Soal Pedagogik PGSD IPA | Soal dan Pembahasan UP PGSD IPA

KUMPULAN SOAL. Soal Uji Pengetahuan atau Soal UP adalah sebuah tes tulis yang dibuat dan dikerjakan oleh Guru untuk Kegiatan PPG.

Berikut ini akan diuraikan beragam soal dan kunci Jawaban Soal Uji Pengetahuan PPG 2019 dalam upaya membantu peserta PPG dalam menyiapkan Uji Pengetahuan.. Soal soal disusun mengacu pada kisi-kisi Uji Pengetahuan (UP) Uji Kompetensi Mahasiswa Pendidikan Profesi Guru (UKMPPG) yang digunakan untuk mengukur hasil evaluasi akhir para peserta PPG, baik untuk kompetensi pedagogik maupun profesional

Dibawah ini adalah Soal-soal Latihan Pedagogik PGSD IPA, Soal berikut bisa digunakan untuk latihan mengikuti Ujian Uji Pengetahuan (UP) PPG dan bisa juga untuk menambah wawasan dalam menghadapi berbagai macam Ujian Seperti Ujian dalam Menghadapi Soal CPNS, Ujian UKG 2019, Pretes PPG 2019.

Soal Pedagogik PGSD IPA | Soal dan Pembahasan UP PGSD IPA

Berikut Soal Pedagogik PGSD IPA Lengkap dengan Pembahasannya.

Soal No 1
Pak Ranto akan mengajarkan materi IPA tentang konsep pemuaian pada logam kepada para siswanya. Pembelajaran dilaksanakan dalam setting model pembelajaran kooperatif melalui pembentukan kelompok-kelompok kecil. Kegiatan diarahkan pada upaya membuktikan bahwa sebagian besar logam apabila dipanasi akan memuai. Metode yang sebaiknya digunakan pak Ranto adalah ... .
A. demonstrasi 
B. eksperimen
C. tanya-jawab
D. diskusi
E. ceramah

Pembahasan
Kegiatan untuk membuktikan bahwa sebagian besar logam apabila dipanasi akan memuai lebih sesuai disajikan dengan metode eksperimen. Metode eksperimen merupakan cara penyajian pelajaran, di mana siswa melakukan percobaan dengan mengalami sendiri sesuatu yang dipelajari melalui kegiatan terinci yang direncanakan untuk menghasilkan data dalam rangka menjawab suatu masalah atau menguji sesuatu hipotesis.
Jawaban: B

Soal No 2
Perhatikan pernyataan tentang tugas praktik di bawah ini! 
Disediakan kantung plastik, benang, dan telur mentah. Rancanglah sebuah parasut sederhana menggunakan bahan yang disediakan untuk menurunkan atau menjatuhkan telur mentah dari ketinggian tertentu agar tidak pecah. 
Rubrik yang sesuai untuk memberikan penilaian terhadap siswa bahwa siswa kreatif melakukan percobaan sesuai soal tersebut adalah … .
A. siswa diberikan nilai sempurna apabila berhasil membuat parasut sederhana walaupun tidak mampu menjatuhkan telur dari ketinggian tertentu dengan tidak pecah. 
B. siswa diberikan nilai sempurna apabila mampu bekerja sama dengan siswa lainnya untuk membuat parasut sederhana.
C. siswa diberikan nilai sempurna apabila membuat parasut dengan diujicoba terlebih dahulu menggunakan kerikil atau bahan lain yang memiliki massa hampir sama dengan massa telur mentah
D. siswa diberikan nilai sempurna apabila telah membuat parasut dengani bantuan bimbingan guru dan menyelesaikannya tepat waktu walaupun parasut tidak dapat diterbangkan
E. siswa diberikan nilai sempurna apabila membuat parasut dengan menghabiskan kantung plastik paling sedikit walaupun parasut tidak dapat diterbangkan

Pembahasan
Rubrik penilaian terhadap kemampuan dan kreativitas siswa dalam melakukan percobaan sesuai soal tersebut yaitu: siswa diberikan nilai sempurna apabila membuat parasut dengan diujicoba terlebih dahulu menggunakan kerikil atau bahan lain yang memiliki massa hampir sama dengan massa telur Hal ini dikarenakan ada unsur kreatif melalui ujicoba parasut pada kerikil atau bahan lain yang massanya mendekati massa telur mentah
Jawaban: C

Soal No 3
Soal di bawah ini yang dapat digunakan untuk mengukur kemampuan berpikir tingkat tinggi materi IPA adalah … .
A. benda-benda apa sajakah yang dapat ditarik magnet!
B. apa yang kalian ketahui tentang gaya magnet?
C. mengapa peniti dalam kotak kertas dapat ditarik magnet yang di taruh di luar kotak?
D. sebutkan macam-macam magnet berdasarkan bentuknya!
E. apa yang dimaksud dengan magnet buatan?

