10 Soal UTS Bahasa Indonesia Kelas X KD 3.4 Semester 1
SOAL 1.
Bacalah kutipan teks eksposisi berikut!
  Bencana tanah longsor, banjir bandang, dan limpahan air sungai yang kerap
  terjadi di sejumlah daerah mengindikasikan rusaknya daerah aliran sungai
  (DAS). Kawasan hulu hingga hilir perlu direhabilitasi pemerintah untuk
  mengatasi bencana hidrologi ini. Pertumbuhan penduduk yang bermukim di daerah
  aliran sungai telah melemahkan daya dukung lingkungan kawasan tersebut.
  Keberadaan manusia di kawasan hulu hingga hilir DAS mendorong konversi hutan
  menjadi areal perkebunan dan pemukimam. Berkurangnya areal vegetasi akan
  mengurangi daya serap air. Perubahan lahan menyebabkan terjadinya kerusakan
  lingkungan berupa erosi dan longsor. Data Kementerian Pertanian dan
  Kementerian pekerjaan Umum menunjukkan bahwa dari 458 DAS di Indonesia 282
  dalam kondisi kritis, 176 DAS juga berpotensi kritis.Kekritisan kawasan
  dilihat dari cakupan vegetasi dan tingkat erosi.
Teks tersebut dapat diklasifikasikan teks eksposisi karena....
A. mengandung sebuah rekomendasi kepada pemerintah
B. mengungkapkan bencana banjir yang kerap terjadi
C. berisi pendapat penulis diikuti argumentasi
D. menjelaskan permasalahan banjir dan sebab-sebabnya
E. menjelaskan sebuah permasalahan
SOAL 2.
  Bacalah kutipan teks di bawah ini untuk menjawab soal no 2, 3, dan 4
Pembangunan dan Bencana Lingkungan
  Bencana alam yang menimbulkan jumlah korban banyak terjadi karena praktik
  pembangunan yang dilakukan tanpa memerhatikan potensi bencana. Misalnya,
  banjir yang terjadi di Jakarta pada Februari 2007, dapat dipahami sebagai
  dampak pembagunan kota yang mengabaikan pelestarian lingkungan.
  Menurut tim ahli Pusat Penelitian dan Pengembangan Sumber Daya Air, penyebab
  utama banjir di Jakarta ialah pembangunan kota yang mengabaikan fungsi daerah
  resanpan air dan tampungan air. Hal ini diperparah dengan saluran drainase
  kota yang tidak terencana dan tidak terawat serta tumpukan sampah dan limbah
  di sungai. Akhirnya, debit air hujan yang tinggi menyebabkan bencana banjir
  yang tidak terelakkan.
  Masalah lingkungan di atas merupakan masalah serius yang harus segera di
  atasi. Meskipun tidak mungkin mengatasi keenam masalah utama lingkungan
  tersebut, setidaknya harus dicari solusi untuk mencegah bertambah buruknya
  kondisi bumi.
  Argumen mendukung pendapat yang disampaikan penulis bahwa masalah lingkungan
  merupakan masalah yang serius terdapat pada kalimat …
  A. Bencana alam yang menimbulkan jumlah korban banyak terjadi karena praktik
  pembangunan yang dilakukan tanpa memerhatikan potensi bencana.
  B. Akhirnya, debit air hujan yang tinggi menyebabkan bencana banjir yang tidak
  terelakkan.
  C. Setidaknya harus dicari solusi untuk mencegah bertambah buruknya kondisi
  bumi.
  D. Misalnya, banjir yang terjadi di Jakarta pada Februari 2007, dapat
    dipahami sebagai dampak pembagunan kota yang mengabaikan pelestarian
    lingkungan.
    E. Masalah lingkungan di atas merupakan masalah serius yang harus segera di
    atasi.
  
  SOAL 3.
  
    Bagian rekomendasi pada kutipan teks eksposisi Pembangunan dan Bencana
    Lingkungan terdapat pada paragraf …
  
  A. Paragraf pertama kalimat kedu
  B. Paragraf kedua kalimat pertama
  C. Paragraf kedua kalimat kedua
  D. Paragraf kedua kalimat ketiga
  E. Paragraf ketiga
  SOAL 4. 
  
    Kalimat argumen yang berisikan fakta di dalam kutipan teks eksposisi
    Pembangunan dan Bencana Lingkungan terdapat dalam kalimat ….
  
  
    A. Bencana alam yang menimbulkan jumlah korban banyak terjadi karena praktik
    pembangunan yang dilakukan tanpa memerhatikan potensi bencana.
  
