RPP TERBARU - RPP INSPIRATIF SMP Bahasa Indonesia Materi Teks Iklan Kelas VII Semester 1 Tahun 2020/2021. Menindaklanjuti Surat Edaran Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 14 Tahun 2019 tentang Penyederhanaan RPP menjadi tiga komponen, yaitu tujuan, langkah-langkah kegiatan, dan asesmen. Pusat Kurikulum dan Pembelajaran membuat model RPP inspiratif. RPP INSPIRATIF SMP Bahasa Indonesia Kelas VII Tahun 2020/2021.
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) ini dimaksudkan uuntuk memberikan guru kebebasan berekspresi dalam melaksanakan proses pembelajaran. Dalam pelaksanaannya guru dapat menyesuaikan RPP dengan kondisi kelas dan peserta didik.
Tujuan pembelajaran diturunkan dan diekstrak dari kompetensi dasar dan diuraikan menjadi kompetensi-kompetensi yang akan dicapai peserta didik. Kegiatan pembelajaran diisi dengan aktivitas-aktivitas sesuai sintaks model pembelajaran untuk mencapai kompetensi yang telah ditentukan. Untuk kegiatan pembelajaran memuat 3 komponen pembelajaran yaitu kegiatan pendahuluan, inti dan penutup
Kegiatan pembelajaran perlu dilengkapi dengan dokumen pendukung, contohnya pada kegiatan percobaan perlu dilengkapi dengan langkah- langkah percobaan. Langkah- langkah percobaan tersebut dapat dituliskan dalam buku panduan praktikum.i akhir kegiatan penutup terdapat refkeksi tak hanya untuk peserta didik, namun juga untuk pendidik sehingga memungkinkan guru untuk dapat mendapatkan informasi mengenai keterlaksanaan pembelajaran yang akan menjadi acuan untuk pembelajaran selanjutnya.
Asesmen yang dilakukan meliputi 3 aspek yaitu pengetahuan, keterampilan, dan sikap untuk mengukur tujuan pembelajaran yang telah diterapkan. Satu kegiatan dapat mencakup tiga aspek penilaian sekaligus.
Contoh RPP INSPIRATIF SMP Bahasa Indonesia Kelas VII Tahun 2020/2021
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Nama Sekolah : SMP/MTs
Mata Pelajaran :
Materi : Teks Iklan
Kelas/Semester : VII/1
Tahun Pelajaran | 2020/2021
Alokasi : 6 Pertemuan
TUJUAN PEMBELAJARAN
Menelaah pola penyajian dan kebahasaan serta menyajikan gagasan, pesan, ajakan dalam bentuk iklan, slogan, atau poster secara lisan dan tulis.
KEGIATAN PEMBELAJARAN
Pertemuan 1
Menyepakati materi yang akan dipelajari dalam 6 x pertemuan, yaitu teks iklan, slogan, dan poster.
Mengamati contoh iklan di koran, majalah, atau televisi. (guru dapat menggunakan tayangan iklan, teks slogan, atau poster yang ada di lingkungan sekitar).
Menganalisis pola penyajian teks iklan, slogan, dan poster serta mencatat hasil analisis.
Pertemuan 2
Menyaksikan video singkat atau foto-foto prestasi peserta didik dan menuliskan kalimat penanda motivasi yang dapat digunakan untuk kalimat iklan, slogan, dan poster.
Mengenali ciri kebahasaan teks iklan, slogan, atau poster.
Kelas dibagi 6-7 kelompok dan menganalisis ciri kebahasaan teks iklan, slogan, dan poster. (kelompok iklan, kelompok slogan, dan kelompok poster)
Pertemuan 3
Menyajikan hasil analisis kelompok terhadap teks iklan, slogan, dan poster.
Memberikan saran, kritik terhadap hasil analisis kelompok lain.
Pertemuan 4
Membedakan kalimat fakta dan opini yang terdapat dalam teks iklan,slogan, dan poster.
Menganalisis penggunaan kalimat persuasif dalam teks iklan, slogan, dan poster.
Pertemuan 5
Menulis iklan, slogan, dan poster (siswa dapat memilih salah satu) yang memotivasi berdasarkan konteks yang telah disepakati.
Pertemuan 6
Menyajikan hasil karya (Iklan, slogan, poster) dan informasi yang terdapat dalam hasil karya.
Mempublikasikanslogan yang ditulis di pojok baca atau ruang terbuka di sekolah.
Refleksi dan Konfrimasi
Refleksi pencapaian siswa/formatif asesmen, dan refleksi guru untuk mengetahui ketercapaian proses pembelajaran dan perbaikan.
PENILAIAN
SIKAP
Kerja sama dalam menganalisis iklan, slogan, dan poster. Tanggung jawab dalam penyelesaian tugas membuat poster lingkungan.
PENGETAHUAN
Menganalisis penyajian teks iklan, slogan, dan poster dengan cermat.
Menentukan kalimat fakta dan opini dari teks iklan.
Merumuskan konteks penulisan poster sesuai dengan keperluan.
