Materi SD/MI - Materi SD Kelas 1 Tema 1 Diriku Sub Tema 1 Aku dan Teman Baru, Materi Pokok SD Kelas 1 Semester 1 terdiri dari 5 Pembelajaran Pada Sub Tema 1 Diriku.
Tema 1 Diriku
Sub Tema 1 : Aku dan Teman Baru
Materi Pokok :
Materi Pembelajaran 1
1. Aturan saat berangkat sekolah
2. Perkenalan diri
3. Permainan memperkenalkan diri
4. Lirik lagu “Siapa Namamu”
Kegiatan Materi
1. Siswa diajak untuk saling berkenalan.
2. Siswa melihat video cara berkenalan. (Guru memperlihatkan video cara memperkenalkan diri dari Rumah Juara)
3. Siswa diajak untuk saling berkenalan melalui sebuah permainan lempar bola dan guru menjelaskan aturan bermainnya. (Siswa diminta membentuk posisi melingkar, boleh duduk atau berdiri, lalu guru mencontohkan cara melempar dan menangkap bola dengan tepat).
4. Permainan dimulai dari guru dengan memperkenalkan diri, “Selamat pagi, nama saya Ibu/Bapak...biasa dipanggil Ibu/Bapak... kemudian, melempar bola pada salah satu siswa (melempar bola dengan pelan, hindari dengan keras).
5. Siswa yang menangkap lemparan bola harus menyebutkan nama lengkap dan panggilannya. Kemudian, dia melempar bola kepada teman yang lain. Teman yang menangkap lemparan bola, juga menyebutkan nama lengkap dan panggilannya. Demikian seterusnya hingga seluruh siswa memperkenalkan diri.
6. Setelah semua siswa memperkenalkan diri, guru mengajak siswa untuk bernyanyi sambil menyebutkan kembali nama masing-masing.
7. Guru menggunakan lagu yang ada di Buku Siswa halaman 6.
8. Siswa tetap berada pada posisi lingkaran. Guru mencontohkan cara menyanyi lagu “Siapa Namamu?” sambil menepuk pundak salah satu siswa, lalu siswa tersebut menyebutkan namanya. Siswa tersebut kemudian menyanyikan kembali lagu “Siapa Namamu?” sambil menepuk pundak teman di sebelah kanannya, lalu teman tersebut menyebutkan namanya sambil mengikuti irama lagu. Begitu seterusnya.
9. Siswa mengingat nama dan suara teman saat bernyanyi.
10. Siswa mengamati buku siswa halaman 3-6. Guru lalu bertanya pada siswa, apakah mereka sudah berkenalan seperti yang dilakukan Edo dan teman-teman.
11. Kegiatan berkenalan dengan berbagai cara memudahkan siswa untuk mengingat nama teman-teman di kelas.
Materi Pembelajaran 2
1. Gerak dasar jalan
2. Berjalan satu arah
3. Memperkenalkan teman
Kegiatan Materi
1. Siswa bermain di luar kelas dan dibagi menjadi beberapa kelompok, perempuan dan laki-laki terpisah.
2. Setiap kelompok berdiri membentuk satu barisan ke belakang. Siswa di setiap kelompok berdiri sambil memegang pundak teman di depannya.
3. Semua barisan kelompok berdiri di garis awal yang sudah ditentukan oleh guru. Setelah diberi aba aba, semua kelompok akan berlomba berjalan lurus ke satu arah menuju garis akhir yang sudah diberi tanda oleh guru.
4. Guru mengulangi kegiatan ini sebanyak dua kali. Siswa yang tadi berdiri paling depan pindah ke urutan paling akhir, lalu siswa yang berdiri di urutan kedua maju menjadi siswa yang paling depan.
5. Setelah kegiatan bermain di luar selesai, siswa dipersilahkan beristirahat di dalam kelas.
6. Selesai beristirahat, siswa melihat video cara memperkenalkan teman. (Guru memperlihatkan video cara memperkenalkan teman dari Rumah Juara)
7. Siswa kembali berkumpul bersama teman kelompok yang sama saat bermain di luar kelas dan membentuk lingkaran.
8. Guru memberi contoh cara bermain “cerita teman” (lihat buku siswa halaman 10) sambil membagikan saputangan ke setiap kelompok.
9. Setiap kelompok memilih teman yang akan memberi aba-aba dalam permainan tersebut.Siswa yang menerima saputangan mengucapkan terima kasih sebelum dan sesudah mengenalkan teman di sebelah kanannya.Siswa kedua yang menerima saputangan juga melakukan hal yang sama. Begitu seterusnya sampai semua siswa mendapat giliran.Siswa yang lain mendengar dan membantu mengoreksi jika ada informasi yang tidak sesuai.
