RPP BAHASA INGGRIS REVISI KELAS XI SMA/SMK SEMESTER 1 2020/2021
Materi Pokok : Personal Letter
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Satuan Pendidikan : ………………….
Mata Pelajaran : Bahasa Inggris
Kelas / Semester : XI/ Ganjil
Materi Pokok : Personal Letter
A. KOMPETENSI
INTI:
KI 1: Memahami,
menerapkan, dan menganalisis pengetahuan faktual, konseptual,prosedural, dan metakognitif berdasarkan rasa
ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora
dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan,
kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta
menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai
dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
KI 2: Mengolah,
menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan
pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, bertindak
secara efektif dan kreatif, serta mampu menggunakan metoda sesuai kaidah
keilmuan.
B. KOMPETENSI DASAR:
3.16. Menganalisis fungsi sosial, struktur
teks, dan unsur kebahasaan dari teks surat pribadi, sesuai dengan
konteks penggunaannya.
4.23. Menangkap makna teks surat pribadi.
4.24. Menyusun teks surat pribadi, dengan
memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan
sesuai konteks
C. INDIKATOR :
Memahami contoh personal letter
Memahami struktur kebahasaan dalam membuat personal
letter
Mampu membuat personal letter
Mampu menganilisis personal letter dengan memperhatikan fungsi sosial, ungkapan dan unsur
kebahasaan yang benar dan sesuai dengan kontek.
D. TUJUAN PEMBELAJARAN
1. Peserta didik mampu Menganalisis fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan dari teks surat pribadi, sesuai dengan konteks penggunaannya.
2. Peserta didik mampu menangkap makna teks surat pribadi.
3. Peserta didik mampu Menyusun teks surat pribadi, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks.
E. MATERI PEMBELAJARAN
A. Types of letter
Personal Letter
Some useful expressions for letter writing.
a. Gratitude:
- I’m just writing to thank you for …..
- It was very kind of you …..
- Thanks very much of …..
- I am very grateful for …..
1. Peserta didik mampu Menganalisis fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan dari teks surat pribadi, sesuai dengan konteks penggunaannya.
2. Peserta didik mampu menangkap makna teks surat pribadi.
3. Peserta didik mampu Menyusun teks surat pribadi, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks.
E. MATERI PEMBELAJARAN
A. Types of letter
Personal Letter
Some useful expressions for letter writing.
a. Gratitude:
- I’m just writing to thank you for …..
- It was very kind of you …..
- Thanks very much of …..
- I am very grateful for …..
b. Giving advice
- Well, I thought about it and if I were you, I would ….
- have you thought about ……
- I think you shouldn’t ….
c. Delivering good news
- I am sure you will be happy to hear that….
- OMG!!! You will never guess what happened
- I am totally ecstatic to hear that…
d. delivering bad news
- I am sorry but I have to tell you …
- I am extremely sorry that ….
e. Asking for help
- I wonder if you could help me
- I hope it’s not too much to ask that …
f. Aplogizing
- I would like to apologize for…
- I am sorry that….
B. Structure of personal letter
- Date: Date when the letter is written
- Address: place where you are writing from
- Salutation & name: Greeting and the persons name you are writing to
- Introduction: The opening of the letter usually starts with “how are you?”
- Body: The main part of letter.
- Closure: the part indicates the letter is going to end.
- Complimentary close: Short expression like :love you” sincerely yours”, “love”
- Signature
E. METODE PEMBELAJARAN
· Metode: scientific
· Strategi: Menyimak, diskusi, penugasan individu dan kelompok
F. MEDIA, ALAT DAN SUMBER PEMBELAJARAN
1. Media
- Rekaman untuk listening
- Gambar
- Well, I thought about it and if I were you, I would ….
- have you thought about ……
- I think you shouldn’t ….
c. Delivering good news
- I am sure you will be happy to hear that….
- OMG!!! You will never guess what happened
- I am totally ecstatic to hear that…
d. delivering bad news
- I am sorry but I have to tell you …
- I am extremely sorry that ….
e. Asking for help
- I wonder if you could help me
- I hope it’s not too much to ask that …
f. Aplogizing
- I would like to apologize for…
- I am sorry that….
B. Structure of personal letter
- Date: Date when the letter is written
- Address: place where you are writing from
- Salutation & name: Greeting and the persons name you are writing to
- Introduction: The opening of the letter usually starts with “how are you?”
- Body: The main part of letter.
- Closure: the part indicates the letter is going to end.
- Complimentary close: Short expression like :love you” sincerely yours”, “love”
- Signature
E. METODE PEMBELAJARAN
· Metode: scientific
· Strategi: Menyimak, diskusi, penugasan individu dan kelompok
F. MEDIA, ALAT DAN SUMBER PEMBELAJARAN
1. Media
- Rekaman untuk listening
- Gambar
2. Alat/ Bahan
- loud speaker laptop
- Computer
- LCD
3. Sumber Belajar
- Majalah
- Internet
G. LANGKAH – LANGKAH PEMBELAJARAN
- loud speaker laptop
- Computer
- LCD
3. Sumber Belajar
- Majalah
- Internet
G. LANGKAH – LANGKAH PEMBELAJARAN
Pertemuan 1
a. Kegiatan Pendahuluan
a. Kegiatan Pendahuluan
Guru mengecek kesiapan siswa belajar baik secara
fisik maupun psikologis.
