RPP FISIKA SMK KELAS X KURIKULUM 2013 REVISI
RPP FISIKA KELAS X SMK MATERI Besaran dan Satuan
RPP Besaran dan Satuan
Keterangan
:
RPP FISIKA KELAS X SMK MATERI Besaran dan Satuan
RPP Besaran dan Satuan
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Sekolah :
SMKS
SAKTI
Mata
Pelajaran : Fisika
Komp.Keahlian : Semua Kompetensi Keahlian
Kelas/Semester
: X
TSM/Gasal
TahunPelajaran : 2018/2019
A. Kompetensi Inti
1.
Pengetahuan(KI – 3)
Memahami, menerapkan dan menganalisis pengetahuan
faktual, konseptual, dan prosedural berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu
pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam wawasan kemanusiaan,
kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian
dalam bidang kerja yang spesifik untuk memecahkan masalah
2.
Keterampilan(KI – 4)
Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan
ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah
secara mandiri, dan mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan
langsung.
B. Kompetensi Dasar
1.
KD pada KI Pengetahuan
3.1 Menerapkan prinsip-prinsip pengukuran besaran
fisis, angka penting dan notasi ilmiah
pada bidang teknologi dan rekayasa
2.
KD pada KI Keterampilan
4.1 Melakukan pengukuran besaran fisis dengan
menggunakan peralatan dan teknik yang tepat serta mengikuti aturan angka
penting
C. Indikator Pencapaian Kompetensi
1.
Indikator KD pada KI Pengetahuan
1) Menerapkan
pengukuran besaran sesuai dengan karakteristik permasalahan yang akan
diselesaikan
2) Menerapkan
aturan angka penting sesuai dengan karakteristik permasalahan yang akan
diselesaikan
3)
Menyelesaikan
permasalahan yang berkaitan dengan notasi ilmiah
4)
Mendemonstrasikan
alat ukur panjang, massa dan waktu
2.
Indikator KD pada KI Keterampilan
1)
Melakukan pengukuran besaran fisis dengan
menggunakan peralatan dan teknik yang tepat serta mengikuti aturan angka
penting
2)
Mendemonstrasikan
alat ukur panjang, massa dan waktu
D. Tujuan Pembelajaran
1. Tujuan Pembelajaran pada KI Pengetahuan
Setelahberdiskusidanmenggaliinformasi, pesertadidikakandapat:
1)
Memahami
prinsip-prinsippengukuranbesaranfisisdengan percaya diri
2)
Memahami
angkapentingdannotasiilmiahpadabidangteknologidanrekayasadengan percaya diri
3)
Memahami
konsep dimensi besaran dan besaran vektor dengan percaya diri
2. Tujuan Pembelajaran pada KI Keterampilan
Disediakanperalatan,
pesertadidikakandapatmendemonstrasikantentang :
1) Pengukuranbesaranfisisdenganmenggunakanperalatandanteknik
yang tepatsertamengikutiaturanangkapenting dengan percaya
diri
2) Alat ukur panjang, massa dan
waktu dengan percaya diri
E. Materi Pembelajaran
1. Besaran
Pokok dan Turunan
Besaran
adalah segala sesuatu yang mempunyai nilai dan dapat
dinyatakan dengan angka.
Besaran
pokok adalah besaran-besaran yang satuannya telah
ditetapkan terlebih dahulu, untuk digunakan sebagai dasar dalam menentukan
satuan-satuan pada besaran-besaran
lain. Contoh : panjang, massa, waktu, suhu, kuat arus, intensitas cahaya, dan
jumlah zat.
Besaran turunan adalah
besaran-besaran yang satuannya diturunkan dari besaran pokok. Contoh : luas,
volume, massa jenis, gaya, usaha energi, dll.
2. Pengukuran
Pengukuran adalah kegiatan membandingkan suatu besaran yang
diukur dengan alat ukur yang digunakan sebagai satuan. Dalam fisika dan teknik,
pengukuran merupakan aktivitas yang membandingkan kuantitas fisik dari
objek dan kejadian dunia-nyata.