Materi Pembelajaran 3
1. Mengenal huruf a sampai z
2. Mengenal huruf vokal
3. Melengkapi kata rumpang dengan huruf vokal
4. Membilang banyak benda 1 sampai 10
5. Mengelompokkan benda sesuai bilangan
6. Aturan setelah pulang sekolah
Kegiatan Materi
1. Guru menyampaikan kepada siswa mereka akan belajar mengenal huruf.
2. Guru menulis huruf a-z pada selembar karton/kertas berukuran lebar. Kertas/karton itu lalu ditempel di papan tulis.
3. Siswa mendengarkan audio. (Guru memperdengarkan audio Mengenal Huruf A-Z dari Rumah Juara).
4. Siswa diajak untuk menyanyikan lagu “a-b-c” sambil guru menunjukkan huruf yang dimaksud pada lembar kertas. (lihat buku siswa halaman 12). Notasi berikut untuk membantu guru menyanyikan lagu “a-b-c”.
5. Salah satu siswa ditunjuk untuk menunjukkan huruf a-z saat teman yang lain menyanyikan lagu “a-b-c”.
6. Siswa berlatih mengidentifikasi nama tokoh di buku dengan melihat huruf-hurufnya. (lihat buku siswa di halaman 13).
7. Setelah selesai berlatih, siswa diminta untuk membentuk beberapa kelompok.
8. Setiap kelompok mendapatkan kartu nama sesuai dengan nama-nama siswa yang tergabung di kelompok tersebut.
9. Setiap anggota kelompok bekerjasama untuk memasang kartu nama pada masing-masing siswa di kelompok tersebut degan tepat.
10. Siswa diminta memperhatikan huruf-huruf “a, i, u, e, o” yang menyusun nama mereka.
11. Siswa diminta setiap kelompok berdiri secara bergiliran sambil memegang kartu nama masing-masing agar siswa di kelompok lain dapat memerhatikan huruf-huruf “a, i, u, e, o” yang menyusun nama semua siswa di kelas.
12. Guru lalu mengajak semua kelompok bermain kartu huruf penyusun nama. Setiap kelompok mendapatkan satu set kartu huruf a-z dan satu set kartu huruf “a, i, u, e, o”.
13. Guru menunjuk kelompok untuk maju ke depan kelas. Minta kelompok tersebut memilih 2 nama siswa anggotanya untuk ditebak huruf “a, i, u, e, o”.
14. Beberapa siswa anggota kelompok tersebut berdiri berjajar. Mereka mengalungkan huruf sesuai nama yang akan ditebak, tapi tanpa huruf “a, i, u, e, o” (lihat buku siswa halaman 14).
15. Guru menunjuk kelompok lain untuk menebak huruf “a, i, u, e, o” yang hilang dari nama tersebut.
16. Kelompok yang bertugas menebak harus mencari huruf “a, i, u, e, o” dari kartu huruf “a, i, u, e, o” yang telah dibagikan dan menyebutkan huruf “a, i, u, e, o” yang hilang dengan suara keras. Setelah itu, kartu huruf yang tadi disebutkan dikalungkan ke leher teman yang sedang berdiri berjajar agar menjadi nama siswa yang lengkap.
17. Setelah dua nama dari kelompok yang mendapat giliran maju telah selesai ditebak, giliran kelompok yang menebak untuk maju ke depan kelas. Lalu kelompok yang lain lagi akan menebak huruf “a, i, u, e, o” dari nama siswa yang hilang. Begitu seterusnya hingga semua kelompok mendapat giliran maju untuk bermain.
18. Setelah bermain kartu huruf, siswa kembali ke tempat duduk masing-masing.
19. Guru dan siswa bersama-sama menyanyikan lagu “a-b-c” dan menyebutkan kembali huruf “a, i, u, e, o”.
20. Sebelum masuk ke kegiatan berikutnya, guru memancing siswa dengan pertanyaan,”Berapa kelompok yang tadi bermain tebak huruf?”, “Masing-masing kelompok terdiri dari berapa orang?”
21. Guru mengenalkan konsep bilangan 1 sampai dengan 10.
22. Siswa diminta mengamati gambar di buku siswa halaman 15.
23. Siswa diminta bersama-sama menghitung banyaknya benda yang ada di gambar dan berbagai benda yang ada di kelas dari bilangan 1 sampai dengan 10 secara berurutan.
24. Untuk penguatan konsep bilangan 1 sampai dengan 10, siswa berlatih di buku siswa halaman 16. Siswa membilang banyaknya benda yang ada di gambar lalu memasangkan dengan gambar lain dengan banyak benda yang sama.
25. Selain berlatih di buku siswa, siswa juga dapat berlatih melalui animasi interaktif. (Guru dapat memperlihatkan animasi interaktif membilang banyak benda 1 sampai 10 dari Rumah Juara).