  B. Banjir yang terjadi di Jakarta pada Februari 2007.
  
    C. Debit air hujan yang tinggi menyebabkan bencana banjir yang tidak
    terelakkan.
  
  
    D. Hal ini diperparah dengan saluran drainase kota yang tidak terencana dan
    tidak terawat serta tumpukan sampah dan limbah di sungai.
  
  
    E. Masalah lingkungan di atas merupakan masalah serius yang harus segera di
    atasi.
  
  SOAL 5.
  Bacalah teks eksposisi berikut!
  
    Anak yang terlalu sering menggunakan gawai akan menjadi tidak peduli
    terhadap lingkungan sekitar. Kemampuan dalam memahami perasaan orang lain
    juga berkurang karena seharusnya anak lebih banyak pembelajaran secara
    konkret.
  
  Kutipan di atas pada struktur teks eksposisi merupakan bagian...
  A. tesis
  B. orientasi
  C. argumentasi
  D. abstrak
  E. penegasan ulang
  SOAL 6.
  Kalimat di bawah ini menggunakan kata kerja mental, kecuali…
  
    A. Tak menyangka, salah seorang siswa di samping saya juga memperhatikan
    percakapan mereka.
  
  
    B. Meskipun begitu, tidak sedikit juga orang yang melakukan olahraga
      dengan salah hingga berakhir di ranjang rumah sakit
  
  
    C. Peristiwa tersebut mencerminkan bahwa ada dua kelompok siswa yang
    memiliki sikap berbahasa yang berbeda di sekolah tersebut.
  
  
    D. Proses tersebut melibatkan emosi, penalaran, dan keterampilan secara
    serempak dalam suatu komunikasi edukatif.
  
  
    E. Prasangka baik saya, bukannya mereka tidak memahami akan perlunya
    ketertiban berbahasa di lingkungan sekolah.
  
SOAL 7.
  
    Akhirnya, debit air hujan yang tinggi menyebabkan bencana banjir yang tidak
    terelakkan.
  
  Kata bercetak miring pada kalimat di atas merupakan konjungsi…
  A. Kausalitas
  B. Korelatif
  C. Temporal
  D. Pertentangan
  E. Syarat
  SOAL 8.
  Cermatilah paragraf berikut ini dengan saksama!
  
    Kita cermati berbagai sisi dan . . . lain dari pengalaman baru itu. Di
    antaranya agar masyarakat dan pemerintah, termasuk pemimpin masyarakat,
    menangkap dan memahami perubahan dan pengaruh kehadiran . . . informasi.
    Pemerintah dan masyarakat tak bisa bersikap lain, kecuali menangkap
    perubahan serta pengaruh yang hadir serta berperannya aneka macam teknologi
    dan . . . baru itu.
  
  
    Penulisan kata teknis yang tepat untuk melengkapi bagian rumpang paragraf di
    atas adalah . . .
  
  A. dimensi, tekhnologi, komunikasi
  B. dimensi, tehnologi, komunikasi
  C. dimension, teknologi, komunikasi
  D. dimensi, teknologi, komunikasi
  E. dimensi, teknologi, komunikation
  SOAL 9.
  
    Tentukan manakah kalimat di bawah ini yang bukan merupakan kalimat
    persuasif!
  
  
    A. Para siswa justru harus menunjukkan kelas tersendiri dalam hal berbahasa.
  
  
    B. Dengan makna tersebut, kata gua seharusnya ditujukan untuk penyebutan
    nama tempat, seperti Gua Selarong, Gua Jepang, Gua Pemijahan, dan
    seterusnya; dan bukangganti orang (persona).
  
  
    C. Penerepan perdagangan bebas masih perlu kita pertimbangkan dan Indonesia
    harus lebih berhati-hati.
  
  
    D. Sebaiknya dicarikan solusi yang tepat untuk mencegah bertambah buruknya
    kondisi bumi.
  
  
    E. Bencana tanah longsor, banjir bandang, dan limpahan air sungai yang
      kerap terjadi di sejumlah daerah mengindikasikan rusaknya daerah aliran
      sungai.
  
  SOAL 10.
  Cermati kalimat berkut ini!
  
    Menurut beberapa penelitian, kesantunan juga melekat dengan kepribadian
    suatu bangsa ataupun kelompok masyarakat.
  
  Kata yang bercetak miring pada kalimat di atas bermakna…
  A. Rujukan
  B. Sebab-akibat
  C. Persuasif
  D. Imperatif
  E. Kausalitas