Terdapat 3 alat ukur panjang dalam fisika yaitu : mistar, jangka
sorong dan mikrometer sekrup dengan ketelitian masing-masing berbeda
3. Notasi
Ilmiah
Penulisan hasil pengukuran benda yang sangat
besar dan sangat kecil memerlukan tempat yang lebar dan sering salah
penulisannya, untuk mengatasi masalah tersebut dapat menggunakan notasi ilmiah
atau notasi baku, yang penulisannya dinyatakan sebagai berikut :
a,
... x 10n
|
a = bilangan desimal (1 ≤ a ≤ 9 )
n = eksponen merupakan bilangan bulat
4. Angka
Penting
Adalah angka-angka yang digunakan untuk menyatakan hasil
pengukuran. Angka penting terdiri atas angka pasti dan angka taksiran.
Contohnya hasil pengukuran panjang p = 12,5 mm ( 1 dan 2 adalah angka pasti, 5
angka taksiran)
5. Besaran Vektor
Adalah besaran yang ditentukan oleh nilai dan
arahnya.
Contohnya : perpindahan, kecepatan, percepatan, berat benda, gaya,
dll
F.
Pendekatan, Model dan Metode
Pendekatan : Saintifik
Model Pembelajaran :
Discovery Learning
Metode : Tanya Jawab, Diskusi, Praktik
G. Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan I (
3 x 45 menit)
Kegiatan
|
Deskripsi Kegiatan
|
Alokasi Waktu
|
Pendahuluan
|
a) Guru
membuka pelajaran dengan mengucapkan salam dilanjutkan dengan berdo’a,
kemudian memeriksa presensi peserta didik.
b) Guru
mengkondisikan (memberi motivasi) peserta didik agar siap untuk memulai
pembelajaran.
c) Guru
menyampaikan tujuan pembelajaran hari ini sekaligus menginformasikan sistem
evaluasi yang akan dilakukan pada pembelajaran ini.
d) Guru
memberi stimulan untuk merangsang anak mengulang
kompetensi yang telah dipelajari dan dikembangkan sebelumnya terkait dengan
kompetensi yang akan dipelajari.
|
15 menit
|
Inti
|
Mengamati:
a) Peserta
didik mendapat informasi tentang besaran pokok, besaran turunan dan satuan
b) Peserta
didik mendapat informasi tentang pengukuran besaran fisis
Menanya:
a) Pesertadidikmendapattugasuntuk
menyatakan pengukuran besaran fisis
MengumpulkanInformasi:
a) Pesertadidikdimintamenentukan
besaran pokok dan turunan
b) Pesertadidikdiminta
menentukan pengukuran besaran fisis
c) Pesertadidikdiminta
menentukan notasi ilmiah suatu pengukuran
Menalar:
a) Pesertadidikmendapattugasuntuk
menentukan pengukuran panjang, massa dan waktu
Mengomunikasikan:
a) Peserta
didik mengkomunikasikan hasil pembacaan grafik
b) Peserta
didik menerima tanggapan dari peserta didik lain dan guru.
|
100 menit
|
Penutup
|
a) Guru
membuat rangkuman/simpulan pelajaran.
b) Guru
merefleksikan kegiatan yang sudah dilaksanakan.
c) Guru
merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk tugas kelompok/ perseorangan
(jika diperlukan).
d) Guru
menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya.
|
20 menit
|
Pertemuan II
( 3 x 45 menit)
Kegiatan
|
Deskripsi Kegiatan
|
Alokasi Waktu
|
Pendahuluan
|
a) Guru
membuka pelajaran dengan mengucapkan salam dilanjutkan dengan berdo’a,
kemudian memeriksa presensi peserta didik.
b) Guru
mengkondisikan (memberi motivasi) peserta didik agar siap untuk memulai pembelajaran.
c) Guru
menyampaikan tujuan pembelajaran hari ini sekaligus menginformasikan sistem
evaluasi yang akan dilakukan pada pembelajaran ini.
d) Guru
memberi stimulan untuk merangsang anak mengulang
kompetensi yang telah dipelajari dan dikembangkan sebelumnya terkait dengan
kompetensi yang akan dipelajari.
|
15 menit
|
Inti
|
Mengamati:
a) Peserta
didik mendapat informasi tentang angka penting pada hasil pengukuran
b) Peserta
didik mendapat informasi tentang dimensi suatu besaran.