26. Selesai berlatih, siswa diajak bermain sambil mengenal bilangan. (lihat buku siswa halaman 17)
27. Siswa diminta berdiri membentuk lingkaran, lalu guru menyampaikan aturan permainan. Siswa akan berkumpul bersama teman yang banyaknya sesuai dengan bilangan yang akan disebutkan oleh teman.
28. Guru memberi contoh, “Berkelompok lima-lima”. Siswa lalu segera mencari teman untuk berkumpul membentuk kelompok yang banyak anggotanya ada lima. Setelah berkelompok, siswa mengulangi instruksi permainan “Berkelompok lima-lima”.
29. Setelah menjelaskan, guru akan menunjuk salah satu siswa untuk memberikan aba-aba. Siswa tersebut akan menerima instruksi dari guru.
30. Kemudian siswa yang ditunjuk memberi aba-aba,”Berkelompok tiga-tiga”, “Berkelompok tujuh-tujuh”, begitu seterusnya sampai semua bilangan 1 sampai dengan 10 diberikan. Ingatkan siswa untuk mengulangi instruksi permainan setelah berkelompok.
Materi Pembelajaran 4
1. Berjalan berpasangan
2. Mengenal huruf konsonan
3. Bermain mencari huruf
4. Permainan tebak suara
Kegiatan Materi
1. Guru mengajak siswa ke luar kelas. Seluruh siswa berbaris berdasarkan urutan tinggi badan.
2. Siswa melakukan pemanasan sebelum melakukan kegiatan olahraga. Seluruh siswa berjalan dengan rapi mengelilingi lapangan.
3. Setelah pemanasan selesai, siswa dibagi menjadi dua kelompok yang sama banyaknya. Seluruh siswa di setiap kelompok diminta berbaris berjajar yang rapi saling berhadapan. Satu kelompok di sisi sebelah kiri, kelompok yang lain di sisi sebelah kanan guru.
4. Seluruh siswa diminta berjalan lurus ke satu arah menuju siswa yang berjajar di hadapan masing-masing. Kedua kelompok siswa saling bertukar posisi.
5. Setelah itu siswa diminta untuk mencari pasangan yang telah ditentukan sebelumnya. Karena nanti akan berpegangan tangan, siswa perempuan berpasangan dengan siswa perempuan, siswa laki-laki dengan siswa laki-laki. Setiap pasangan salah satu anggotanya memiliki nama dengan huruf pertama adalah konsonan.
6. Siswa lalu diminta untuk saling berpegangan tangan.
7. Seluruh pasangan dibagi dalam dua kelompok yang sama banyaknya dan berdiri berjajar saling berhadapan.
8. Guru menyediakan 2 set kartu huruf a-z. Masing-masing set kartu huruf dimasukkan di dalam sebuah kotak dan diletakkan di belakang masing-masing barisan.
9. Kali ini setiap pasangan berlomba untuk mencari kartu huruf yang sesuai dengan huruf pertama nama masing-masing.
10. Setiap pasangan akan mencari kartu huruf tersebut di dalam kotak yang ada di seberang barisannya.
11. Sekali lagi seluruh siswa diminta berjalan lurus ke satu arah menuju siswa yang berjajar di hadapan masing-masing. Kedua kelompok siswa saling bertukar posisi bersama pasangan masing-masing.
12. Setiap pasangan tidak boleh menyenggol pasangan lainnya saat bertukar posisi.
13. Ketika selesai bertukar posisi, setiap pasangan berlomba mencari kartu huruf yang sesuai dengan huruf pertama nama masing-masing. Kartu huruf hanya tersedia 1 set untuk masing-masing barisan sehingga tidak semua pasangan bisa mendapatkan huruf yang dimaksud. Siapa cepat dia dapat.
14. Setelah berlomba mendapatkan kartu huruf, semua pasangan kembali berdiri berjajar saling berhadapan dengan posisi yang rapi.
15. Guru mengamati setiap pasangan, mana yang bisa menemukan kartu huruf dan mana yang tidak.
16. Pasangan yang tidak mendapatkan kartu huruf harus menyebutkan huruf pertama dari nama masing-masing.
17. Sambil beristirahat (siswa boleh duduk dengan posisi kaki lurus ke depan), kegiatan ditutup dengan menanyakan pengalaman dan perasaan siswa saat melakukan kegiatan mencari huruf dengan berjalan lurus.
18. Siswa lalu kembali ke dalam kelas.
19. Guru menyampaikan bahwa siswa akan bermain tebak suara.
20. Sebelum bermain, minta semua siswa untuk menyebutkan nama masing-masing.
21. Saat seorang siswa menyebutkan namanya, siswa yang lain mendengarkan warna suara siswa tersebut. Minta siswa untuk mengingat warna suara teman-temannya.
