Materi SD Kelas 1 T1 ST4 Aku Istimewa PB 1

Materi SD/MI - Materi SD Kelas 1 Semester 1 Tema 1 Diriku Sub Tema 4 Aku Istimewa, Materi Pokok SD Kelas 1 Semester 1 terdiri dari 6 Pembelajaran Pada Materi Tema 1 Diriku Sub Tema 4 Aku Istimewa. Materi SD Kelas 1 Tema 3 Sub Tema 4 Aku Istimewa Pembelajaran ke 1.

Materi SD Kelas 1 Tema 2 Sub Tema 4 Aku Istimewa
Materi SD Kelas 1 Tema 2 Sub Tema 4 Aku Istimewa
Sub Tema 4 Aku Istimewa
Materi Pembelajaran 1
1. Mengenal kosakata baru
2. Menemukan huruf vokal pada kata
3. Keragaman ciri fisik anggota keluarga
4. Membuat boneka kulit jagung

Kegiatan Materi Pembelajaran 1
1. Siswa mengamati gambar orang dari berbagai daerah di Indonesia.
2. Guru menggugah rasa ingin tahu siswa dan memotivasi untuk mengajukan pertanyaan-pertanyaan yang berhubungan dengan gambar yang diamati.
3. Siswa menyimak cerita guru tentang keberagaman masyarakat Indonesia seperti diceritakan di buku teks. Guru juga menjelaskan bahwa setiap individu memiliki ciri khas yang membuatnya menjadi istimewa.
4. Selesai bercerita, guru bertanya pada siswa mengenai kosa kata yang baru mereka dengar atau belum tahu artinya.
5. Guru menuliskan satu persatu kata-kata yang disebutkan oleh siswa di papan tulis.
6. Siswa diminta untuk mengamati berbagai rangkaian huruf yang ada di papan tulis.
7. Siswa dan guru berdiskusi apakah huruf-huruf juga memiliki keistimewaan.
8. Guru menyampaikan bahwa setiap huruf memiliki ciri khas sehingga semua istimewa dan saling melengkapi.
9. Pilih satu kata dan tunjuk satu persatu huruf yang tertera di papan tulis. Guru melafalkan huruf A, I, U, E, O dan minta siswa untuk mengikuti setelah guru memberikan contoh pelafalannya.
10. Pilih satu kata dan minta siswa secara bersama-sama melafalkan huruf vokal yang terdapat pada kata tersebut. Lakukan untuk beberapa kata yang lain.
11. Di sela-sela diskusi dan penjelasan, guru selalu memberi kesempatan kepada siswa untuk bertanya.
12. Siswa mengerjakan buku siswa mengenai huruf vokal.
13. Selesai mengerjakan, siswa diminta untuk kembali berkumpul dan melakukan aktivitas berikutnya.
14. Siswa diminta untuk mengeluarkan foto keluarga yang telah ditugaskan sebelumnya dan mengamatinya.
15. Siswa diminta menyebutkan persamaan dan perbedaan dari masing-masing anggota keluarga.
16. Guru menyampaikan bahwa setiap individu memiliki ciri khas. Walaupun berasal dari satu keluarga, setiap individu pasti memiliki persamaan dan perbedaan.
17. Setelah mengamati foto, siswa mencatat ciri khas dari setiap anggota keluarga.
18. Siswa diminta untuk duduk berpasangan dan bertukar cerita mengenai pengalaman mengenal kekhasan anggota keluarga di rumah.
19. Selesai bercerita, siswa diminta untuk berkumpul (Kegiatan dapat dilakukan di luar kelas).
20. Siswa menyimak penjelasan guru mengenai berbagai jenis tumbuh-tumbuhan yang juga memiliki ciri khas. Tumbuhan memiliki bagian-bagian yang memiliki manfaat. Selain sumber makanan, tumbuhan juga dapat digunakan untuk membuat karya kerajinan.
21. Guru menjelaskan tentang apa itu karya kerajinan. Guru juga bisa menyiapkan contoh karya yang sudah dibuat sebelumnya berupa boneka.
22. Siswa mengamati boneka kulit jagung yang dibawa oleh guru. Siswa mengidentifikasi bagian dari pohon jagung yang dapat dimanfaatkan untuk membuat karya kerajinan.
23. Guru menunjukkan lembaran kulit jagung yang sudah diolah agar dapat dijadikan prakarya.
24. Berikut cara membuat lembaran kulit jagung.

  • Pilih kulit jagung yang sudah dianggap cukup umur, sekitar 3 bulan. 
  • Kemudian kulit jagung dilepaskan satu persatu dari tongkolnya dan dipilih sesuai lembarannya. 
  • Lembaran daun pertama hingga daun ketiga dipisah karena lembaran tersebut merupakan kualitas yang terbaik. 
  • Kulit jagung yang sudah dipilih selanjutnya direbus dengan pewarna/wantex, perebusan selama satu jam dan dibolak-balik agar warnanya merata. 
  • Kemudian kulit jagung diangkat ditiriskan dan dikeringkan, dengan cara dinagin-anginkan jangan dijemur diterik matahari karena kulit jagung nanti menjadi pecah. 
  • Kulit jagung yang sudah kering selanjutnya disetrika dengan suhu sedang.

25. Guru mendemonstrasikan cara membuat boneka kulit jagung seperti yang tertera pada buku siswa.
26. Setelah menyimak peragaan guru, siswa diminta membuat boneka dari kulit jagung.
27. Setelah selesai siswa diminta merapikan bekas-bekas pekerjaannya
28. Hasil karya yang sudah dibuat dipajang di kelas.
29. Setelah memajang hasil karyanya, siswa kembali ke tempat duduk