Contoh RPP INSPIRATIF SD

RPP TERBARU - Menindaklanjuti Surat Edaran Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 14 Tahun 2019 tentang Penyederhanaan RPP menjadi tiga komponen, yaitu tujuan, langkah- langkah kegiatan, dan asesmen. Pusat Kurikulum dan Pembelajaran membuat model RPP inspiratif. Contoh RPP INSPIRATIF SD.

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) ini dimaksudkan uuntuk memberikan guru kebebasan
berekspresi dalam melaksanakan proses pembelajaran. Dalam pelaksanaannya guru dapat menyesuaikan RPP dengan kondisi kelas dan peserta didik Tujuan pembelajaran diturunkan dan diekstrak dari kompetensi dasar dan diuraikan menjadi kompetensi-kompetensi yang akan dicapai peserta didik. Kegiatan pembelajaran diisi dengan aktivitas- aktivitas sesuai sintaks model pembelajaran untuk mencapai kompetensi yang telah ditentukan.

Untuk kegiatan pembelajaran memuat 3 komponen pembelajaran yaitu kegiatan pendahuluan, inti dan penutup. Kegiatan pembelajaran perlu dilengkapi dengan dokumen pendukung, contohnya pada kegiatan percobaan perlu dilengkapi dengan langkah-langkah percobaan. Langkah-langkah percobaan tersebut dapat dituliskan dalam buku panduan praktikum

Di akhir kegiatan penutup terdapat refkeksi tak hanya untuk peserta didik, namun juga untuk pendidik sehingga memungkinkan guru untuk dapat mendapatkan informasi mengenai keterlaksanaan pembelajaran yang akan menjadi acuan untuk pembelajaran selanjutnya.

Menindaklanjuti Surat Edaran Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 14 Tahun 2019 tentang Penyederhanaan RPP menjadi tiga komponen, yaitu tujuan, langkah-langkah kegiatan, dan asesmen. Pusat Kurikulum dan Pembelajaran membuat model RPP inspiratif. Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) ini dimaksudkan uuntuk memberikan guru kebebasan berekspresi dalam melaksanakan proses pembelajaran. Dalam pelaksanaannya guru dapat menyesuaikan RPP dengan kondisi kelas dan peserta didik.

Dibawah ini Contoh RPP Inspiratif SD

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Mata Pelajaran: Pendidikan Agama Buddha dan BP
Sekolah : SD
Kelas/ Semester : I/Ganjil
Materi : Cara Menghormat dan Memberi Salam
Alokasi Waktu : 1 pertemuan (4 x 35’)

TUJUAN PEMBELAJARAN
Menerima, memahami, memiliki perilaku santun, serta menyajikan cara-cara
menghormat, salam, dan simbol-simbol agama Buddha.

LANGKAH KEGIATAN
1. Mengamati gambar menghormat cara umum dan cara agama Buddha.
2. Menirukan gambar tentang cara menghormat secara umum.
3. Menirukan gambar tentang cara anjali.
4. Menjelaskan pengertian anjali.
5. Bermain peran antarteman cara menghormat dengan beranjali.
6. Mewarnai gambar anak sedang beranjali.
7. Melakukan refleksi.

REFLEKSI DAN KONFIRMASI
Refleksi pencapaian siswa/formatif asesmen, dan refleksi guru untuk mengetahui
ketercapaian proses pembelajaran dan perbaikan.

PENILAIAN

Penilaian Spiritual : Observasi berdoa sebelum dan sesudah belajar.
Penilaian Sosial : Observasi cara menghormat agama Buddha: Anjali

Penilaian Pengetahuan :
1. Mengidentifikasi cara menghormat secara umum dan secara agama Buddha.
2. Menjelaskan pengertian Anjali.

Penilaian Keterampilan :
1. Mempraktikkan cara menghormat secara umum.
2. Bermain peran antarteman cara menghormat dengan beranjali.
3. Mewarnai gambar anak saling menghormat dengan cara beranjali.
4. Membiasakan diri menghormat dengan cara beranjali dalam keseharian.

Contoh RPP Inspiratif SD


Format File .doc  .docx Microsoft Word dan PDF ]