Soal dan Kunci Jawaban PPG PPKN #1
1. Keberadaan guru PPkn di dalam kelas harus mampu menjadi sosok yang mampu mencerminkan karakter seorang guru PPKn professional. Profesionalisme guru PPKn tersebut bias dilihat dari factor kepemimpinannya. Artinya seberapa mampu ia memberikan pengaruh positif terhadap yang siswa yang dipimpinnya. Salah satu bentuk karakter kepemimpinan guru PPkn di dalam kelas adalah intuitive thinker yang ditandai dengan karakteristik ....
a. Mengedepankan hal yang bersifat logis dalam proses pembelajaran
b. Memiliki kemampuan untuk mengambil keputusan secara cepat terhadap peserta didik
c. Memiliki orientasi pada fakta, sesuatu yang pasti dan detil daripada asusmsi
d. Menginginkan kesempurnaan dalam pekerjaan
e. Menciptakan situasi yang harmonis di dalam kelas
2. Kualitas kinerja guru di sekolah banyak dipengaruhi oleh hubungan interpersonal masing-masing guru. Hal tersebut dikarenakan semangat dan motivasi kerja dapat terbentuk dari hubungan dengan lingkungan di sekitar tempat kerjanya. Kondisi infrastruktur kerja dan suasana kenyamanan di tempat kerja juga menjadi faktor meningkatnya kualitas kerja seorang guru. Menyikapi hal tersebut maka seorang guru dituntut memiliki kemampuan untuk untuk ....
a. Selalu berupaya untuk Membangun self significance untuk menunjang optimalisasi kinerjanya
b. Mampu dan selalu bersikap obyektif terhadap teman sejawat dan lingkungan tempat kerjanya
c. Mampu bekerjasama dan beradaptasi dengan kolega dan lingkungan tempat kerjanya
d. Berusaha untuk berafiliasi dengan teman sejawat dan lingkungan tempat kerjanya
e. Selalu bersikap subjektif terhadap teman sejawat dan lingkungan tempat kerjanya
3. Sebagai guru PPKn di salah satu sekolah SMP Negeri di Kota Yogyakarta, bu Dewi selalu menanamkan sikap bela negara dakepada para siswanya. Dan upaya yang paling tepat terbaik bagi bu Dewi untuk mewujudkan nilai-nilai bela negara agar mudah dipahami oleh setiap muridnya dalam praktik kehidupan berbangsa dan bernegara adalah ….
a. Selalu mengajak dan mengingatkan untuk Rela berkorban demi Bangsa dan Negara
b. Menghimbau para siswanya untuk tidak mencontek dalam menghadapi ujian sekolah
c. Membersihkan lingkungan sekolah
d. Memberi penghormatan kepada bendera merah putih
e. Mengingatkan siswanya untuk mengerjakan tugas sekolah
4. Dalam melaksanakan tugas dan fungsinya sebagai guru PPkn, pak Ali selalu menjalankan fungsi kepemimpinan dengan menempatkan dirinya sebagai orang yang paling menguasai dan bertanggung jawab terhadap kondisi kelasnya. Pada kondisi tersebut pak Ali merupakan sosok guru dengan karakteristik pemimpin bertipe ....
a. Elected leaders
b. Sociometric leaders
c. Salient leaders
d. Persistent leader
e. Responsibility leaders
5. Sebuah organisasi dalam bentuk apapun harus memiliki garis komando yang jelas. Hubungan antara pimpinan dan bawahan haruslah berdasarkan garis komando yang jelas pula. Sebagai contoh jika anggota organisasi menyampaikan keluhannya kepada pimpinannya berkaitan dengan pekerjaan
dan kebijakan yang diambil oleh organisasi tersebut. Pada konteks tersebut komunikasi telah berfungsi sebagai....
a. Fungsi integrasi
b. Fungsi motivasi
c. Fungsi penjagaan
d. Fungsi pengawasan
e. Fungsi informasi
6. Bagi peserta sisik sikap cinta tanah air akan mudah dipahami dengan efektif melalui penerapan pada pembelajaran disekolah. Langkah upaya yang dapat dilakukan guru dalam menanamkan nilai-nilai Cinta tanah air di sekolah adalah dengan….
