Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Soal UN Bahasa Indonesia dan Pembahasannya

Kumpulan Soal - Soal UN Bahasa Indonesia dan Pembahasannya. Lingkup materi yang diujikan dalam UN pada mata pelajaran bahasa Indonesia jenjang Sekolah Menengah Atas (SMA) meliputi: 1) membaca nonsastra, 2) membaca sastra, 3) menulis terbatas, 4) menyunting kata, kalimat, paragraf, dan 5) menyunting ejaan dan tanda baca. Lingkup materi tersebut diuji melalui tiga level kognitif yaitu, pengetahuan dan pemahaman, aplikasi, dan penalaran. Soal UN Bahasa Indonesia dan Pembahasannya.

contoh soal UN Bahasa Indonesia soal un Bahasa Indonesia SMA 2019 soal un Bahasa Indonesia MA 2019 soal un Bahasa Indonesia Sosiologi 2019 soal un MA Bahasa Indonesia contoh soal un Bahasa Indonesia sma dan kunci jawaban soal un Bahasa Indonesia dan pembahasannya

Temuan hasil UN 2018 dan UN 2019 menunjukkan bahwa sebagian besar siswa SMA mampu memahami berbagai isi teks, baik teks tunggal maupun multiteks,baik sastra maupun nonsastra. Hal ini mungkin karena teks yang disajikan pada UN tahun 2018 relatif pendek dari segi ukuran dan sederhana dari segi kompleksitas kebahasaan. Untuk menulis terbatas sebagian besar siswa tidak mengalami kesulitan ketika tugas relatif sederhana, seperti mengurutkan kalimat menjadi paragraf padu tetapi sebagian mengalami kesulitan ketika tugas lebih kompleks seperti menentukan kesimpulan untuk melengkapi paragraf.

Dibawah ini Contoh Soal UN Bahasa Indonesia dan Pembahasannya.

Contoh Soal Memahami Teks Sastra
1. Cermati kedua teks berikut
Teks 1
Pertama melihatnya, saya merasa heran. Sepasang sepatu butut, tergeletak di suatu sudut, pada sebuah ruang, di kantor gubernur. Otak saya segera bertanya-tanya, sepatu siapakah? Saya akan melangkah mendekati sepatu itu ingin lebih tahu, tapi urung. Orang-orang tampak tidak peduli dan saya takut kalau tindakan saya dipandang aneh, saya pun kembali berdiri seperti tadi.
Saya merapikan baju dan mengalihkan pandangan. Dua pintu dari lorong ini, seorang perempuan tampak sibuk. Tak henti-henti menulis atau mengangkat telepon dari mejanya. Adakah telepon yang masuk dan harus diangkat, tanpa berdering? Perempuan itulah yang sebetulnya pusat perhatian saya. Memang, isyarat tangan atau semacam penggalan: tandanya saya sudah diperbolehkan untuk menghadap.

Teks 2
Rasa penasaran mendorongku ingin segera membuka buku kecil ini. Samarsamar masih terlihat ukiran tulisan diary di sampulnya. Aku langsung berasumsi buku ini adalah buku harian si pemilik buku.
Aku mulai membukanya, membolak-balik halaman demi halaman yang kertasnya sudah menguning dan tulisannya yang menurutku lebih tebal dari tulisan aslinya.
‘Nandira Silvia’. Aku membaca sebuah nama di halaman pertama. Entah mengapa feeling-ku menyatakan bahwa orang yang bernama Nandira Silvia ini adalah pemilik buku ini. Buku ini membuatku penasaran. Aku sempat memperbaiki posisi duduk hingga aku akhirnya membaca buku harian ini.
Persamaan kedua teks cerpen tersebut adalah ....
A. bertemakan sosial dan ekonomi
B. sudut pandang orang pertama
C. watak tokoh sabar dan ulet
D. memiliki latar suasana gembira
E. menggunakan beberapa kata bahasa asing

Kunci Jawaban: B
Pembahasan:
Sebagian besar (81%) siswa dapat menjawab benar soal ini. Siswa diminta untuk membandingkan dua teks sastra dari aspek intrinsik. Penggunaan bahasa yang mudah dipahami tampaknya berkontribusi pada kemudahan siswa menjawab soal tersebut.

