Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Soal UNBK Bahasa Indonesia SMK dan Pembahasannya

UNBK 2020 - Pembahasan Soal UNBK Bahasa Indonesia SMK Tahun 2020. Lingkup materi yang diujikan dalam UN pada mata pelajaran bahasa Indonesia jenjang Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) meliputi: 1) membaca nonsastra; 2) membaca sastra; 3) menulis terbatas; 4) menyunting kata/istilah, frasa, kalimat, dan paragraf; serta 5) menyunting ejaan dan tanda baca. Lingkup materi tersebut diuji melalui tiga level kognitif yaitu, pengetahuan dan pemahaman, aplikasi, serta penalaran. Soal UNBK Bahasa Indonesia SMK dan Pembahasannya.

Soal UNBK Bahasa Indonesia SMK dan Pembahasannya

Temuan hasil UN 2019 menunjukkan bahwa sebagian besar siswa SMK mampu memahami berbagai isi teks, baik teks tunggal maupun multiteks, baik sastra maupun nonsastra. Pada UN SMK tahun 2019 materi dan model soal yang disajikan tidak banyak berbeda dengan UN tahun sebelumnya.

Pada lingkup materi menulis terbatas, siswa mengalami kesulitan dalam melengkapi kutipan teks dengan kalimat yang sesuai isi bacaan. Meskipun model soal tersebut bukanlah hal baru dan sudah sering diujikan pada soal-soal UN sebelumnya, ternyata siswa masih mengalami kesulitan dalam menjawab soal tersebut. Hal tersebut dikarenakan siswa tidak hanya dituntut untuk memahami isi bacaan secara keseluruhan, tetapi juga dituntut untuk berpikir kritis dan logis. Oleh karena itu, pembelajaran mengenai pemahaman terhadap isi bacaan masih dijadikan fokus utama dalam pelajaran bahasa Indonesia. Pembahasan Soal UNBK Bahasa Indonesia SMK Tahun 2020.

Contoh Soal UN Bahasa Indonesia SMK dan Pembahasan

Rutin Memahami Teks Sastra
Soal 1:
Cermati kutipan puisi berikut!
Derai angin kadang datang tiba-tiba
Meluruhkan dedaunan dan menusuk
batang-batang kayu jati
Dia berkata pada daun:
Jangan sedihkan layunya
helaimu yang menguning
Sedihkan saat manusia
mencabik dan mematahkan dahan
tempatmu bergantung
(Dian Rennuarti)

Amanat puisi tersebut adalah ...
A. Janganlah merusak lingkungan hidup.
B. Lindungilah kayu jati karena sangat berharga.
C. Peliharalah pepohonan agar tidak layu dan kering.
D. Manusia jangan bersedih apabila melihat pepohonan rusak.
E. Dahan pohon tidak boleh diganggu karena tempat tumbuhnya buah.

Kunci Jawaban: A
Pembahasan:
Soal ini menguji pemahaman siswa mengenai amanat dalam puisi. Menentukan amanat dalam suatu karya sastra tertentu merupakan materi yang familier dan sering diujikan dalam lingkup membaca sastra. Sebagian besar siswa (77%) dapat menjawab benar.

Soal 2:
Cermati kutipan cerpen berikut!
”Aku sudah berteman dengan seorang gadis, dia bernama Dina. Oh ya, hujan tak turun jadi aku tak menjemput senja hari ini. Kau pasti tersenyum melihatku berteman dengan seseorang ya Kak?” Memandang sebuah foto yang berbingkai indah lagi. Potretan seorang perempuan berhijab yang cantik, dia adalah kakakku satu-satunya, Kak Eva. Aku tak akan bisa melupakannya. Umur kita beda 6 tahun tapi dia bagai ibuku, terlalu dewasa untuk dikatakan sebagai seorang kakak. Sahabat, terlalu menyenangkan bila hanya disebut sebagai kakak. Dia ibu, kakak, dan sahabat untukku.
Majas yang terdapat dalam kutipan cerpen tersebut adalah ....
A. litotes
B. simile
C. klimaks
D. hiperbola
E. pleonasme

Kunci Jawaban: B
Pembahasan:
Soal ini menguji pemahaman siswa mengenai majas yang terdapat dalam kutipan cerpen. Menentukan majas merupakan materi yang familier dan sering diujikan dalam lingkup membaca sastra. Namun, hanya 22% siswa menjawab benar. Hal ini mungkin dikarenakan siswa hanya mengenal jenis majas tanpa mengetahui penggunaannya di dalam teks atau kutipan karya sastra.

Nonrutin Membaca Sastra
Soal 3:
Cermati kutipan novel berikut!
Dari lantai dua ini, kalian juga bisa melihat pekerja konstruksi bakal town square dua ratus meter di sisi kiri gerai foto kopian tadi. Lampu besar bekerlap-kerlip dari belalai peralatan yang menaik-turunkan besi-besi, batu bata, dan bahan bangunan lainnya. Para pekerja yang memakai helm tak peduli dengan hujan. Mereka sedang mengejar target peresmian enam bulan lagi. Bersaing dengan dua pusat perbelanjaan lainnya yang serempak dibangun.

Kota ini maju sekali meskipun itu harus dibayar dengan berbagai ketidaknyamanan. Siapa yang peduli? Di depan sana juga terlihat dua toko cuci cetak foto. Sebenarnya pemiliknya satu. Alasan bisnis, terpaksa dibelah dua. Toko sebelah kanan menjadi dealer resmi raksasa negatif film dan kamera dari Negeri Sakura. Toko sebelah kiri menjadi authorized dealer raksasa negatif film dan kamera dari Amerika. Beberapa remaja berkumpul ramai di sana.

Keterkaitan isi novel tersebut dengan kehidupan masyarakat saat ini adalah ...
A. Kemajuan kota terkadang harus dibayar dengan berbagai ketidaknyamanan.
B. Para pekerja konstruksi harus siap bekerja di mana pun dan kapan pun.
C. Para pekerja konstruksi tetap bekerja meskipun kondisi hujan.
D. Adanya persaingan antara toko dengan pusat perbelanjaan.
E. Para remaja sering berkumpul di toko cuci cetak foto.

Kunci Jawaban: A
Pembahasan:
Soal ini menguji tentang pemahaman siswa terhadap isi karya sastra yang dikaitkan dengan kehidupan masyarakat saat ini. Untuk dapat menjawab soal ini, siswa dituntut untuk memahami isi teks dan mengaitkan dengan kehidupan yang ada di sekitar mereka (masyarakat). Model soal ini merupakan hal yang baru dan belum pernah diujikan sebelumnya dalam UN SMK. Namun, sebagian siswa (54%) dapat menjawab benar. Hal ini mungkin dikarenakan siswa dapat bersosialisasi dengan baik dalam kehidupan bermasyarakat sehingga mereka dapat membayangkan interaksi kehidupan di masyarakat ketika mengerjakan soal ini.