RPP Materi Nilai-nilai dalam cerpen dan hikayat
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Sekolah : Satuan Pendidikan
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas/Semester : X / Ganjil
Materi Pokok : Nilai-nilai dalam cerpen dan hikayat
Alokasi Waktu : 2 Minggu x 4 Jam pelajaran @45 Menit
A. Kompetensi Inti
- KI-1 dan KI-2 : Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, santun, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), bertanggung jawab, responsif, dan pro-aktif dalam berinteraksi secara efektif sesuai dengan perkembangan anak di lingkungan, keluarga, sekolah, masyarakat dan lingkungan alam sekitar, bangsa, negara, kawasan regional, dan kawasan internasional”.
- KI 3: Memahami, menerapkan, dan menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
- KI4: Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, bertindak secara efektif dan kreatif, serta mampu menggunakan metode sesuai kaidah keilmuan
B. Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi
Kompetensi
Dasar
|
Indikator
Pencapaian Kompetensi
|
3.8. Membandingkan nilai-nilai dan kebahasaan
cerita rakyat dan cerpen.
|
3.8.1. Menjelaskan persamaan dan perbedaan isi
dannilai-nilai dalam cerpen dan cerita rakyat
3.8.2. Mendefinisikan tentang Nilai-nilai dalam
cerpen dan hikayat; Gaya bahasa; dan Kata arkais (kuno).
3.8.3. Mengidentifikasikan tentang Nilai-nilai
dalam cerpen dan hikayat; Gaya bahasa; dan Kata arkais (kuno).
3.8.4. Mendeskripsikan tentang Nilai-nilai dalam
cerpen dan hikayat; Gaya bahasa; dan Kata arkais (kuno).
3.8.5. Mengklasifikasikan tentang Nilai-nilai dalam
cerpen dan hikayat; Gaya bahasa; dan Kata arkais (kuno).
3.8.6. Menemukan data dan informasi tentang
Nilai-nilai dalam cerpen dan hikayat; Gaya bahasa; dan Kata arkais (kuno).
3.8.7. Mengeksprolasi temuan data dan informasi
tentang Nilai-nilai dalam cerpen dan hikayat; Gaya bahasa; dan Kata arkais
(kuno).
3.8.8. Menyusun kembali isi cerita rakyat ke dalam
bentuk cerpen dengan memerhatikan isi dan nilai-nilai
3.8.9. Mentabulasikan hasil eksprolasi data dan
informasi tentang Nilai-nilai dalam cerpen dan hikayat; Gaya bahasa; dan Kata
arkais (kuno).
3.8.10. Menganalisis tabulasi data dan informasi
tentang Nilai-nilai dalam cerpen dan hikayat; Gaya bahasa; dan Kata arkais
(kuno).
3.8.11. Menguraikan hasil analisa data dan informasi
tentang Nilai-nilai dalam cerpen dan hikayat; Gaya bahasa; dan Kata arkais
(kuno).
3.8.12. Mengasosiasikan uraian data dan informasi
tentang Nilai-nilai dalam cerpen dan hikayat; Gaya bahasa; dan Kata arkais
(kuno).
3.8.13. Menyimpulkan hasil asosiasi data dan
informasi tentang Nilai-nilai dalam cerpen dan hikayat; Gaya bahasa; dan Kata
arkais (kuno).
|
4.8. Mengembangkan cerita rakyat (hikayat) ke
dalam bentuk cerpen dengan memerhatikan isi dan nilai-nilai.
|
4.8.1. memverifikasi kesimpulan data dan informasi
tentang Nilai-nilai dalam cerpen dan hikayat; Gaya bahasa; dan Kata arkais
(kuno).
4.8.2. Mempresentasikan hasil verifikasi data
tentang Nilai-nilai dalam cerpen dan hikayat; Gaya bahasa; dan Kata arkais
(kuno).
4.8.3. Mempresesntasikan, menanggapi, dan merevisiteks cerpen yang disusun
|
C. Tujuan Pembelajaran
Setelah mengikut proses pembelajaran, peserta didik diharapkan dapat:
- Membandingkan nilai-nilai dan kebahasaan cerita rakyat dan cerpen.
- Mengembangkan cerita rakyat (hikayat) ke dalam bentuk cerpen dengan memerhatikan isi dan nilai-nilai.
D. Materi pembelajaran
• Nilai-nilai dalam cerpen dan hikayat.
• Gaya bahasa.
• Kata arkais (kuno).
Fakta : Hikayat
Konsep : Kata Arkais
Prinsip : Nilai-nilai dalam cerpen dan hikayat
Prosedur : Gaya Bahasa
E. Metode Pembelajaran
Pendekatan : Scientific Learning
Model Pembelajaran : Discovery Learning (Pembelajaran Penemuan) dan Problem
Based Learning (Pembelajaran Berbasis Masalah )/ projek
F. Media/alat, Bahan
Media :
- Worksheet atau lembar kerja (siswa)
- lembar penilaian
- Cetak: buku, modul, brosur, leaflet, dan gambar.
- Manusia dalam lingkungan: guru, pustakawan, laboran, dan penutur nativ.
Alat/Bahan :
- Penggaris, spidol, papan tulis
- Laptop & infocus
- Audio: kaset dan CD.
- Audio-cetak: kaset atau CD audio yang dilengkapi dengan teks.
- Proyeksi visual diam: OUT dan film bingkai.
- Proyeksi audio visual: film dan bingkai (slide) bersuara.
- Audio visual gerak: VCD, DVD, dan W.
- Visual gerak: film bisu.
- Objek fisik: Benda nyata, model, dan spesimen.
- Komputer.
G. Sumber Belajar
- Buku penunjang kurikulum 2013 mata pelajaran Bahasa Indonesia, Kelas X, Kemendikbud, tahun 2016
- Pengalaman peserta didik dan guru
- e-dukasi.net
- http://ecy-upha.blogspot.co.id/2012/11/materi-hikayat.html
- http://www.artikelsiana.com/2014/08/unsur-unsur-hikayat.html
- http://line-edukasi.blogspot.co.id/2011/10/pengertian-hikayat.html
- http://pelj-sma.blogspot.co.id/2013/02/hikayat-pengertian-ciri-ciri-dan.html
- http://shaifull-sh7.mywapblog.com/pengertian-hikayat-dan-contohnya-belajar.xhtml
- https://id.scribd.com/doc/78515397/MATERI-HIKAYAT
- http://irawan-busa07.blogspot.co.id/2013/09/materi-bahasa-indonesia-hikayat.html
- http://www.slideshare.net/adetyapreteers1/hikayat-44674889
- https://id.wikipedia.org/wiki/Hikayat
- https://id.wikipedia.org/wiki/Hikayat
- http://www.pengertianahli.com/2014/02/pengertian-hikayat-dan-ciri-hikayat.html
LENGKAP :