Menanya:
a) Pesertadidikmendapattugas
untuk menyatakan angka penting hasil suatu pengukuran
MengumpulkanInformasi:
a) Pesertadidikdiminta
menentukan dimensi suatu besaran
b) Pesertadidikdiminta
menentukan banyaknya angka penting dari hasil operasi hitungan
Menalar:
a) Pesertadidikmendapattugas
untuk menentukan nilai angka penting dari hasil operasi hitungan
Mengomunikasikan:
a) Peserta
didik mengkomunikasikan hasil pembacaan angkapenting
b) Peserta
didik menerima tanggapan dari peserta didik lain dan guru.
|
100 menit
|
Penutup
|
a) Guru
membuat rangkuman/simpulan pelajaran.
b) Guru
merefleksikan kegiatan yang sudah dilaksanakan.
c) Guru
merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk tugas kelompok/ perseorangan
(jika diperlukan).
d) Guru
menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya.
|
20 menit
|
Pertemuan III
( 3 x 45 menit)
Kegiatan
|
Deskripsi Kegiatan
|
Alokasi Waktu
|
Pendahuluan
|
a) Guru
membuka pelajaran dengan mengucapkan salam dilanjutkan dengan berdo’a,
kemudian memeriksa presensi peserta didik.
b) Guru
mengkondisikan (memberi motivasi) peserta didik agar siap untuk memulai
pembelajaran.
c) Guru
menyampaikan tujuan pembelajaran hari ini sekaligus menginformasikan sistem
evaluasi yang akan dilakukan pada pembelajaran ini.
d) Guru
memberi stimulan untuk merangsang anak mengulang
kompetensi yang telah dipelajari dan dikembangkan sebelumnya terkait dengan
kompetensi yang akan dipelajari.
|
15 menit
|
Inti
|
Mengamati:
a) Peserta
didik mendapat informasi tentang besaran vektor dan dan skalar
b) Peserta
didik mendapat informasi tentang resultan vektor dan persamaannya.
Menanya:
a) Pesertadidikmendapattugas
untuk menyatakan resultan vektor
MengumpulkanInformasi:
a) Pesertadidikdiminta
menentukan resultan vektor secara grafis dan matematis
b) Pesertadidikdiminta
menentukan besaran vektor yang diturunkan pada sumbu x dan y
Menalar:
a) Pesertadidikmendapattugas
untuk menentukan resultan vektor secara grafis dan matematis
Mengomunikasikan:
a) Peserta
didik mengkomunikasikan hasil pembacaan grafik
b) Peserta
didik menerima tanggapan dari peserta didik lain dan guru.
|
100 menit
|
Penutup
|
a) Guru
membuat rangkuman/simpulan pelajaran.
b) Guru
merefleksikan kegiatan yang sudah dilaksanakan.
c) Guru
merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk tugas kelompok/ perseorangan
(jika diperlukan).
|
20 menit
|
H. Media, Alat/Bahan, dan Sumber Belajar
1. Alat : Komputer, LCD,jangka
sorong, mikrometer, whiteboard, spidol
2. Bahan : Kertas grafik
3. Sumber
Belajar : Fisika Kelas X, XI dan XII SMK
Kelompok Teknologi dan
Rekayasa, Sudirman,
2016
I.
Penilaian
Pembelajaran, Remedial dan Pengayaan
Kompetensi
Dasar
|
Indikator Soal
|
Jenis Soal
|
Soal
|
3.1. Menerapkan prinsip-prinsip pengukuran besaran fisis,
angka penting dan notasi ilmiah pada
bidang teknologi dan rekayasa
|
Menentukan besaran
pokok dan turunan
|
Uraian
|
1. Jelaskan
besaran pokok dan turunan ! Berikan contohnya minimal 5 !
|
Menentukan
dimensi suatu besaran
|
Uraian
|
2.
