Materi SD/MI - Materi SD Kelas 1 Semester 1 Tema 1 Diriku Sub Tema 4 Aku Istimewa, Materi Pokok SD Kelas 1 Semester 1 terdiri dari 6 Pembelajaran Pada Materi Tema 1 Diriku Sub Tema 4 Aku Istimewa. Materi SD Kelas 1 Tema 3 Sub Tema 4 Aku Istimewa Pembelajaran ke 6.
Materi SD Kelas 1 Tema 2 Sub Tema 4 Aku Istimewa
Sub Tema 4 Aku Istimewa
Materi Pembelajaran 6
1. Keragaman dalam keluarga
2. Kerja sama dalam keluarga
3. Soal cerita penjumlahan
4. Memahami isi puisi
Tujuan Pembelajaran Materi
1. Setelah mendengarkan cerita guru, siswa mampu menyebutkan jenis kelamin dan karakter anggota keluarga di rumah dengan tepat
2. Dengan bermain peran, siswa mampu menceritakan pengalaman kerjasama antar seluruh anggota keluarga di rumah dengan baik
3. Setelah mengenal konsep penjumlahan sederhana, siswa mampu menghitung banyak objek gabungan dari dua kelompok objek sejenis dengan tepat
4. Dengan mengenal konsep penjumlahan sederhana, siswa mampu menyelesaikan masalah penjumlahan dalam bentuk soal cerita dengan baik
5. Setelah menyimak guru membacakan puisi sederhana, siswa mampu mengenal puisi anak tentang ungkapan sayang dengan baik
6. Dengan mengikuti guru membaca puisi sederhana, siswa dapat mengekspresikan ungkapan sayang melalui puisi dengan baik.
Kegiatan Materi Pembelajaran 6
1. Guru bercerita mengenai anggota keluarganya yang memiliki jenis kelamin dan karakter atau sifat yang berbeda.
2. Guru merinci berbagai karakter, misalkan sabar, penyayang, lembut, pemalu dan sebagainya serta mendiskusikan artinya bersama dengan siswa.
3. Siswa diminta untuk menyebutkan anggota keluarga yang memiliki jenis kelamin berbeda dengan siswa beserta karakternya.
4. Sampaikan bahwa meskipun memiliki karakter dan ciri yang berbeda namun keluarga harus tetap saling menyayangi.
5. Guru bertanya pada siswa apakah mereka pernah memiliki pengalaman bekerjasama dengan anggota keluarga di rumah?
6. Siswa dibagi menjadi kelompok berisikan 5 – 6 orang dalam setiap kelompoknya.
7. Siswa berdiskusi pengalaman mereka bekerjasama dengan keluarga di rumah dan menentukan pengalaman yang akan ditampilkan melalui bermain peran.
8. Selesai diskusi masing-masing kelompok diminta untuk tampil secara bergiliran.
9. Selesai bermain peran, siswa diminta untuk berkumpul kembali.
10. Guru menceritakan dongeng kreasi sendiri yang mengandung masalah penjumlahan.
11. Guru membimbing siswa untuk mendiskusikan maksud dari soal cerita tersebut dan bagaimana penyelesaiannya.
12. Siswa diminta untuk menyelesaikan soal cerita pada buku siswa.
13. Guru mengkonfirmasi jawaban siswa melalui diskusi kelas.
14. Selanjutnya guru menunjukkan posterbertuliskan teks puisi pada siswa.
15. Guru membacakan puisi dengan intonasi,kemudian menanyakan pada siswaadakah yang pernah mendengarkan cara membaca dengan menggunakanintonasi?
16. Guru menyampaikan bahwa teks yangdibacakan oleh guru disebut sebagaipuisi.
17. Guru membacakan teks puisi dansiswa diminta untuk mengikuti gaya membacapuisi yang dilakukan oleh guru.
18. Setelah siswa mempelajari cara membaca puisi, siswa diminta untuk mengekspresikan ungkapan sayang pada keluargamelalui puisi.
Materi SD Kelas 1 Tema 2 Sub Tema 4 Aku Istimewa
Sub Tema 4 Aku Istimewa
Materi Pembelajaran 6
1. Keragaman dalam keluarga
2. Kerja sama dalam keluarga
3. Soal cerita penjumlahan
4. Memahami isi puisi
Tujuan Pembelajaran Materi
1. Setelah mendengarkan cerita guru, siswa mampu menyebutkan jenis kelamin dan karakter anggota keluarga di rumah dengan tepat
2. Dengan bermain peran, siswa mampu menceritakan pengalaman kerjasama antar seluruh anggota keluarga di rumah dengan baik
3. Setelah mengenal konsep penjumlahan sederhana, siswa mampu menghitung banyak objek gabungan dari dua kelompok objek sejenis dengan tepat
4. Dengan mengenal konsep penjumlahan sederhana, siswa mampu menyelesaikan masalah penjumlahan dalam bentuk soal cerita dengan baik
5. Setelah menyimak guru membacakan puisi sederhana, siswa mampu mengenal puisi anak tentang ungkapan sayang dengan baik
6. Dengan mengikuti guru membaca puisi sederhana, siswa dapat mengekspresikan ungkapan sayang melalui puisi dengan baik.
Kegiatan Materi Pembelajaran 6
1. Guru bercerita mengenai anggota keluarganya yang memiliki jenis kelamin dan karakter atau sifat yang berbeda.
2. Guru merinci berbagai karakter, misalkan sabar, penyayang, lembut, pemalu dan sebagainya serta mendiskusikan artinya bersama dengan siswa.
3. Siswa diminta untuk menyebutkan anggota keluarga yang memiliki jenis kelamin berbeda dengan siswa beserta karakternya.
4. Sampaikan bahwa meskipun memiliki karakter dan ciri yang berbeda namun keluarga harus tetap saling menyayangi.
5. Guru bertanya pada siswa apakah mereka pernah memiliki pengalaman bekerjasama dengan anggota keluarga di rumah?
6. Siswa dibagi menjadi kelompok berisikan 5 – 6 orang dalam setiap kelompoknya.
7. Siswa berdiskusi pengalaman mereka bekerjasama dengan keluarga di rumah dan menentukan pengalaman yang akan ditampilkan melalui bermain peran.
8. Selesai diskusi masing-masing kelompok diminta untuk tampil secara bergiliran.
9. Selesai bermain peran, siswa diminta untuk berkumpul kembali.
10. Guru menceritakan dongeng kreasi sendiri yang mengandung masalah penjumlahan.
11. Guru membimbing siswa untuk mendiskusikan maksud dari soal cerita tersebut dan bagaimana penyelesaiannya.
12. Siswa diminta untuk menyelesaikan soal cerita pada buku siswa.
13. Guru mengkonfirmasi jawaban siswa melalui diskusi kelas.
14. Selanjutnya guru menunjukkan posterbertuliskan teks puisi pada siswa.
15. Guru membacakan puisi dengan intonasi,kemudian menanyakan pada siswaadakah yang pernah mendengarkan cara membaca dengan menggunakanintonasi?
16. Guru menyampaikan bahwa teks yangdibacakan oleh guru disebut sebagaipuisi.
17. Guru membacakan teks puisi dansiswa diminta untuk mengikuti gaya membacapuisi yang dilakukan oleh guru.
18. Setelah siswa mempelajari cara membaca puisi, siswa diminta untuk mengekspresikan ungkapan sayang pada keluargamelalui puisi.