a. Mengadakan kompetisi sepak bola antar sekolah
b. Memotivasi semangat siswa untuk mentaati aturan disekolah
c. Mengadakan kegiatan bakti social
d. Mengkampanyekan gerakan anti narkoba di lingkungan sekolah
e. Guru mengajak siswa bersama-sama membersihkan lingkungan sekolahnya
7. Kepemimpinan merupakan kemampuan mengendalikan dan mengkoordinasi suatu keadaan. Oleh karenanya sifat kepemimpinan dipengaruhi oleh banyak faktor, dari mulai perilaku, faktor kontekstual, lingkungan, kekuasaan, dan faktor eksternal lainnya. Berdasarkan hal diatas, pada banyak hal keberhasilan kepemimpinan guru PPKn dididasari dan ditentukan oleh ....
a. Atribut pribadi guru PPKn tersebut sebgai pemimpin
b. Pengaruh faktor kontekstual seperti sifat pekerjaan dan perilaku siswa di dalam kelas
c. Factor daya tarik, kecemerlangan, kekuasaan dan pengaruhnya di lingkungan sekolah
d. Tindakan guru PPkn dalam menjalankan kepemimpinannya di dalam kelas
e. Keterampilan, kecerdasan, semangat juang yang dimilikinya
8. Sebagai seorang guru PPKn bu Ani selalu memotivasi selalu memotivasi siwanya untuk memiliki kepekaan dan kepedulian terhadap lingkungan sekitarnya. Oleh karena itu, beberapa pilihan terbaik yang dapat dilakukan oleh bu Ani untuk menumbuhkan dan menanamkan rasa empati dan kepedulian sosial terhadap lingkungan sekitarnya adalah sebagai berikut, kecuali....
a. Bersama-sama siswa mengkoordinir bantuan bagi korban bencana alam
b. Bersama-sama dengan siswa untuk menolah perilaku bullying di lingkungan sekolah dan tempat tinggalnya
c. Bersama-sama siswa membersihkan lingkungan sekitarnya
d. Bersama-sama dengan siswa menolak menggalang gerakan anti narkoba di lingkungan sekolah
e. Bersama-sama dengan siswa menggalang aksi demontrasi dan protes terhadap kebijakan sekolah yang tidak disukai
9. Sikap waspada serta siap membela tanah air Indonesia terhadap segala bentuk ancaman, tantangan, hambatan, dan gangguan yang dapat membahayakan kelangsungan hidup bangsa dan negara merupakan alah satu hal yang harus diperjuangkan dalam mewujudkan cinta tanah air dalam konteks. Bagi siswa komitmen yang harus dikembangkan adalah ….
a. Menolak praktik kekerasan dan perbuatan tidak terpuji di lingkungan sekolah
b. Tidak melakukan tindakan bulliying terhadap siswa lain
c. Mempraktekkan sikap saling hormat-menghormati antara sesama siswa yang memiliki perbedaan di lingkungan sekolah
d. Bersikap disiplin, dan bartanggung jawab terhadap kewajibanny
e. Menghindari penyebaran berita hoax
10. Sebagai guru PPKn pak Joko harus mampu mengenali berbagai hal yang berpengaruh terhadap kelasnya, hal tersebut sebagai upaya untuk menunjukkan kepemimpinan kharismatiknya di hadapan siswa. Untuk memaksimalkan kepemimpinannya di dalam kelas, pak Joko selalu mengidentifikasi permasalahan dan perkembangan yang sedang terjadi di kelas lalu menganalisisnya. Sikap yang ditunjukkan oleh pak Joko tersebut mencirikan bahwa pak joko merupakan pemimpin yang ....
a. Adaptabilitas dan objektif
b. Accountable dan analisis
c. Fleksibel dan pragmatis
d. Objective dan adaptif
e. Proaktif dan Antisipatif
11. Kepekaan dan kepedulian sosial merupakan sikap mulia yang harus dimiliki oleh segenap komponen bangsa Indonesia. Sikap mulia tersebut juga merupakan bentuk watak dan karakter utama bangsa Indonesia. Dlam upaya menumbuhkan kepekaan dan kepedulian sosial pendidikan dinilai merupakan wahana yang efektif dalam menanamkan rasa empati bagi setiap peserta didik. Berdasarkan ilustrasi diatas, perilaku yang dapat dicontohkan oleh guru dalam menumbuh kembangkan rasa empati siswa dilingkungan sekolah ialah dengan ....
