PKP 2019. Soal post test pkp berbasis zonasi, soal post test pkp, sim gpo, alasan kebijakan program pkp berbasis zonasi adalah, best practice pkp, best practice, laporan best practice pkp. materi pkp 2019, pkp guru, best practice pkp, best practice, materi pkp berbasis zonasi, sim pkp, contoh best practice pkp, contoh best practice, sim pkb laporan best practice pkp, soal post test pkp, contoh best practice pkp matematika smp, contoh laporan best practice pkp matematika, simpkb, soal post test pkp berbasis zonasi, alasan kebijakan program pkp berbasis zonasi adalah, sim gpo, tujuan pkp berbasis zonasi.
Program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan melalui Peningkatan Kompetensi Pembelajaran Berbasis Zonasi merupakan salah satu upaya Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan melalui Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan (Ditjen GTK) untuk meningkatkan kualitas pembelajaran dan meningkatkan kualitas lulusan. Program ini dikembangkan mengikuti arah kebijakan Kemendikbud yang menekankan pada pembelajaran berorientasi pada keterampilan berpikir tingkat tinggi atau Higher Order Thinking Skills (HOTS). Keterampilan berpikir tingkat tinggi adalah proses berpikir kompleks dalam menguraikan materi, membuat kesimpulan, membangun representasi, menganalisis dan membangun hubungan dengan melibatkan aktivitas mental yang paling dasar yang sebaiknya dimiliki oleh seorang guru professional.
Guru profesional memegang peranan yang
sangat penting dalam menentukan prestasi peserta didik. Penelitian
menunjukkan bahwa 30% prestasi peserta didik ditentukan oleh faktor guru.
Dengan demikian maka guru harus senantiasa meng-update dirinya dengan melakukan pengembangan keprofesian berkelanjutan. Jika
program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB) yang dikembangkan
oleh Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan sebelumnya
didasarkan pada hasil Uji Kompetensi Guru, berfokus pada peningkatan
kompetensi guru khususnya kompetensi pedagogi dan profesional, maka Program
Peningkatan Kompetensi Pembelajaran Berbasis Zonasi lebih berfokus pada upaya memintarkan peserta didik melalui pembelajaran
berorientasi keterampilan berpikir tingkat tinggi. Berbasis zonasi ini
dilakukan mengingat luasnya wilayah Indonesia. Zonasi diperlukan guna
memperhatikan keseimbangan dan keragaman mutu pendidikan di
lingkungan terdekat, sehingga peningkatan pendidikan dapat berjalan secara masif
dan tepat sasaran.
Baca Juga :
Unit Pembelajaran yang sudah tersusun
diharapkan dapat meningkatkan pembelajaran. Unit Pembelajaran yang
dikembangkan dikhususkan untuk Pendidikan Dasar yang dalam hal ini
akan melibatkan KKG SD dan MGMP SMP. Kami ucapkan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada seluruh tim penyusun yang berasal dari PPPPTK, LPMP, maupun Perguruan Tinggi dan berbagai pihak yang telah
bekerja keras dan berkontribusi positif dalam mewujudkan penyelesaian Unit
Pembelajaran ini.
Unit Pembelajaran Program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan melalui Peningkatan Kompetensi Pembelajaran Berbasis Zonasi. Unit Pembelajaran ini
disusun berdasarkan analisis Standar Kompetensi Lulusan, Kompetensi Inti
dan Kompetensi Dasar, serta analisis soal-soal Ujian Nasional maupun Ujian
Sekolah Berstandar Nasional (USBN). UN dan USBN merupakan bagian yang
tidak dapat dipisahkan dari sistem pendidikan nasional. UN adalah sistem
evaluasi standar pendidikan dasar dan menengah secara nasional dan persamaan
mutu tingkat pendidikan antar daerah yang dilakukan oleh Pusat
Penilaian Pendidikan. Hasil pengukuran capaian siswa berdasar UN ternyata
selaras dengan capaian PISA maupun TIMSS. Hasil UN tahun 2018 menunjukkan bahwa siswa-siswa masih lemah dalam keterampilan berpikir tingkat
tinggi (Higher Order Thinking Skills) seperti menalar, menganalisis, dan
mengevaluasi. Oleh karena itu siswa harus dibiasakan dengan soal-soal dan
pembelajaran yang berorientasi kepada keterampilan berpikir tingkat tinggi
(Higher Order Thinking Skills) agar terdorong kemampuan berpikir
kritisnya. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan
melalui Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan (Ditjen GTK)
meningkatkan kualitas pembelajaran yang bermuara pada peningkatan
kualitas siswa melalui Program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan
melalui Peningkatan Kompetensi Pembelajaran (PKP) Berbasis Zonasi.
Program ini dikembangkan dengan menekankan pembelajaran yang
berorientasi pada Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi atau Higher Order
Thinking Skills (HOTS).
Untuk meningkatkan efisiensi,
efektivitas, serta pemerataan mutu pendidikan, maka pelaksanaan Program PKP
mempertimbangkan pendekatan kewilayahan, atau dikenal dengan
istilah zonasi. Melalui langkah ini, pengelolaan Pusat Kegiatan Guru (PKG)
TK, kelompok kerja guru (KKG) SD dan musyawarah guru mata pelajaran
(MGMP) SMP yang selama ini dilakukan melalui Gugus atau Rayon dalam
zonasinya, dapat terintegrasi melalui zonasi pengembangan dan pemberdayaan guru.
Zonasi memperhatikan keseimbangan dan keragaman mutu
pendidikan di lingkungan terdekat, seperti status akreditasi sekolah,
nilai kompetensi guru, capaian nilai rata-rata UN/USBN sekolah, atau pertimbangan
mutu lainnya. Semoga Unit Pembelajaran ini bisa
menginspirasi guru untuk mengembangkan materi dan melaksanakan
pembelajaran dengan berorientasi pada kemampuan berpikir
tingkat tinggi.
Unduh Materi PKP 2019 SMP
Materi PKP 2019 IPS SMP. Unduh
Materi PKP 2019 IPA SMP. Unduh
Materi PKP 2019 MATEMATIKA SMP. Unduh
Materi PKP 2019 Bahasa Indonesia SMP. Unduh
Materi PKP 2019 Bahasa Inggris SMP. Unduh
Materi PKP 2019 Bimbingan Konseling/BK SMP. Unduh
Materi PKP 2019 PKn/PPKN SMP. Unduh
Materi PKP 2019 Seni Budaya SMP. Unduh
Materi PKP 2019 PJOK SMP. Unduh
Materi PKP 2019 Informatika SMP. Unduh
Materi PKP 2019 Penilaian HOTS. Unduh
Materi PKP 2019 Pembelajaran HOTS. Unduh
Demikian Materi PKP SMP Tahun 2019, IKUTI BLOG Kami Supaya Tidak Ketinggalan Artikel-artikel menarik Lainnya, Khususnya tentang Materi-materi Lengkap Lainnya. Terima Kasih Telah Berkunjung di Blog Kami. Salam Sukses Untuk Guru Indonesia.
Jangan Lupa Berdoa. Semoga Bermanfaat.