Berikut ini adalah beragam soal dan pembahasannya. Soal yang disusun mengacu pada kisi-kisi Tes Ujian P3K Untuk Guru Biologi atau Tes Ujian Guru Biologi, Soal P3K SKB Biologi, Soal CPNS 2021, Uji Pengetahuan (UP) Uji Kompetensi Mahasiswa Pendidikan Profesi Guru (UKMPPG) yang digunakan untuk mengukur hasil evaluasi para peserta tes.
Soal dan pembahasan kompetensi pedagogik disusun untuk menilai dan mengevaluasi kemampuan peserta dalam (1) merencanakan pembelajaran yang mendidik, (2) merancang penilaian, menilai, dan mengevaluasi pembelajaran dan (3) mengadaptasi dan menggunakan teknologi informasi dan komunikasi untuk meningkatkan kualitas pembelajaran. Download Kumpulan Soal Lainnya
Soal Tes Ujian P3K SKB Biologi B Tahun 2021
Soal 11. Pak Ali guru biologi melaksanakan pembelajaran tatap muka, kemudian dilanjutkan dengan pembelajaran online, siswa mengerjakan tugas-tugas yang diunduh dari sites yang telah disiapkan. Siswa juga dapat melakukan diskusi langsung dengan pak Ali maupun teman sekelasnya secara online dan realtime, kemudian pada pertemuan berikutnya dilaksanakan tatap muka. Wakil kelompok melakukan presentasi tugas dari pertemuan sebelumnya. Pembelajaran berbasis TIK yang dikembangkan pak Ali disebut.....
A. pembelajaran interaktif berbasis komputer
B. pembelajaran melalui e-learning
C. blended learning
D. pembelajaran berbantuan computer
E. pembelajaran dengan computer
Kunci Jawaban: C
Soal 12. Suatu rumusan standar kompetensi sebagai berikut: "Memalicnni konsep fotosintesis". Indikator berikut yang BUKAN merupakan penjabaran dari standar kompetensi tersebut adalah...
A. menjelaskan pengertian fotosintesis
B. menyebutan contoh proses fotosintesis
C. mengidentifikasi ciri proses fotosintesis
D. membuat rangkuman mengenai manfaat fotosintesis bagi kehidupan
E. menjelaskan perbedaan fotosintesis dengan respirasi
Kunci Jawaban: E
Soal 13. Pembelajaran biologi yang baik, dilakukan sebagaimana biologi ditemukan. Biologi ditemukan melalui penelitian menerapkan metode ilmiah. Oleh sebab itu tahapan pertama yang hams dilakukan pada pembelajaran biologi adalah....
A. melakukan penyelidikan
B. mengorientasikan siswa pada masalah
C. menguji informasi yang telah disampai di laboratorium
D. membuat prediksi mengenai jawaban atas masalah
E. mengakitkan informasi yang ditemukan siswa dengan informasi lain
Kunci Jawaban: B
Soal 14. Seorang guru biologi merencanakan pembelajaran topik ekologi menggunakan strategi yang memungkin siswa berinteraksi dan melakukan observasi secara penuh menggunakan inderanya. Sumber belajar relevan yang dipilih dari yang paling sesuai ke yang kurang sesuai adalah...
(1) buku sumber
(2) guru
(3) lingkungan sekitar
A. (1) — (2) — (3)
B. (1) — (3) — (2)
C. (2) — (3) — (1)
D. (2) — (1) — (3)
E. (3) — (2) — (1)
Kunci Jawaban: E
Soal 15. Untuk mengajarkan topik-topik yang abstrak misalnya proses sintesis protein, media pembelajaran yang sesuai untuk membantu siswa memahami konsep yang diajarkan, adalah
A. gambar berwarna proses sintesis protein
B. model sintesis protein dari styrofoam
C. buku yang memuat gambar sintesis protein dan keterangan lengkap
D. powerpoint animasi proses sintesis protein
E. suara guru yang menjelaskan proses sintesis protein
Kunci Jawaban: D
Soal 16. Di dalam rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) skenario rinci pelaksanaan pembelajaran dapat ditemukan pada komponen RPP...
A. rumusan tujuan pembelajaran
B. metode/pendekatan/model pembelajaran
C. langkah-langlcah pembelajaran
D. rumusan kompetensi pembelajaran
E. pentahapan pembelajaran
Kunci Jawaban: C
Soal 17. Seorang guru mengajar biologi sekaligus membangun karakter siswanya. Untuk masud tersebut dia menggunakan fenomena biologi sebagai model karakter yang akan dibangun. Ketika selesai mengajarkan siklus hidup kupu-kupu melalui pengamatan. Guru tersebut memusatkan perhatian siswanya untuk memperhatikan bagaimana ulat yang rakus berubah menjadi kupu-kupu yang indah melalui fase kepompong. Mula-mula dia menunjukkan kepada siswanya ulat yang rakus, banyak makan, menjijikkan, tetapi setelah melalui fase keponpong ulat berubah menjadi kupu-kupu yang indah. Karakter yang sedang dimodelkan oleh guru tersebut menggunakan ulat-kepompong dan kupu-kupu adalah karakter...
A. pengendalian diri
B. bertanggungjawab
C. disiplin
D. mudah berubah
E. selalu ingin tahu
Kunci Jawaban: A
Soal 18. Cara paling baik mengajarkan karakter adalah .
A. menjelaskan pengertian karakter dan contoh-contohnya
B. melakukan persuasi, menyentuh hati sehingga muncul perasaan
C. memunculkan kemauan bertindak melalui pemodelan
D. seperti langkah A, B, dan C
E. bukan seperti langkah A, B atau C
Kunci Jawaban: C
Soal 19. Berikut ini adalah hasil belajar yang harus diases menggunakan strategi penilaian Kinerja (tes perbuatan) tentang PROSES, adalah sebagai berikut, Kecuali.
A. Keterampilan menggunakan alat
B. Keterampilan merangkai alat
C. Keterampilan mendemonstrasikan gerakan tertentu
D. Keterampilan mengukur suhu air menggunakan thermometer
E. Keterampilan menyusun laporan praktikum
Kunci Jawaban: E
Soal 20. Rumusan tujuan sebagai berikut: Siswa terampil membuat rangkuman tentang 5 manfaat dan
5 kerugian bioteknologi modern. Rumusan tujuan tersebut paling sesuai dinilai /diases melalui...
A. tes kinerja, penilaian proses
B. tes kinerja penilaian hasil
C. tes tertulis
D. portofolio
E. tugas projek
Kunci Jawaban: B