Download Soal Pretest Seni Budaya PPG
💗Petunjuk:
Bacalah Soal dibawah ini dan Pilihlah salah satu jawaban yang dianggap paling benar sebelum Melihat Kunci Jawaban Paling bawah.
1. Salah satu prosedur membuat naskah yang merupakan jalinan cerita dari awal sampai akhir adalah....
A. merancang plot
B. menentukan tema
C. menentukan karakter
D. membuat dialog-dialog
E. menentuklan setting
2. Teater modern ditandai dengan penggunaan panggung pertunjukan Proscenium. Panggung proscenium adalah....
A. panggung di dalam gedung
B. panggung dengan karakteristik keakraban
C. panggung tanpa jarak
D. panggung dengan peninggian buat pemain
E. panggung yang berjarak antara penonton dan penampilan serta hanya dapat dinikmati dalam satu arah pandangan
3. Perhatikan gambar teater tradisional di bawah ini.
Teater tradisional mempunyai keunikan dan ciri khas dalam perwujudannya. Dibawah ini merupakan ciri-ciri teater tradisional, kecuali....
a. cerita tanpa naskah dan digarap berdasarkan peristiwa sejarah, dongeng, mitologi atau kehidupan sehari-hari
b. penyajian dengan dialog, tarian dan nyanyian gaya opera
c. nilai dan laku dramatik dilakukan secara terencana sistematis
d. penonton yang menyaksikan pertunjukan harus bayar
e. mempergunakan bahasa tubuh
4. Teater berasal dari kata Theatron (Yunani) yang artinya tempat pertunjukan, ada juga yang mengartikan gedung pertunjukan, juga yang mengartikan panggung (Stage). Dalam arti luas teater adalah segala tontonon yang dipertunjukan di depan banyak orang. Istilah teater dalam arti sempit adalah....
a. tempat pertunjukan khusus
b. kisah seorang yang berjasa
c. kisah hidup manusia yang ditampilkan di atas pentas
d. kisah manusia yang terhimpit masalah besar
e. gedung yang menampilkan naskah drama
5. Latihan dasar akting yang pertama adalah melakukan latihan yang dikenal dengan istilah olah tubuh. Tujuan utama seorang aktor melakukan latihan olah tubuh adalah....
a. Supaya berprestasi
b. Agar bisa bergaya
c. Untuk kesehatan jasmani
d. Untuk kekuatan dan fleksibilas tubuh
e. Supaya tampil menarik
6. Naskah lakon merupakan gambaran kejadian yang terjadi di masyarakat, elemen pokok dari naskah lakon adalah....
a. dialog
b. masalah
c. konflik
d. peristiwa
e. aside
7. Didalam sebuah naskah ada pembagian yang sering dilakukan, pembagian itu disebut dengan:
a. plot
b. adegan
c. babak
d. episode
e. sekuen
8. Jenis naskah bisa dibagi menjadi dua, yaitu....
a. romantik dan episodik
b. tragedi dan bahagia
c. komedi dan badutan
d. tragedi dan komedi
e. komedi dan satire
9. Tokoh dalam memainkan karakter bisa dianalisis dari apa yang terlihat, atau bisa disebut....
a. psikologis
b. biologis
c. fisikologis
d. sosiologis
e. antagonis
10. Tokoh yang mencerminkan sifat pemarah bisa dianalisis melalui ilmu....
a. psikologis
b. biologis
c. fisikologis
d. sosiologis
e. ekologis
11. Estetika teater tradisional didasarkan pada empat komponen pembentuknya, yaitu....
a. tarian, kostum masa kini, musik menggelegar, dan cerita lucu
b. tari, nyanyian beserta musik pengiringnya, lawak (dagelan), dan dialog atau percakapan yang sebagian juga disertai dengan bentuk pantun maupun parikan
c. pelawak, aktor, juragan, dan panjak
d. romantisme, realisme, naturalisme, dan aburdisme
e. 4 orang aktor
12. Romantisme merupakan gerakan yang berawal dari penolakan terhadap....
a. klasisisme dan neoklasisme
b. realisme
c. naturalisme
d. orde baru
e. absurd
13. Naskah berikut yang bergenre tragedi adalah:
a. Dhemit karya Heru Kesawa Murti
b. Nyonya-Nyonya karya Wisran Hadi
c. Antigone karya Sopokhles
d. Anu karya Putu Wijaya
e. Rhinoceros (Badak-Badak) karya Eugene Ionescu
14. Contoh teater yang tidak lagi menggunakan narasi dan verbalisasi adalah....
a. teater realis
b. teater eksperimental
c. teater sosial
d. teater tradisional
e. teater lingkungan
15. Drama pendidikan dan teater pendidikan (kini muncul gejala post-pedagogik yang lebih transparan dalam memandang kenyataan kemanusiaan) diharapkan dapat menjadi salah satu jawaban....
a. distribusi teater
b. penggerak teater
c. dalam pengembangan teater pendidikan di indonesia.
d. mendorong teater realis
e. penggerak kebudayaan
16. Drama musikal atau disebut juga teater musikal adalah bentuk ekspresi seni yang berkolaborasi antara musik, perilaku, gerakan dan tarian, yang menggambarkan sebuah cerita yang dikemas dengan koreografi dan dengan sistem musik yang apik, drama musikal dikenal juga dengan istilah....
