Materi SD/MI - Materi SD Kelas 1 Semester 1 Tema 2 Kegemaranku Sub Tema 1 Aku Istimewa, Materi Pokok SD Kelas 1 Semester 1 terdiri dari 6 Pembelajaran Pada Materi Tema 2 Kegemaranku Sub Tema 1 Gemar Berolahraga. Materi SD Kelas 1 Tema 2 Kegemaranku Sub Tema 1 Gemar Berolahraga Pembelajaran ke 5.
Materi SD Kelas 1 Tema 2 Sub Tema 1 Kegemaranku
Sub Tema 1 Kegemaranku
Materi Pembelajaran 5
1. Kosakata tentang jenis-jenis olahraga.
2. Penjumlahan dua bilangan.
Tujuan Pembelajaran Materi
1. Setelah membaca dan megidentifikasi teks, siswa dapat menunjukkan gambar tentang berbagai jenis olahraga sebagai cara untuk memelihara kesehatan yang sesuai dengan teks.
2. Melalui kegiatan menceritakan gambar, siswa mampu melafalkan kosakata tentang berbagai jenis olahraga sebagai cara untuk memelihara kesehatan dengan tepat.
3. Dengan mengerjakan latihan penjumlahan dan membuat kalimat matematika, siswa dapat melakukan penjumlahan dua bilangan dengan hasil maksimal 10 dengan teknik tanpa menyimpan dengan bantuan benda konkret dengan tepat.
4. Dengan menyelesaikan soal cerita, siswa mampu menyelesaikan masalah dalam kehidupan sehari-hari yang berkaitan dengan penjumlahan dengan tepat dan percaya diri.
Kegiatan Materi Pembelajaran 5
1. Siswa diminta membaca nyaring teks Olahraga.
2. Guru memancing partisipasi aktif siswa dengan pertanyaan seperti berikut.
a. Siapakah yang menyukai olahraga renang?
b. Olahraga apakah yang disukai Lani?
c. Apa yang sering mereka lakukan bersama-sama?
3. Siswa memasangkan gambar sesuai dengan informasi dari teks Olahraga Kegemaran.
4. Siswa membuat gambar-gambar olahraga yang diketahui di dalam kotak yang telah tersedia.
5. Setelah selesai, siswa menceritakan olahraga yang di gambar kepada teman-teman.
6. Siswa membaca teks informasi.
7. Siswa diminta menghitung jumlah pemain basket yang ada di dalam gambar.
8. Guru memberi contoh menuliskan kalimat matematika penjumlahan yang tepat sesuai dengan gambar.
9. Siswa menghitung jumlah pemain/benda pada gambar dan menuliskan kalimat matematika yang sesuai dengan gambar.
10. Siswa diajak untuk memeriksa pekerjaan bersama-sama. Guru mengoreksi jika ada kekeliruan yang dilakukan siswa.
11. Setelah itu siswa mendengarkan penjelasan guru tentang cara menyelesaikan soal cerita matematika, kemudian secara mandiri siswa diminta menyelesaikan soal cerita matematika.
Materi SD Kelas 1 Tema 2 Sub Tema 1 Kegemaranku
Sub Tema 1 Kegemaranku
Materi Pembelajaran 5
1. Kosakata tentang jenis-jenis olahraga.
2. Penjumlahan dua bilangan.
Tujuan Pembelajaran Materi
1. Setelah membaca dan megidentifikasi teks, siswa dapat menunjukkan gambar tentang berbagai jenis olahraga sebagai cara untuk memelihara kesehatan yang sesuai dengan teks.
2. Melalui kegiatan menceritakan gambar, siswa mampu melafalkan kosakata tentang berbagai jenis olahraga sebagai cara untuk memelihara kesehatan dengan tepat.
3. Dengan mengerjakan latihan penjumlahan dan membuat kalimat matematika, siswa dapat melakukan penjumlahan dua bilangan dengan hasil maksimal 10 dengan teknik tanpa menyimpan dengan bantuan benda konkret dengan tepat.
4. Dengan menyelesaikan soal cerita, siswa mampu menyelesaikan masalah dalam kehidupan sehari-hari yang berkaitan dengan penjumlahan dengan tepat dan percaya diri.
1. Siswa diminta membaca nyaring teks Olahraga.
2. Guru memancing partisipasi aktif siswa dengan pertanyaan seperti berikut.
a. Siapakah yang menyukai olahraga renang?
b. Olahraga apakah yang disukai Lani?
c. Apa yang sering mereka lakukan bersama-sama?
3. Siswa memasangkan gambar sesuai dengan informasi dari teks Olahraga Kegemaran.
4. Siswa membuat gambar-gambar olahraga yang diketahui di dalam kotak yang telah tersedia.
5. Setelah selesai, siswa menceritakan olahraga yang di gambar kepada teman-teman.
6. Siswa membaca teks informasi.
7. Siswa diminta menghitung jumlah pemain basket yang ada di dalam gambar.
8. Guru memberi contoh menuliskan kalimat matematika penjumlahan yang tepat sesuai dengan gambar.
9. Siswa menghitung jumlah pemain/benda pada gambar dan menuliskan kalimat matematika yang sesuai dengan gambar.
10. Siswa diajak untuk memeriksa pekerjaan bersama-sama. Guru mengoreksi jika ada kekeliruan yang dilakukan siswa.
11. Setelah itu siswa mendengarkan penjelasan guru tentang cara menyelesaikan soal cerita matematika, kemudian secara mandiri siswa diminta menyelesaikan soal cerita matematika.