Soal UN IPA Fisika Kimia SMP Tahun 2020

Kumpulan Soal - Soal UN dan Pembahasan IPA Fisika Kimia SMP Tahun 2020.  Soal UN mata pelajaran IPA Fisika - Kimia SMP/MTs tahun 2019 mengukur capaian kognitif pada level pengetahuan dan pemahaman, aplikasi/penerapan, dan penalaran dalam lingkup materi: a) Pengukuran, Zat, dan Sifatnya; b) Mekanika dan Tata Surya; c) Gelombang, Listrik, dan Magnet.

Soal UN IPA Fisika Kimia SMP Tahun 2020

Berdasarkan hasil analisis Ujian Nasional IPA Fisika- Kimia SMP/MTs tahun 2019, baik soalsoal dengan level kognitif pengetahuan dan pemahaman (contoh soal nomor 1 dan 2), aplikasi yang dominan menerapkan rumus untuk menentukan besaran fisis tertentu (contoh soal nomor 3) atau soal-soal konseptual yang membutuhkan penalaran (contoh soal nomor 4) masih belum dikuasai oleh sebagian siswa.

Siswa masih mengalami kesulitan ketika berhadapan dengan soal-soal yang dilengkapi dengan tabel, gambar, diagram, dan grafik. Siswa belum terampil menginterpretasi visualisasi, mendapatkan informasi yang cukup, kemudian mengolahnya untuk menentukan variabel tertentu atau menyelesaikan permasalahan dalam kehidupan sehari-hari. Siswa lebih cenderung menyelesaikan soal dengan analisis numeris/matematis (langsung melakukan rumus dan perhitungan) dibandingkan dengan analisis konseptual secara fisis. Padahal, perhitungan matematis tersebut justru menjadi sumber kerumitan dalam penyelesaian soal, seperti contoh soal nomor 4.

Pada pembelajaran di kelas, siswa perlu dilatih keterampilan multirepresentasi, meliputi verbal (dalam bentuk kalimat), visual (gambar, bagan, diagram, tabel, grafik), simbolis (simbol, kode, lambang), dan matematis (persamaan atau formula). Keterampilan multirepresentasi akan lebih efektif jika siswa diberikan latihan atau penugasan secara rutin. Model pembelajaran yang secara utuh dapat melatihkan keterampilan multirepresentasi seperti model-model pembelajaran yang berbasis aktivitas, baik hands-on activities maupun minds-on activities. Pembelajaran juga harus didesain bersifat kontekstual dengan mengaitkan berbagai konsep yang dipelajari dengan kehidupan sehari-hari, sehingga siswa belajar konsep secara terpadu, saling dikaitkan antar konsep agar mampu menjelaskan fenomena kehidupan dan menyelesaikan permasalahan otentik/nyata. Inquiry, discovery, problem-based, dan project-based learning merupakan model-model pembelajaran yang tepat untuk diterapkan.

Soal-soal yang digunakan dalam penilaian di kelas sebaiknya tidak hanya dominan pada level pengetahuan/pemahaman dan aplikasi yang menekankan pada penggunaan rumus dan perhitungan numerik. Soal-soal dengan karakteristik tersebut hanya mengukur prosedur rutin yang tidak mendorong tumbuhnya keterampilan berpikir tingkat tinggi (higher order thinking skills). Soal tersebut sebaiknya lebih banyak mengukur kemampuan penalaran (analisis, evaluasi, kreasi) siswa.

Strategi termudah dalam mengembangkan soal penalaran adalah dengan menyajikan data dan informasi dalam bentuk tabel, gambar, dan grafik dengan konteks/stimulus yang tidak rutin sehingga siswa harus menginterpretasi visualisasi, menemukan akar permasalahan, melakukan transfer konsep untuk menyelesaikan permasalahan.

Unduh Soal Pembahasan UN IPA Fisika Kimia Tahun 2020 di bawah ini. Unduh


Download Kumpulan Soal UN SD - SMP-SMA
Format File .doc  .docx Microsoft Word dan PDF ]