Soal Pedagogik IPA PGSD Tahun 2019 | Soal dan Kunci Jawaban PPG 2019

KUMPULAN SOAL. Soal Uji Pengetahuan atau Soal UP adalah sebuah tes tulis yang dibuat dan dikerjakan oleh Guru untuk Kegiatan PPG.

Berikut ini akan diuraikan beragam soal dan kunci Jawaban Soal Uji Pengetahuan PPG 2019 dalam upaya membantu peserta PPG dalam menyiapkan Uji Pengetahuan.. Soal soal disusun mengacu pada kisi-kisi Uji Pengetahuan (UP) Uji Kompetensi Mahasiswa Pendidikan Profesi Guru (UKMPPG) yang digunakan untuk mengukur hasil evaluasi akhir para peserta PPG, baik untuk kompetensi pedagogik maupun profesional

Dibawah ini adalah Soal-soal Latihan Pedagogik PGSD IPA, Soal berikut bisa digunakan untuk latihan mengikuti Ujian Uji Pengetahuan (UP) PPG dan bisa juga untuk menambah wawasan dalam menghadapi berbagai macam Ujian Seperti Ujian dalam Menghadapi Soal CPNS, Ujian UKG 2019, Pretes PPG 2019.

Soal Pedagogik IPA PGSD Tahun 2019 | Soal dan Kunci Jawaban PPG 2019


Berikut Soal Pedagogik PGSD IPA Lengkap dengan Kunci Jawaban.

Soal No 16
Mengaplikasikan sikap peka, tanggap dan adaptif terhadap lingkungan sekitar untuk mengembangkan kehidupan yang sejahtera dan harmonis dalam kebhinekaan Keharmonisan hidup dalam kebhinekaan bangsa Indonesia, merupakan suatu kondisi yang perlu dijaga dan dipertahankan. Sebagai upaya untuk menjaga harmonisasi kehidupan dalam kebhinekaan, maka Pembelajaran IPS SD perlu mengembangkan ….
A. Sikap bekerjasama sekaligus bersaing dalam kehidupan yang semakin global dalam arus informasi dan komunikasi
B. Semangat bertoleransi yang tinggi dan saling menghargai antar umat manusia dimuka bumi
C. Kesadaran untuk bersikap arif dan tanggap terhadap perbedaan yang ada di lingkungan sekitarnya
D. Sikap memadukan antara bersaing dan bekerjasama dalam kehidupan masyarakat
E. Sikap tidak membeda-bedakan status sosial, etnis atau SARA dalam kumonitas masyarakat global

Soal No 17
Menentukan media pembelajaran IPS yang sesuai dengan karakteristik anak SD Pemanfaatan laptop, LCD dan Acces internet dalam pembelajaran IPS SD termasuk penerapan media pembelajaran yang berjenis ....
A. Sophisticate
B. Modern
C. Audio
D. Audio-Visual
E. Visual

Soal No 18
Menentukan media pembelajaran IPS yang sesuai dengan karakteristik anak SD Media pembelajaran adalah komponen yang penting untuk menunjang pembelajaranan. Guru perlu terampil dalam memilih dan memanfaatkan berbagai media pembelajaran yang ada di sekolahnya. Dalam kondisi keterbatasan, guru perlu bersikap ….
A. Melakukan pembelajaran, tanpa media
B. Rela berkorban dengan membeli media pembelajaran yang diperlukan
C. Melakukan pembelajaran berdasar apa adanya
D. Melakukan pembelajaran, sesuai situasi dan kondisi sekolah
E. Tiada rotan, akarpun jadi

Soal No 19
Menguraikan peran Indonesia dalam hubungan kerjasama internasional Demokrasi merupakan konsep politik Negara modern yang lebih banyak dipilih dan dipraktikan di Negara-negara baru pasca perang dunia II. Hal itu karena prinsip dan nilai demokrasi terletak pada ...
A. Pengaturan terhadap hak azasi politik warganegara.
B. Penghormatan terhadap keberadaan parlemen.
C. Pengakuan dan penghargaan terhadap kebebasan dan kesamaan yang merupakan hak asasi politik setiap orang sebagai warga Negara.
D. Pembatasan terhadap penguasaan Negara asset Negara.
E. Pengakuan terhadap kedaulatan rakyat yang mendapat pengesyahan undang-undang.