Guru menanyakan pengalaman peserta didik dalam
berbahasa inggris
Guru menjelaskan tujuan pembelajaran atau kompetensi
yang akan dicapai.
Guru mengaitkan materi yang akan dipelajari
peserta didik dengan pengetahuan yang sudah dimiliki Sebelumnya.
Peserta didik memperhatikan contoh berbagai surat yang diberikan oleh guru dari berbagai sumber.
b. Kegiatan inti
Mengamati
Peserta didik dibagi menjadi beberapa kelompok.
Peserta didik memperhatikan contoh berbagai surat yang diberikan oleh guru dari berbagai sumber.
Peserta didik mengamati contoh personal letter dan mencari expressions yang ada dalam surat tersebut.
Peserta didik mendiskusikan expressions for personal letter.
Menanya
Peserta didik mempertanyakan berbagai macam expressions yang ada dalam personal letter.
C. Kegiatan Penutup
-Peserta didik mempresentasikan hasil diskusi
- Peserta didik beserta guru menyimpulkan hasil pembelajaran yang telah diterima
Pertemuan ke 2
a. Kegiatan Pendahuluan
Guru mengecek kesiapan siswa belajar baik secara fisik maupun psikologis.
Guru menanyakan pengalaman peserta didik dalam berbahasa inggris
Guru menjelaskan tujuan pembelajaran atau kompetensi yang akan dicapai.
Guru mengaitkan materi yang akan dipelajari peserta didik dengan pengetahuan yang sudah dimiliki Sebelumnya.
Peserta didik memperhatikan contoh berbagai surat yang diberikan oleh guru dari berbagai sumber.
Peserta didik memperhatikan contoh berbagai surat yang diberikan oleh guru dari berbagai sumber.
b. Kegiatan inti
Mengamati
Peserta didik dibagi menjadi beberapa kelompok.
Peserta didik memperhatikan contoh berbagai surat yang diberikan oleh guru dari berbagai sumber.
Peserta didik mengamati contoh personal letter dan mencari expressions yang ada dalam surat tersebut.
Peserta didik mendiskusikan expressions for personal letter.
Menanya
Peserta didik mempertanyakan berbagai macam expressions yang ada dalam personal letter.
C. Kegiatan Penutup
-Peserta didik mempresentasikan hasil diskusi
- Peserta didik beserta guru menyimpulkan hasil pembelajaran yang telah diterima
Pertemuan ke 2
a. Kegiatan Pendahuluan
Guru mengecek kesiapan siswa belajar baik secara fisik maupun psikologis.
Guru menanyakan pengalaman peserta didik dalam berbahasa inggris
Guru menjelaskan tujuan pembelajaran atau kompetensi yang akan dicapai.
Guru mengaitkan materi yang akan dipelajari peserta didik dengan pengetahuan yang sudah dimiliki Sebelumnya.
Peserta didik memperhatikan contoh berbagai surat yang diberikan oleh guru dari berbagai sumber.
b. Kegiatan inti
Guru membagi peserta didik menjadi beberapa kelompok
Peserta didik mengamati contoh personal letter dan menganalisa isi dari personal letter.misal dari unsure kebahasaan dan structure personal letter.
Menanya:
Peserta didik menanyakan structure personal letter.
Peserta didik membuat personal letter secara individu dan dikumpulkan melalui email.
c. Kegiatan Penutup
Peserta didik dengan bimbingan guru menyimpulkan pembelajaran hari itu
Guru memberikan umpan balik pembelajaran
Guru menyampaikan rencana pembelajaran untuk pertemuan berikutnya.
H. PENILAIAN
1. Jenis/teknik penilaian
Jenis/Teknik Penilaian
Sikap (melalui rubric pengamatan sikap selama pembelajaran)
Pengetahuan: tes tertulis
Keterampilan: reading aloud, keterampilan mengembangkan draf, project.
Guru membagi peserta didik menjadi beberapa kelompok
Peserta didik mengamati contoh personal letter dan menganalisa isi dari personal letter.misal dari unsure kebahasaan dan structure personal letter.
Menanya:
Peserta didik menanyakan structure personal letter.
Peserta didik membuat personal letter secara individu dan dikumpulkan melalui email.
c. Kegiatan Penutup
Peserta didik dengan bimbingan guru menyimpulkan pembelajaran hari itu
Guru memberikan umpan balik pembelajaran
Guru menyampaikan rencana pembelajaran untuk pertemuan berikutnya.
H. PENILAIAN
1. Jenis/teknik penilaian
Jenis/Teknik Penilaian
Sikap (melalui rubric pengamatan sikap selama pembelajaran)
Pengetahuan: tes tertulis
Keterampilan: reading aloud, keterampilan mengembangkan draf, project.
Download RPP Personal Letter