Program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB) melalui Peningkatan Kompetensi Pembelajaran (PKP) Berbasis Zonasi Mata Pelajaran Bahasa Inggris terdiri dari: Teks Naratif (Legends), Teks Eksposisi (Analytical), Teks Recount, Teks News Item, Teks Deskriptif, Teks Eksplanasi, Teks Prosedur, Grammar In Use, Teks Khusus.
Untuk meningkatkan efisiensi, efektivitas, dan pemerataan mutu pendidikan, maka pelaksanaan Program PKP dilakukan dengan mempertimbangkan aspek kewilayahan (Zonasi). Melalui zonasi ini, pengelolaan komunitas guru seperti Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) SMA/SMK dan SLB, dan Musyawarah Guru Bimbingan Konseling (MGBK) dilaksanakan dengan memperhatikan keragaman mutu pendidikan.
Teks Naratif (Legends)
Unit Pembelajaran ini disusun sebagai salah satu alternatif sumber bahan ajar bagi guru untuk memahami topik klasifikasi benda dan makhluk hidup. Melalui pembahasan materi yang terdapat pada unit ini, guru dapat memiliki dasar pengetahuan untuk mengajarkan materi yang sama dan/atau yang sejenis ke peserta didiknya yang disesuaikan dengan indikator yang telah disusun, dan terutama dalam memfasilitasi kemampuan bernalar peserta didik. Selain itu, materi ini juga aplikatif untuk guru sehingga dapat menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari.
Unduh Unit Pembelajaran PKP Berbasis Zonasi Teks Naratif (Legends).
Teks Eksposisi (Analytical)
Unit ini disusun sebagai salah satu alternatif sumber bahan ajar bagi guru untuk memahami topik teks eksposisi baik analitik maupun hortatori. Melalui pembahasan materi yang terdapat pada unit ini, guru dapat memiliki dasar pengetahuan untuk mengajarkan materi yang sama ke peserta didiknya yang disesuaikan dengan indikator yang telah disusun, dan terutama dalam memfasilitasi kemampuan bernalar peserta didik. Selain itu, materi ini juga aplikatif untuk guru sendiri sehingga mereka dapat menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari.
Unduh Unit Pembelajaran PKP Berbasis Zonasi Teks Eksposisi (Analytical)
Teks Recount
Topik Teks Recount di SMA merupakan salah satu materi prioritas yang harus dilaksanakan dalam pembelajaran mengingat materi ini selalu diujikan dalam Ujian Nasional (UN) dari tahun ke tahun. Unit ini diharapkan dapat menjadi alternatif sumber bahan ajar bagi guru dalam pembelajaran Teks Recount. Melalui pembahasan materi yang terdapat pada unit ini, guru dapat memiliki dasar pengetahuan untuk mengajarkan materi yang sama ke peserta didik yang disesuaikan dengan indikator yang telah disusun. Selain itu pembelajaran yang telah disusun diharapkan dapat memfasilitasi kemampuan bernalar peserta didik dan mampu menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari.
Unduh Unit Pembelajaran PKP Berbasis Zonasi Teks Recount
Teks News Item
Unit ini disusun sebagai salah satu alternatif sumber bahan ajar bagi guru untuk memahami materi pembelajaran teks news item. Melalui pembahasan materi yang terdapat pada unit ini, guru dapat memiliki dasar pengetahuan untuk mengajarkan materi yang sama kepada peserta didiknya yang disesuaikan dengan indikator yang telah disusun, dan terutama dalam memfasilitasi kemampuan bernalar peserta didik. Selain itu, materi ini juga aplikatif untuk guru sendiri sehingga mereka dapat menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari.
Unduh Unit Pembelajaran PKP Berbasis Zonasi Teks News Item
Teks Deskriptif
Salah satu Unit Pembelajaran yang dikembangkan adalah Unit Pembelajaran Teks Deskriptif, unit pembelajaran ini merupakan program umum Sekolah Menengah Atas (SMA) dan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) yang ada di Kurikulum 2013.
Unit Pembelajaran Teks Deskriptif ini, penyusunannya didasarkan pada Kompetensi Dasar (KD) di Kurikulum 2013. Pembahasaan teks deskriptif tersebut menjadikan informasi yang terkait tempat wisata dan bangunan bersejarah terkenal sebagai kajian utamanya.
Teks Eksplanasi
Unit ini disusun sebagai salah satu alternatif sumber bahan ajar bagi guru untuk memahami teks eksplanasi. Melalui pembahasan materi yang terdapat pada unit ini, guru dapat memiliki dasar pengetahuan untuk mengajarkan materi yang sama ke peserta didik yang disesuaikan dengan indikator yang telah disusun terutama dalam memfasilitasi kemampuan bernalar peserta didik. Selain itu, materi ini juga aplikatif untuk guru sendiri sehingga dapat menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari.