Soal No 20
Mampu menyusun soal evaluasi IPS SD yang dapat mengukur kemampuan pengetahuan dan keterampilan Seorang guru IPS SD dalam mengembangkan evaluasi hasil belajar, melaksanakan subsumatif, mengembangkan tes kinerja, melakukan obervasi aktivitas siswa, memberi tugas kelompok dan individu, Evaluasi dalam pembelajaran yang dilaksanakan oleh guru, dikenal dengan….
A. Evaluasi akhir semester
B. Evaluasi proses dan hasil.
C. Evaluasi dalam proses
D. Authentic Assessment.
E. Evaluasi hasil belajar

Soal No 21
Membuat soal yang digunakan untuk mengukur kemampuan berpikir tingkat tinggi materi IPA Di salah satu sebuah Sekolah Dasar, dalam satu kelas terdiri dari 25 peserta didik yang kemampuan belajarnya beragam. tujuh peserta didik tampak sangat menonjol bagus dalam memahami pelajaran, sementara ada lima peserta didik yang kemampuannya sangat kurang dalam memahami pelajaran, sedang sisanya biasa saja. Tujuh peserta didik yang menonjol bagus kadang justru menggangu temannya yang belum memahami pelajaran. Jika akan dilakukan penelitian untuk perbaikan pembelajaran, variabel terikat yang sesuai dengan kondisi kelas tersebut adalah ….
A. model pembelajaran 
B. pemahaman 
C. jumlah peserta didik
D. kesulitan belajar 
E. kemampuan belajar

Soal No 22
Menentukan cara pemisahan materi (fi ltrasi, kristalisasi, sublimasi,atau kromatografi) Proses destilasi memanfaatkan sifat zat yang memiliki perbedaan ….
A. titik kritis
B. entropi
C. titik lebur
D. titik didih
E. kapasitas kalor

Soal No 23
Menganalisis keterkaitan konsep sains dengan teknologi, lingkungan dan masyarakat Mengurangi sampah dengan cara membakarnya bukan merupakan solusi yang baik karena ….
A. pembakaran merupakan proses kimia
B. tidak semua sampah dapat terbakar
C. menghasilkan arang sisa pembakaran
D. dapat mengakibatkan kebakaran masal
E. menghasilkan polusi udara

Soal No 24
Membuat soal yang digunakan untuk mengukur kemampuan berpikir tingkat tinggi materi IPA. Berikut soal yang mengukur kemampuan berpikir tingkat rendah, kecuali….
A. benarkah semua ayam berkembang biak dengan cara bertelur?
B. benarkah energi matahari akan habis?
C. benarkah semua binatang mamalia menyusui anaknya?
D. benarkah air memiliki rumus kimia H2O?
E. benarkan semua benda bila dipanaskan akan memuai?

Soal No 25
Mengaplikasikan sikap peka, tanggap dan adaptif terhadap lingkungan sekitar untuk mengembangkan kehidupan yang sejahtera dan harmonis dalam kebhinekaan Kehidupan yang sejahtera dan harmonis dalam kebhinekaan, merupakan dambaan bangsa Indonesia. Untuk mewujudkan hal itu, Pembelajaran IPS SD perlu mengembangkan ….
A. Sikap bekerjasama sekaligus bersaing dalam kehidupan global
B. Nilai-nilai kebersamaan dalam hidup kebhinekaan
C. Kesadaran menghormati perbedaan untuk menciptakan keharmonisan
D. Nilai-nilai kekeluargaan dan saling menghargai perbedaan
E. Nilai-nilai kehidupan yang mengarah pada keharmonisan kehidupan

Soal No 26
Menerapkan model-model pembelajaran inovatif, yang menunjang pembelajaran IPS di SD yang menyenangkan
Seorang guru SD kelas 5 dalam pembelajaran IPS memulai pembelajaran dengan menyampikan beberapa penjelasan berdasar pokok-pokok materi pembelajaran. Lalu membentuk kelompok untuk melaksanakan kegiatan pembelajaran, setelah selesai tugasnya siswa melaporkan hasil diskusi kelompoknya. Selesai presentasi siswa diberi hadiah sebagai penghargaan atas kebershasilannya. Guru tersebut menerapkan ....
A. Model pembelajaran kontekstual
B. Model pembelajaran direct
C. Model pembelajaran berbasis masalah
D. Model pembelajaran kooperatif
E. Model pembelajaran berbasis project