Pembahasan
Soal yang digunakan untuk mengukur kemampuan berpikir tingkat tinggi harus melibatkan keterampilan berpikir siswa dan mampu mengembangkan keterampilan pemecahan masalah terhadap masalah yang disajikan guru. Salah satunya ditandai dengan kata Tanya mengapa atau bagaimana.
Jawaban: C

Soal No 4
Bu Santi hendak membelajarkan materi gelombang bunyi di kelas sekaligus ingin melakukan PTK. Pada pembelajaran yang pernah dilakukannya banyak siswa yang tidak dapat mencapai KKM. Ia bingung masalah apa yang hendak diangkat dalam penelitian. Bu Santi mencoba membuat pertanyaan refl eksi terhadap pembelajarannya. Contoh pertanyaan yang dapat membantu Bu Santi mengidentifi kasi masalah PTKnya adalah … 
A. Apakah faktor-faktor yang mempengaruhi terjadinya perambatan bunyi?
B. Apakah strategi pemberian tugas dan jenis bahan pelajaran yang diberikan dalam pembelajaran gelombang bunyi cukup menantang siswa?
C. Bagaimana cara membuktikan hubungan antara medium perambatan dan kecepatan merambat bunyi?
D. Apakah kebiasaan sarapan pagi berpengaruh terhadap hasil belajar siswa dalam pelajaran gelombang bunyi?
E. Bagaimana cara mendemonstrasikan gejala perambatan gelombang bunyi pada benda padat?

Pembahasan
Permasalahan yang diambil sebagai rumusan permasalahan dalam PTK berkaitan dengan upaya peningkatan kualitas proses pembelajaran sehingga diharapkan berdampak pada aktivitas siswa yang mampu membantu memperbaiki hasil belajarnya. Salah satu contohnya pada kasus yang diberikan pada soal yaitu dengan memikirkan apakah suatu strategi cukup memberikan tantangan bagi siswa selama proses pembelajaran
Jawaban: B

Soal No 5
Untuk menyelidiki pengaruh sinar matahari terhadap pertumbuhan tanaman maka seorang siswa SD melakukan percobaan dengan menanam beberapa biji kacang hijau yang diambil dari tanaman kacang hijau varietas tertentu pada 3 media tanam yang sama. Media tanam tersebut diletakkan di kamar, di halaman, dan di ruang tamu. Setiap hari pada jam 11.00 siswa mengamati pertambahan panjang batang dalam tiga media tanam yang diletakkan pada lokasi yang berbeda tersebut.
Berdasarkan kegiatan tersebut, yang menjadi variabel terikat adalah ... .
A. jenis media tanam
B.pertambahan panjang batang
C. jenis kacang hijau
D. lokasi untuk meletakkan media tanam
E. waktu pengamatan

Pembahasan
Variabel adalah segala sesuatu yang akan menjadi objek pengamatan dalam penelitian (atau sebagai gejala sesuatu yang bervariasi).
Variabel penelitian dibedakan menjadi:
1. Variabel bebas atau variabel penyebab (independent variables)
Variabel bebas adalah variabel yang menyebabkan atau memengaruhi, yaitu faktor-faktor yang diukur, dimanipulasi atau dipilih oleh peneliti untuk menentukan hubungan antara fenomena yang diobservasi atau diamati.
2. Variabel terikat atau variabel tergantung (dependent variables)
Variabel terikat adalah faktor-faktor yang diobservasi dan diukur untuk menentukan adanya pengaruh variabel bebas, yaitu faktor yang muncul, atau tidak muncul, atau berubah sesuai dengan yang diperkenalkan oleh peneliti. 
Berdasarkan contoh kasus yang diberikan maka variabel terikatnya adalah pertambahan panjang batang
Jawaban : B

Soal No 6
Besi yang dibiarkan di ruang terbuka akan mudah berkarat. Hal ini disebabkan oleh … .
A. besi di ruang terbuka mudah mengalami penyusutan massa
B. udara mengandung partikel air yang dapat bereaksi dengan besi
C. udara yang dingin dapat membuat besi rusak
D. suhu udara berubah-ubah
E. besi tidak tahan udara panas

Pembahasan
Korosi adalah kerusakan atau degradasi logam akibat reaksi antara suatu logam dengan berbagai zat di lingkungannya yang menghasilkan senyawa-senyawa yang tidak dikehendaki. Dalam bahasa sehari-hari, korosi disebut perkaratan. Besi di ruang terbuka akan mudah bereaksi dengan partikel air yang terkandung di udara.
Jawaban: B

Soal No 7
Perhatikan gambar di dibawah ini!
Soal Pedagogik PGSD IPA | Soal dan Pembahasan UP PGSD IPA
Fungsi rangka yang ditunjukkan oleh nomor 2 pada gambar adalah … .
A. menopang berdirinya tubuh
B. melekatnya otot tulang belakang
C. melindungi organ tubuh yang penting
D. tempat melekatnya otot tangan
E. melindungi sumsum tulang belakang



Pembahasan
Perhatikan gambar struktur rangka berikut.
Rangka Badan pada Soal IPA PGSD

Fungsi rangka pada nomor 2 adalah melindungi organ tubuh yang penting.
Jawaban: C