Unduh Unit Pembelajaran PKP Berbasis Zonasi Teks Eksplanasi
Teks Prosedur.
Unit ini disusun sebagai salah satu aternatif sumber bahan ajar bagi guru untuk memahami materi tentang Teks Prosedur. Melalui pembahasan materi yang terdapat pada unit ini, guru dapat memiliki dasar pengetahuan untuk mengajarkan materi yang sama ke peserta didiknya yang disesuaikan dengan indikator yang telah disusun, dan terutama dalam memfasilitasi kemampuan bernalar peserta didik. Selain itu, materi ini juga aplikatif untuk guru sendiri sehingga mereka dapat menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari.
Unduh Unit Pembelajaran PKP Berbasis Zonasi Teks Prosedur.
Grammar In Use
Unit ini disusun sebagai salah satu alternatif sumber bahan ajar bagi guru untuk memahami topik Grammar in Use pada sebuah teks bahasa Inggris, baik itu transaksional maupun interpersonal, lisan maupun tulis. Melalui pembahasan materi yang terdapat pada unit ini, guru dapat memiliki dasar pengetahuan untuk mengajarkan materi yang sama ke peserta didiknya yang disesuaikan dengan indikator yang telah disusun, dan terutama dalam memfasilitasi kemampuan bernalar peserta didik. Selain itu, materi ini juga aplikatif untuk guru dan peserta didik sendiri, sehingga mereka dapat menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari.
Unduh Unit Pembelajaran PKP Berbasis Zonasi Grammar In Use
Teks Khusus
Unit ini disusun sebagai salah satu aternatif sumber bahan ajar bagi guru untuk memahami materi teks khusus dalam bentuk undangan resmi, surat pribadi, surat lamaran kerja, dan teks penyerta gambar (caption). Melalui pembahasan materi yang terdapat pada unit ini, guru dapat memiliki dasar pengetahuan untuk mengajarkan materi yang sama ke peserta didiknya yang disesuaikan dengan indikator yang telah disusun, dan terutama dalam memfasilitasi kemampuan bernalar peserta didik. Selain itu, materi ini juga aplikatif untuk guru sendiri sehingga mereka dapat menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari.
Program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB) melalui Peningkatan Kompetensi Pembelajaran (PKP) Berbasis Zonasi. Peningkatan Kompetensi Pembelajaran merupakan salah satu upaya Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan (Ditjen GTK) dalam meningkatkan kualitas pembelajaran yang berfokus pada upaya mencerdaskan peserta didik melalui pembelajaran berorientasi keterampilan berpikir tingkat tinggi. Program berbasis zonasi ini dilakukan mengingat luasnya wilayah Indonesia dan kualitas pendidikan yang belum merata, sehingga peningkatan pendidikan dapat berjalan secara masif, merata, dan tepat sasaran.
Paket unit pembelajaran ini dikembangkan mengikuti arah kebijakan Kemendikbud yang menekankan pada pembelajaran berorientasi pada keterampilan berpikir tingkat tinggi atau higher order thinking skills (HOTS). Keterampilan berpikir tingkat tinggi adalah proses berpikir kompleks dalam menguraikan materi, membuat kesimpulan, membangun representasi, menganalisis, dan membangun hubungan dengan melibatkan aktivitas mental yang paling dasar. Sasaran Program PKB melalui PKP berbasis zonasi ini adalah seluruh guru di wilayah NKRI yang tergabung dalam komunitas guru sesuai bidang tugas yang diampu di wilayahnya masing-masing. Komunitas guru dimaksud meliputi kelompok kerja guru (KKG), Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP), dan Musyawarah Guru Bimbingan Konseling (MGBK).
Paket Unit Pembelajaran Program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB) melalui Peningkatan Kompetensi Pembelajaran (PKP) Berbasis Zonasi ini dapat diselesaikan. Paket Unit Pembelajaran ini disusun berdasarkan analisis Standar Kompetensi Lulusan, Standar Isi, Standar Proses, dan Standar Penilaian serta analisis Ujian Nasional (UN).
Hasil UN tahun 2018 menunjukkan bahwa peserta didik masih lemah dalam keterampilan berpikir tingkat tinggi (higher order thinking skills) seperti menganalisis, mengevaluasi, dan mengkreasi. Hasil tersebut ternyata selaras dengan capaian PISA (Programme for International Student Assessment) maupun TIMSS (Trends in International Mathematics and Science Study). Oleh karena itu, perserta didik harus dibiasakan dengan pembelajaran dan soalsoal yang berorientasi kepada keterampilan berpikir tingkat tinggi agar meningkat kemampuan berpikir kritisnya.
