Evaluasi Sosiologi Kelas 10 tentang Metode Penelitian Sosial
I. Pilihlah salah satu jawaban yang paling tepat!
1. Berikut yang merupakan jenis penalaran dalam penelitian adalah....
a. Induksi dan afiliasi
b. Deduksi dan inklusi
c. Afiliasi dan eksklusi
d. Deduksi dan induksi
e. Induksi dan eksklusi
2. Cara berfikir:
(1) Apatis
(2) Skeptis
(3) Analitis
(4) Terbuka
(5) Manipulatif
Cara berpikir yang harus dimiliki seorang peneliti ditunjukkan nomor ….
a. (1), (2), dan (3)
b. (1), (2), dan (4)
c. (2), (3), dan (4)
d. (2), (3), dan (5)
e. (3), (4), dan (5)
3. Indah tertarik dengan topik penelitian mengenai pengamen jalanan. Awal ketertarikannya dengan topik tersebut karena setiap pagi Indah menjumpai beberapa pengamen yang tidur di teras toko ketika ia berangkat sekolah. Metode penelitian yang sesuai dengan penelitian yang dilakukan Indah adalah ....
a. Historik
b. Lapangan
c. Eksperimen
d. Laboratorium
e. Perpustakaan
4. Jenis penelitian historik sesuai digunakan dalam contoh penelitian berikut ....
a. pengaruh gadget terhadap pretasi belajar
b. masuknya agama Islam di Nusantara
c. tingkat kekerasan di perkotaan
d. fenomena rasisme di masyarakat
e. fenomena pergaulan bebas di kalangan remaja
5. Seorang peneliti mampu melakukan penelitian dengan menggunakan metode dan teknik penelitian tertentu. Pernyataan tersebut merupakan definisi dari sikap yang harus dimiliki seorang peneliti, yaitu....
a. Jujur
b. Faktual
c. Skeptis
d. Objektif
e. Kompeten
6. Seorang mahasiswa melakukan penelitian mengenai evaluasi sebuah program beasiswa. Dari hasil penelitian tersebut diketahui bahwa implementasi beasiswa kurang efektif. Jenis penelitian tersebut tergolong penelitian....
a. Dasar
b. Terapan
c. Historik
d. Kualitatif
e. Kuantitatif
7. Seorang peneliti hendak melakukan penelitian mengenai kemiskinan di Jakarta. Namun, karena kesulitan mendapatkan data primer, peneliti tersebut memutuskan untuk menggunakan data sekunder. Data sekunder yang tepat untuk digunakan dalam contoh kasus tersebut adalah….
a. Survei
b. Observasi
c. Wawancara
d. Studi Pustaka
e. FGD (Focus Group Discussion)
8. Peneliti mengumpulkan data yang dapat diukur dengan angka-angka sebagai berikut:
Data di atas merupakan contoh penelitian yang menggunakan pendekatan.…
a. kualitatif
b. kuantitatif
c. analisis data
d. observasi lapangan
e. data kualitatif
9. Dalam sebuah penelitian, peneliti akan mengambil sampel 50 orang yang memiliki berat badan lebih dari 60 kilogram. Setelah menentukan jumlah sampel, peneliti mencari orang yang memiliki berat badan yang sudah ditentukan tersebut. Teknik penarikan sampel tersebut termasuk dalam jenis ....
a. Quota sample
b. Stratified sample
c. Purposive sample
d. Proportional sample
e. Area probability sample
10. Dalam penelitian kualitatif, peneliti sebisa mungkin harus menempatkan dirinya sebagai peneliti. Hal ini harus dilakukan karena tidak jarang peneliti merasa empati dengan informannya sehingga dikhawatirkan laporan penelitiannya bersifat ....
a. Bias
b. Objektif
c. Up to date
d. Representatif
e. Mendekati kebenaran
11. Dalam penelitian kualitatif, jika peneliti menginginkan hasil penelitian yang baik diperlukan wawancara mendalam. Namun untuk topik penelitian tertentu seperti korban KDRT, terkadang sulit untuk menggali informasi secara mendalam. Maka dari itu peneliti perlu untuk melakukan....
a. Mengganti topik penelitian
b. Menyiapkan banyak pertanyaan
c. Mencari banyak informan cadangan
d. Observasi mengenai lokasi penelitian
e. Membangun kedekatan hubungan
12. Ketika melakukan sebuah penelitian mengenai pengaruh penggunaan laptop terhadap efektivitas belajar siswa, Rudi menggunakan sampel siswa sekolah A dan B. Dari penjabaran tersebut Rudi ingin melakukan jenis penelitian ....
a. Deskriptif
b. Eksplorasi
c. Komparasi
d. Eksplanasi
e. Eksperimen
13. Sebuah penelitian mengenai mobilitas sosial menganggap bahwa pendidikan sebagai social elevator seseorang mencapai kehidupan yang lebih baik. Pernyataan tersebut menunjukkan bahwa logika penelitian tersebut bersifat ....
a. Holistik
b. Inklusif
c. Induktif
d. Deduktif
e. Ekslusif
14. Berikut yang bukan merupakan sumber data untuk penelitian kepustakaan adalah….
a. Buku
b. Koran
c. Naskah
d. Majalah
e. Rekaman Wawancara
15. Sebuah penelitian mendalami topik tentang tingginya intensitas penggunaan media sosial di kalangan remaja. Media sosial kini menjadi bagian tak terpisahkan dari gaya hidup remaja. Pada level tertentu, penggunaan media sosial dianggap mengakibatkan kecanduan bagi sebagian penggunanya. Remaja menghabiskan waktu hanya untuk bermain game dan menjadikan media sosial sebagai realitas baru, seolah lebih penting dari realitas sesungguhnya dalam kehidupan nyata.
