Kumpulan Soal - Pembahasan Soal UN Tahun 2020 dan Soal Pembahasan UN SMA Biologi SMA Tahun 2020 dibawah ini merupakan Contoh Soal Pembahasan UN Biologi SMA Tahun 2020. Untuk Menghadapi UN Tahun 2020 bisa mempelajari Contoh Soal Pembahasan UN Biologi SMA Tahun 2020 di bawah ini.
UN Biologi SMA Tahun 2020
Lingkup materi yang diujikan pada mata pelajaran Biologi adalah (1) Keanekaragaman Hayati dan Ekologi, (2) Struktur dan Fungsi Makhluk Hidup, (3) Biomolekuler dan Bioteknologi, dan (4) Genetika dan Evolusi. Level kognitif yang diujikan meliputi pengetahuan dan pemahaman, aplikasi, dan penalaran. Sementara itu, jenis pengetahuan ilmiah yang diujikan mencakup pengetahuan faktual, konseptual, dan prosedural.
Berdasar kajian terhadap hasil analisis Ujian Nasional Biologi SMA/MA 2019, ditemukan bahwa secara umum siswa SMA/MA jurusan IPA cukup mampu menyelesaikan soal pada level kognitif pemahaman dan aplikasi. Meskipun demikian, ternyata pada level aplikasi masih ada yang hanya sekitar 40% siswa dapat menjawab soal tersebut, misalnya, seperti pada soal nomor 1 tentang pengelompokkan makhluk hidup dan soal nomor 4 tentang hereditas pada manusia. Soal nomor 1 meminta siswa untuk mengamati gambar dan merupakan soal yang rutin, sedangkan soal nomor 4 menerapkan konsep sederhana yang sama pada contoh yang lain, bukan soal yang rutin. Soal nomor 1 dianggap lebih mudah dibandingkan soal nomor 4, padahal dilihat secara materi soal nomor 4 lebih mudah.
Adapun terkait soal pada level kognitif penalaran, pada umumnya persentase siswa yang dapat menjawab soal-soal tersebut bervariasi, ada beberapa soal yang cukup mampu dijawab oleh siswa yakni seperti soal nomor 2 tentang pertumbuhan dan perkembangan tumbuhan dengan persentase siswa menjawab benar sebesar 48%. Namun, ada juga soal level penalaran yang dirasa cukup sulit bagi siswa seperti pada soal nomor 3 tentang hasil percobaan berkenaan dengan transpor membran dengan persentase siswa menjawab benar hanya mencapai 36%. Kedua jenis soal tersebut merupakan soal yang biasa diujikan (soal rutin).
Berdasarkan analisis tersebut, dapat dikatakan bahwa soal-soal yang mengukur level kognitif pengetahuan dan pemahaman tidak selalu lebih mudah daripada soal-soal yang mengukur level kognitif yang lebih tinggi. Sebaliknya, soal-soal yang mengukur level kognitif penalaran dapat dijawab oleh lebih banyak siswa sehingga soal ini lebih mudah. Tingkat kesukaran soal lebih dipengaruhi oleh kompleksitas dari soal. Soal yang biasa diujikan (soal rutin) dapat mengurangi tingkat kesulitan soal, tetapi masih bisa digunakan untuk mengukur kemampuan siswa yang tidak memahami konsep apabila diformulasikan dengan pola yang berbeda. Secara keseluruhan, dari total 40 soal biologi yang diujikan, sebanyak 2% soal tergolong mudah bagi siswa, 68% tergolong sedang, dan 30% tergolong sukar. Meskipun sebagian besar soal tergolong soal dengan tingkat kesukaran sedang bagi siswa, masih ditemukan beberapa jawaban siswa yang mengindikasikan bahwa mereka tidak memahami konsep materi yang diajarkan dengan baik.
Berdasar temuan temuan di atas, maka pada proses pembelajaran, siswa perlu dibiasakan untuk menerapkan konsep-konsep yang telah dipelajari ke dalam situasi dunia nyata atau kehidupan sehari-hari siswa. Hal tersebut dapat dilakukan melalui tanya jawab dan diskusi di akhir pembelajaran serta penugasan yang memberikan kesempatan kepada siswa mencari tahu tentang konsep-konsep tersebut dari berbagai media selain buku teks. Selain itu, proses pembelajaran Biologi juga sangat didorong untuk lebih banyak melakukan pengamatan, praktikum atau penyelidikan ilmiah terkait konsep konsep dasar sehingga siswa memiliki pengalaman dalam memahami konsep-konsep biologi. Pengalaman belajar melalui praktik akan merangsang rasa keingintahuan siswa sehingga memberi motivasi untuk mencari informasi lebih jauh melalui berbagai media informasi.