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan (Ditjen GTK), berupaya meningkatkan kualitas pembelajaran yang bermuara pada peningkatan kualitas lulusan peserta didik dengan Program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB) melalui Peningkatan Kompetensi Pembelajaran (PKP) Berbasis Zonasi. Program ini dikembangkan dengan menekankan pembelajaran yang berorientasi pada keterampilan berpikir tingkat tinggi.
Paket unit pembelajaran ini dikembangkan mengikuti arah kebijakan Kemendikbud yang menekankan pada pembelajaran berorientasi pada keterampilan berpikir tingkat tinggi atau higher order thinking skills (HOTS). Keterampilan berpikir tingkat tinggi adalah proses berpikir kompleks dalam menguraikan materi, membuat kesimpulan, membangun representasi, menganalisis, dan membangun hubungan dengan melibatkan aktivitas mental yang paling dasar. Sasaran Program PKB melalui PKP berbasis zonasi ini adalah seluruh guru di wilayah NKRI yang tergabung dalam komunitas guru sesuai bidang tugas yang diampu di wilayahnya masing-masing. Komunitas guru dimaksud meliputi kelompok kerja guru (KKG), Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP), dan Musyawarah Guru Bimbingan Konseling (MGBK).
Paket Unit Pembelajaran Program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB) melalui Peningkatan Kompetensi Pembelajaran (PKP) Berbasis Zonasi ini dapat diselesaikan. Paket Unit Pembelajaran ini disusun berdasarkan analisis Standar Kompetensi Lulusan, Standar Isi, Standar Proses, dan Standar Penilaian serta analisis Ujian Nasional (UN).
Hasil UN tahun 2018 menunjukkan bahwa peserta didik masih lemah dalam keterampilan berpikir tingkat tinggi (higher order thinking skills) seperti menganalisis, mengevaluasi, dan mengkreasi. Hasil tersebut ternyata selaras dengan capaian PISA (Programme for International Student Assessment) maupun TIMSS (Trends in International Mathematics and Science Study). Oleh karena itu, perserta didik harus dibiasakan dengan pembelajaran dan soalsoal yang berorientasi kepada keterampilan berpikir tingkat tinggi agar meningkat kemampuan berpikir kritisnya.
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan (Ditjen GTK), berupaya meningkatkan kualitas pembelajaran yang bermuara pada peningkatan kualitas lulusan peserta didik dengan Program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB) melalui Peningkatan Kompetensi Pembelajaran (PKP) Berbasis Zonasi. Program ini dikembangkan dengan menekankan pembelajaran yang berorientasi pada keterampilan berpikir tingkat tinggi.
Untuk meningkatkan efisiensi, efektivitas, dan pemerataan mutu pendidikan, maka pelaksanaan Program PKP dilakukan dengan mempertimbangkan aspek kewilayahan (Zonasi). Melalui zonasi ini, pengelolaan komunitas guru seperti Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) SMA/SMK dan SLB, dan Musyawarah Guru Bimbingan Konseling (MGBK) dilaksanakan dengan memperhatikan keragaman mutu pendidikan.
Teks Naratif (Legends)
Unit Pembelajaran ini disusun sebagai salah satu alternatif sumber bahan ajar bagi guru untuk memahami topik klasifikasi benda dan makhluk hidup. Melalui pembahasan materi yang terdapat pada unit ini, guru dapat memiliki dasar pengetahuan untuk mengajarkan materi yang sama dan/atau yang sejenis ke peserta didiknya yang disesuaikan dengan indikator yang telah disusun, dan terutama dalam memfasilitasi kemampuan bernalar peserta didik. Selain itu, materi ini juga aplikatif untuk guru sehingga dapat menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari.
Unduh Unit Pembelajaran PKP Berbasis Zonasi Teks Naratif (Legends).
Teks Eksposisi (Analytical)
Unit ini disusun sebagai salah satu alternatif sumber bahan ajar bagi guru untuk memahami topik teks eksposisi baik analitik maupun hortatori. Melalui pembahasan materi yang terdapat pada unit ini, guru dapat memiliki dasar pengetahuan untuk mengajarkan materi yang sama ke peserta didiknya yang disesuaikan dengan indikator yang telah disusun, dan terutama dalam memfasilitasi kemampuan bernalar peserta didik. Selain itu, materi ini juga aplikatif untuk guru sendiri sehingga mereka dapat menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari.