22. Untuk memberi contoh cara bermain tebak suara, guru lalu menunjuk 10 orang siswa maju ke depan kelas.
23. Kesepuluh orang siswa itu berdiri membentuk lingkaran. Salah satu siswa dipakaikan penutup mata.
24. Setelah itu, secara acak salah satu dari sembilan siswa menyanyikan bait pertama lagu “Siapa namamu?”. Siswa yang memakai penutup lalu menebak nama siswa yang sedang menyanyi (berdasarkan warna suaranya), sambil menyayikan bait kedua lagu “Siapa namamu?”
25. Guru kemudian membagi siswa menjadi beberapa kelompok yang terdiri dari 8-10 siswa. Setiap siswa di setiap kelompok secara bergiliran memakai penutup mata dan menebak suara teman yang menjadi anggota kelompoknya.
26. Agar para siswa dapat fokus dengan suara teman kelompoknya, maka setiap kelompok diatur posisinya agak berjauhan.
27. Guru melihat jalannya permainan dengan mendatangi setiap kelompok dan mengamatinya.
Materi Pembelajaran 5
1. Membilang banyak benda
2. Menentukan lambang bilangan
3. Melengkapi kata rumpang
Kegiatan Materi
1. Siswa mengamati benda-benda di sekitar kelas dan menghitungnya. Berapa banyak meja guru? Berapa banyak meja dan bangku siswa? Berapa banyak penghapus papan tulis? Dan seterusnya. Apakah kalian sudah bisa menghitung banyaknya benda di kelas?
2. Siswa mengamati gambar di halaman 22 dan menjawab pertanyaan dari gambar tersebut.
3. Guru menyampaikan bahwa siswa akan belajar konsep bilangan 1 sampai dengan 10 dan mengenal lambang bilangan sambil bermain kartu bilangan.
4. Siswa dibagi dalam beberapa kelompok. Setiap kelompok mendapatkan satu set kartu lambang bilangan dari 1 sampai dengan 10. Setiap kelompok duduk membentuk lingkaran.
5. Guru menjelaskan aturan bermain. Ada kelompok siswa yang memberi soal, ada kelompok yang akan menjawab soal itu.
6. Guru akan mengundi kelompok mana yang memberi soal dan yang menjawab soal. Apabila kelompok yang mendapat kesempatan untuk menjawab soal tidak bisa, maka kelompok lain akan berlomba untuk menjawab soal tersebut (rebutan).
7. Setiap kelompok mendapat giliran untuk memberi dan menjawab soal. Oleh karena itu setiap kelompok diminta untuk menyiapkan/membuat/merancang soal.
8. Soal yang dimaksud adalah setiap kelompok menyediakan/menunjuk/membawa beberapa jenis benda yang tertentu banyaknya.
9. Sebagai contoh, kelompok 1 mendapat giliran memberi soal, sedangkan kelompok 2 mendapat giliran menjawab soal. Kelompok 1 maju ke depan kelas. Kelompok 1 meminta kelompok 2 untuk membilang benda yang disediakan/ditunjuk/dibawa. Setelah membilang, kelompok 2 memilih lambang bilangan yang sesuai dan mengangkat kartunya. (lihat buku siswa halaman 23)
10. Begitu seterusnya sampai semua kelompok mendapat giliran untuk memberi dan menjawab soal.
11. Guru mengambil kembali kartu lambang bilangan dari setiap kelompok dan membagikan 2 jenis kartu yang lain. Kartu apakah itu?
12. Guru membagikan 3 kartu nama yang tidak lengkap hurufnya (kartu nama yang dibagikan sesuai dengan nama anggota kelompok) dan 1 set kartu huruf a-z ke masing-masing kelompok.
13. Aturan permainan sama dengan permainan tebak lambang bilangan, yaitu setiap kelompok akan mendapat giliran untuk memberi soal dan menjawab soal dengan cara diundi.
14. Sebagai contoh, kelompok 1 mendapat giliran memberi soal, sedangkan kelompok 2 mendapat giliran menjawab soal. Kelompok 1 maju ke depan kelas. Kelompok 1 mengalungkan kartu nama yang sesuai kepada 3 siswa anggotanya.
15. Kelompok 2 menyebutkan nama pemilik kartu, menebak huruf yang hilang, dan mengangkat kartu huruf sesuai huruf yang hilang dari kartu nama tersebut. (lihat buku siswa halaman 26)
16. Begitu seterusnya sampai semua kelompok mendapat giliran untuk memberi dan menjawab soal.
17. Untuk menguatkan siswa tentang konsep bilangan dan lambangnya, minta siswa mengerjakan latihan di halaman 24-25.
18. Siswa juga dapat berlatih dalam sebuah permainan menentukan lambang bilangan. (Guru menunjukkan permainan balon lambang bilangan dari Rumah Juara).
