10 Soal UTS Bahasa Indonesia Kelas X KD 3.1 Semester 1
SOAL 1.
Cermati paragraf berikut untuk menjawab soal nomor 1 dan 2!
  Alunan nada yang membentuk harmonisasi lagu menggema di halaman kampus
  Universitas Padjadjaran Jalan. Dipati Ukur Bandung, Senin (27/8) siang. Lebih
  dari sepuluh ribu pasang tangan memainkan alat musik tradisional angklung dan
  memanjakan ribuan pasang telinga yang mendengarnya. Ribuan mahasiswa baru dan
  "civitas academica” Unpad memainkan alat musik tradisional angklung. Mereka
  begitu kompak. Permainan mereka begitu memukau para penonton. Acara yang
  merupakan rangkaian acara Dies Natalis ke-50 Unpad itu membuat Menteri
  Kebudayaan dan Pariwisata Jero Wacik itu ikut terpukau.
Paragraf tersebut merupakan contoh laporan hasil observasi karena ...
A. tidak berdasarkan imajinasi atau khayalan penulisnya.
B. menggambarkan suatu kejadian yang sangat berkesan.
C. mengungkapkan pendapat penulisnya untuk suatu benda.
D. menceritakan suatu kegiatan yang terjadi di lingkungannya.
E. mengemukakan fakta-fakta yang diperoleh melalui pengamatan
SOAL 2.
  Fakta-fakta yang diungkapkan dalam paragraf tersebut diperoleh melalui ….
A. survei
B. pencatatan
C. wawancara
D. observasi lapangan
E. penyebaran angket
SOAL 3.
Cermati paragraf berikut untuk menjawab soal nomor 3 dan 4!
  Upacara adat tradisional Grebek yang diadakan setahun sekali, yakni pada
  Lebaran atau Lebaran hari kedua, berlangsung sekitar 40 menit, sejak pukul
  09.50 WIB hingga pukul 10.30 WIB. Berbagai uborampe (barang) dan udik-udik
  (sesaji), berupa jenis sayuran, buah-buahan dan makanan tradisional yang
  ditata dan disusun seperti bentuk gunung, dikirab oleh para prajurit abdi
  dalem Kraton Yogyakarta dengan rute dari dalam kraton (Pagelaran).
Paragraf tersebut menjelaskan hal-hal berikut, kecuali ..
A. macam-macam kegiatan
B. nama kegiatan
C. manfaat kegiatan
D. pelaku kegiatan
E. proses pelaksanaan kegiatan
SOAL 4.
Fakta dalam paragraf tersebut diperoleh melalui ….
A. perekaman
B. proses pencatatan
C. wawancara dengan narasumber
D. pengamatan lapangan
E. penyebaran angket
SOAL 5.
Cermati paragraf berikut!
  Rombongan ini terbagi menjadi beberapa kelompok. Paling depan, deretan
  siswi-siswi imut. Mereka asyik memainkan mayoret, melakukan koreografi
  menggunakan benderanya masing masing. Kelompok mayoret ini diikuti dengan
  marching band, disusul dengan sejumlah pelajar yang menempeli tubuh mereka
  dengan papan yang bertuliskan hak-hak yang patut dituntut remaja. Rombongan
  diakhiri dengan sekelompok pelajar yang berbaris di dalam "selimut" berbentuk
  spanduk yang diisi petisi berupa tanda tangan pelajar dari sejumlah sekolah di
  Bandung
    Dalam struktur teks laporan observasi paragraf tersebut tergolong ke bagian
    ….
  
  A. tesis
  B. abstrak
  C. definisi umum
  D. deskripsi manfaat
  E. deskripsi per bagian
  SOAL 6.
  Cermati paragraf berikut!
  
