Materi SD/MI - Materi SD Kelas 1 Semester 1 Tema 1 Diriku Sub Tema 4 Aku Istimewa, Materi Pokok SD Kelas 1 Semester 1 terdiri dari 6 Pembelajaran Pada Materi Tema 1 Diriku Sub Tema 4 Aku Istimewa. Materi SD Kelas 1 Tema 3 Sub Tema 4 Aku Istimewa Pembelajaran ke 2.
Materi SD Kelas 1 Tema 2 Sub Tema 4 Aku Istimewa
Sub Tema 4 Aku Istimewa
Materi Pembelajaran 2
1. Menemukan huruf konsonan
2. Mengelompokkan huruf
3. Sikap berjalan yang benar
Kegiatan Materi Pembelajaran 2
1. Siswa mengamati kosakata yang terdapat pada teks dalam buku siswa.
2. Siswa melafalkan berbagai huruf konsonan.
3. Siswa bermainpermainan mengelompokkan huruf. (Guru menunjukkan permainan mengelompokkan huruf dari Rumah Juara)
4. Siswa bermain menemukan kartu huruf.
5. Guru menyebar kartu-kartu huruf di berbagai sudut kelas.
6. Siswa diminta untuk menemukan sebanyak-banyaknya huruf konsonan.
7. Siswa yang menemukan kartu huruf paling banyak dipersilakan untuk mengikuti permainan meniti balok lebih dulu.
8. Siswa bermain memindahkan huruf konsonan sambil meniti balok keseimbangan.
9. Guru mengajak siswa ke luar kelas menuju halaman sekolah/lapangan olahraga sekolah.
10. Siswa menyimak penjelasan guru mengenai sikap berjalan yang lentur dan seimbang
11. Sebelum memulai latihan siswa melakukan gerakan pemanasan mengikuti instruksi guru.
12. Setelah pemanasan, guru mencontohkan bagaimana melakukan gerakan berjalan meniti balok keseimbangan.
13. Siswa diminta mencoba melakukan gerakan yang sudah dicontohkan.
14. Guru memandu siswa melakukan gerakan tersebut satu per satu, sambil mengamati gerakan-gerakan siswa.
15. Guru mengoreksi jika ada kekeliruan-kekeliruan siswa dalam melakukan gerakan tersebut.
16. Setelah siswa mampu melakukan sikap berjalan lentur dan seimbang di atas balok keseimbangan, siswa diajak bermain memindahkan kartu konsonan.
17. Guru menyiapkan 4 buah balok keseimbangan untuk dipakai oleh siswa secara bersamaan.
18. Guru menyusun beberapa kata menggunakan kartu huruf dan meletakkannya di salah satu ujung balok.
19. Guru menyiapkan keranjang tempat menyimpan huruf konsonan di ujung balok yang lainnya.
20. Siswa diminta untuk mengamati kartu kata dan mengambil huruf konsonan yang terdapat pada kata tersebut dan memindahkannya ke dalam keranjang.
21. Siswa harus meniti balok keseimbangan untuk menuju keranjang tempat huruf konsonan.
22. Lakukan hingga seluruh siswa melakukan kegiatan tersebut.
23. Setelah kegiatan tersebut guru memandu siswa melakukan pendinginan.
Materi SD Kelas 1 Tema 2 Sub Tema 4 Aku Istimewa
Sub Tema 4 Aku Istimewa
Materi Pembelajaran 2
1. Menemukan huruf konsonan
2. Mengelompokkan huruf
3. Sikap berjalan yang benar
Kegiatan Materi Pembelajaran 2
1. Siswa mengamati kosakata yang terdapat pada teks dalam buku siswa.
2. Siswa melafalkan berbagai huruf konsonan.
3. Siswa bermainpermainan mengelompokkan huruf. (Guru menunjukkan permainan mengelompokkan huruf dari Rumah Juara)
4. Siswa bermain menemukan kartu huruf.
5. Guru menyebar kartu-kartu huruf di berbagai sudut kelas.
6. Siswa diminta untuk menemukan sebanyak-banyaknya huruf konsonan.
7. Siswa yang menemukan kartu huruf paling banyak dipersilakan untuk mengikuti permainan meniti balok lebih dulu.
8. Siswa bermain memindahkan huruf konsonan sambil meniti balok keseimbangan.
9. Guru mengajak siswa ke luar kelas menuju halaman sekolah/lapangan olahraga sekolah.
10. Siswa menyimak penjelasan guru mengenai sikap berjalan yang lentur dan seimbang
11. Sebelum memulai latihan siswa melakukan gerakan pemanasan mengikuti instruksi guru.
12. Setelah pemanasan, guru mencontohkan bagaimana melakukan gerakan berjalan meniti balok keseimbangan.
13. Siswa diminta mencoba melakukan gerakan yang sudah dicontohkan.
14. Guru memandu siswa melakukan gerakan tersebut satu per satu, sambil mengamati gerakan-gerakan siswa.
15. Guru mengoreksi jika ada kekeliruan-kekeliruan siswa dalam melakukan gerakan tersebut.
16. Setelah siswa mampu melakukan sikap berjalan lentur dan seimbang di atas balok keseimbangan, siswa diajak bermain memindahkan kartu konsonan.
17. Guru menyiapkan 4 buah balok keseimbangan untuk dipakai oleh siswa secara bersamaan.
18. Guru menyusun beberapa kata menggunakan kartu huruf dan meletakkannya di salah satu ujung balok.
19. Guru menyiapkan keranjang tempat menyimpan huruf konsonan di ujung balok yang lainnya.
20. Siswa diminta untuk mengamati kartu kata dan mengambil huruf konsonan yang terdapat pada kata tersebut dan memindahkannya ke dalam keranjang.
21. Siswa harus meniti balok keseimbangan untuk menuju keranjang tempat huruf konsonan.
22. Lakukan hingga seluruh siswa melakukan kegiatan tersebut.
23. Setelah kegiatan tersebut guru memandu siswa melakukan pendinginan.