KD 3.4 dan 4.4
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan : SMA/MA/SMK/MAK
Mata Pelajaran : FISIKA
Kelas /Semester : X/Ganjil
Materi Pokok : Gerak lurus
Tahun Pelajaran : 2019/2020
Alokasi Waktu : 12 JP ( 4 Pertemuan)
A. Kompetensi Inti:
KI SPIRITUAL (KI 1) DAN KI SOSIAL (KI 2)
Kompetensi Sikap Spiritual yang ditumbuhkembangkan melalui keteladanan, pembiasaan, dan budaya sekolah dengan memperhatikan karakteristik mata pelajaran, serta kebutuhan dan kondisi peserta didik, yaitu berkaitan dengan kemampuan menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya. Sedangkan pada Kompetensi Sikap Sosial berkaitan dengan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, kerjasama, responsive (kritis),pro-aktif (kreatif) dan percaya diri, serta dapat berkomunikasi dengan baik.
KI PENGETAHUAN (KI 3)
KI3: Memahami ,menerapkan, dan menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingintahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
KI KETERAMPILAN (KI 4)
KI4: Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, bertindak secara efektif dan kreatif, serta mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan
B. Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK)
Kompetensi Dasar (KD)
3.4 Menganalisis besaran-besaran fisis pada gerak lurus dengan kecepatan konstan (tetap) dan gerak lurus dengan percepatan konstan (tetap) berikut makna fisisnya
4.4 Menyajikan data dan grafik hasil percobaan untuk menyelidiki sifat gerak benda yang bergerak lurus dengan kecepatan konstan (tetap) dan bergerak lurus dengan percepatan konstan (tetap) berikut makna fisisnya
Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK)
3.4.1 Mengamati dan mengidentifikasi benda di sekitar yang bergerak lurus.
3.4.2 Menentukan perpindahan, jarak, kecepatan dan laju.
3.4.3 Menentukan percepatan, dan perlambatan benda bergerak.
3.4.4 Mengidentifikasi besaran dalam gerak lurus beraturan.
3.4.5 Mengidentifikasi besaran-besaran dalam gerak lurus berubah beraturan.
3.4.6 Mengamati Gerak jatuh bebas dan gerak vertikal ke atas.
3.4.7 Mengamati dan mengidentivikasi benda disekitar yang bergerak lurus.
4.4.1 Melakukan percobaan gerak lurus dengan kecepatan dan percepatan tetap menggunakan kereta misalnya mobil mainan, troly.
4.4.2 Mempresentasikan hasil percobaan benda yang bergerak lurus dengan kecepatan tetap dan gerak lurus dengan percepatan tetap dalam bentuk grafik
Nilai Karakter
Religius
Mandiri
Gotong royong
Kejujuran
Kerja keras
Percaya diri
Kerjasama
C. Tujuan Pembelajaran
Melalui kegiatan pembelajaran menggunakan model Discovery Learning yang dipadukan dengan metode mind mapping, teknik ATM, dan pendekatan saintifik yang menuntun peserta didik untuk mengamati (membaca) permasalahan, menuliskan penyelesaian dan mempresentasikan hasilnya di depan kelas, Selama dan setelah mengikuti proses pembelajaran ini peserta didik diharapkan dapat :
1. Mengamati dan mengidentifikasi benda di sekitar yang bergerak lurus.
2. Menentukan perpindahan, jarak, kecepatan dan laju.
3. Menentukan percepatan, dan perlambatan benda bergerak.
4. Mengidentifikasi besaran dalam gerak lurus beraturan.
5. Mengidentifikasi besaran-besaran dalam gerak lurus berubah beraturan.
6. Mengamati Gerak jatuh bebas dan gerak vertikal ke atas.
7. Mengamati dan mengidentivikasi benda disekitar yang bergerak lurus.
dengan rasa rasa ingin tahu, tanggung jawab, displin selama proses pembelajaran, bersikap jujur, santun, percaya diri dan pantang menyerah, serta memiliki sikap responsif (berpikir kritis) dan pro-aktif (kreatif), serta mampu berkomukasi dan bekerjasama dengan baik
Fokus nilai-nilai sikap:
Kejujuran,
Kedisiplinan
Kepedulian dan
Tanggung jawab
Untuk selengkapnya dapat di unduh dibawah ini :
RPP Materi Gerak Lurus Fisika Kelas X K13 Revisi 2018 Unduh Gratis
Terima Kasih Sudah Berkunjung.
Salam Guru Indonesia