    Pada saat dibawa keluar dari dalam Keraton Yogyakarta, dikirabkan di
    alun-alun utara kraton tersebut, dan dibawa ke Pengulon atau salah satu
    gedung yang berada di sebelah Masjid Besar keraton itu, gunungan (sesaji
    berbentuk gunung) menjadi tontonan menarik ribuan penonton. Sesampainya di
    Pengulon, sesaji berupa apel, jeruk, kacang panjang, telur rebus dan jadah
    (makanan tradisional yang terbuat dari beras ketan) itu didoakan oleh para
    abdi dalem terlebih dahulu, baru selanjutnya diperebutkan oleh para warga
    yang menonton.
  
  
    Dalam struktur laporan observasi, paragraf tersebut termasuk ke dalam bagian
    .
  
  A. koda
  B. abstrak
  C. krisis
  D. deskripsi umum
  E. deskripsi per bagian
  SOAL 7.
  Cermati paragraf berikut!
  
    Setiap malam berpuluh ribu tikus menyerbu desa-desa di Kecamatan
    Pracimantoro. Segala macam tanaman, sampai kepada pohon petai cina yang
    sudah tua, habis digerogoti tikus. Binatang piaraan seperti ayam, kambing,
    dan sapi, tidak luput dari serangan tikus yang ganas itu. Apalagi bahan
    makanan. Memang itu yang dicari. Habis tandas ditelan tikus. Bahkan,
    penduduk beberapa desa terpaksa diungsikan karena ketakutan. Sampai sekarang
    masih ada orang yang tidak mau pulang ke kampung halamannya.
  
  Paragraf tersebut melaporkan ....
  A. keganasan ribuan tikus
  B. ketakutan penduduk desa
  C. keadaan suatu perkampungan
  D. kondisi tanaman di suatu tempat
  SOAL 8.
  Cermati paragraf berikut!
    (1)Tempat hidup, laut mempunyai kelebihan dibandingkan darat. (2)
    Kelebihan-kelebihan laut, antara lain, suhu jarang berubah-ubah. (3)
    Dukungan yang lebih banyak untuk melawan gravitasi bumi, air yang cukup
    tersedia. (3) Dengan air yang cukup tersebut, makhluk hidup di laut dapat
    menyerap air langsung masuk sistem tubuh. (4) Makhluk hidup di laut dapat
    memperoleh oksigen dan karbon.
  
  Gagasan utama paragraf di atas dinyatakan dalam kalimat ....
  A. (1)
  B. (2)
  C. (3)
  D. (4)
  E. (5)
  SOAL 9.
  Cermati kalimat-kalimat berikut
  
    (1) Kayu ramin diimpor oleh pedagang-pedagang Singapura dan Kalimantan
    Barat.
  
  (2) Di sana diolah menjadi perabot rumah tangga
  
    (3) Tentu saja harga sudah tujuh atau delapan kali lipat harga di Kalimantan
    Barat.
  
  
    (4) Kemudian dikirim ke Jakarta, dan terkenal sebagai kayu jati Singapura.
  
  Susunan kalimat tepat adalah ….
  A. (1)-(2)-(4)-(3)
  B. (1)-(2)-(3)-(4)
  C. (1)-(3)-(4)-(2)
  D. (2)-(3)-(4)-(1)
  E. (3)-(2)-(1)-(4)
  SOAL 10.
  Cermati topik dan gagasan pokok berikut!
  Topik : Pantai Natsepa
  
    (1) Pantai Natsepa terletak kurang lebih sepuluh kilometer dari pusat kota.
  
  
    (2) Pantai ini terlihat jelas karena letaknya hanya seratus meter dari jalan
    utama
  
  
    (3) Di Pantai Natsepa ini, terdapat dua tempat yang telah dilengkapi
    fasilitas penginapan.
  
  
    (4) Di beberapa tempat yang agak condong ke laut mengalami kerusakan.
  
  (5) Pantai ini sering dikunjungi wisatawan asing.
  (6) Bahkan, biasanya pengunjung sampai ke Pantai Liang.
  Kalimat laporan yang sesuai dengan topik tersebut adalah ….
  A. (1), (2), (3), dan (4)
  B. (1), (2), (3), dan (5)
  C. (1), (3), (5), dan (6)
  D. (2), (3), (5), dan (6)
  E. (3), (4), (5), dan (6)