19. Untuk menguatkan siswa tentang huruf, minta siswa mengerjakan latihan di halaman 27.
Tema 1 Diriku
Sub Tema 1 : Aku dan Teman Baru
Materi Pokok :
Materi Pembelajaran 1
1. Aturan saat berangkat sekolah
2. Perkenalan diri
3. Permainan memperkenalkan diri
4. Lirik lagu “Siapa Namamu”
Kegiatan Materi
1. Siswa diajak untuk saling berkenalan.
2. Siswa melihat video cara berkenalan. (Guru memperlihatkan video cara memperkenalkan diri dari Rumah Juara)
3. Siswa diajak untuk saling berkenalan melalui sebuah permainan lempar bola dan guru menjelaskan aturan bermainnya. (Siswa diminta membentuk posisi melingkar, boleh duduk atau berdiri, lalu guru mencontohkan cara melempar dan menangkap bola dengan tepat).
4. Permainan dimulai dari guru dengan memperkenalkan diri, “Selamat pagi, nama saya Ibu/Bapak...biasa dipanggil Ibu/Bapak... kemudian, melempar bola pada salah satu siswa (melempar bola dengan pelan, hindari dengan keras).
5. Siswa yang menangkap lemparan bola harus menyebutkan nama lengkap dan panggilannya. Kemudian, dia melempar bola kepada teman yang lain. Teman yang menangkap lemparan bola, juga menyebutkan nama lengkap dan panggilannya. Demikian seterusnya hingga seluruh siswa memperkenalkan diri.
6. Setelah semua siswa memperkenalkan diri, guru mengajak siswa untuk bernyanyi sambil menyebutkan kembali nama masing-masing.
7. Guru menggunakan lagu yang ada di Buku Siswa halaman 6.
8. Siswa tetap berada pada posisi lingkaran. Guru mencontohkan cara menyanyi lagu “Siapa Namamu?” sambil menepuk pundak salah satu siswa, lalu siswa tersebut menyebutkan namanya. Siswa tersebut kemudian menyanyikan kembali lagu “Siapa Namamu?” sambil menepuk pundak teman di sebelah kanannya, lalu teman tersebut menyebutkan namanya sambil mengikuti irama lagu. Begitu seterusnya.
9. Siswa mengingat nama dan suara teman saat bernyanyi.
10. Siswa mengamati buku siswa halaman 3-6. Guru lalu bertanya pada siswa, apakah mereka sudah berkenalan seperti yang dilakukan Edo dan teman-teman.
11. Kegiatan berkenalan dengan berbagai cara memudahkan siswa untuk mengingat nama teman-teman di kelas.
Materi Pembelajaran 2
1. Gerak dasar jalan
2. Berjalan satu arah
3. Memperkenalkan teman
Kegiatan Materi
1. Siswa bermain di luar kelas dan dibagi menjadi beberapa kelompok, perempuan dan laki-laki terpisah.
2. Setiap kelompok berdiri membentuk satu barisan ke belakang. Siswa di setiap kelompok berdiri sambil memegang pundak teman di depannya.
3. Semua barisan kelompok berdiri di garis awal yang sudah ditentukan oleh guru. Setelah diberi aba aba, semua kelompok akan berlomba berjalan lurus ke satu arah menuju garis akhir yang sudah diberi tanda oleh guru.
4. Guru mengulangi kegiatan ini sebanyak dua kali. Siswa yang tadi berdiri paling depan pindah ke urutan paling akhir, lalu siswa yang berdiri di urutan kedua maju menjadi siswa yang paling depan.
5. Setelah kegiatan bermain di luar selesai, siswa dipersilahkan beristirahat di dalam kelas.
6. Selesai beristirahat, siswa melihat video cara memperkenalkan teman. (Guru memperlihatkan video cara memperkenalkan teman dari Rumah Juara)
8. Guru memberi contoh cara bermain “cerita teman” (lihat buku siswa halaman 10) sambil membagikan saputangan ke setiap kelompok.
9. Setiap kelompok memilih teman yang akan memberi aba-aba dalam permainan tersebut.Siswa yang menerima saputangan mengucapkan terima kasih sebelum dan sesudah mengenalkan teman di sebelah kanannya.Siswa kedua yang menerima saputangan juga melakukan hal yang sama. Begitu seterusnya sampai semua siswa mendapat giliran.Siswa yang lain mendengar dan membantu mengoreksi jika ada informasi yang tidak sesuai.
