksimal : 100
|
Mengetahui, …………., Juli 2019
Kepala Sekolah Guru Mata
Pelajaran,
……………………. ………………………..
NIP NIP