a. musical play
b. dramatic musical
c. opera musical
d. dramatic play
e. dramatic operete
17. Melalui kata-kata, musik, gerakan dan aspek teknis dari hiburan yang dikombinasikan secara keseluruhan dalam drama musikal ditujukan untuk mengomunikasikan....
a. faktor social tokoh
b. faktor keinginan tokoh protagonis
c. faktor emosional, humor, cinta, dan kemarahan
d. faktor permasalahan tokoh dengan sosialnya
e. faktor lain di luar pertunjukan yang direspon sutradara
18. Berikut ini yang merupakan ciri dari teater musikal adalah :
a. Sebagai pelengkap upacara untuk saat-saat tertentu dalam siklus waktu
b. Mementaskan kehidupan melalui dialog, musik, tarian, dan hiburan
c. Dipertunjukkan untuk menyenangkan penonton maupun pelaku teater itu sendiri
d. Merekam berbagai hal sehingga dapat dikatakan sebagai dokumen
e. Bentuk penolakan dari konvensi teater konvensional
19. Perkembangan jenis pementasan drama musikal yang sangat populer di kalangan remaja dan merupakan jenis opera ringan, dengan durasi pementasan lebih pendek, dikenal dengan istilah....
a. pantomim
b. opera sabun
c. opera peking
d. operete
e. opera jawa
20. Berikut ini adalah gambar gerak nonteatrikal dan gerak teatrikan. Perbedaan yang sangat mencolok gerak nonteatrikal dari gerak teatrikal adalah....
a. gerak keseharian
b. gerak sesuai peran
c. gerak sesuai tuntutan naskah
d. gerak dalam sebuah pementasan
e. gerak sesuai arah sutradara
21. Salah-satu gaya modern di mana perasaan-perasaan atau respons-respons jiwa yang bersifat subjektif terhadap subjek/objek yang diapresiasi seniman pencipta, menjadi objek ungkapan seniman pencipta adalah jenis teater....
a. realisme
b. naturalisme
c. eksistensialime
d. dadaisme
e. ekspresionisme
22. Ludruk merupakan salah satu teater tradisinal yang memiliki rangkaian pertunjukan yang dibuka dengan tari remo, lawakan dan lakon dalam pertunjukan, asal usul teater tradisi ludruk berasal dari Jawatimur tepatnya kota...
a. Jombang
b. Mojokero
c. Surabaya
d. Sidoarjo
e. Gresik
23. Empati adalah kemampuan untuk melihat situasi dari perspektif orang lain. Ini melibatkan sudut pandang, emosi, dan kesulitan yang dialami seseorang. Empati merupakan bagian dari....
a. Estetika
b. Etika
c. Nilai
d. Budaya
e. Kritik
24. Muncul di era 1950-an dengan identitas yang beracam-macam, mulai dari teater gerak, teater tubuh, teater miskin, teater esensi, teater biomekanik, teater kacau hingga teater postdramatik merupakan teater....
a. Teater tradisi
b. Teater modern
c. Teater kontemporer
d. Pantomime
e. Opera
25. Naskah teater adalah unsur penting dalam proses produksi teater yang harus di analisis oleh sutradara. Elemen pokok dalam naskah adalah....
a. Plot
b. Alur
c. Tema
d. Tokoh
e. Konflik
26. Bentuk pertunjukan perpaduan gerakan tarian pola silat dan cerita yang bersumber dari tradisi Bakaba. Lagu gurindam dan penyampaian liris kaba diiringi alat musik rabab, salung, dan kecapi khas pertunjukan....
a. Randai
b. Dul muluk
c. Lenong
d. Ludruk
e. Mamanda
27. teater yang menampilkan tanda-tandadan permasalahan kekinian atau masa sekarang merupakan….
a. Teater kontemporer
b. Teater modern
c. Teater tradisi
d. Teater tubuh
e. Teater Barat
28. Berbagai gerakan muncul dalam seni pantomime berdasarkan asal usul gerakan dari dasar pembentuknya berikut berbagai gerakan yang populer dalam seni pantomime....
a. Stakato, elastis, realis
b. Elastis, realis, monwalk
c. Realis, breakdance, stakato
d. Elastis, breakdance, monwalk
e. Monkwalk, elastis stakato
29. Kesuksesan teater modern salah satunya dipelopori oleh tokoh-tokoh yang konsisten dan terus berkarya antara lain....
a. Ws rendra, Putu Wijaya, Tony Broer
b. Putu wijaya, arifin c noer, Tony Broer
c. Tony broer, Teguh Karya, WS Rendra
d. Hb Jasin, Putu Wijaya, WS Rendra
e. Riantiarno, putu wijaya, WS Rendra
30. Orang yang bertanggungjawab pada satu bidang bagian dari tata artistik mengenai sirkulasi setting dalam panggung selama pertunjukan berlangsung....
a. Crew panggung dan stage manager
b. Sutradara dan crew panggung
c. Hause manager dan dekorasi
d. Stage manager dan dekorasi
e. Sutradara dan pimpinan produksi