Soal Bahasa Indonesia Kelas X SMK Semester 2 BAB 12

Soal Bahasa Indonesia SMK Kelas X Semester 2 BAB 12 Materi Kegemaran Sub Materi Mengungkapkan Kembali Teks yang Telah Dibaca dan Menyusun Parafrasa dari Teks Tertulis
Soal Bahasa Indonesia SMK Kelas X Semester 2 BAB 12 Materi Kegemaran Sub Materi Mengungkapkan Kembali Teks yang Telah Dibaca dan Menyusun Parafrasa dari Teks Tertulis

Soal Bahasa Indonesia Kelas X SMK BAB 12

A. Pilihlah salah satu jawaban yang paling benar!

1. Berikut ini adalah kegiatan parafrase, kecuali ....
a. pengintisarian sebuah teks
b. pengubahan bentuk dari tekss tertulis ke lisan
c. pengubahan bentuk dari puisi ke prosa
d. pengubahan bentuk dari prosa ke drama
e. pengubahan lagu

2. Langkah untuk membuat parafrase yang berupa ringkasan adalah sebagai berikut, kecuali ....
a. simaklah dengan tepat
b. bacalah naskah asli dengan cermat
c. temukan gagasan utama dari tiap paragraf
d. carilah kata-kata kunci tiap paragraf
e. mengadakan reproduksi

3. Nilai yang diperolehnya sangat mengecewakan. Bentuk lain dari kata yang dicetak miring adalah ....
a. baik 
b. bagus 
c. istimewa
d. cukup
e. jelek

4. Berikut ini yang bukan teknik membuat parafrasa adalah ....
a. membaca intonasi secara cermat
b. mengembangkan inti atau pokok informasi
c. pengembangan inti dapat dengan cara mencari kata atau ungkapan yang bersinonim
d. menyampaikan informasi yang sama dengan menggunakan kata atau kalimat sendiri.
e. mengubah informasi dengan pendapat sendiri

5. Proses atau hasil mengungkapkan kembali suatu tuturan dari sebuah tingkatan atau macam bahasa menjadi bentuk lain tanpa mengubah pengertian disebut ....
a. mengubah bentuk
b. alih bahasa
c. parafrasa
d. terjemahan
e. asimilasi

6. Sejak kecil Nand sudah menjadi kutu buku. Sebagaimana diungkapkan orang tuanya. Nanda kecil selalu minta dibelikan buku, terutama dongeng anak-anak. ”Kalau minta lebih,” tutur Rini. Bentuk kalimat langsung terdapat pada kalimat ....
a. 1 
b. 2 
c. 3
d. 4
e. 5

7. Zalwa mengatakan bahwa dari pelatihan itu dia mendapatkan beberapa keterampilan. Bentuk tak langsung tersebut, kalau diubah menjadi kalimat langsung adalah ....
a. Zalwa berkata,”Dari pelatihan itu dia mendapatkan beberapa keterampilan.”
b. Zalwa berkata,” Bahwa dari pelatihan itu dia mendapatkan beberapa keterampilan”
c. Zalwa berkata,” Beberapa keterampilan itu saya mendapatkan beberapa keterampilan.”
d. Zalwa berkata,” Beberapa keterampilan dia dapatkan dari pelatihan itu.”
e. Zalwa berkata,” Bahwa beberapa keterampilan dia dapatkan dari pelatihan itu.”

8. Perampok itu tewas setelah diterjang timah panas polisi.
Ungkapan timah panas pada kalimat di atas dapat diparafrasakan dengan kata ....
a. peluru 
b. pistol 
c. senjata
d. alat
e. tembakan

9. Berbagai barang diperlukan manusia. Golongan pertama untuk mempertahankan dan memupuk hidup jasmani, sandang, pangan, dan rumah. Kekurangan pada bidang ini dapat menyebabkan kegelisahan bahkan dapat mendorong untuk berbuat tidak baik. Kadang-kadang masyarakat menderita, kalau persediaan pangan tidak cukup. Suasana umm mungkin menjadi tegang dan rusuh. Maka pemerintah selalu berikhtiar agar barang kebutuhan pokok itu murah dan mudah diperoleh rakyat.
Bentuk ringkasan dari paragraf tersebut yang paling tepat adalah ....
a. sandang, pangan, dan rumah adalah kebutuhan pokok manusia
b. berbagai barang kebutuhan manusia golongan pertama untuk mempertahankan hidup
c. berbagai kebutuhan pokok murah dan mudah diperoleh rakyat
d. berbagai barang keperluan hidup manusia
e. pemerintah selalu berusaha agar barang kebutuhan pokok murah dan mudah didapat, karena sandang, pangan, dan rumah adalah kebutuhan pokok manusia

10. Arman dibelikan mobil-mobilan oleh ayahnya. Bentuk parafrasa dari mobil adalah ....
a. roda empat d. roda tiga
b. roda dua e. roda satu
c. roda enam

B. Jawablah pertanyaan-pertanyaan di bawah ini dengan benar!

1. Parafrasakan kalimat tak langsung berikut menjadi kalimat langsung!
a. Ibu mengingatkan adik agar berhati-hati di jalan.
b. Hartini mengatakan bahwa dia tidak dapat mengikuti kegiatan itu karena sedang sibu.
c. Pak Budi mengingatkan kami agar kami tetap belajar meskipun sekolah diliburkan.

2. Parafrasakan dialog berikut menjadi monolog!
Rudi : Hendak ke mana kalian?
Edi : Kami mau ke rumah Anita. Engkau mau ikut?
Rudi : Anita? Anita yang mana?
Edi : Dia kawan lamaku. Kami dulu satu sekolah.

3. Parafrasakan paragraf berikut ke dalam dua kalimat!
Bahasa problem adalah bahasa sandi, yang dipakai dan digemari oleh kalangan remaja tertentu. Bahasa prokem digunakan sebagai saranan komunikasi di antara remaja sekelompoknya selama kurun tertentu. Sarana komunikasi ini diperlukan oleh kalangan remaja untuk menyampaikan halhal yang dianggap tertutup bagi kelompok usia lain atau agar pihak lain tidak dapat mengetahui apa yang sedang dibicarakan.

4. Buatlah parafrasa yang berupa ringkasan dari paragraf berikut!
Tak dapat disangkal bahwa manfaat hutan sangat besar bagi manusia. Di dalamnya terkandung kekayaan yang melimpah dan berpotensi untuk menciptakan kemakmuran. Selain menghasilkan barang-barang material, hutan juga menghasilkan non material. Sebagai paru-paru dunia, hutan menghasilkan oksigen yang mendukung kelangsungan hidup manusia. Alapagi akhir-akhir ini muncul industri baru yang banyak menghasilkan karbondioksida. Jika jumlah kandungan karbondioksida di udara tinggi, tentu akan menganggu kelangsungan hidup penghuni dunia.

5. Parafrasakan kalimat berikut menjadi kalimat tak langsung!
a. ”Dia telah pergi?”, tanya dini, ”dengan siapa?”
b. Amandita berkata, ”Besok aku harus berangkat pagi-pagi”.
c. ”Kalian harus lebih rajin belajar”. Kata Bapak Kepala sekolah.