Contoh Soal Memahami Teks Nonsastra
2. Cermati teks berikut!
Obat tradisional sudah sejak lama digunakan secara luas di Indonesia. Dalam perkembangan kedokteran modern sekarang ini, masih terasa kuat peranan obat tradisional sebagai pendamping serta pengisi kekosongan obat modern. Apalagi di zaman krisis seperti ini, harga obat semakin mahal. Pemerintah semakin berusaha menggalakkan pemanfaatan obat tradisional sebagai obat alternatif. Pemanfaatan itu penting karena obat tradisional selain murah, juga mudah didapatkan, serta memiliki efek samping yang rendah.
Ide pokok paragraf tersebut adalah ....
A. obat pendamping
B. kekosongan obat
C. obat tradisional
D. obat alternatif
E. peranan obat

Kunci Jawaban: C
Pembahasan:
Sebagian besar (80%) siswa dapat menjawab benar soal ini. Siswa diminta untuk menentukan ide pokok pada teks. Teks yang disajikan sederhana terutama dari kompleksitas kebahasaan. Di samping itu, soal dengan tuntutan menentukan ide pokok pada teks termasuk soal yang sering dihadapi siswa dan diujikan pada UN dari tahun ke tahun. Oleh karena itu, baik guru maupun siswa sangat familier dengan tipe soal tersebut.

Contoh Soal Menulis Terbatas Sederhana
3. Cermati kalimat-kalimat berikut!
(1) Tidak sedikit kerugian yang dialami, termasuk nyawa manusia juga.
(2) Ataukah manusia justru merasa lebih nyaman dengan sikap menghindar dan menyelamatkan diri dengan tidak memberikan solusi yang lebih baik dan lebih tepat lagi?
(3) Namun, hal yang perlu dipertanyakan, apakah pengalaman tersebut sudah cukup menyadarkan manusia untuk melihat kesalahan dalam dirinya?
(4) Permasalahan seputar lingkungan hidup selalu terdengar mengemuka.
(5) Kejadian demi kejadian yang dialami di dalam negeri telah memberikan dampak yang sangat besar.
Urutan kalimat yang tepat agar menjadi paragraf padu adalah ....
A. (1), (3), (4), (2), (5)
B. (2), (3), (4), (1), (5)
C. (3), (4), (5), (2), (1)
D. (4), (3), (1), (5), (2)
E. (4), (5), (1), (3), (2)

Kunci Jawaban: E
Pembahasan:
Sebagian besar (79%) siswa menjawab benar soal ini. Kalimat yang sederhana dan pendek tampaknya berkontribusi pada tingkat kemudahan soal.

Contoh Soal Menulis Terbatas Kompleks
4. Cermati paragraf berikut!
Kebiasaan membuang sampah di sembarang tempat merupakan hal yang buruk. Kesadaran masyarakat tentang pentingnya kebersihan masih kurang. Apalagi untuk menjaga, mencintai, dan merawat lingkungan sekitarnya. Mereka menganggap membersihkan lingkungan itu adalah tugas dari dinas kebersihan.
Kalimat kesimpulan berupa akibat yang tepat untuk paragraf tersebut adalah …
A. Padahal pemerintah telah menyediakan tempat sampah di setiap kelurahan.
B. Karenanya, lingkungan sekitar mereka terkesan jorok dan kumuh.
C. Oleh sebab itu, masyarakat harus membersihkan lingkungannya.
D. Jadi, kebersihan lingkungan itu merupakan tanggung jawab bersama.
E. Masyarakat hendaknya bekerja sama dengan pemerintah menangani kebersihan.

Kunci Jawaban: B
Pembahasan:
Sebanyak 46% siswa tidak dapat menjawab benar soal ini. Untuk dapat menjawab benar siswa perlu memahami seluruh teks dan menentukan kesimpulan untuk melengkapi paragraf. Proses berpikir lebih kompleks pada soal ini daripada soal yang hanya mengurutkan kalimat menjadi paragraf.