1. Mengenal huruf a sampai z
2. Mengenal huruf vokal
3. Melengkapi kata rumpang dengan huruf vokal
4. Membilang banyak benda 1 sampai 10
5. Mengelompokkan benda sesuai bilangan
6. Aturan setelah pulang sekolah
Kegiatan Materi
1. Guru menyampaikan kepada siswa mereka akan belajar mengenal huruf.
2. Guru menulis huruf a-z pada selembar karton/kertas berukuran lebar. Kertas/karton itu lalu ditempel di papan tulis.
3. Siswa mendengarkan audio. (Guru memperdengarkan audio Mengenal Huruf A-Z dari Rumah Juara).
4. Siswa diajak untuk menyanyikan lagu “a-b-c” sambil guru menunjukkan huruf yang dimaksud pada lembar kertas. (lihat buku siswa halaman 12). Notasi berikut untuk membantu guru menyanyikan lagu “a-b-c”.
5. Salah satu siswa ditunjuk untuk menunjukkan huruf a-z saat teman yang lain menyanyikan lagu “a-b-c”.
6. Siswa berlatih mengidentifikasi nama tokoh di buku dengan melihat huruf-hurufnya. (lihat buku siswa di halaman 13).
7. Setelah selesai berlatih, siswa diminta untuk membentuk beberapa kelompok.
8. Setiap kelompok mendapatkan kartu nama sesuai dengan nama-nama siswa yang tergabung di kelompok tersebut.
9. Setiap anggota kelompok bekerjasama untuk memasang kartu nama pada masing-masing siswa di kelompok tersebut degan tepat.
10. Siswa diminta memperhatikan huruf-huruf “a, i, u, e, o” yang menyusun nama mereka.
11. Siswa diminta setiap kelompok berdiri secara bergiliran sambil memegang kartu nama masing-masing agar siswa di kelompok lain dapat memerhatikan huruf-huruf “a, i, u, e, o” yang menyusun nama semua siswa di kelas.
12. Guru lalu mengajak semua kelompok bermain kartu huruf penyusun nama. Setiap kelompok mendapatkan satu set kartu huruf a-z dan satu set kartu huruf “a, i, u, e, o”.
13. Guru menunjuk kelompok untuk maju ke depan kelas. Minta kelompok tersebut memilih 2 nama siswa anggotanya untuk ditebak huruf “a, i, u, e, o”.
14. Beberapa siswa anggota kelompok tersebut berdiri berjajar. Mereka mengalungkan huruf sesuai nama yang akan ditebak, tapi tanpa huruf “a, i, u, e, o” (lihat buku siswa halaman 14).
15. Guru menunjuk kelompok lain untuk menebak huruf “a, i, u, e, o” yang hilang dari nama tersebut.
16. Kelompok yang bertugas menebak harus mencari huruf “a, i, u, e, o” dari kartu huruf “a, i, u, e, o” yang telah dibagikan dan menyebutkan huruf “a, i, u, e, o” yang hilang dengan suara keras. Setelah itu, kartu huruf yang tadi disebutkan dikalungkan ke leher teman yang sedang berdiri berjajar agar menjadi nama siswa yang lengkap.
17. Setelah dua nama dari kelompok yang mendapat giliran maju telah selesai ditebak, giliran kelompok yang menebak untuk maju ke depan kelas. Lalu kelompok yang lain lagi akan menebak huruf “a, i, u, e, o” dari nama siswa yang hilang. Begitu seterusnya hingga semua kelompok mendapat giliran maju untuk bermain.
18. Setelah bermain kartu huruf, siswa kembali ke tempat duduk masing-masing.
19. Guru dan siswa bersama-sama menyanyikan lagu “a-b-c” dan menyebutkan kembali huruf “a, i, u, e, o”.
20. Sebelum masuk ke kegiatan berikutnya, guru memancing siswa dengan pertanyaan,”Berapa kelompok yang tadi bermain tebak huruf?”, “Masing-masing kelompok terdiri dari berapa orang?”
21. Guru mengenalkan konsep bilangan 1 sampai dengan 10.
22. Siswa diminta mengamati gambar di buku siswa halaman 15.
23. Siswa diminta bersama-sama menghitung banyaknya benda yang ada di gambar dan berbagai benda yang ada di kelas dari bilangan 1 sampai dengan 10 secara berurutan.
24. Untuk penguatan konsep bilangan 1 sampai dengan 10, siswa berlatih di buku siswa halaman 16. Siswa membilang banyaknya benda yang ada di gambar lalu memasangkan dengan gambar lain dengan banyak benda yang sama.
25. Selain berlatih di buku siswa, siswa juga dapat berlatih melalui animasi interaktif. (Guru dapat memperlihatkan animasi interaktif membilang banyak benda 1 sampai 10 dari Rumah Juara).
