Kumpulan Soal - Soal UN dan Pembahasan IPA (Biologi) SMP Tahun 2020. Lingkup materi yang diujikan pada mata pelajaran IPA-Biologi adalah (1) makhluk hidup dan lingkungannya dan (2) struktur dan fungsi makhluk hidup. Level kognitif yang diujikan meliputi pengetahuan dan pemahaman, aplikasi, dan penalaran. Sementara itu, jenis pengetahuan ilmiah yang diujikan mencakup pengetahuan faktual, konseptual, dan prosedural.
Berdasar hasil analisis Ujian Nasional Biologi SMP/MTs 2019, ditemukan bahwa sebagian siswa SMP/MTs mampu menyelesaikan soal pada level kognitif pemahaman, aplikasi, dan penalaran. Misalnya, soal nomor 1 yang berlevel pemahaman tentang ciri makhluk hidup dapat dijawab benar oleh 48% siswa, soal nomor 2 yang berlevel aplikasi mengenai fenomena interaksi makhluk hidup dapat dijawab benar oleh 55% siswa, dan soal nomor 3 yang berlevel penalaran mengenai keterkaitan sistem organ manusia dapat dijawab benar oleh 54% siswa.
Kajian hasil analisis Ujian Nasional 2019 seperti yang telah dijabarkan menunjukkan bahwa soal-soal yang mengukur level kognitif pengetahuan dan pemahaman tidak selalu lebih mudah daripada soal soal yang mengukur level kognitif yang lebih tinggi. Sebaliknya, soal-soal yang mengukur level kognitif penalaran dapat dijawab oleh lebih banyak siswa sehingga soal ini termasuk mudah. Tingkat kesukaran soal lebih dipengaruhi oleh kompleksitas dari soal.
Berdasar hasil Ujian Nasional Biologi SMP/MTs 2019 yang menunjukkan masih perlunya peningkatan kompetensi siswa secara umum, disarankan dalam proses pembelajaran, siswa dibiasakan untuk menerapkan konsep-konsep yang telah dipelajari ke dalam situasi dunia nyata atau kehidupan sehari-hari siswa. Hal tersebut dapat dilakukan melalui tanya jawab dan diskusi di akhir pembelajaran serta penugasan yang memberikan kesempatan kepada siswa mencari tahu tentang konsep-konsep tersebut dari berbagai media selain buku teks.
Penguasaan kemampuan prosedural hanya dapat dikembangkan melalui aktivitas kerja ilmiah siswa. Kemampuan menggunakan bukti ilmiah dan menjelaskan fenomena ilmiah dapat ditingkatkan melalui pengalaman melakukan percobaan, menganalisis data hasil percobaan serta menyusun penjelasan ilmiah berdasarkan hasil yang diperoleh. Praktikum yang berbentuk resep perlu mulai ditinggalkan serta mulai berubah ke arah praktikum yang bersifat inkuiri dan discovery.
Unduh Soal Pembahasan UN IPA (Biologi) Tahun 2020 di bawah ini. Unduh
Berdasar hasil analisis Ujian Nasional Biologi SMP/MTs 2019, ditemukan bahwa sebagian siswa SMP/MTs mampu menyelesaikan soal pada level kognitif pemahaman, aplikasi, dan penalaran. Misalnya, soal nomor 1 yang berlevel pemahaman tentang ciri makhluk hidup dapat dijawab benar oleh 48% siswa, soal nomor 2 yang berlevel aplikasi mengenai fenomena interaksi makhluk hidup dapat dijawab benar oleh 55% siswa, dan soal nomor 3 yang berlevel penalaran mengenai keterkaitan sistem organ manusia dapat dijawab benar oleh 54% siswa.
Kajian hasil analisis Ujian Nasional 2019 seperti yang telah dijabarkan menunjukkan bahwa soal-soal yang mengukur level kognitif pengetahuan dan pemahaman tidak selalu lebih mudah daripada soal soal yang mengukur level kognitif yang lebih tinggi. Sebaliknya, soal-soal yang mengukur level kognitif penalaran dapat dijawab oleh lebih banyak siswa sehingga soal ini termasuk mudah. Tingkat kesukaran soal lebih dipengaruhi oleh kompleksitas dari soal.
Berdasar hasil Ujian Nasional Biologi SMP/MTs 2019 yang menunjukkan masih perlunya peningkatan kompetensi siswa secara umum, disarankan dalam proses pembelajaran, siswa dibiasakan untuk menerapkan konsep-konsep yang telah dipelajari ke dalam situasi dunia nyata atau kehidupan sehari-hari siswa. Hal tersebut dapat dilakukan melalui tanya jawab dan diskusi di akhir pembelajaran serta penugasan yang memberikan kesempatan kepada siswa mencari tahu tentang konsep-konsep tersebut dari berbagai media selain buku teks.
Penguasaan kemampuan prosedural hanya dapat dikembangkan melalui aktivitas kerja ilmiah siswa. Kemampuan menggunakan bukti ilmiah dan menjelaskan fenomena ilmiah dapat ditingkatkan melalui pengalaman melakukan percobaan, menganalisis data hasil percobaan serta menyusun penjelasan ilmiah berdasarkan hasil yang diperoleh. Praktikum yang berbentuk resep perlu mulai ditinggalkan serta mulai berubah ke arah praktikum yang bersifat inkuiri dan discovery.
Unduh Soal Pembahasan UN IPA (Biologi) Tahun 2020 di bawah ini. Unduh
Download Kumpulan Soal UN SD - SMP-SMA
[ Format File .doc .docx Microsoft Word dan PDF ]