Sebutkan dimensi dari besaran turunan
berikut : gaya, usaha, daya, tekanan dan energi
|
|
Menghitung hasil
perhitungan berdasarkan aturan angka penting
|
Uraian
|
3. Tentukan hasil perhitungan berikut, berdasarkan
aturan angka penting :
a)
2,315 kg + 5, 23 kg
b)
10,68 m – 7,2 m
c)
2,35 m x 4,6 m
d)
12,100 : 4,31
|
|
Menghitung
resultan dari 2 besaran vektor
|
Uraian
|
4. Dua
gaya besarnya 10 N dan 20 N membentuk sudut 60o. Tentuakn besarnya
resultan kedua vektor tersebut !
|
|
Menghitung
penguraian vektor pada sumbu x dan y
|
Uraian
|
5. Sebuah
gaya F = 40 N membentuk sudut 53o terhadap sumbu x. Tentukan gaya
tersebut terhadap sumbu x dan y !
|
|
4.1. Melakukan pengukuran
besaran fisis dengan menggunakan peralatan dan teknik yang tepat serta
mengikuti aturan angka penting.
|
Mendemonstra-sikan
alat ukur panjang dengan jangka sorong atau mikrometer
|
Pengamatan
|
Tentukan hasil pengukuran dari 2 benda dengan
jangka sorong dari hasil pengukuran !
(gambar terlampir)
|
Kunci Jawaban :
Uraian
:
1.
Besaran pokok adalah besaran-besaran
yang satuannya telah ditetapkan terlebih dahulu, untuk digunakan sebagai
dasar dalam menentukan satuan-satuan pada besaran-besaran lain. Contohnya :
panjang, massa, waktu, suhu dan kuat arus
Besaran turunan
adalah besaran-besaran yang satuannya diturunkan dari besaran pokok. Contoh :
luas, volume, massa jenis, kecepatan dan gaya
2.
Dimensi dari :
a.
Gaya = MLT-2 d. Tekanan = ML-1T-2
b.
Usaha = ML2T-2 e. Energi = ML2T-2
c.
Daya = ML2T-3
3.
a.
7,55 kg c. 11 m2
b. 3,5 m d. 2,94
4.
R = 10 √7 N
5.
Fx = 24 N
Fy = 32 N
Keterampilan:
1. Skala utama Skala
utama : 5,3 cm
Skala nonius :
0,08 cm +
Hasil pengukuran : 5,38 cm
|
J.
Teknik
Penilaian
Kompetensi
Dasar
|
Teknik
Penilaian
|
Instrumen
|
SkorPenilaian
|
3.1. Menerapkan prinsip-prinsip pengukuran besaran fisis,
angka penting dan notasi ilmiah pada
bidang teknologi dan rekayasa
|
Tes Tertulis
|
Soal
tes tertulis
|
Skor
maksimal =5 x 10 = 50
Nilai
maks = 50 x 2 = 100
|
4.1. Melakukan pengukuran besaran fisis dengan
menggunakan peralatan dan teknik yang tepat serta mengikuti aturan angka
penting.
|
Tes praktik/
unjuk kerja
|
Lembar
soal praktik
|
Benar 1 = 50
Benar2=100
|
Mengetahui, Sakti, Juli 2019
Kepala Sekolah Guru Mata
Pelajaran,
Drs. Mohd Taufik Haflidar,
S.Pd
NIP. 196708181995021001
Download RPP Fisika SMA-MA-SMK Lengkap
Unduh RPP Fisika SMA-MA-SMK Lengkap Kelas X Tahun 2020
Unduh RPP Fisika SMA-MA-SMK Lengkap Kelas XI Tahun 2020
Unduh RPP Fisika SMA-MA-SMK Lengkap Kelas XII Tahun 2020