a. Menerapkan semangat untuk berdisiplin dan mentaati semua peraturan sekolah dan lingkungan masyarakat
b. Menghimbau dan menganjurkan peserta didik untuk mengunjungi rumah singgah bagi anak jalanan
c. Menghimbau dan mengajak siswa untuk saling hormat-menghormati antara sesama siswa yang saling memiliki perbedaan satu dengan lainnya
d. Mengupayakan kegiatan bela negara di lingkungan sekolah
e. Memotivasi siswa mengikuti kegiatan ekstrakurikuler pramuka di sekolah.
12. Globalisasi sebagai sebuah proses membawa konsekwensi logis terhadap berkembang pesatnya pertumbuhan informasi melalui media sosial. Dampak yang menguntungkan dari berkembangnya arus informasi bagi persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia dalam upaya mempertahankan dan
mengembangkan nilai-nilai Cinta tanah air di lingkungan masyarakat ialah….
a. Mudahnya akses informasi membuat masyarakat mampu dengan cepat dapat merespon informasi terkini
b. Mudahnya akses informasi menyebabkan masyarakat dengan cepat dapat berkomunikasi dalam keluarga
c. Mudahnya akses informasi membuat masyarakat mampu mengenal dan mencintai wilayah nasionalnya
d. Mudahnya akses informasi menjadikan masyarakat bias dengan cermat menyeleksi berita yang ada
e. Mudahnya akses informasi menjadikan masyarakat mampu menyeleksi berita hoax sampai ke berbagai kalangan
13. Pada proses pembelajaran di sekolah, banyak dijumpai siswa di kelas PPKn yang kurang memiliki keterampilan meskipun dirinya memiliki keyakinan terhadap pembelajaran. Sebagai pemimpin di dalam kelas upaya guru PPKn yang paling tepat adalah dalam bentuk ....
a. Perilaku konsultatif
b. Perilaku partisipatif
c. Perilaku delegatif
d. Perilaku instruktif
e. Perilaku komunikatif
14. Kerjasama merupakan hal yang penting bagi kehidupan manusia, karena dengan kerjasama manusia dapat melangsungkan kehidupannya. Sebagai makhluk sosial manusia akan selalu berinteraksi dengan sesama untuk memenuhi kebutuhan hidup, saling tolong menolong, membantu dan melengkapi kepentingan satu dengan lainnya. Kerjasama sendiri merupakan salah satu bentuk interaksi sosial. Faktor-faktor pendukung kerjasama bisa digambarkan pada hal dibawah ini, kecuali....
a. Menunjukkan kewibawaaan di hadapan tim kerja yang lain
b. Memiliki keterampilan menangani konfrontasi atau konflik dalam organisasi
c. Mengedepankan dan menggunakan komunikasi yang efektif dalam organisasi
d. Menunjukkan sikap pensejajaran di kalangan anggota organisasi
e. Memperjelas dan memperluas tugas setiap anggota dalam organisasi
15. Konsepsi bela negara merupakan sikap ataupun perilaku warga negara untuk membela negara dari berbagai bentuk ancaman baik dari dalam negeri maupun dari luar negeri. Konsepsi tersebut sesuai dengan amanah UUD NRI tahun 1945 pasal 27 ayat (3) dan pasal 30 ayat (1). Bentuk ancaman dalam negeri yang dinilai sangat berbahaya saat ini adalah ….
a. Faham radikalisme dan primoridialisme yang cukup tinggi di Indonesia
b. Aksi-aksi demontrasi dengan kekerasan terhadap hasil pemilu
c. Munculnya sikap tidak percaya dari masyarakat kepada pemerintah
d. Berkembangnya isu-isu banyaknya pekerja asing yang datang ke Indonesia
e. Praktik korupsi yang semakin marak di Indonesia
Selengkapnya dibawah ini