Materi SD/MI - Materi SD Kelas 1 Semester 1 Tema 1 Diriku Sub Tema 4 Aku Istimewa, Materi Pokok SD Kelas 1 Semester 1 terdiri dari 6 Pembelajaran Pada Materi Tema 1 Diriku Sub Tema 4 Aku Istimewa. Materi SD Kelas 1 Tema 3 Sub Tema 4 Aku Istimewa Pembelajaran ke 4.
Materi SD Kelas 1 Tema 2 Sub Tema 4 Aku Istimewa
Sub Tema 4 Aku Istimewa
Materi Pembelajaran 4
1. Variasi berjalan
2. Permainan menelusuri jejak
3. Menyebutkan kata yang berbunyi hampir sama
4. Membuat gantungan kunci dari kulit jagung
Kegiatan Materi Pembelajaran 4
1. Siswa diajak untuk bermain menelusuri jejak.
2. Sebelumnya guru mengajak siswa untuk melakukan pemanasan.
3. Siswa diajak untuk berjalan mengitari lapangan dengan memerhatikan sikap berjalan lentur dan seimbang sebagai bagian dari pemanasan.
4. Siswa diajak untuk bermain menelusuri jejak.
5. Guru menyampaikan bahwa siswa akan dibagi menjadi beberapa kelompok dan setiap kelompok harus menyusuri tali rafia yang telah dipasang oleh guru.
6. Setiap kelompok bertugas untuk menyebutkan posisi akhir dari jejak yang mereka telusuri.
7. Guru menyampaikan bahwa diperlukan sikap berjalan seimbang agar dapat menyusuri jejak dengan tepat.
8. Guru juga menyampaikan bahwa diperlukan kerjasama dengan teman kelompok agar tidak terjatuh saat berjalan.
9. Setelah seluruh siswa menyimak peragaan guru, siswa diajak untuk membagi kelompok.
10. Setiap kelompok diminta untuk menyusuri jejak secara bergiliran.
11. Guru mengamati sikap berjalan siswa apakah seimbang atau tidak.
12. Selesai melakukan permainan, siswa diajak untuk melakukan pendinginan sebelum kembali ke kelas.
13. Setelah siswa berganti pakaian dan berkumpul di kelas, guru memutarkan audio. (Guru memutarkan audio pelafalan kata yang memuat huruf vokal ‘a’ dan ‘u’ dari Rumah Juara)
14. Siswa diajak untuk bermain pilih kata.
15. Siswa dibagi menjadi dua kelompok dan duduk berbaris ke belakang.
16. Permainan diawali dengan menyanyikan lagu A-B-C
17. Setelah lagu berakhir, guru menyebutkan satu kata, misal BACA
18. Siswa yang duduk paling depan mewakili temannya mengangkat tangan agar guru dapat memilih kelompok yang dapat menjawab lebih dulu.
19. Siswa yang duduk paling belakang harus menyebutkan kata lain yang pelafalan bunyinya sama seperti pada kata baca, misalkan: Nama, Saya, Dada, Papa, Mama dan sebagainya.
20. Setelah menyebutkan satu kata, siswa tersebut harus menepuk pundak temannya untuk menyebutkan kata yang lain.
21. Jika ada siswa yang tidak dapat menyebutkan kata, maka kesempatan menjawab akan diberikan kepada kelompok lainnya.
22. Hitung jumlah kata yang diperoleh setiap kelompok sebagai skor.
23. Lanjutkan permainan dengan kata yang lain, misal: Gula. Maka siswa dapat menyebutkan kata Suka, Dua, Muda, Lupa dan sebagainya.
24. Kelompok yang menyebutkan kata paling banyak menjadi pemenangnya.
25. Selanjutnya siswa diajak untuk melafalkan kata yang terdapat pada buku siswa.
26. Guru memberikan contoh cara melafalkan kata yang terdapat pada buku dan minta siswa untuk menirukannya.
27. Setelah selesai bermain, siswa diminta untuk bersiap-siap mengikuti kegiatan berikutnya.
28. Kegiatan dilanjutkan dengan membuat prakarya dari kulit jagung. Sebelumnya guru menjelaskan mengenai macam-macam makanan pokok di Indonesia bahwa jagung adalah salah satu makanan pokok bagi masyarakat di Indonesia.
