Soal UNBK Bahasa Indonesia dan Pembahasannya

UNBK 2020 - Soal-soal UNBK Bahasa Indonesia (Ujian Nasional Berbasis Komputer ) pada pembahasan ini diidentifikasi dari butir soal UNBK yang diindikasikan memiliki daya serap rendah secara nasional. Mungkin saja soal-soal UNBK yang dianggap berdaya serap rendah dibawah ini bukan merupakan soal yang berdaya serap rendah di sekolah Anda. Sebaliknya, soal-soal UNBK yang tidak dianggap berdaya serap rendah secara nasional bisa jadi merupakan soal-soal berdaya serap rendah di sekolah Anda. Soal UNBK Bahasa Indonesia SMA dan Pembahasannya.
Soal UNBK Bahasa Indonesia dan Pembahasannya

Hal ini sangat tergantung dari karakteristik peserta didik di sekolah Anda yang tentunya berbeda dengan peserta didik di sekolah-sekolah lain. Soal-soal UNBK berdaya serap rendah dan pembahasannya yang disajikan di bawah ini diharapkan dapat menambah wawasan Anda tentang beberapa alternatif penyelesaian soal-soal UNBK yang dianggap berdaya serap rendah oleh sebagian besar peserta didik. dan Dapat menjadi wawasan bagi Siswa-siswi Dalam Menghadapi UNBK Tahun ini dan Tahun yang Akan datang.

Contoh Soal UNBK Bahasa Indonesia SMA Berdasarkan Jenis Soal dan Lengkap Pembahasannya

Materi Soal Memahami Teks Sastra
1. Cermati teks berikut!
(1) Kehidupan di Lhok Nga mulai bergerak remang. (2) Cahaya matahari menyemburat dari balik bukit yang memagari kota. (3) Orang-orang sudah dari tadi kembali dari meunasah (beribadah). (4) Orang-orang beranjak mulai mengukir hari. (5) Yang berdagang pergi ke pasar, membuka toko-tokoh (6) Yang bekerja di kantoran mandi, bersiap diri. (7) Yang sekolah menyiapkan buku-buku dan peralatan lainnya. (8) Tetapi, hari ini hari Minggu, libur. (9) Lebih banyak yang menyiapkan aktivitas di rumah saja. (10) Tidak ke mana-mana.
(Hafalan Shalat Delisa, Tere Liye)

Kalimat bermajas dalam paragraf tersebut terdapat pada kalimat bernomor ....
A. (2) dan (3)
B. (2) dan (4)
C. (3) dan (4)
D. (6) dan (7)
E. (9) dan (10)

Kunci Jawaban: B
Pembahasan:
➤ Soal ini menguji pemahaman siswa mengenai identifikasi kalimat bermajas. Sebagian besar siswa (71%) dapat menjawab benar soal ini. Identifikasi kalimat bermajas merupakan materi yang familier dan sering diujikan dalam lingkup membaca sastra.

Materi Soal Memahami Teks Nonsastra
2. Cermati kutipan biografi berikut!
Menurut Umar Kayam, saat ia bersekolah di Hollands Islands Schools (HIS), sekolah dasar untuk anak-anak priyayi pada masa itu, ada keharusan untuk membaca dongeng-dongeng, dan ada pelajaran bercerita di depan kelas dalam bahasa Belanda. Diakuinya pendidikan Belanda memang baik, teratur, dan disiplin. Di kelas lima HIS, ia menguasai bahasa Belanda. Sehariharinya, bersama orang tuanya, ia berbicara dalam bahasa Jawa halus (kromo) campuran Belanda. Bahasa Melayu bukan bahasa sehari-hari. Ia les bahasa Melayu sore hari. Baru pada masa pendudukan tentara Jepang, bahasa Indonesia diwajibkan secara intensif sebagai bahasa pengantar. Meski kelak ditulisnya dalam novel Para Priyayi bahwa masa pendudukan tentara Jepang sangat represif dan menyakitkan sekaligus mengerikan, khususnya di bidang pelanggaran hak-hak asasi manusia secara semena-mena menurutnya. Salah satu tindakan pemerintah pendudukan Jepang yang dapat dinilai positif adalah Jepang berjasa mengindonesiakan kita dalam waktu sekejap.

Keistimewaan tokoh Umar Kayam berdasarkan kutipan biografi tersebut adalah ...
A. Umar Kayam mampu membaca buku dongeng untuk diceritakan di depan kelas dalam bahasa Belanda.
B. Umar Kayam selalu menata kehidupannya baik, teratur, dan disiplin sesuai dengan pendidikan yang diterimanya.
C. Umar Kayam sehari-hari berbicara dalam bahasa Jawa Kromo halus dan bahasa Melayu.
D. Umar Kayam sebagai orang Jawa sudah menguasai bahasa Belanda sejak kelas lima sekolah dasar.
E. Pada masa pendudukan Jepang, Umar Kayam sudah menggunakan bahasa Indonesia.

Kunci Jawaban: D
Pembahasan:
➤ Soal ini menguji kemampuan siswa dalam menentukan keistimewaan tokoh pada sebuah teks biografi. Pada soal ini sebagian siswa (53%) dapat menjawab benar. Keistimewaan tokoh merupakan materi yang familier dan sering diujikan dalam lingkup membaca nonsastra.

Materi Soal Perbaikan Kalimat Rutin
3. Cermati paragraf berikut!
Cara Membuat Instagram pada Telepon Seluler Android Aplikasi jejaring sosial saat ini telah banyak digunakan dan dimanfaatkan oleh masyarakat, salah satunya adalah Instagram. Pastikan Anda memiliki kuota dan jaringan internet yang baik sebelum menginstal aplikasi ini. Berikut adalah langkah-langkah untuk memasang aplikasi Instagram di smartphone Anda:
(1) Pilih dan instal aplikasi Instagram di telepon seluler android Anda melalui Google Playstore.
(2) Klik pasang, tunggu sebentar, kemudian klik buka.
(3) Anda isi data lengkap dengan baik dan benar.
(4) Kemudian Anda akan diminta untuk menghubungkan Instagram dengan Facebook dan orang yang Anda kenal.
(5) Akun Anda telah berhasil dibuat.

Perbaikan struktur kalimat nomor (3) pada paragraf prosedur tersebut adalah ...
A. Isi data lengkap Anda dengan baik dan benar.
B. Data lengkap Anda isi dengan baik dan benar.
C. Anda lengkapi, isi data dengan baik dan benar.
D. Dengan baik dan benar lengkapi isi data Anda.
E. Anda dengan baik dan benar lengkapi isi data.

Kunci Jawaban: A
Pembahasan:
➤ Soal ini menguji kemampuan siswa dalam mengurutkan kalimat-kalimat acak menjadi suatu paragraf prosedur yang padu. Pada soal ini sebagian besar siswa (85%) dapat menjawab benar. Hal tersebut kemungkinan karena prosedur yang disajikan dekat dengan kehidupan anak muda zaman sekarang, yaitu yang berkaitan dengan teknologi (cara membuat instagram).