26. Selesai berlatih, siswa diajak bermain sambil mengenal bilangan. (lihat buku siswa halaman 17)
27. Siswa diminta berdiri membentuk lingkaran, lalu guru menyampaikan aturan permainan. Siswa akan berkumpul bersama teman yang banyaknya sesuai dengan bilangan yang akan disebutkan oleh teman.
28. Guru memberi contoh, “Berkelompok lima-lima”. Siswa lalu segera mencari teman untuk berkumpul membentuk kelompok yang banyak anggotanya ada lima. Setelah berkelompok, siswa mengulangi instruksi permainan “Berkelompok lima-lima”.
29. Setelah menjelaskan, guru akan menunjuk salah satu siswa untuk memberikan aba-aba. Siswa tersebut akan menerima instruksi dari guru.
30. Kemudian siswa yang ditunjuk memberi aba-aba,”Berkelompok tiga-tiga”, “Berkelompok tujuh-tujuh”, begitu seterusnya sampai semua bilangan 1 sampai dengan 10 diberikan. Ingatkan siswa untuk mengulangi instruksi permainan setelah berkelompok.
Materi Pembelajaran 4
1. Berjalan berpasangan
2. Mengenal huruf konsonan
3. Bermain mencari huruf
4. Permainan tebak suara
Kegiatan Materi
1. Guru mengajak siswa ke luar kelas. Seluruh siswa berbaris berdasarkan urutan tinggi badan.
2. Siswa melakukan pemanasan sebelum melakukan kegiatan olahraga. Seluruh siswa berjalan dengan rapi mengelilingi lapangan.
3. Setelah pemanasan selesai, siswa dibagi menjadi dua kelompok yang sama banyaknya. Seluruh siswa di setiap kelompok diminta berbaris berjajar yang rapi saling berhadapan. Satu kelompok di sisi sebelah kiri, kelompok yang lain di sisi sebelah kanan guru.
4. Seluruh siswa diminta berjalan lurus ke satu arah menuju siswa yang berjajar di hadapan masing-masing. Kedua kelompok siswa saling bertukar posisi.
5. Setelah itu siswa diminta untuk mencari pasangan yang telah ditentukan sebelumnya. Karena nanti akan berpegangan tangan, siswa perempuan berpasangan dengan siswa perempuan, siswa laki-laki dengan siswa laki-laki. Setiap pasangan salah satu anggotanya memiliki nama dengan huruf pertama adalah konsonan.
6. Siswa lalu diminta untuk saling berpegangan tangan.
7. Seluruh pasangan dibagi dalam dua kelompok yang sama banyaknya dan berdiri berjajar saling berhadapan.
8. Guru menyediakan 2 set kartu huruf a-z. Masing-masing set kartu huruf dimasukkan di dalam sebuah kotak dan diletakkan di belakang masing-masing barisan.
9. Kali ini setiap pasangan berlomba untuk mencari kartu huruf yang sesuai dengan huruf pertama nama masing-masing.
10. Setiap pasangan akan mencari kartu huruf tersebut di dalam kotak yang ada di seberang barisannya.
11. Sekali lagi seluruh siswa diminta berjalan lurus ke satu arah menuju siswa yang berjajar di hadapan masing-masing. Kedua kelompok siswa saling bertukar posisi bersama pasangan masing-masing.
12. Setiap pasangan tidak boleh menyenggol pasangan lainnya saat bertukar posisi.
13. Ketika selesai bertukar posisi, setiap pasangan berlomba mencari kartu huruf yang sesuai dengan huruf pertama nama masing-masing. Kartu huruf hanya tersedia 1 set untuk masing-masing barisan sehingga tidak semua pasangan bisa mendapatkan huruf yang dimaksud. Siapa cepat dia dapat.
14. Setelah berlomba mendapatkan kartu huruf, semua pasangan kembali berdiri berjajar saling berhadapan dengan posisi yang rapi.
15. Guru mengamati setiap pasangan, mana yang bisa menemukan kartu huruf dan mana yang tidak.
16. Pasangan yang tidak mendapatkan kartu huruf harus menyebutkan huruf pertama dari nama masing-masing.
17. Sambil beristirahat (siswa boleh duduk dengan posisi kaki lurus ke depan), kegiatan ditutup dengan menanyakan pengalaman dan perasaan siswa saat melakukan kegiatan mencari huruf dengan berjalan lurus.
18. Siswa lalu kembali ke dalam kelas.
19. Guru menyampaikan bahwa siswa akan bermain tebak suara.
20. Sebelum bermain, minta semua siswa untuk menyebutkan nama masing-masing.
21. Saat seorang siswa menyebutkan namanya, siswa yang lain mendengarkan warna suara siswa tersebut. Minta siswa untuk mengingat warna suara teman-temannya.
