Kumpulan Soal - Soal UN dan Pembahasan Bahasa Inggris SMP Tahun 2020. Ujian Nasional (UN) mata pelajaran Bahasa Inggris pada tingkat Sekolah Menengah Pertama (SMP) pada tahun 2019 menguji kompetensi akademik siswa dengan lingkup materi fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan dengan tiga level kognitif : pengetahuan dan pemahaman, aplikasi, dan penalaran.
Adapun jenis teks-teks lisan dan tertulis melingkupi teks Interaksi transaksional/interpersonal tertulis (a.l. meminta maaf, harapan, doa, maksud, kebiasaan, keharusan). Fungsional pendek (a.l. announcement, notice, label), dan teks Descriptive, recount, narrative, procedure, serta report yang diujikan melalui keterampilan membaca.
Berdasarkan hasil analisis pengerjaan soal-soal UN SMP oleh siswa di tahun 2019, sebagian besar siswa dapat menjawab soal yang menuntut siswa menemukan ide utama dari sebuah paragraf yang bersifat tersurat. Ide utama sering ditemukan pada awal atau kalimat pertama dari paragraf/penggalan teks yang pendek (Contoh soal pengetahuan 1.1). Sedangkan menemukan rincian deskripsi yang bersifat tersurat masih dirasakan sulit oleh sebagian besar siswa meski informasi tersebut dinyatakan secara eksplisit dalam teks (contoh soal pengetahuan 1.2). Namun untuk keterampilan menemukan persamaan kata atau sinonim, siswa relatif lebih mudah untuk mengerjakan untuk kosakata yang sifatnya umum atau kerap digunakan (contoh soal pengetahuan 2).
Untuk keterampilan aplikatif penggunaan kosakata dalam unsur kebahasaan belum dikuasai oleh sebagian besar siswa (contoh soal aplikasi 1 dan 2). Seperti penggunaan preposisi dan kata sambung, masih ada siswa yang mengalami kesulitan. Begitu pula untuk soal-soal yang membutuhkan kemampuan menalar atau mencari informasi yang sifatnya tersirat dalam teks, sebagian besar siswa masih mengalami kesulitan. Bagaimana siswa dapat menemukan persamaan kata yang sesuai dengan konteks di dalam teks, menjadi tantangan untuk siswa karena perlu pemahaman teks yang baik dan juga pembendaharaan kata yang memadai (contoh soal penalaran 1).
Selain itu, kemampuan siswa untuk dapat menangkap pesan atau memprediksi akibat dari sebuah teks juga masih cukup rendah (contoh soal penalaran 2). Untuk jenis soal ini bukan hanya keterampilan berbahasa, tapi juga kemampuan memprediksi dan mengaitkannya dengan fungsi sosial sesuai konteks menjadi tuntutan kompetensi yang harus dikuasai siswa. Pembelajaran harus memfasilitasi siswa memperoleh keterampilan berkomunikasi dalam bahasa Inggris serta kemampuan menangkap makna teks lisan (listening) dan tulis (reading) serta menyusun teks lisan (speaking) dan teks tulis (writing) dengan berbagai sub-keterampilannya menemukan ide utama, mengidentifikasi topik teks, menemukan rincian deskripsi tersurat, menemukan rincian peristiwa, menentukan simpulan, making inferences, menemukan persamaan kata berdasarkan konteks, dan sebagainya.
Keterampilan berbahasa Inggris akan dimiliki siswa dengan baik apabila didukung oleh pengetahuan tentang fungsi sosial teks, struktur teks, dan unsur kebahasaan teks (antara lain kosakata dan tata bahasa). Dengan demikian, pembelajaran bahasa Inggris harus holistik, mengembangkan kompetensi siswa pada keempat keterampilan berbahasa dan didukung oleh pengetahuan fungsi social teks, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang relevan dengan teks interaksi interpersonal dan transaksional, teks fungsional khusus, dan teks fungsional yang ditargetkan untuk dikuasai siswa.
