Kumpulan Soal - Pembahasan Soal UN Tahun 2020 dan Soal Pembahasan UN SMP IPA Fisika-Kimia Tahun 2020 dibawah ini merupakan Contoh Soal Pembahasan UN SMP IPA Fisika-Kimia Tahun 2020. Untuk Menghadapi UN Tahun 2020 bisa mempelajari Contoh Soal Pembahasan UN SMP IPA Fisika-Kimia Tahun 2020 di bawah ini.
UN IPA Fisika-Kimia SMP/MTs Tahun 2020
Soal UN mata pelajaran IPA-Fisika SMP/MTs mengukur capaian kognitif pada level Pengetahuan dan Pemahaman, Aplikasi/Penerapan, dan Penalaran, dalam lingkup materi: a) Pengukuran, Zat, dan Sifatnya, b) Mekanika dan Tata Surya, dan c) Gelombang, Listrik, dan Magnet.
Soal-soal aplikasi yang diselesaikan dengan menggunakan rumus tertentu atau melalui prosedur yang sudah biasa (rutin) lebih mudah bagi siswa dibandingkan dengan soal-soal yang menanyakan permasalahan konseptual.
Soal-soal yang sering dilatihkan oleh guru dalam pembelajaran dan banyak ditemukan dalam berbagai buku latihan soal menjadi familier bagi siswa, sehingga menjadi soal yang mudah bagi siswa, karena tahapan penyelesaiannya menjadi prosedur rutin. Siswa mengalami kesulitan ketika berhadapan dengan soal yang dilengkapi dengan tabel, gambar, diagram, dan grafik. Siswa belum terampil mengolah informasi dari berbagai tampilan visual tersebut.
Siswa juga mengalami kesulitan ketika menyelesaikan soal penalaran dalam bentuk perbandingan yang melibatkan sejumlah besaran fisis. Siswa lebih cenderung menyelesaikan soal dengan analisis numeris/matematis (langsung melakukan perhitungan) dibandingkan dengan analisis konseptual secara fisis. Padahal perhitungan matematis tersebut bisa jadi justru menjadi sumber kerumitan dalam penyelesaian soal. Download Soal Pembahasan UN SMP IPA (Fisika-Kimia) Tahun 2020.
Pada pembelajaran IPA Fisika,siswa perlu dilatih keterampilan multirepresentasi, meliputi verbal (dalam bentuk kalimat), visual (gambar, bagan, diagram, tabel, grafik), simbolis (simbol, kode, lambang), dan matematis (persamaan atau formula). Keterampilan multirepresentasi akan lebih efektif jika dilatihkan melalui model-model pembelajaran yang berbasis aktivitas, baik hands-on activities maupun minds-on activities. Siswa difasilitasi untuk melakukan penyelidikan sederhana, mengumpulkan dan mengorganisir informasi, melakukan interpretasi dan inferensi, merumuskan kesimpulan, dan mengambil keputusan berbasis data.
Soal-soal yang digunakan dalam penilaian hasil belajar IPA-Fisika di sekolah tidak hanya dominan pada level aplikasi yang menekankan pada penggunaan rumus dan perhitungan numeris. Soal-soal dengan karakteristik tersebut hanya mengukur prosedur rutin, yang tidak mendorong tumbuhnya keterampilan berpikir tingkat tinggi (higher order thinking skills). Bentuk soal perlu bervariasi sehingga tidak dapat diselesaikan hanya dengan hafalan, baik konten maupun prosedurnya. Format soal dirancang tidak hanya menuntut pemahaman verbal dan matematis, tetapi juga kemampuan menginterpretasi visual dan simbol.
Contoh Soal Pembahasan UN SMP IPA Fisika-Kimia Tahun 2020 dibawah ini.
Unduh Soal Pembahasan UN SMP IPA Fisika-Kimia Tahun 2020
UN IPA Fisika-Kimia SMP/MTs Tahun 2020
Soal UN mata pelajaran IPA-Fisika SMP/MTs mengukur capaian kognitif pada level Pengetahuan dan Pemahaman, Aplikasi/Penerapan, dan Penalaran, dalam lingkup materi: a) Pengukuran, Zat, dan Sifatnya, b) Mekanika dan Tata Surya, dan c) Gelombang, Listrik, dan Magnet.
Soal-soal aplikasi yang diselesaikan dengan menggunakan rumus tertentu atau melalui prosedur yang sudah biasa (rutin) lebih mudah bagi siswa dibandingkan dengan soal-soal yang menanyakan permasalahan konseptual.
Soal-soal yang sering dilatihkan oleh guru dalam pembelajaran dan banyak ditemukan dalam berbagai buku latihan soal menjadi familier bagi siswa, sehingga menjadi soal yang mudah bagi siswa, karena tahapan penyelesaiannya menjadi prosedur rutin. Siswa mengalami kesulitan ketika berhadapan dengan soal yang dilengkapi dengan tabel, gambar, diagram, dan grafik. Siswa belum terampil mengolah informasi dari berbagai tampilan visual tersebut.
Siswa juga mengalami kesulitan ketika menyelesaikan soal penalaran dalam bentuk perbandingan yang melibatkan sejumlah besaran fisis. Siswa lebih cenderung menyelesaikan soal dengan analisis numeris/matematis (langsung melakukan perhitungan) dibandingkan dengan analisis konseptual secara fisis. Padahal perhitungan matematis tersebut bisa jadi justru menjadi sumber kerumitan dalam penyelesaian soal. Download Soal Pembahasan UN SMP IPA (Fisika-Kimia) Tahun 2020.
Pada pembelajaran IPA Fisika,siswa perlu dilatih keterampilan multirepresentasi, meliputi verbal (dalam bentuk kalimat), visual (gambar, bagan, diagram, tabel, grafik), simbolis (simbol, kode, lambang), dan matematis (persamaan atau formula). Keterampilan multirepresentasi akan lebih efektif jika dilatihkan melalui model-model pembelajaran yang berbasis aktivitas, baik hands-on activities maupun minds-on activities. Siswa difasilitasi untuk melakukan penyelidikan sederhana, mengumpulkan dan mengorganisir informasi, melakukan interpretasi dan inferensi, merumuskan kesimpulan, dan mengambil keputusan berbasis data.
Soal-soal yang digunakan dalam penilaian hasil belajar IPA-Fisika di sekolah tidak hanya dominan pada level aplikasi yang menekankan pada penggunaan rumus dan perhitungan numeris. Soal-soal dengan karakteristik tersebut hanya mengukur prosedur rutin, yang tidak mendorong tumbuhnya keterampilan berpikir tingkat tinggi (higher order thinking skills). Bentuk soal perlu bervariasi sehingga tidak dapat diselesaikan hanya dengan hafalan, baik konten maupun prosedurnya. Format soal dirancang tidak hanya menuntut pemahaman verbal dan matematis, tetapi juga kemampuan menginterpretasi visual dan simbol.
Contoh Soal Pembahasan UN SMP IPA Fisika-Kimia Tahun 2020 dibawah ini.
Unduh Soal Pembahasan UN SMP IPA Fisika-Kimia Tahun 2020
Download Kumpulan Unduh Soal Pembahasan UN SMP IPA Fisika-Kimia Tahun 2020
[ Format File .doc .docx Microsoft Word dan PDF ]