KETERAMPILAN
Membuat poster bertema lingkungan sesuai syarat penulisan poster.
Contoh RPP INSPIRATIF Bahasa Indonesia Kelas VII Tahun 2020/2021 | Materi Teks Iklan
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) ini dimaksudkan uuntuk memberikan guru kebebasan berekspresi dalam melaksanakan proses pembelajaran. Dalam pelaksanaannya guru dapat menyesuaikan RPP dengan kondisi kelas dan peserta didik.
Tujuan pembelajaran diturunkan dan diekstrak dari kompetensi dasar dan diuraikan menjadi kompetensi-kompetensi yang akan dicapai peserta didik. Kegiatan pembelajaran diisi dengan aktivitas-aktivitas sesuai sintaks model pembelajaran untuk mencapai kompetensi yang telah ditentukan. Untuk kegiatan pembelajaran memuat 3 komponen pembelajaran yaitu kegiatan pendahuluan, inti dan penutup
Kegiatan pembelajaran perlu dilengkapi dengan dokumen pendukung, contohnya pada kegiatan percobaan perlu dilengkapi dengan langkah- langkah percobaan. Langkah- langkah percobaan tersebut dapat dituliskan dalam buku panduan praktikum.i akhir kegiatan penutup terdapat refkeksi tak hanya untuk peserta didik, namun juga untuk pendidik sehingga memungkinkan guru untuk dapat mendapatkan informasi mengenai keterlaksanaan pembelajaran yang akan menjadi acuan untuk pembelajaran selanjutnya.
Asesmen yang dilakukan meliputi 3 aspek yaitu pengetahuan, keterampilan, dan sikap untuk mengukur tujuan pembelajaran yang telah diterapkan. Satu kegiatan dapat mencakup tiga aspek penilaian sekaligus.
Contoh RPP INSPIRATIF SMP Bahasa Indonesia Kelas VII Tahun 2020/2021
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Nama Sekolah : SMP/MTs
Mata Pelajaran :
Materi : Teks Iklan
Kelas/Semester : VII/1
Tahun Pelajaran | 2020/2021
Alokasi : 6 Pertemuan
TUJUAN PEMBELAJARAN
Menelaah pola penyajian dan kebahasaan serta menyajikan gagasan, pesan, ajakan dalam bentuk iklan, slogan, atau poster secara lisan dan tulis.
KEGIATAN PEMBELAJARAN
Pertemuan 1
Menyepakati materi yang akan dipelajari dalam 6 x pertemuan, yaitu teks iklan, slogan, dan poster.
Mengamati contoh iklan di koran, majalah, atau televisi. (guru dapat menggunakan tayangan iklan, teks slogan, atau poster yang ada di lingkungan sekitar).
Menganalisis pola penyajian teks iklan, slogan, dan poster serta mencatat hasil analisis.
Pertemuan 2
Menyaksikan video singkat atau foto-foto prestasi peserta didik dan menuliskan kalimat penanda motivasi yang dapat digunakan untuk kalimat iklan, slogan, dan poster.
Mengenali ciri kebahasaan teks iklan, slogan, atau poster.
Kelas dibagi 6-7 kelompok dan menganalisis ciri kebahasaan teks iklan, slogan, dan poster. (kelompok iklan, kelompok slogan, dan kelompok poster)
Pertemuan 3
Menyajikan hasil analisis kelompok terhadap teks iklan, slogan, dan poster.
Memberikan saran, kritik terhadap hasil analisis kelompok lain.
Pertemuan 4
Membedakan kalimat fakta dan opini yang terdapat dalam teks iklan,slogan, dan poster.
Menganalisis penggunaan kalimat persuasif dalam teks iklan, slogan, dan poster.
Pertemuan 5
Menulis iklan, slogan, dan poster (siswa dapat memilih salah satu) yang memotivasi berdasarkan konteks yang telah disepakati.
Pertemuan 6
Menyajikan hasil karya (Iklan, slogan, poster) dan informasi yang terdapat dalam hasil karya.
Mempublikasikanslogan yang ditulis di pojok baca atau ruang terbuka di sekolah.
Refleksi dan Konfrimasi
Refleksi pencapaian siswa/formatif asesmen, dan refleksi guru untuk mengetahui ketercapaian proses pembelajaran dan perbaikan.
PENILAIAN
SIKAP
Kerja sama dalam menganalisis iklan, slogan, dan poster. Tanggung jawab dalam penyelesaian tugas membuat poster lingkungan.
PENGETAHUAN
Menganalisis penyajian teks iklan, slogan, dan poster dengan cermat.
Menentukan kalimat fakta dan opini dari teks iklan.
Merumuskan konteks penulisan poster sesuai dengan keperluan.
KETERAMPILAN
Membuat poster bertema lingkungan sesuai syarat penulisan poster.
Contoh RPP INSPIRATIF Bahasa Indonesia Kelas VII Tahun 2020/2021 | Materi Teks Iklan
Download Contoh RPP INSPIRATIF PAUD, SD, SMP dan SMA Sederajat
[ Format File .doc .docx Microsoft Word dan PDF ]