Soal Pembahasan UN SMP Bahasa Indonesia Tahun 2020

Kumpulan Soal - Pembahasan Soal UN Tahun 2020 dan Soal Pembahasan UN SMP Bahasa Indonesia Tahun 2020 dibawah ini merupakan Contoh Soal Pembahasan UN SMP Bahasa Indonesia Tahun 2020. Untuk Menghadapi UN Tahun 2020 bisa mempelajari Contoh Soal Pembahasan UN SMP Bahasa Indonesia Tahun 2020.

Soal Pembahasan UN SMP Bahasa Indonesia Tahun 2020

Bahasa Indonesia SMP/MTs
Lingkup materi yang diujikan pada UN mata pelajaran bahasa Indonesia jenjang Sekolah Menengah Pertama (SMP) meliputi 1) membaca nonsastra, 2) membaca sastra, 3) menulis terbatas,4) menyunting kata, kalimat, paragraf dan 5) menyunting ejaan dan tanda baca. Lingkup materi tersebut diuji melalui tiga level kognitif yaitu, pengetahuan dan pemahaman, aplikasi, dan penalaran.

Berdasarkan hasil analisis soal-soal UN SMP, ditemukan bahwa siswa secara umum dapat mengerjakan soal-soal yang mengukur pemahaman terhadap teks tunggal, namun sebagian mengalami kesulitan untuk memahami multiteks yang relatif panjang dan yang menuntut penalaran, seperti membandingkan penggunaan bahasa atau isi dua teks.

Dalam menulis terbatas, sebagian besar tidak mengalami kesulitan ketika tugas menuntut kemampuan berpikir pada level aplikasi seperti menyusun satu paragraf padu dari beberapa kalimat yang disajikan, namun mereka mengalami kesulitan ketika tugas menuntut kemampuan berpikir lebih tinggi seperti menyusun suatu ringkasan dari beberapa paragraf.

Kompetensi siswa dalam menyunting masih perlu ditingkatkan. Pemilihan kata yang sesuai dengan konteks kalimat, kaidah tata bahasa, baik terkait tanda baca maupun kalimat efektif belum dikuasai siswa. Sebagian siswa belum mampu mengidentifikasi kata yang tepat, kalimat yang memiliki kesalahan tanda baca atau ketidakefektifan dalam suatu teks.

Pembiasaan membaca beragam jenis bacaan perlu terus ditingkatkan, baik bacaan sastra seperti cerpen, novel, puisi maupun non-sastra seperti biografi, dan berbagai teks. Siswa yang familier dengan beragam bacaan akan mempunyai kepekaan bahasa sehingga dapat membedakan penggunaan kata, kalimat yang tepat untuk suatu konteks. Untuk mendorong siswa lebih aktif, guru tidak hanya sekedar menugaskan siswa membaca tetapi juga perlu disertai dengan penugasan, misalnya dengan menyusun ringkasan, resensi karya yang dibaca.

Dengan demikian diharapkan siswa tidak hanya meningkat kemampuan memahami bacaaan dan menulis tetapi juga kemampuan berpikir kritis. Selain peningkatan kemampuan literasi, peningkatan terkait pemahaman kaidah kebahasaan siswa juga perlu dilakukan. Pembelajaran kebahasaan difokuskan pada pemahaman siswa dalam menganalisis konteks dan kaidah keefektifan kalimat sehingga siswa tidak sekadar menghapal kata baku dan tidak baku. Guru dapat memberikan penugasan memperbaiki kalimat tidak efektif dan menentukan diksi yang salah pada suatu teks.

Di samping itu, penggunaan tanda baca perlu diperluas dengan berbagai contoh. Dengan demikian, siswa dapat memperbaiki tanda baca yang secara umum salah digunakan. Guru dapat memberikan penugasan kepada siswa untuk mencari kesalahan tanda baca dan ejaan yang terlihat pada teks yang sering dijumpai dalam kehidupan sehari-hari (surat, iklan, dan sebagainya).

Silahkan Unduh Soal Pembahasan UN SMP Bahasa Indonesia Tahun 2020 dibawah ini



Download Kumpulan Unduh Soal Pembahasan UN SMP Bahasa Indonesia Tahun 2020
Format File .doc  .docx Microsoft Word dan PDF ]