22. Untuk memberi contoh cara bermain tebak suara, guru lalu menunjuk 10 orang siswa maju ke depan kelas.
23. Kesepuluh orang siswa itu berdiri membentuk lingkaran. Salah satu siswa dipakaikan penutup mata.
24. Setelah itu, secara acak salah satu dari sembilan siswa menyanyikan bait pertama lagu “Siapa namamu?”. Siswa yang memakai penutup lalu menebak nama siswa yang sedang menyanyi (berdasarkan warna suaranya), sambil menyayikan bait kedua lagu “Siapa namamu?”
25. Guru kemudian membagi siswa menjadi beberapa kelompok yang terdiri dari 8-10 siswa. Setiap siswa di setiap kelompok secara bergiliran memakai penutup mata dan menebak suara teman yang menjadi anggota kelompoknya.
26. Agar para siswa dapat fokus dengan suara teman kelompoknya, maka setiap kelompok diatur posisinya agak berjauhan.
27. Guru melihat jalannya permainan dengan mendatangi setiap kelompok dan mengamatinya.
1. Membilang banyak benda
2. Menentukan lambang bilangan
3. Melengkapi kata rumpang
Kegiatan Materi
1. Siswa mengamati benda-benda di sekitar kelas dan menghitungnya. Berapa banyak meja guru? Berapa banyak meja dan bangku siswa? Berapa banyak penghapus papan tulis? Dan seterusnya. Apakah kalian sudah bisa menghitung banyaknya benda di kelas?
2. Siswa mengamati gambar di halaman 22 dan menjawab pertanyaan dari gambar tersebut.
4. Siswa dibagi dalam beberapa kelompok. Setiap kelompok mendapatkan satu set kartu lambang bilangan dari 1 sampai dengan 10. Setiap kelompok duduk membentuk lingkaran.
5. Guru menjelaskan aturan bermain. Ada kelompok siswa yang memberi soal, ada kelompok yang akan menjawab soal itu.
6. Guru akan mengundi kelompok mana yang memberi soal dan yang menjawab soal. Apabila kelompok yang mendapat kesempatan untuk menjawab soal tidak bisa, maka kelompok lain akan berlomba untuk menjawab soal tersebut (rebutan).
7. Setiap kelompok mendapat giliran untuk memberi dan menjawab soal. Oleh karena itu setiap kelompok diminta untuk menyiapkan/membuat/merancang soal.
8. Soal yang dimaksud adalah setiap kelompok menyediakan/menunjuk/membawa beberapa jenis benda yang tertentu banyaknya.
9. Sebagai contoh, kelompok 1 mendapat giliran memberi soal, sedangkan kelompok 2 mendapat giliran menjawab soal. Kelompok 1 maju ke depan kelas. Kelompok 1 meminta kelompok 2 untuk membilang benda yang disediakan/ditunjuk/dibawa. Setelah membilang, kelompok 2 memilih lambang bilangan yang sesuai dan mengangkat kartunya. (lihat buku siswa halaman 23)
10. Begitu seterusnya sampai semua kelompok mendapat giliran untuk memberi dan menjawab soal.
11. Guru mengambil kembali kartu lambang bilangan dari setiap kelompok dan membagikan 2 jenis kartu yang lain. Kartu apakah itu?
12. Guru membagikan 3 kartu nama yang tidak lengkap hurufnya (kartu nama yang dibagikan sesuai dengan nama anggota kelompok) dan 1 set kartu huruf a-z ke masing-masing kelompok.
13. Aturan permainan sama dengan permainan tebak lambang bilangan, yaitu setiap kelompok akan mendapat giliran untuk memberi soal dan menjawab soal dengan cara diundi.
14. Sebagai contoh, kelompok 1 mendapat giliran memberi soal, sedangkan kelompok 2 mendapat giliran menjawab soal. Kelompok 1 maju ke depan kelas. Kelompok 1 mengalungkan kartu nama yang sesuai kepada 3 siswa anggotanya.
15. Kelompok 2 menyebutkan nama pemilik kartu, menebak huruf yang hilang, dan mengangkat kartu huruf sesuai huruf yang hilang dari kartu nama tersebut. (lihat buku siswa halaman 26)
16. Begitu seterusnya sampai semua kelompok mendapat giliran untuk memberi dan menjawab soal.
17. Untuk menguatkan siswa tentang konsep bilangan dan lambangnya, minta siswa mengerjakan latihan di halaman 24-25.
18. Siswa juga dapat berlatih dalam sebuah permainan menentukan lambang bilangan. (Guru menunjukkan permainan balon lambang bilangan dari Rumah Juara).
19. Untuk menguatkan siswa tentang huruf, minta siswa mengerjakan latihan di halaman 27.