RPP K13. RPP Merdeka Belajar Tahun 2020 akan menjadi perubahan penting, Guru Dituntut
sendiri dalam mengembangkan RPP (Rencana Pelaksanaan Pembelajaran).
Dalam Penyusunan Baru, Kebijakan Baru yang ditetapkan dalam Penyusunan RPP
adalah untuk penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), Kemendikbud
akan menyederhanakannya dengan memangkas beberapa komponen. Dalam kebijakan
baru tersebut, guru secara bebas dapat memilih, membuat, menggunakan, dan
mengembangkan format RPP.
Tiga komponen inti RPP terdiri dari:
1. Tujuan pembelajaran
2. Kegiatan pembelajaran, dan
3. Asesmen.
“Penulisan RPP dilakukan dengan efisien dan efektif sehingga guru memiliki lebih banyak waktu untuk mempersiapkan dan mengevaluasi proses pembelajaran itu sendiri. Satu halaman saja cukup,” kata Mendikbud.
Tiga komponen inti RPP terdiri dari:
1. Tujuan pembelajaran
2. Kegiatan pembelajaran, dan
3. Asesmen.
“Penulisan RPP dilakukan dengan efisien dan efektif sehingga guru memiliki lebih banyak waktu untuk mempersiapkan dan mengevaluasi proses pembelajaran itu sendiri. Satu halaman saja cukup,” kata Mendikbud.
RPP Merdeka Belajar Tahun 2020 akan menjadi perubahan penting, Guru
Dituntut sendiri dalam mengembangkan RPP (Rencana Pelaksanaan
Pembelajaran)
Apa yang menjadi pertimbangan penyederhanaan RPP?
Jawab:
Guru-guru sering diarahkan untuk menulis RPP dengan sangat rinci
sehingga banyak menghabiskan waktu yang seharusnya bisa lebih difokuskan
untuk mempersiapkan dan mengevaluasi proses pembelajaran itu
sendiri.
Apa yang dimaksud dengan prinsip efisien, efektif dan
berorientasipada murid?
Jawab :
Efisien berarti penulisan RPP dilakukan dengan tepat dan
tidak menghabiskan banyak waktu dan tenaga.
Efektif berarti penulisan RPP dilakukan untuk mencapai
tujuan pembelajaran.
Berorientasi pada murid berarti penulisan RPP dilakukan
dengan mempertimbangkan kesiapan, ketertarikan, dan kebutuhan belajar
murid di kelas.
Apakah RPP dapat dibuat dengan singkat, misalnya hanya
satuhalaman?
Jawab :
Bisa saja, asalkan sesuai dengan prinsip efisien, efektif, dan
berorientasi kepada murid. Tidak ada persyaratan jumlah halaman.
Apakah ada standar baku untuk Format Penulisan RPP?
Jawab:
Tidak ada. Guru bebas membuat, memilih, mengembangkan, dan untuk format
penulisan menggunakan RPP sesuai dengan prinsip efisien, efektif, dan
RPP? berorientasi pada murid.
Bagaimana dengan format RPP yang sudah dibuat guru?
Jawab:
• Guru dapat tetap menggunakan format RPP yang telah
dibuatnya.
• Guru dapat pula memodifikasi format RPP yang sudah
dibuat sesuai dengan prinsip efisien, efektif, dan berorientasi kepada
murid.
Berapa jumlah komponen dalam RPP?
Jawab:
• Ada 3 komponen inti,
yaitu tujuan pembelajaran, langkah-langkah pembelajaran (kegiatan), dan
penilaian pembelajaran (asesmen). Komponen-komponen lainnya adalah
pelengkap.
• Tujuan pembelajaran ditulis dengan merujuk kepada kurikulum dan
kebutuhan belajar murid. Kegiatan belajar dan asesmen dalam RPP ditulis
secara efisien.
Dalam Penyusunan Baru, Kebijakan Baru yang ditetapkan dalam
Penyusunan RPP adalah untuk penyusunan Rencana Pelaksanaan
Pembelajaran (RPP), Kemendikbud akan menyederhanakannya dengan
memangkas beberapa komponen. Dalam kebijakan baru tersebut, guru
secara bebas dapat memilih, membuat, menggunakan, dan mengembangkan
format RPP yaitu RPP 1 LEMBAR.
RPP 1 Lembar yang kami bagikan ini adalah RPP 1 Lembar Per KD. Dalam
penentuan RPP 1 Lembar per KD terdapat beberapa pertemuan, misalnya KD
3.1-4.1 ada 3 pertemuan, sedangkan pada KD 3.2-4.2 ada 4
pertemuan/KD
Dibawah ini Format RPP 1 Lembar Lengkap yang bisa Bapak/Ibu Download
Gratis. RPP 1 Lembar SMA, RPP 1 Lembar MA, RPP 1 Lembar SMK. RPP 1 Lembar
SMP, RPP 1 Lembar MTs, RPP 1 Lembar SD, RPP 1 Lembar MI. RPP
Inspiratif TK A dan RPP Inspiratis TK B