Rumusan masalah penelitian yang tepat sesuai ilustrasi di atas adalah ....
a. Bagaimana pengaruh penggunaan media sosial dalam gaya hidup para remaja?
b. Bagaimana pengaruh media sosial terhadap peningkatan prestasi belajar siswa?
c. Apa peran orangtua dalam rangka membatasi penggunaan media sosial anaknya?
d. Siapa yang paling berperan untuk mengawasi remaja ketika menggunakan media sosial?
e. Bagaimana peraturan sekolah dalam mernbatasi penggunaan media sosial saat belajar?
II. Jawablah pertanyaan-pertanyaan di bawah ini dengan benar!
- Apa yang dimaksud dengan penelitian sosial? Jelaskan!
- Apa yang dimaksud dengan mean, median dan modus? Jelaskan!
- Seorang guru menemukan kenyataan tentang rendahnya minat baca yang berdampak pada keluasan dan kedalaman pola pikir siswa. Analisis hasil tes menunjukkan kelemahan pengetahuan akademik para siswa. Ia pun tertarik kenyataan itu untuk dijadikan topik penelitian. Ilustrasi di ini menjelaskan bahwa pemilihan topik bertujuan untuk …
- Objek penelitian ini adalah Desa Ranu Pani. Desa yang didiami oleh masyarakat Suku Tengger dan akses menuju ke desa tersebut sangat susah. Jarak yang cukup jauh dengan Ibukota Kecamatan menjadikan Desa Ranu Pani kurang mendapatkan perhatian dalam berbagai bidang, termasuk dalam bidang pendidikan. Pendidikan yang telah di dapat masyarakat Desa Ranu Pani tidak berperan besar dalam memajukan pola berpikir mereka. Para orang tua mengirim anaknya ke bangku SD hanya untuk bisa membaca, menulis, dan berhitung saja dan hanya sebagai pengisi waktu luang. Penelitian yang dilakukan adalah penelitian survei dengan menggunakan kuesioner. Sebagian anggota populasi yang dijadikan sampel dengan jumlah populasi sebanyak 282 anak dan menggunakan sampel sebanyak 100 KK. Berdasarkan kutipan di ini, kritisi kesesuaian metode penelitian yang paling tepat digunakan dengan kondisi sosial budaya masyarakat objek penelitian adalah?
- Penelitian yang telah dilakukan, lalu disajikan dalam bentuk presentasi kelas dengan cara diskusi. Mengapa demikian? Jelaskan manfaat diskusi kelas menurutmu!
II. Kunci Jawaban dan pembahasan Soal Uraian:
Kunci jawaban Evaluasi
Kunci Jawaban Soal Uraian
1. Penelitian sosial adalah kegiatan mengumpulkan, mengelola, menganalisis, dan menyajikan sejumlah data yang dilakukan secara sistematis dan objektif untuk memecahkan suatu persoalan atau menguji hipotesis tentang kemasyarakatan/ sosial.
2. Mean adalah hasil dari pembegian antara jumlah seluruh nilai data dengan jumlah data atau disebut dengan nilai rata-rata.
Median adalah suatu nilai yang terletak ditengah data yang telah diurutkan, disebut juga dengan nilai tengah. Modus adalah nilai frekfensi tertinggi dalam suatu distribusi.
3. Memudahkan peneliti menganalisis data yang diperoleh dari sumber data, karena dalam menentukan topik penelitian, peneliti perlu memperhatikan berbagai pertimbangan. Pertimbangan tersebut di antaranya; bermanfaat bagi masyarakat, dapat diteliti atau rasional, dapat dijangkau (tempat, waktu, tenaga, dan dana), memiliki data-data pendukung atau penelitian yang relevan, menarik bagi peneliti, dan memiliki variabel yang jelas.
4. Metode pengambilan data yang tepat digunakan adalah survei karena responden diminta menjawab instrumen kuesioner pertanyaan secara tertulis
5. Karena laporan harus dipertanggungjawabkan, salah satu bentuknya melalui pemaparan di depan kelas dengan diskusi. Manfaat diskusi kelas antara lain:
a. Memupuk sikap berani menegluarkan pendapat
b. Membina untuk mampu berpikir secara kreatif
c. Memupuk rasa toleransi, memberi kesempatan, dan menghaargai pendapat orang lain
d. Melatih untuk menggunakan pengetahuan yang telah di perolehnya di sekolah.