Materi SD Kelas 1 T1 ST4 Aku Istimewa PB3

Materi SD/MI - Materi SD Kelas 1 Semester 1 Tema 1 Diriku Sub Tema 4 Aku Istimewa, Materi Pokok SD Kelas 1 Semester 1 terdiri dari 6 Pembelajaran Pada Materi Tema 1 Diriku Sub Tema 4 Aku Istimewa. Materi SD Kelas 1 Tema 3 Sub Tema 4 Aku Istimewa Pembelajaran ke 3.

Materi SD Kelas 1 Tema 2 Sub Tema 4 Aku Istimewa
Materi SD Kelas 1 Tema 2 Sub Tema 4 Aku Istimewa
Sub Tema 4 Aku Istimewa
Materi Pembelajaran 3
1. Keragaman kegiatan kegemaran anggota keluarga
2. Keragaman makanan kesukaan anggota keluarga
3. Keragaman ciri khas ayah dan ibu
4. Menyusun huruf acak
5. Mengenal penjumlahan

Kegiatan Materi Pembelajaran 3
1. Guru bercerita mengenai anggota keluarganya serta kegiatan yang disukainya.
2. Guru menyampaikan bahwa setiap anggota keluarga memiliki kesukaan yang berbeda-beda namun tetap saling menghargai satu sama lain.
3. Siswa diminta untuk mempersiapkan hasil wawancara mengenai kegiatan yang disukai oleh anggota keluarga yang telah ditugaskan pada pertemuan sebelumnya.
4. Siswa diminta untuk menuangkan hasil wawancara ke dalam bentuk gambar, komik, atau cerita untuk dipresentasikan di depan kelas.
5. Siswa diminta untuk mempresentasikan hasil wawancara yang telah dilakukan secara bergiliran.
6. Guru menuliskan berbagai kegiatan yang disukai oleh keluarga.
7. Siswa diminta untuk mengamati masing-masing huruf yang terdapat pada kata yang tertera.
8. Guru menyiapkan kartu huruf dan meminta salah satu perwakilan siswa untuk menyusun kata yang ditunjuk oleh guru menggunakan kartu kata.
9. Selanjutnya lakukan permainan kartu huruf.
10. Siswa dibagi menjadi beberapa kelompok, masing-masing kelompok berisikan 4-5 orang siswa.
11. Siswa diajak untuk bermain di tempat yang terbuka atau cukup luas.
12. Guru menyiapkan kartu huruf secara acak di satu sudut.
13. Guru memperkenalkan aba-aba AMBIL, SUSUN, SEBUT.
14. Jika guru memberi instruksi AMBIL, maka setiap siswa dalam setiap kelompok mengambil kartu huruf secara acak sebanyak 3 buah. Lakukan selama 10 detik saja.
15. Selanjutnya instruksi SUSUN, maka siswa dalam kelompok harus menyusun kartu-kartu huruf yang diperoleh menjadi satu kata. Catatan: Tidak seluruh kartu harus digunakan, tapi diambil yang dapat disusun menjadi kata saja.
16. Kelompok yang telah berhasil menyusun, dipersilakan tunjuk tangan dan menyebutkan kata SEBUT agar dapat melafalkan kata yang dimaksud secara bersama-sama.
17. Guru mengamati apakah kata yang disusun tepat dan memiliki makna atau tidak.
18. Guru juga mengamati ketepatan pelafalan dari kata yang berhasil disusun.
19. Di akhir permainan, guru menyampaikan pada siswa bahwa kemungkinan setiap kelompok hanya memperoleh huruf konsonan saja atau huruf vokal saja sehingga tidak dapat menyusun kata.
20. Dengan demikian dapat diambil kesimpulan bahwa huruf vokal dan konsonan sama istimewa dan akan saling melengkapi agar dapat disusun menjadi kata yang bermakna.
21. Kegiatan dilanjutkan dengan melakukan tanya jawab mengenai kegiatan yang disukai oleh siswa seperti memelihara hewan, menggambar, bernyanyi dan lain sebagainya.
22. Guru bertanya ada berapa orang siswa perempuan yang suka menggambar? Minta siswa tersebut untuk maju ke depan kelas.
23. Guru bertanya kembali ada berapa orang siswa laki-laki yang suka menggambar? Minta siswa tersebut untuk maju ke depan kelas.
24. Siswa diminta untuk menghitung seluruh siswa yang suka menggambar baik dari kelompok siswa perempuan maupun siswa laki-laki.
25. Guru menuliskan kalimat matematika dari penjumlahan tersebut di papan tulis, misalkan 4 + 3 = 7
26. Guru menunjukkan contoh penjumlahan. (Guru menunjukkan animasi interaktif tentang penjumlahan dari Rumah Juara)
Media Pembelajaran Animasi Interaktif Mengenal Penjumlahan

27. Siswa berlatih melakukan penjumlahan.

28. Guru menunjukkan permainan penjumlahan. (Guru memperlihatkan permainan tentang penjumlahan Rumah Juara)
Media Pembelajaran Game Mengenal Penjumlahan