Unduh Soal Pembahasan UN Biologi SMA Tahun 2020
UN Biologi SMA Tahun 2020
Lingkup materi yang diujikan pada mata pelajaran Biologi adalah (1) Keanekaragaman Hayati dan Ekologi, (2) Struktur dan Fungsi Makhluk Hidup, (3) Biomolekuler dan Bioteknologi, dan (4) Genetika dan Evolusi. Level kognitif yang diujikan meliputi pengetahuan dan pemahaman, aplikasi, dan penalaran. Sementara itu, jenis pengetahuan ilmiah yang diujikan mencakup pengetahuan faktual, konseptual, dan prosedural.
Berdasar kajian terhadap hasil analisis Ujian Nasional Biologi SMA/MA 2019, ditemukan bahwa secara umum siswa SMA/MA jurusan IPA cukup mampu menyelesaikan soal pada level kognitif pemahaman dan aplikasi. Meskipun demikian, ternyata pada level aplikasi masih ada yang hanya sekitar 40% siswa dapat menjawab soal tersebut, misalnya, seperti pada soal nomor 1 tentang pengelompokkan makhluk hidup dan soal nomor 4 tentang hereditas pada manusia. Soal nomor 1 meminta siswa untuk mengamati gambar dan merupakan soal yang rutin, sedangkan soal nomor 4 menerapkan konsep sederhana yang sama pada contoh yang lain, bukan soal yang rutin. Soal nomor 1 dianggap lebih mudah dibandingkan soal nomor 4, padahal dilihat secara materi soal nomor 4 lebih mudah.
Adapun terkait soal pada level kognitif penalaran, pada umumnya persentase siswa yang dapat menjawab soal-soal tersebut bervariasi, ada beberapa soal yang cukup mampu dijawab oleh siswa yakni seperti soal nomor 2 tentang pertumbuhan dan perkembangan tumbuhan dengan persentase siswa menjawab benar sebesar 48%. Namun, ada juga soal level penalaran yang dirasa cukup sulit bagi siswa seperti pada soal nomor 3 tentang hasil percobaan berkenaan dengan transpor membran dengan persentase siswa menjawab benar hanya mencapai 36%. Kedua jenis soal tersebut merupakan soal yang biasa diujikan (soal rutin).
Berdasarkan analisis tersebut, dapat dikatakan bahwa soal-soal yang mengukur level kognitif pengetahuan dan pemahaman tidak selalu lebih mudah daripada soal-soal yang mengukur level kognitif yang lebih tinggi. Sebaliknya, soal-soal yang mengukur level kognitif penalaran dapat dijawab oleh lebih banyak siswa sehingga soal ini lebih mudah. Tingkat kesukaran soal lebih dipengaruhi oleh kompleksitas dari soal. Soal yang biasa diujikan (soal rutin) dapat mengurangi tingkat kesulitan soal, tetapi masih bisa digunakan untuk mengukur kemampuan siswa yang tidak memahami konsep apabila diformulasikan dengan pola yang berbeda. Secara keseluruhan, dari total 40 soal biologi yang diujikan, sebanyak 2% soal tergolong mudah bagi siswa, 68% tergolong sedang, dan 30% tergolong sukar. Meskipun sebagian besar soal tergolong soal dengan tingkat kesukaran sedang bagi siswa, masih ditemukan beberapa jawaban siswa yang mengindikasikan bahwa mereka tidak memahami konsep materi yang diajarkan dengan baik.
Berdasar temuan temuan di atas, maka pada proses pembelajaran, siswa perlu dibiasakan untuk menerapkan konsep-konsep yang telah dipelajari ke dalam situasi dunia nyata atau kehidupan sehari-hari siswa. Hal tersebut dapat dilakukan melalui tanya jawab dan diskusi di akhir pembelajaran serta penugasan yang memberikan kesempatan kepada siswa mencari tahu tentang konsep-konsep tersebut dari berbagai media selain buku teks. Selain itu, proses pembelajaran Biologi juga sangat didorong untuk lebih banyak melakukan pengamatan, praktikum atau penyelidikan ilmiah terkait konsep konsep dasar sehingga siswa memiliki pengalaman dalam memahami konsep-konsep biologi. Pengalaman belajar melalui praktik akan merangsang rasa keingintahuan siswa sehingga memberi motivasi untuk mencari informasi lebih jauh melalui berbagai media informasi.
Unduh Soal Pembahasan UN Biologi SMA Tahun 2020
Download Kumpulan
Unduh Soal Pembahasan UN Biologi SMA Tahun 2020
[ Format File .doc .docx Microsoft Word dan PDF ]