Contoh Soal Perbaikan Kalimat Pada Satu Aspek
5. Cermati paragraf berikut!
Internet sebagai sebuah dari perkembangan teknologi informasi dan komunikasi telah dimanfaatkan untuk berbagai hasi-hasil penelitian yang dilakukan di belahan dunia yang berbeda-beda. Hal ini mengakibatkan hasil penelitian yang dilakukan seseorang dapat dimanfaatkan oleh orang lain. Internet pun banyak digunakan untuk berkonsultasi dengan pakar-pakar yang berada di tempat lain.
Perbaikan kalimat yang bercetak miring menjadi kalimat yang efektif adalah ...
A. Internet sebagai sebuah perkembangan teknologi informasi dan komunikasi telah dimanfaatkan untuk berbagai hasil-hasil penelitian yang dilakukan di belahan dunia yang berbeda-beda.
B. Internet sebagai hasil perkembangan teknologi informasi dan komunikasi telah dimanfaatkan untuk penelitian di berbagai negara.
C. Internet sebagai sebuah perkembangan teknologi informasi dan komunikasi telah dimanfaatkan untuk hasil-hasil penelitian yang dilakukan di seluruh belahan dunia yang berbeda-beda.
D. Internet sebagai sebuah perkembangan teknologi informasi dan komunikasi telah dimanfaatkan untuk hasil-hasil penelitian yang dilakukan di berbagai belahan dunia.
E. Internet sebagai buah perkembangan ilmu teknologi informasi dan komunikasi telah dimanfaatkan untuk berbagai penelitian yang dilakukan di dunia berbeda.

Kunci Jawaban: B
Pembahasan:
Sebanyak 43% siswa dapat menjawab benar soal ini. Siswa diminta untuk memperbaiki salah satu kalimat pada paragraf hanya dari segi penulisan kalimat efektif (keberlebihan/ pemborosan kata). Penggunaan kata ”berbagai” diikuti bentuk jamak ”hasil-hasil”merupakan hal yang tidak tepat karena berlebihan.

Contoh Soal Perbaikan Kalimat Pada Beberapa Aspek
6. Cermati paragraf berikut!
Plaza Amabarroso akan menggelar Jogja Fashion Festival (JFF) pada bulan Maret 2017. JFF ke-10 ini akan menghadirkan sesuatu yang baru yang mana berupa ”fashion show” busana pria dengan memiliki tema Mystique Man. Peragaan busana ini akan menjadi salah satu daya tarik pada kegiatan yang digelar untuk meramaikan ulang tahun Plaza Ambarroso. Kegiatan kali ini menampilkan peragaan busana pria karena pria pun memiliki gaya busana yang tidak kalah menariknya dengan gaya busana wanita.
Perbaikan kalimat yang dicetak miring pada paragraf tersebut adalah …
A. JFF ke-10 ini dihadirkan dengan sesuatu yang baru yang berupa fashion show busana pria dengan tema Mystique Man.
B. JFF ke 10 ini menghadirkan sesuatu yang baru berupa fashion show busana pria dengan memiliki tema Mystique Man.
C. JFF ke sepuluh ini akan hadirkan sesuatu yang baru berupa fashion show busana pria dengan tema Mystique Man.
D. JFF kesepuluh ini akan menghadirkan fashion show yang baru berupa busana pria dengan tema Mystique Man.
E. JFF kesepuluh ini akan menghadirkan sesuatu yang baru berupa fashion show dengan bertema Mystique Man.

Kunci Jawaban: D
Pembahasan:
Hanya sebagian kecil (27%) siswa dapat menjawab benar soal ini. Untuk dapat menjawab benar siswa harus mengidentifikasikesalahan kemudian memperbaiki kesalahan yang ada. Untuk ini diperlukan pemahaman konsep tentang kaidah penulisan kata asing dan konsep kalimat efektif.