Soal No 8
Salah satu kegiatan ekstrakurikuler yang diikuti oleh Gading di sekolahnya adalah bela diri. Untuk berlatih tenaga dalam dia menggunakan pernafasan perut. Mekanisme inspirasi pernafasan perut adalah … .
A. otot antar tulang rusuk berkontraksi - tulang rusuk terangkat – rongga dada membesar-volume rongga dada membesar – tekanan udara rongga dada turun – udara luar masuk paru-paru
B. diafragma berkontraksi – volume rongga dada besar – tekanan udara rongga dada menurun – udara luar masuk paru-paru
C. otot antar tulang rusuk relaksasi - tulang rusuk turun – rongga dada mengecil – volume rongga dada mengecil – tekanan udara rongga dada besar – udara keluar dari paru paru
D. diafragma relaksasi – volume rongga dada turun – tekanan udara rongga dada besar –udara luar masuk paru-paru
E. otot antar tulang rusuk berkontraksi - tulang rusuk turun – rongga dada mengecil – volume rongga dada turun – tekanan udara rongga dada membesar – udara luar masuk paru-paru

Pembahasan
Pernapasan perut adalah pernapasan yang melibatkan otot diafragma. Mekanismenya dapat dibedakan sebagai berikut.
1. Fase inspirasi. Fase ini merupakan fase kontraksi otot diafragma sehingga rongga dada membesar, akibatnya tekanan dalam rongga dada menjadi lebih kecil daripada tekanan di luar sehingga udara luar yang kaya oksigen masuk.
2. Fase ekspirasi. Fase ini merupakan fase relaksasi atau kembalinya otot diaframa ke posisi semula yang dikuti oleh turunnya tulang rusuk sehingga rongga dada menjadi kecil. Sebagai akibatnya, tekanan di dalam rongga dada menjadi lebih besar daripada tekanan luar, sehingga udara dalam rongga dada yang kaya karbon dioksida keluar.
Jawaban: B

Soal No 9
Santan kelapa dibuat dengan cara memisahkan campuran santan, air dan ampas kelapa. Cara pemisahan demikian ini merupakan salah satu contoh cara pemisahan materi dengan cara … .
A. fi ltrasi 
B. kristalisasi 
C. sublimasi 
D. kromatografi
E. destilasi

Pembahasan
Santan kelapa dibuat dengan cara memisahkan campuran santan, air dan ampas kelapa menggunakan saringan. Dengan menggunakan saringan yang berpori-pori kecil, santan kelapa dapat melewati lubang saringan dan ampas kelapa tertahan dalam saringan. Cara pemisahan materi demikian ini disebut sebagai penyaringan atau fi ltrasi.
Jawaban: A

Soal No 10
Perhatikan pernyataan-pernyataan berikut ini!
(1) Tanaman yang dihasilkan memiliki perakaran yang kuat.
(2) Dapat menghasilkan varietas-varietas baru
(3) Kualitas tanaman baru dapat diketahui setelah tanaman berbuah
(4) Tanaman baru yang dihasilkan belum tentu memiliki sifat yang sama dengan induknya
(5) Biaya yang dikeluarkan relatif murah.
(6) Umur tanaman akan lebih lama.
(7) Varietas yang baru muncul belum tentu lebih baik.
(8) Waktu berbuah lebih lama.
Pernyataan di atas yang merupakan kelebihan teknik perkembangbiakan tumbuhan secara generatif adalah … .
A. (1), (2), (3), dan (6)
B. (1), (2), (5), dan (6)
C. (1), (3), (4), dan (6)
D. (1), (2), (3), dan (4)
E. (5), (6), (7), dan (8)

Pembahasan
Kelebihan perbanyakan tanaman secara generatif ini antara lain :
a. Tanaman yang dihasilkan memiliki perakaran yang kuat.
b. Biaya yang dikeluarkan relatif murah.
c. Umur tanaman akan lebih lama.
d. Dapat menghasilkan varietas-varietas baru, yaitu dengan cara menyilangkan.

Kelemahan perbanyakan tanaman secara generatif antara lain :
a. Tanaman baru yang dihasilkan belum tentu memiliki sifat yang sama dengan induknya.
b. Varietas yang baru muncul belum tentu lebih baik.
c. Waktu berbuah lebih lama.
d. Kualitas tanaman baru diketahui setelah tanaman berbuah.
Jawaban: B

Demikianlah Soal-soal Latihan Pedagogik PGSD IPA, Soal berikut bisa digunakan untuk latihan mengikuti Ujian Uji Pengetahuan (UP) PPG dan bisa juga untuk menambah wawasan dalam menghadapi berbagai macam Ujian Seperti Ujian dalam Menghadapi Soal CPNS, Ujian UKG 2019, Pretes PPG 2019Silahkan Berlangganan Via Email untuk Update Artikel Terbaru atau IKUTI BLOG kami, agar berita atau artikel dan Soal-soal Lainnya yang terbaru dapat kami share. Terima Kasih.