Soal No 27
Mengevaluasi dampak positif dan negatif perkembangan Iptek terhadap kehidupan masyarakat Untuk mengantisipasi dampak negatif dari Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, perlu diingatkan sejak dini kepada siswa pengaruh negatifnya. Untuk mengantisipasi dampak negative tersebut, dalam pembelajaran IPS di SD perlu ....
A. Menekankan manfaat positifnya, dengan tidak menghiraukan dampak negatifnya
B. Menekankan sisi negatifnya, agar siswa dapat memanfaatkan sisi positifnya saja
C. Menjelaskan sisi positif tentang kemajuan iptek, sehingga dapat memanfaatkannya
D. Menjelaskan dampak negatif kepada siswa, agar sedini mungkin dapat menghindarinya.
E. Mengarahkan siswa agar dapat memilih manfaat kemajuan teknologi sesuai kepentingannya

Soal No 28
Menerapkan pendekatan analitis dalam mengapresiasi cerita anak-anak secara reseptif Cerita fantasi merupakan cerita khayal dan berakar dari cerita terdahulu, yang terdiri atas beberapa jenis. Salah satu jenis cerita fantasi adalah....
A. Cerita tentang pengalaman anak berlibur beserta keluarga
B. Cerita tentang sejarah kehidupannya
C. Menceritakan kembali cerita fi ksi yang dibacanya
D. cerita binatang dengan kemampuan khusus
E. Cerita tentang kehidupan di masa mendatang

Soal No 29
Menggambarkan faktor yang membentuk sikap dan perilaku yang sesuai dengan nilai, moral dan norma sebagai cerminan pencapaian tujuan PPKn-SD Aktualisasi sikap Warga Negara yang cerdas dan bertanggungjawab akan terlihat bukan saja ketika seseorang menjadi aktor politik dalam memperjuangkan aspirasi rakyat, tetapi akan nampak pada kepeduliannya terhadap hal kecil yang sama pentinya di tengah kehidupan masyarakat, hal itu adalah ....
A. Investasi dana kesehatan masyarakat sebagai peluang bisnis
B. pengelolaan sampah dan kebersihan sebagai peluang ekonomi
C. peningkatan katertiban dan kesadaran hukum masyarakat
D. peningkatan kesadaran lingkungan masyarakat dalam menjaga kebersihan dan kesehatan bersama
E. peningkatan pemerataan kesempatan pendidikan masyarakat sebagai hak konstitusional rakyat

Soal No 30
Membela komitmen warganegara dalam mengimplementasikan nilai-nilai Pancasila sebagai dasar Negara dengan penalaran nilai yang rasional dan benar Salah satu misi pendidikan moral-politik yang diemban oleh dan atau di dalam pelajaran PPKn di persekolahan ...
A. Mengkritisi pemerintah atas kebijakan publik yang merugikan rakyat.
B. Menunjukkan rasa cinta dan bangga terhadap lambang Negara Indonesia.
C. Berjuang keras sebagai politrisi agar dapat menjadi anggota DPR.
D. Mendukung partai politik pemenang pemilu.
E. Memuja-muji pemimpin sebagai penguasa.

Soal No 31
Menganalisis konsep ruang dan waktu dalam dinamika kehidupan global Saling ketergantungan antara manusia dan lingkungan, menjadi isu yang harus diperhatikan untuk kepentingan hidup manusia di era global. Maka dalam pembelajaran IPS SD, perlu ....
A. Menyesuaikan dengan kebutuhan manusia dengan lingkungan hidupnya
B. Mengembangkan kesadaran siswa untuk menjaga kesimbangan lingkungan
C. Mewujudkan saling membutuhkan antara manusia dan lingkungannya
D. Memamfaatkan sumber daya lingkungan sesuai dengan kebutuhan
E. Meningkatkan semangat untuk saling membutuhkan satu sama lainnya

Soal No 32
Menentukan cara pemisahan materi (filtrasi,kristalisasi,sublimasi,atau kromatografi) Berikut merupakan kelebihan perkembangbiakan tumbuhan melalui kultur jaringan, kecuali ….
A. waktunya lebih singkat
B. anak yang dihasilkan seragam
C. dapat untuk produksi masal
D. sifat anak sama dengan induknya

E. akar dari anak hasil kultur jaringan sangat kuat

Baca Juga : 15 Soal Pedagogik PGSD | Soal Uji Pengetahuan PGSD PPG

Demikianlah beberapa Contoh Soal Latihan Soal Pedagogik PPG 2019 yaitu Soal Pedagogik PGSD IPA PPG 2019. Silahkan Berlangganan Via Email untuk Update Artikel Terbaru atau IKUTI BLOG kami, agar berita atau artikel dan Soal-soal Lainnya yang terbaru dapat kami share. Terima Kasih.