RPP
BAHASA INDONESIA KELAS 10
RPP BAHASA INDONESIA KELAS X KURIKULUM 2013 REVISI
Pengertian
Kurikulum Dari Berbagai Ahli
George
A. Beauchamp (1986) mengemukakan bahwa : “A Curriculum is a written document
which may contain many ingredients, but basically it is a plan for the
education of pupils during their enrollment in given school”.
Dalam pandangan modern, pengertian kurikulum lebih dianggap sebagai suatu pengalaman atau sesuatu yang nyata terjadi dalam proses pendidikan, seperti dikemukakan oleh Caswel dan Campbell (1935) yang mengatakan bahwa kurikulum … to be composed of all the experiences children have under the guidance of teachers.
Untuk
mengakomodasi perbedaan pandangan tersebut, Hamid Hasan (1988) mengemukakan
bahwa konsep kurikulum dapat ditinjau dalam empat dimensi, yaitu:
- Kurikulum sebagai suatu ide; yang dihasilkan melalui teori-teori dan penelitian, khususnya dalam bidang kurikulum dan pendidikan.
- Kurikulum sebagai suatu rencana tertulis, sebagai perwujudan dari kurikulum sebagai suatu ide; yang di dalamnya memuat tentang tujuan, bahan, kegiatan, alat-alat, dan waktu.
- Kurikulum sebagai suatu kegiatan, yang merupakan pelaksanaan dari kurikulum sebagai suatu rencana tertulis; dalam bentuk praktek pembelajaran.
- Kurikulum sebagai suatu hasil yang merupakan konsekwensi dari kurikulum sebagai suatu kegiatan, dalam bentuk ketercapaian tujuan kurikulum yakni tercapainya perubahan perilaku atau kemampuan tertentu dari para peserta didik.
Sementara
itu, Purwadi (2003) memilah pengertian kurikulum menjadi enam bagian :
- Kurikulum sebagai ide;
- Kurikulum formal berupa dokumen yang dijadikan sebagai pedoman dan panduan dalam melaksanakan kurikulum
- Kurikulum menurut persepsi pengajar;
- Kurikulum operasional yang dilaksanakan atau dioprasional kan oleh pengajar di kelas;
- Kurikulum experience yakni kurikulum yang dialami oleh peserta didik; dan
- Kurikulum yang diperoleh dari penerapan kurikulum.
Dalam
perspektif kebijakan pendidikan nasional sebagaimana dapat dilihat dalam
Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional No. 20 Tahun 2003 menyatakan bahwa:
"Kurikulum adalah seperangkat rencana dan pengaturan mengenai tujuan, isi,
dan bahan pelajaran serta cara yang digunakan sebagai pedoman penyelenggaraan
pembelajaran untuk mencapai tujuan pendidikan tertentu”.
Pengertian
dan Definisi Silabus
Silabus
adalah rencana pembelajaran pada suatu dan/atau kelompok mata pelajaran/tema
tertentu yang mencakup standar kompetensi, kompetensi dasar, materi
pokok/pembelajaran, kegiatan pembelajaran, indikator pencapaian kompetensi
untuk penilaian, Tujuan Pembelajaran, penilaian, alokasi waktu, dan sumber
belajar.
Pengertian
& Definisi RPP
Rencana
Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) adalah Rencana yang menggambarkan Prosedurn dan
pengorganisasian pembelajaran untuk mencapai satu kompetensi dasar yang
ditetapkan dalam Standar Isi dan dijabarkan dalam silabus. RPP dijabarkan dari
silabus untuk mengarahkan kegiatan belajar peserta didik dalam upaya mencapai
KD. Setiap guru pada satuan pendidikan berkewajiban menyusun RPP secara lengkap
dan sistematis agar pembelajaran berlangsung secara interaktif, inspiratif,
menyenangkan, menantang, memotivasi peserta didik untuk berpartisipasi aktif,
serta memberikan ruang yang cukup bagi prakarsa, kreativitas, dan kemandirian
sesuai dengan bakat, minat, dan perkembangan fisik serta psikologis peserta
didik. RPP disusun untuk setiap KD yang dapat dilaksanakan dalam satu kali
pertemuan atau lebih. Guru merancang penggalan RPP untuk setiap pertemuan yang
disesuaikan dengan penjadwalan di satuan pendidikan
RPP
ABAD 21
Pendidikan merupakan suatu
kebutuhan yang sangat diperlukan oleh semua manusia di seluruh dunia. Seperti
dijelaskan dalam Bab I, secara ilmu pengetahuan Indonesia merupakan negara
berkembang yang masih tertinggal dari negara berkembang lainnya. Meskipun
demikian, pendidikan di Indonesia memiliki kelebihan dibanding negara-negara
tersebut atau negara maju lainnya dengan dasar pendidikan Pancasila dan UUD
1945 yang berakar pada budaya bangsa yang mengedepankan karakter yang sangat
diperlukan dalam menghadapi tantangan Abad 21.
Pembelajaran
Abad 21 merupakan pembelajaran yang mengintegrasikan kemampuan literasi,
kecakapan pengetahuan, keterampilan dan sikap, serta penguasaan terhadap
teknologi. Literasi menjadi bagian terpenting dalam sebuah proses pembelajaran,
peserta didik yang dapat melaksanakan kegiatan literasi dengan maksimal
tentunya akan mendapatkan pengalaman belajar lebih dibanding dengan peserta
didik lainnya. Pembelajaran akan meletakkan dasar dan kompetensi, pengukuran
kompetensi dengan urutan LOTS menuju HOTS. Proses pembelajaran akan dimulai
dari suatu hal yang mudah menuju hal yang sulit.
RPP
K13 REVISI TERBARU TAHUN 2019-2020
RPP
K13 SMA/SMK/MA Tahun Ajaran 2019/2019 ini dapat anda download secara lengkap
untuk Kurikulum 2013 Revisi baru tahun 2019/2019. Download segera RPP SMA
kurikulum 2013 revisi 2017, Revisi 2018, Revisi 2019, Revisi 2019 ini untuk melengkapi administrasi anda sebagai guru
SMA. RPP atau Rencara Pelaksanaan Pembelajaran adalah perangkat administrasi
wajib bagi guru sebelum mengajar, karena idealnya guru membuat sebuah
perencanaan terlebih dahulu untuk diterapkan pada proses KBM.
“RPP KURIKULUM 2013 REVISI 2017, RPP KURIKULUM 2013 REVISI 2018, RPP KURIKULUM 2013 REVISI 2019 TERBARU”
RPP
K13 Revisi 2017 SMA yang akan Bapak/Ibu download ini mudah-mudahan sesuai
dengan harapan Bapak/Ibu Guru dalam melengkapi perangkat administrasi Guru RPP
K13 RPP KURIKULUM 2013 REVISI 2017 secara lengkap.
RPP
Kurikulum 2013 Revisi terbaru Bahasa Indonesia Kelas 10,
Materi
Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas 10 Kurikulum 2013 Revisi Terbaru Tahun
2019-2020
RPP
BAHASA INDONESIA KELAS 10 KURIKULUM 2013 REVISI TAHUN 2019-2020
"TERIMA
KASIH"