Unduh Unit Pembelajaran PKP Berbasis Zonasi Teks Eksposisi (Analytical)
Teks Recount
Topik Teks Recount di SMA merupakan salah satu materi prioritas yang harus dilaksanakan dalam pembelajaran mengingat materi ini selalu diujikan dalam Ujian Nasional (UN) dari tahun ke tahun. Unit ini diharapkan dapat menjadi alternatif sumber bahan ajar bagi guru dalam pembelajaran Teks Recount. Melalui pembahasan materi yang terdapat pada unit ini, guru dapat memiliki dasar pengetahuan untuk mengajarkan materi yang sama ke peserta didik yang disesuaikan dengan indikator yang telah disusun. Selain itu pembelajaran yang telah disusun diharapkan dapat memfasilitasi kemampuan bernalar peserta didik dan mampu menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari.
Unduh Unit Pembelajaran PKP Berbasis Zonasi Teks Recount
Teks News Item
Unit ini disusun sebagai salah satu alternatif sumber bahan ajar bagi guru untuk memahami materi pembelajaran teks news item. Melalui pembahasan materi yang terdapat pada unit ini, guru dapat memiliki dasar pengetahuan untuk mengajarkan materi yang sama kepada peserta didiknya yang disesuaikan dengan indikator yang telah disusun, dan terutama dalam memfasilitasi kemampuan bernalar peserta didik. Selain itu, materi ini juga aplikatif untuk guru sendiri sehingga mereka dapat menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari.
Unduh Unit Pembelajaran PKP Berbasis Zonasi Teks News Item
Teks Deskriptif
Salah satu Unit Pembelajaran yang dikembangkan adalah Unit Pembelajaran Teks Deskriptif, unit pembelajaran ini merupakan program umum Sekolah Menengah Atas (SMA) dan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) yang ada di Kurikulum 2013.
Unit Pembelajaran Teks Deskriptif ini, penyusunannya didasarkan pada Kompetensi Dasar (KD) di Kurikulum 2013. Pembahasaan teks deskriptif tersebut menjadikan informasi yang terkait tempat wisata dan bangunan bersejarah terkenal sebagai kajian utamanya.
Unduh Unit Pembelajaran PKP Berbasis Zonasi Teks Deskriptif
Teks Eksplanasi
Unit ini disusun sebagai salah satu alternatif sumber bahan ajar bagi guru untuk memahami teks eksplanasi. Melalui pembahasan materi yang terdapat pada unit ini, guru dapat memiliki dasar pengetahuan untuk mengajarkan materi yang sama ke peserta didik yang disesuaikan dengan indikator yang telah disusun terutama dalam memfasilitasi kemampuan bernalar peserta didik. Selain itu, materi ini juga aplikatif untuk guru sendiri sehingga dapat menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari.
Unduh Unit Pembelajaran PKP Berbasis Zonasi Teks Eksplanasi
Teks Prosedur.
Unit ini disusun sebagai salah satu aternatif sumber bahan ajar bagi guru untuk memahami materi tentang Teks Prosedur. Melalui pembahasan materi yang terdapat pada unit ini, guru dapat memiliki dasar pengetahuan untuk mengajarkan materi yang sama ke peserta didiknya yang disesuaikan dengan indikator yang telah disusun, dan terutama dalam memfasilitasi kemampuan bernalar peserta didik. Selain itu, materi ini juga aplikatif untuk guru sendiri sehingga mereka dapat menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari.
Unduh Unit Pembelajaran PKP Berbasis Zonasi Teks Prosedur.
Grammar In Use
Unit ini disusun sebagai salah satu alternatif sumber bahan ajar bagi guru untuk memahami topik Grammar in Use pada sebuah teks bahasa Inggris, baik itu transaksional maupun interpersonal, lisan maupun tulis. Melalui pembahasan materi yang terdapat pada unit ini, guru dapat memiliki dasar pengetahuan untuk mengajarkan materi yang sama ke peserta didiknya yang disesuaikan dengan indikator yang telah disusun, dan terutama dalam memfasilitasi kemampuan bernalar peserta didik. Selain itu, materi ini juga aplikatif untuk guru dan peserta didik sendiri, sehingga mereka dapat menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari.
Unduh Unit Pembelajaran PKP Berbasis Zonasi Grammar In Use
Teks Khusus
Unit ini disusun sebagai salah satu aternatif sumber bahan ajar bagi guru untuk memahami materi teks khusus dalam bentuk undangan resmi, surat pribadi, surat lamaran kerja, dan teks penyerta gambar (caption). Melalui pembahasan materi yang terdapat pada unit ini, guru dapat memiliki dasar pengetahuan untuk mengajarkan materi yang sama ke peserta didiknya yang disesuaikan dengan indikator yang telah disusun, dan terutama dalam memfasilitasi kemampuan bernalar peserta didik. Selain itu, materi ini juga aplikatif untuk guru sendiri sehingga mereka dapat menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari.