Berikut ini adalah beragam soal dan pembahasannya. Soal yang disusun mengacu pada kisi-kisi Tes Ujian P3K Untuk Guru Mata Pelajaran Kimia atau Tes Ujian Guru Kimia, Tes CPNS (Calon Pegawai Negeri Sipil) Uji Pengetahuan (UP) Uji Kompetensi Mahasiswa Pendidikan Profesi Guru (UKMPPG) yang digunakan untuk mengukur hasil evaluasi para peserta tes.
Soal dan pembahasan kompetensi pedagogik disusun untuk menilai dan mengevaluasi kemampuan peserta dalam (1) merencanakan pembelajaran yang mendidik, (2) merancang penilaian, menilai, dan mengevaluasi pembelajaran dan (3) mengadaptasi dan menggunakan teknologi informasi dan komunikasi untuk meningkatkan kualitas pembelajaran. Download Kumpulan Soal Lainnya
Soal Tes Ujian P3K SKB Kimia B Tahun 2021
Soal 11. Guru-guru yang tergabung dalam MGMP Mata Pelajaran Kimia di Kabupaten Pidie sedang membahas tentang format langkah-langkah penyusunan RPP yang benar berdasarkan Kurikulum 2013. Langkah-langkah tersebut secara berurutan adalah ...
A. Identitas, Kompetensi Inti , Kompetensi Dasar, Tujuan Pembelajaran, Indikator, Materi, Media Pembelajaran, Metode, Langkah-langkah Pembelajaran, Evaluasi, Sumber Belajar
B. Identitas, Kompetensi Inti , Kompetensi Dasar, Indikator, Tujuan Pembelajaran, Materi, Metode, Media Pembelajaran, Sumber Belajar, Langkah-langkah Pembelajaran, Evaluasi
C. Identitas, Kompetensi Inti , Kompetensi Dasar, Tujuan Pembelajaran, Indikator, Materi, Metode, Media Pembelajaran, Sumber Belajar, Langkah-langkah Pembelajaran, Evaluasi
D. Identitas, Kompetensi Inti , Kompetensi Dasar, Indikator, Tujuan Pembelajaran, Materi, Metode, Sumber Belajar, Media Pembelajaran, Langkah-langkah Pembelajaran, Evaluasi
E. Identitas, Kompetensi Inti , Kompetensi Dasar, Indikator, Tujuan Pembelajaran, Materi, Metode, Media Pembelajaran, Sumber Belajar, Evaluasi, Langkah-langkah Pembelajaran
Kunci Jawaban: A
Soal 12. Dalam mengajarkan materi redoks dan elektrokimia, agar menarik guru mengawali pembelajaran dengan bercerita tentang fenomena yang berkaitan materi yang akan diajarkan. Kegiatan guru tersebut termasuk dalam kegiatan …
A. Pemberian acuam
B. Apersepsi
C. Motivasi
D. Orientasi
E. Pengantar
Soal 13. Setelah melakukan ulangan materi Struktur Atom, Pak Agus mengetahui hasilnya kurang memuas kan. Dengan memperhatikan karakter materi Struktur Atom yang banyak mengandung konsep yang abstrak, maka Pak Agus menetapkan untuk menerapkan metode …
A. Tanya jawab
B. Kooperatif
C. Diskusi
D. Demonstrasi
E. Penugasan
Kunci Jawaban: D
Soal 14. Pak Dedi hari ini akan mengajar materi Laju Reaksi dengan menerapkan metode pembelajaran tertentu yang disesuaikan dengan karakter peserta didik yang pasif dalam proses pembelajaran. Metode yang tepat diterapkan Pak Dedi adalah metode …
A. Tanya jawab
B. Kooperatif
C. Diskusi
D. Demonstrasi
E. Penugasan
Kunci Jawaban: A
Soal 15. Sebelum praktikum penentuan titik didih, maka Bu Watimelakukan penjajagan terhadap penguasaan pengetahuan tentang topik praktikum tersebut melalui pretes. Salah satu Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK) dari mata praktikum ini adalah “Peserta didik dapat menggunakan termometer dengan benar untuk menentukan titik didih”. Berdasarkan hasil pretes menunjukkan sebagian peserta didik dapat menjawab dengan benar, yaitu memasang termometer dengan cara …
A. Menempelkan ujung raksa di dasar gelas yang berisi larutan
B. Menyandarkan termometer pada mulut gelas yang berisi larutan
C. Digantungkan di statif dengan ujung raksa tercelup dalam larutan
D. Dipegang tangan dan ujung raksa tercelup dalam larutan
E. Digantungkan di statif dengan ujung raksa menempel di permukaan larutan
Kunci Jawaban: C
Soal 16. Sebelum praktikum titrasi asam basa, Bu Nani mempersiapkan lembar observasi untuk menilai kinerja peserta didik dalam melakukan praktikum. Di antara keterampilan berikut yang tidak berkaitan dengan ukuran keberhasilan praktikum titrasi asam basa adalah …
A. Memasang perangkat titrasi
B. Mengisi larutan ke dalam buret
C. Membuka kran seirama goyangan labu
D. Kerjasama melakukan titrasi
E. Ketepatan pengambilan larutan titran
Soal 17. Hasil ujian materi redoks dan elektrokimia, sebagian besar anak didik menjawab salah soal yang menanyakan terjadinya korosi pada pagar besi, yaitu soal nomor 7. Berikut ini data hasil ujian dari 30 peserta didik:
Akhirnya guru memperbaikinya dengan cara menjelaskan kembali bahwa korosi hanya dapat terjadi jika pagar besi tidak dilapisi cat dan …
A. Kontak langsung dengan O2 di udara
B. Kontak dengan uap air dan O2 di udara
C. Kontak dengan uap air dan N2 di udara
D. Terkena hujan secara terus-menerus
E. Tterkena sinar matahari secara langsung
Kunci Jawaban: B
Soal 18. Berdasarkan hasil ulangan menunjukkan sebagian besar anak didik mengalami kesulitan dalam menyelesaikan soal-soal Termokimia. Tindakan yang paling tepat dilakukan Pak Andang sebagai guru kimia agar dapat mengatasi kesulitan peserta didiknya adalah memberi …
A. Penjelasan ulang materi Termokimia secara keseluruhan
B. PR berupa soal-soal untuk dikerjakan di rumah
C. Buku sumber untuk dipelajari sendiri peserta didik
D. Contoh soal berbagai tipe beserta pembahasannya
E. Beberapa soal untuk didiskusikan secara berkelompok
Kunci Jawaban: D
Soal 19. Berdasarkan pengamatan Pak Jimmy terhadap salah satu kelas yang diajarnya menunjukkan adanya permasalahan yang selalu muncul di kelas tersebut, yaitu partisipasi yang sangat kurang. Oleh karena itu Pak Jimmy berencana melakukan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) untuk memperbaiki kondisi yang terjadi. Pak Jimmy ingin menerapkan alternatif tindakan yang diharapkan mampu merangsang anak didik untuk lebih aktif dalam proses pembelajaran. Sebagai persiapan, Pak Jimmy membuat lembar observasi yang berkaitan dengan partisipasi. Berikut ini yang tidak termasuk kriteria partisipasi adalah …
A. Frekuensi bertanya
B. Kualitas pertanyaan yang diajukan
C. Panjang pendeknya pertanyaan
D. Kualitas sanggahan atau argumentasi
E. Usaha menjawab pertanyaan
Soal 20. Setelah mempelajari hasil PTK teman sejawatnya, bu Najwa ingin menerapkannya pada kelas yang diajarnya dengan memodifi kasi sesuai dengan karakteristik dan kondisi sekolahnya. Adapun PTK yang diadaptasi tersebut berjudul “Pengaruh Penerapan Problem Posing dalam Meningkatkan Kemampuan Menyelesaikan Soal Konsep Mol”. Bu Najwa menyadari jika peserta didiknya kurang memiliki keman-dirian dalam belajar. Oleh karena itu, Bu Najwa hanya akan mengambil metode problem posingnya, lalu digunakan untuk meningkatkan kemandirian anak didiknya. Pada akhir siklus pertama, Bu Najwa mengadakan refl eksi dengan memberikan angket refl eksi pada peserta didik yang bertujuan untuk ….
A. Melakukan evaluasi terhadap ktepatan tindakan yang dipilih untuk diperbaiki
B. Menganalisis tingkat keberhasilan tindakan yang diterapkan sebagai data
C. Menjalin komunikasi positif dengan peserta didik selama PTK dilaksanakan
D. Mengidentifi kasi faktor-faktor penyebab kegagalan tindakan yang dilakukan
E. Mengembangkan model tindakan yang lain untuk diterapkan di siklus berikutnya
Kunci Jawaban: A