Unduh Soal Pembahasan UN Bahasa Inggris Tahun 2020 di bawah ini. Unduh
Adapun jenis teks-teks lisan dan tertulis melingkupi teks Interaksi transaksional/interpersonal tertulis (a.l. meminta maaf, harapan, doa, maksud, kebiasaan, keharusan). Fungsional pendek (a.l. announcement, notice, label), dan teks Descriptive, recount, narrative, procedure, serta report yang diujikan melalui keterampilan membaca.
Berdasarkan hasil analisis pengerjaan soal-soal UN SMP oleh siswa di tahun 2019, sebagian besar siswa dapat menjawab soal yang menuntut siswa menemukan ide utama dari sebuah paragraf yang bersifat tersurat. Ide utama sering ditemukan pada awal atau kalimat pertama dari paragraf/penggalan teks yang pendek (Contoh soal pengetahuan 1.1). Sedangkan menemukan rincian deskripsi yang bersifat tersurat masih dirasakan sulit oleh sebagian besar siswa meski informasi tersebut dinyatakan secara eksplisit dalam teks (contoh soal pengetahuan 1.2). Namun untuk keterampilan menemukan persamaan kata atau sinonim, siswa relatif lebih mudah untuk mengerjakan untuk kosakata yang sifatnya umum atau kerap digunakan (contoh soal pengetahuan 2).
Untuk keterampilan aplikatif penggunaan kosakata dalam unsur kebahasaan belum dikuasai oleh sebagian besar siswa (contoh soal aplikasi 1 dan 2). Seperti penggunaan preposisi dan kata sambung, masih ada siswa yang mengalami kesulitan. Begitu pula untuk soal-soal yang membutuhkan kemampuan menalar atau mencari informasi yang sifatnya tersirat dalam teks, sebagian besar siswa masih mengalami kesulitan. Bagaimana siswa dapat menemukan persamaan kata yang sesuai dengan konteks di dalam teks, menjadi tantangan untuk siswa karena perlu pemahaman teks yang baik dan juga pembendaharaan kata yang memadai (contoh soal penalaran 1).
Selain itu, kemampuan siswa untuk dapat menangkap pesan atau memprediksi akibat dari sebuah teks juga masih cukup rendah (contoh soal penalaran 2). Untuk jenis soal ini bukan hanya keterampilan berbahasa, tapi juga kemampuan memprediksi dan mengaitkannya dengan fungsi sosial sesuai konteks menjadi tuntutan kompetensi yang harus dikuasai siswa. Pembelajaran harus memfasilitasi siswa memperoleh keterampilan berkomunikasi dalam bahasa Inggris serta kemampuan menangkap makna teks lisan (listening) dan tulis (reading) serta menyusun teks lisan (speaking) dan teks tulis (writing) dengan berbagai sub-keterampilannya menemukan ide utama, mengidentifikasi topik teks, menemukan rincian deskripsi tersurat, menemukan rincian peristiwa, menentukan simpulan, making inferences, menemukan persamaan kata berdasarkan konteks, dan sebagainya.
Keterampilan berbahasa Inggris akan dimiliki siswa dengan baik apabila didukung oleh pengetahuan tentang fungsi sosial teks, struktur teks, dan unsur kebahasaan teks (antara lain kosakata dan tata bahasa). Dengan demikian, pembelajaran bahasa Inggris harus holistik, mengembangkan kompetensi siswa pada keempat keterampilan berbahasa dan didukung oleh pengetahuan fungsi social teks, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang relevan dengan teks interaksi interpersonal dan transaksional, teks fungsional khusus, dan teks fungsional yang ditargetkan untuk dikuasai siswa.
Unduh Soal Pembahasan UN Bahasa Inggris Tahun 2020 di bawah ini. Unduh
Download Kumpulan Soal UN SD - SMP-SMA
[ Format File .doc .docx Microsoft Word dan PDF ]