29. Siswa diajak untuk membuat gantungan kunci dari boneka kulit jagung.
30. Guru menunjukkan contoh boneka kulit jagung dalam berbagai bentuk.
31. Siswa diminta untuk berkreasi sesuai dengan imajinasi dan kreatifitas mereka.
Sub Tema 4 Aku Istimewa
Materi Pembelajaran 4
1. Variasi berjalan
2. Permainan menelusuri jejak
3. Menyebutkan kata yang berbunyi hampir sama
4. Membuat gantungan kunci dari kulit jagung
Kegiatan Materi Pembelajaran 4
1. Siswa diajak untuk bermain menelusuri jejak.
2. Sebelumnya guru mengajak siswa untuk melakukan pemanasan.
3. Siswa diajak untuk berjalan mengitari lapangan dengan memerhatikan sikap berjalan lentur dan seimbang sebagai bagian dari pemanasan.
4. Siswa diajak untuk bermain menelusuri jejak.
5. Guru menyampaikan bahwa siswa akan dibagi menjadi beberapa kelompok dan setiap kelompok harus menyusuri tali rafia yang telah dipasang oleh guru.
6. Setiap kelompok bertugas untuk menyebutkan posisi akhir dari jejak yang mereka telusuri.
7. Guru menyampaikan bahwa diperlukan sikap berjalan seimbang agar dapat menyusuri jejak dengan tepat.
8. Guru juga menyampaikan bahwa diperlukan kerjasama dengan teman kelompok agar tidak terjatuh saat berjalan.
9. Setelah seluruh siswa menyimak peragaan guru, siswa diajak untuk membagi kelompok.
10. Setiap kelompok diminta untuk menyusuri jejak secara bergiliran.
11. Guru mengamati sikap berjalan siswa apakah seimbang atau tidak.
12. Selesai melakukan permainan, siswa diajak untuk melakukan pendinginan sebelum kembali ke kelas.
13. Setelah siswa berganti pakaian dan berkumpul di kelas, guru memutarkan audio. (Guru memutarkan audio pelafalan kata yang memuat huruf vokal ‘a’ dan ‘u’ dari Rumah Juara)
15. Siswa dibagi menjadi dua kelompok dan duduk berbaris ke belakang.
16. Permainan diawali dengan menyanyikan lagu A-B-C
17. Setelah lagu berakhir, guru menyebutkan satu kata, misal BACA
18. Siswa yang duduk paling depan mewakili temannya mengangkat tangan agar guru dapat memilih kelompok yang dapat menjawab lebih dulu.
19. Siswa yang duduk paling belakang harus menyebutkan kata lain yang pelafalan bunyinya sama seperti pada kata baca, misalkan: Nama, Saya, Dada, Papa, Mama dan sebagainya.
20. Setelah menyebutkan satu kata, siswa tersebut harus menepuk pundak temannya untuk menyebutkan kata yang lain.
21. Jika ada siswa yang tidak dapat menyebutkan kata, maka kesempatan menjawab akan diberikan kepada kelompok lainnya.
22. Hitung jumlah kata yang diperoleh setiap kelompok sebagai skor.
23. Lanjutkan permainan dengan kata yang lain, misal: Gula. Maka siswa dapat menyebutkan kata Suka, Dua, Muda, Lupa dan sebagainya.
24. Kelompok yang menyebutkan kata paling banyak menjadi pemenangnya.
25. Selanjutnya siswa diajak untuk melafalkan kata yang terdapat pada buku siswa.
26. Guru memberikan contoh cara melafalkan kata yang terdapat pada buku dan minta siswa untuk menirukannya.
27. Setelah selesai bermain, siswa diminta untuk bersiap-siap mengikuti kegiatan berikutnya.
28. Kegiatan dilanjutkan dengan membuat prakarya dari kulit jagung. Sebelumnya guru menjelaskan mengenai macam-macam makanan pokok di Indonesia bahwa jagung adalah salah satu makanan pokok bagi masyarakat di Indonesia.
29. Siswa diajak untuk membuat gantungan kunci dari boneka kulit jagung.
30. Guru menunjukkan contoh boneka kulit jagung dalam berbagai bentuk.
31. Siswa diminta untuk berkreasi sesuai dengan imajinasi dan kreatifitas mereka.